Merasakan Suasana Kota Lama Semarang Pilih Pagi atau Malam Hari?

Merasakan Suasana Kota Lama Semarang Pilih Pagi atau Malam Hari? Keduanya punya sensasi yang berbeda dan menyenangkan bagi siapa pun yang mampir ke kota ini. Meskipun setiap tahun mudik ke Kota Semarang, saya belum pernah sekali pun berkunjung ke Kota Lama di malam hari. Seru juga mungkin ya pikir saya kalau bisa datang di malam hari, ingin merasakan suasana malam hari seperti apa sih?

Suasana Kota Lama Semarang

Jalan Kaki Ke Kota Lama Semarang

Akhirnya mudik lebaran tahun ini, saya bisa juga merasakan suasana Kota Lama Semarang berdua saja bersama suami karena anak-anak gak mau ikut. Tahun-tahun sebelumnya biasanya saya sudah merasa lelah di malam hari dan memilih untuk istirahat saja dibanding keluar rumah atau hotel.

Tahun ini kami mudik menginap di Hotel Ibis Simpang Lima, tahu dong kondisi pusat kota ini seperti apa, apalagi di malam libur dan peak season seperti lebaran. Di sekitarnya macet karena banyak kendaraan yang lalu lalang, kebanyakan yang lewat juga mobil dengan plat nomor B. Melihat kondisi jalanan yang seperti itu membuat saya malas naik mobil menuju Kota Lama.

Kota Lama Semarang Malam Hari

Akhirnya kami memutuskan untuk jalan kaki saja dari hotel ke Kota Lama daripada harus menunggu taksi online yang datangnya juga lama. Untungnya jaraknya gak terlalu jauh, cuma 2 kilometer saja, itung-itung olahraga malam, tak lami kami pun track jalan pada smartwatch supaya terhitung activities dan kebetulan hari itu belum sempat olahraga. Niatnya sih nanti saat pulang ke hotel kami akan naik taksi online, tapi kok ternyata menunggunya lama juga. Daripada kelamaan menunggu, kami pun memutuskan untuk jalan kaki saja lagi, cuma 30 menit sudah sampai daripada menunggu taksi online.

Jalan-jalan ke Kota Lama Semarang di malam hari, ternyata berbeda suasana ketika saya berkunjung ke sini pagi hari maupun siang hari. Di malam hari banyak lampu-lampu di sekitarnya termasuk pada bangunan-bangunan lama yang ada di sana, membuat malam tampak bersinar.

Di Kota Lama ini kita bisa menikmati suasana sesuka hati saja. Kalau kami hanya menelusuri jalanan dan bangunan-bangunan yang ada di Kota Lama saja. Di tempat ini adalah salah satu ikon Kota Semarang yang bisa kita kunjungi yaitu Gereja Blenduk yang merupakan gereja tertua yang ada di Jawa Tengah.

Di lokasi ini juga banyak dijadikan area spot foto oleh pengunjung karena Kota Lama ini punya sejarah yang unik. Di tengah modernisasi kota, tapi Kota Lama tetap dipertahankan keberadaannya. Di tempat ini kita juga bisa menemukan bangunan tua yang dijadikan resto seperti Spiegel atau tempat lainnya yang digunakan sebagai gedung perkantoran atau cafe di kota lama semarang.

Kota Lama Semarang

Saya juga sempat mampir ke Pasar Antik yang ada di lokasi Kota Lama. Di sini kita bisa menemukan berbagai barang antik atau kuno yang pada masanya sangat berharga. Mungkin buat teman-teman yang dulu pernah menggunakan mesin tik atau kamera yang memakai roll film, di sini bisa bernostalgia menemukan barang-barang tersebut. Gak cuma itu aja sih, barang-barang kuno lainnya bisa kita lihat di kios-kios yang ada di sana. Oh ya, barang antik tersebut bujan cuma dipamerkan tapi memang dijual karena masih banyak kolektor barang antik yang mencarinya atau hanya untuk kenang-kenangan saja.

