Meningkatkan Skill Untuk Blogger, Perlukah Melakukan Site Audit?

Meningkatkan Skill Untuk Blogger, Perlukah Dilakukan? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, saya mau tanya terlebih dahulu pada kalian, sudah berapa lama sih kamu ngeblog? Apakah saat ini sudah bisa disebut blogger professional? Pastinya kalian punya jawaban dan alasan yang berbeda pula. Kalau saya menjalani aktivitas blogging kurang lebih sudah 14 tahunan. Mungkin bagi mereka yang sudah nge-blog selama itu sudah bisa dikatakan sebagai blogger professional, tapi buat saya rasanya belum. Alasannya karena sampai saat ini masih terus belajar untuk meningkatkan skil dan memperbaiki banyak hal di dunia blog ini supaya bisa masuk kriteria blogger profesional apalagi blog saya belum mempunyai niche.

Meningkatkan Skill Untuk Blogger




Pada postingan kali ini, saya akan bercerita awal mulanya saya terjun ke dunia blogging hingga saat ini, sebagai catatan dan pengingat diri saja kalau dunia blog sudah banyak berjasa dan membuat saya seperti ini dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini. 

Ceritakan Bagaimana Anda terjun di Dunia Blogger?


Perjalanan di awali pada tahun 2007 silam, kala itu putra sulung saya sudah berumur 1 tahun. Sebagai ibu rumah tangga yang sudah terbiasa bekerja di kantor sebelum menikah pasti merasakan ada hal yang hilang ketika lepas dari komputer dan dunia internet saat itu. Untungnya saat ini saya masih bisa mengakses internet dari komputer lama yang dimiliki di rumah meskipun koneksi internetnya bermodalkan tethering dari ponsel.

Sebenarnya waktu masih bekerja saya sudah pernah membuat tulisan pada platform blogspot yang isinya random. Karena saya suka sekali dengan lagu Glory of Love yang dibawakan oleh Peter Cetera, makanya saya menuliskan lirik tersebut pada postingan. Tapi, manalah saya tahu kalau itu merupakan aktivitas ngeblog karena saya hanya ikut-ikutan teman yang menulis di dunia maya kok rasanya keren.

Pada tahun 2008, suami pindah bekerja yang kantornya ada di US, maka suami bekerja secara remote dari rumah. Jadi kegiatan WFH (Work From Home) yang saat ini dijalankan selama masa pandemi bukan kali pertamanya. Sejak suami bekerja remote, saya jadi punya akses internet yang agak leluasa dan dimanfaatkan untuk kembali ngeblog.

Bagaimana Cara Memulai Ngeblog?


Cara memulai ngeblog saya awalnya lewat platform Multiply saat itu. Banyak sekali ibu-ibu rumah tangga maupun bekerja yang menulis kesehariannya. Gak hanya menulis cerita yang panjang, mereka juga sering menulis semacam status, hingga postingan jualan. Dari sinilah saya mulai merasakan asyiknya ada di dunia maya khususnya blogging.

Karena melihat salah seorang teman blog yang tinggal di Amerika sana, saya jadi tertarik mempunyai sebuah blog dengan domain dan hosting di Wordpress. Saya pun memilih nama domain yang diambil dari nama belakang saya yaitu fitrian. Gak ada alasan apapun sih dalam memilih nama tersebut karena suka aja pakai nama sendiri dan ternyata malah sekarang banyak blogger yang menggunakan nama sendiri juga.

Ketika melahirkan anak kedua di tahun 2010, saya sempat vakum ngeblog sekitar 2 atau 3 bulan. Akhirnya saya pun merelakan domain pertama hangus begitu saja, tapi bukan berarti berhenti dari dunia blogging lho. Saya pun tetap melanjutkan aktivitas blog pada platform blogger serta membeli domain baru yang sama dengan domain terdahulu hanya extensionnya saja yang berbeda.


Apa Saja Langkah Anda dari Menulis Hingga Publish?


Dulu menulis blog itu gak pakai langkah-langkah, wong kebanyakan tulisan curhatan ibu-ibu aja kok. Habis pergi dari mana ya langsung ditulis, milestone anak pun ikut-ikutan ditulis ceritanya seperti blogger parenting gitu. Anehnya walaupun cuma tulisan ringan kadang gak jelas tapi banyak juga pembacanya bahkan ada yang sampai saat ini kami bisa berteman di dunia maya.

Ketika melihat tulisan lama yang ada di blog ini, kadang saya malu juga, kok bisa ya menulis seperti itu. Tapi namanya juga proses, gak ada yang bisa langsung bisa menulis dengan sempurna. Saya pun belajar dari sana sini termasuk dari postingan para penulis yang beralih menjadi blogger juga.

Sampai saat ini, saya gak pernah menyatakan sebagai penulis kok, hanya hobi menulis blog saja karena masih jauh dari sempurna tulisannya. Dari dunia blog ini, ternyata membawa saya bisa kembali bekerja di kantor dan mengawalinya sebagai penulis konten. Meskipun hanya satu tahun saja lamanya saya bekerja, tapi banyak ilmu yang bisa saya dapatkan yang bisa diterapkan pada blog.

Kalau sekarang mau nulis blog, banyak hal yang harus disiapkan mulai mikir judul, apa saja yang harus di bahas pada postingan blog sampai mengaitkannya dengan artikel-artikel sebelumnya yang sudah pernah publish.


Bagaimana Menjaga Konsistensi dalam Menulis?


Konsistensi saya dalam menulis masih agak labil selama ini, jadi harus cari cara agar lebih semangat lagi. Jangan hanya semangat menulis jika ada konten titipan saja, tapi juga harus rajin menulis organik. itu sih ekspektasinya, kenyataannya semangat untuk menulis organik masih turun naik apalagi banyak kegiatan rumah tangga, sekolah, maupun di luar blog yang juga sama-sama penting dilakukan.

Di saat sedang drop semangatnya, ada saja trigger yang membuat saya semangat nulis lagi salah satunya adalah teman yang rajin menulis. Dari beliau ini saya menjadi sadar, betapa rajinnya menulis dalam keterbatasan device yang dimiliki. Rasanya saya jadi malu karena kami di rumah masing-masing sudah diberikan device yang berbeda jadi tidak perlu rebutan atau menunggu laptop atau komputer selesai dipakai oleh anak-anak.

Selain dari teman, semangat menulis juga bisa saya dapatkan dari program menulis 30 hari menulis yang diadakan oleh beberapa komunitas misalnya. Cara lain untuk menaikan mood untuk konsisten menulis adalah dengan mendengarkan musik, nonton film atau jalan-jalan. Dari situ biasanya saya akan mendapatkan ide untuk menulis kembali


Bagaimana Pendapat Anda tentang Blog Etalase?

Bicara soal artikel titipan di atas, saat ini banyak yang mengibaratkannya dengan blog etalase. Memang gak bisa dipungkiri pesona artikel berbayar ini untuk para blogger yang bisa menambah penghasilan. Makanya banyak juga blogger yang berlomba-lomba memperbaiki blog dan berburu pekerjaan dari blog.

Kalau menurut saya gak masalah sih dicap blog etalase karena tiap orang punya pilihan masing-masing mau dibawa kemana blog miliknya tersebut. Toh, kalau memang bisa dimanfaatkan bisa jadi penyemangat dalam menulis blog bukan? Tapi ya itu, kita juga harus menyeimbangkan antara tulisan organik dan berbayar supaya ada variasi dan pengunjung pun tidak bosan membaca blog kita.

Dari tulisan blog berbayar tersebut banyak kok yang mengulas manfaatnya jadi gak hanya fokus di promo produknya saja. Istilah lainnya adalah artikel soft selling, menyisipkan konten berbayar di antara tulisan yang bermanfaat. Ulasan produk juga bermanfaat menurut saya, karena ada aja loh yang memang memerlukannya. 



Apa Niche Blog Anda? Mengapa Memilih Niche Tersebut?


Dari awal menulis blog, artikel yang tayang sudah gado-gado alias apa saja ditulis secara random. Saat ini pun masih random tulisannya, gak ada kategori khusus. Bedanya dulu dan sekarang ada pada materi tulisannya, sebisa mungkin ada manfaat yang bisa dibagikan di dalamnya meskipun tulisan yang ditayangkan hanya curhatan saja.

Dari penjelasan saya tersebut, sudah bisa dinilai ya kalau blog saya tidak ada niche tertentu. Ada sih pikiran untuk membuat blog yang saat ini dimiliki menjadi blog berniche. Tapi tantangannya besar sekali karena sudah banyak postingan yang tayang pada blog tersebut, masa iya mau dihapus. Lagi pula sampai saat ini saya masih suka menulis random.

Pernah sih punya satu blog niche Family Leisure, tapi sejak pandemi sudah saya nonaktifkan. Masih kepikiran sih mungkin suatu hari saya punya blog niche lagi. Hanya saja masih belum tahu kapan karena takut tidak kepegang mengurus blognya.


Pandangan Anda tentang Dunia Blogger di Indonesia saat ini?


Maraknya dunia blogger di Indonesia belakangan ini membuat bermunculan blogger baru. Blogger lama yang masih bisa mengikuti perkembangan dunia blogging masih bisa bertahan. Tapi ada pula yang sudah mulai berguguran karena banyak hal salah satunya aktivitas keluarga yang tidak bisa ditinggalkan.

Dulu punya blog lalu menulis itu sudah cukup dikatakan sebagai blogger. Namun zaman sekarang jadi blogger itu banyak yang harus disiapkan. Gak cuma harus bisa menulis saja, tapi juga harus mengerti utak atik blog dan mempercantik blognya supaya sedap dipandang mata.

Alasan lain dunia blogger banyak dilirik karena adanya penghasilan yang didapatkan, makanya banyak yang mulai tertarik dan belajar secara cepat. Para blogger baru ini ada yang dengan konsisten belajar ngeblog untuk kesenangan saja, ada pula yang mengejar materi. Tidak salah, karena memang begitu adanya.



Harapan Anda untuk Dunia Blogger?


Harapan saya untuk dunia blogger saat ini adalah bisa ikut mengedukasi banyak hal dan dijadikan tempat menambah ilmu. Untuk itu blogger juga perlu meningkatkan skillnya baik itu di bidang penulisan maupun hal lainnya. Tulisan yang didukung dengan gambar menarik juga saat ini masih banyak dicari.

Sebisa mungkin para blogger ini bisa menulis dengan jujur dari hati, kalaupun menulis konten titipan jangan terlalu dilebih-lebihkan. Karena banyak orang yang merujuk dari artikel yang didapatkan, jika mereka menemukan tulisan yang salah bahkan hoax malah akan menyesatkan.

Tidak ada salahnya menjadikan dunia blogger sebagai pekerjaan sampingan maupun tetap, tapi berusaha menulis dengan jujur dan menerapkan etika kesopanan yang berlaku di masyarakat. Sesama blogger saling mendukung satu sama lain dan tidak saling menjatuhkan, itu sih salah satu harapan saya. Saya yakin blogger saat ini pintar-pintar kok.

Siapakah Anda di Dunia Blogger?


Siapakah saya? Hanya seorang blogger yang berusaha tetap bertahan di dunia blogger yang makin marak ini. Meskipun saya sudah lama menjalankan kegiatan ngeblog, bukan berarti saya tahu segala hal. Banyak blogger baru yang lebih pintar dan ilmunya lebih banyak karena mereka semangat belajar.

Untuk itulah, saya juga harus mengambangkan skill di dunia blogger supaya tetap bisa menikmati keasyikan ngeblog seperti semula. Ternyata masih banyak hal yang perlu saya pelajari supaya kemampuan ngeblog saya bisa meningkat. Banyak cara untuk meningkatkan skill tersebut selain dari postingan teman-teman blogger lain juga. bisa ikut pelatihan yang sedang diadakan.

Kalau ditanya apakah saya ingin lebih dikenal sebagai blogger kenamaan? Tentu tidak, jauh dari hal tersebut apalagi kemampuan saya juga masih terbatas. Saat ini hanya perlu menyemangati diri untuk bisa lebih semangat lagi belajar untuk meningkatkan skill dalam dunia blog.

Apakah Blogger Masih Bisa Bertahan dengan adanya Youtuber?


Alasan saya ingin meningkatkan skill di dunia ngeblog karena saat ini banyak platform lain yang juga sedang booming seperti Youtube. Banyak youtuber yang membagikan ilmu, hiburan maupun hal lainnya lebih menyenangkan karena bentuknya yang audio visual. Sehingga banyak pula bermunculan youtuber baru.

Sebagai blogger, kita masih bisa bertahan meskipun bermunculan youtuber baru di dunia maya. Caranya adalah dengan meningkatkan kemampuan yang kita miliki. Kalau biasanya hanya menampilkan tulisan saja, cobalah dengan lebih membuat cerita yang lebih menarik lagi.

Kalau ada waktu dan kesempatan bisa juga blogger sekaligus menjadi youtuber juga lho. Satu konten bisa disajikan dalam dua platform yang berbeda. Saya yakin kalau tulisan-tulisan blog masih bisa bertahan di dunia maya.


Perlukah Blogger Paham SEO?


Salah satu hal yang perlu dipahami sebagai blogger adalah memahami teknik SEO. SEO atau Search Engine Optimization ini merupakan teknik yang dilakukan sebuah blog atau website supaya bisa menduduki rangking teratas di mesin pencarian Google.

Apa pentingnya belajar SEO sebagai blogger? Setelah memahami ilmu menulis, mau dong kalau tulisan kita ada di google ketika orang lain mencarinya? Nah ini menggunakan teknik SEO. SEO ini lah yang bisa menentukan apakah suatu tulisan berhasil muncul di pencarian atau tidak. Teknik ini juga berguna bagi mereka yang memanfaatkan blog sebagai pendukung usahanya. 

Saat ini sudah banyak blogger yang paham SEO baik dasarnya saja maupun hingga ke dalamnya. Bahkan ada juga blogger yang pekerjaan sehari-harinya hanya mengutak-atik SEO. Selain mereka ahli SEO untuk blognya sendiri, tak sedikit pula pihak luar yang menggunakan jasanya atau mereka memberikan pelatihan pada blogger lain.


Sejauh mana pemahaman Anda tentang SEO?


Kalau ditanya apakah saya juga belajar SEO untuk blog? Ya saya belajar meskipun belum terlalu dalam. Setidaknya sedang berusaha setiap postingan ada teknik SEO yang diterapkan untuk kebaikan dan kesehatan blog itu sendiri. Ternyata belajar SEO itu perlu terus ditingkatkan karena selalu ada perubahan setiap waktunya.

Belajar SEO dari beberapa suhu SEO sudah saya lakukan, sehingga bisa menerapkan teknik SEO secara perlahan. Ini adalah pilihan setiap blogger apakah ingin mempelajari SEO atau tidak. Pastinya setiap pilihan ada konsekuensi yang didapatkan.

Belajar SEO itu butuh waktu, konsisten dan semangat yang tinggi apalagi jika sudah masuk di teknik optimasi. Sebagai ibu rumah tangga harus bisa membagi waktu untuk optimasi tersebut, kadang-kadang sudah kehabisan tenaga untuk melanjutkannya. Di saat mulai malas melanda, kok postingan blog saya tidak terindex. Pemicu ini bisa jadi penyemangat kembali saya mempelajari SEO.


Apa yang Perlu diperbaiki pada Blog Anda?


Angan-angan ingin punya blog yang cantik dan sehat, syukur-syukur bisa nangkring di halaman muda google. Angan-angan ini bisa menjadi nyata kalau saya semangat mempelajari semuanya. Tapi kalau mau tidak peduli pun bisa, tapi ada konsekuensi yang akan saya dapatkan yaitu blog saya pun menjadi tidak sehat.

Hal lain yang perlu diperbaiki pada blog saya adalah perbaikan template dan kecepatan blog. Setelah memperbaiki poin-poin tersebut saya juga ingin belajar bagaimana blognya supaya bisa mendapatkan adsense. Syukur-syukur ada yang mau mengajari saya dalam perbaikan blog nantinya.

Maunya sih dalam perbaikan blog ini saya juga ikut di dalamnya supaya bisa dan mengerti. Bisa saja kita menggunakan jasa seseorang yang paham dalam perbaikan blog, tapi hal ini gak akan meningkatkan kemampuan saya dong jadinya. PR saya saat ini selain meluangkan waktu, semangat belajar, dan mencari guru yang bisa mambantu.

Menurut Anda, Apa itu Site Audit?

Bicara soal perbaikan blog, sepertinya ada hubungannya dengan site audit nih. Saya sebenarnya belum terlalu mengerti mengenai apa itu site audit. Bermodalkan googling dan mencoba memahaminya kalau site audit ini adalah suatu proses untuk melihat kualitas blog kita. Setelah diaudit nantinya akan terlihat apa saja kekurangan dari blog yang kita miliki.

Setelah tahu kekurangannya, pastinya kita harus memperbaikinya. Berhubung saya tidak dapat memperbaikinya sendiri, lebih mudah sih kalau ada ahlinya yang mengajari. Maunya sih saya diajarkan bukan terima beres begitu saja, supaya ke depannya lebih paham dan bisa memperbaikinya sendiri.

Untuk itu diperlukan guru yang memang paham mengenai site audit. Mau minta tolong tapi takut tidak terjangkau biayanya, syukur-syukur ada yang mau mengajarkan dengan timbal balik sesuai dengan kemampuan saya. Saya paham kalau ilmu itu mahal harganya.

Mengapa Anda ingin Mempelajari Site Audit Web?


Sudah lama sih, sebenarnya ingin melakukan site audit, pasti blog saya ini gak sehat nih apalagi pernah sampai tidak terindex beberapa waktu lalu. Saya mencoba mengutak-atik Alhamdulillah akhirnya bisa terindex kembali. Tapi tetap saja saya ingi mempelajari site audit web agar bisa tetap menjaga kesehatan blog sendiri.

Nah, site audit inilah salah satu peranan penting yang berkaitan dengan SEO on page nantinya. Jika kesehatan blog sudah baik, otomatsi penerapan teknik SEO pun akan berjalan dnegan baik. Dan tidak ada yang mustahilkan kalau postingan blog saya bisa menempati posisi awal dalam pencarian.

Jika sudah menempati posisi awal penarian, harapannya trafik pun bisa meningkat. Semua hal tersebut tidak bisa dilakukan tanpa usaha pastinya. Maka dari itulah saya ingin berusaha mempelajari site audit web tersebut. 


Semoga saja saya bisa mempelajari hal-hal baru di dunia blogging termasuk SEO dan site audit. Semoga ada jalan untuk mewujudkannya. Aamiin. Doa orang puasa Insya Allah diijabah. Dengan meningkatkan skill untuk blogger bisa lebih konsisten lagi di dunia blogging dan memiliki blog yang sehat serta terus membagikan informasi menarik dan bermanfaat untuk sesama.







Post a Comment

0 Comments