Di Pasar Antik ini saya juga menemukan setrikaan jaman dulu yang menggunakan arang, jadi ingat masa kecil yang pernah dibelikan mainan seperti ini. Anak zaman sekarang mungkin taunya hanya setrika uap saja ya. Zaman boleh berkembang tapi kita pun tidak boleh melupakan masa lalu.

Libur mudik lebaran kali ini saya malah bisa merasakan dan melihat Kota Lama Semarang di malam hari dan pagi hari. Bedanya di malam hari lebih ramai orang dan kerlap kerlip lampu di mana-mana. Sedangkan di pagi hari lebih sepi karena saya gunakan waktu untuk sepedaan di tempat ini. Kalau ditanya lebih suka suasana malam hari atau pagi hari? Saya lebih suka di pagi hari karena udaranya lebih segar dan bisa menikmati suasana sekitar lebih leluasa.

Liburan ke Semarang, cobain deh mampir ke Kota Lama Semarang atau tempat lain yang gak kalah menariknya seperti Lawang Sewu, Kampung Batik Semarang atau tempat wisata bersejarah lainnya yang ada di sana.

Post a Comment

23 Comments

1. Kapan itu lihat kuliner di Kota Lama Semarang yang deket kali tengah kota gitu. Aku penasaran banget pengen ngerasain suasananya, huhu.
    Belom kesampaian nih jalan-jalan di Semarang. Dulu cuma sempet ke simpang, liat Lawang Sewu, sama makan di bukit apa tu yang viewnya kota bawah Semarang

ReplyDelete
  2. Aku udah lamaaaa banget ngga main2 ke SMG.
    Baca artikel ini, auto mupeng utk segera cuss ke sana!
    Asyik banget vibes-nya maaakk

ReplyDelete
  3. Aku tuh mampir di Semarang cuma selamaman aja, FIt. Baru sekali masuk ke Lawang Sewu hihihi belum sempat main ke Kota Lama Semarang, pasar antiknya dan lain2. Kepengen deh nanti liburan anak2 ke sana. Kan dekat dari Jakarta via tol wuuuzzz! Hehehe.

4. Aku sudah pernah siang pernah juga malam eksplor Kota Lama Semarang, itu dulu pas anak-anak masih kecil dan aku masih ebih ((muda))..tapi yang terakhir kemarin cuma keluar cari makan doang di dekat hotel, mau jalan sampai Simpang Lima dah tepar. Next deh kalau agak lama nginep di Semarangnya bakal jalan-jalan seputar area

5. Dennise SihombingMay 20, 2022 at 7:13 PM

Baru tahu nih kalau Lidya asalnya dari Semarang. Aku 3 tahun yang lalu liburan ke Semarang. Tetapi tidak sempat eksplor keindahan kota Semarang terutama di malam hari memang terlihat lebih indah ya. Apalagi banyak bangunan tua bersejarahnya ya

ReplyDelete
  6. Semarang itu kayak kota bandung. Ada kota lama ada kota baru. Etapi palembang juga ada, daerah palembang bari namanya.

7. Waktu masih kerja, kalau lagi ditugasi ke Semarang pasti deh nginepnya di Hotel Ibis Simpang Lima. Waktu jalan-jalan cuma ada di malam hari. Karena siangnya urusan kerjaan. Tapi, cuma sebentar karena udah keburu capek hehehe. Jadi kangen pengen nginep di sana lagi. Anggap aja nostalgia :D

8. Duh jadi pingin mampir ke Kota Semarang lagi, soalnya pas ke Semarang tiga tahun lalu cuma sempat ke Lawang Sewu dan mudik tahun ini ke Jember, mampirnya di Banyuwangi dan Malang. Next tahun depan pingin mampir di Semarang lagi.

ReplyDelete
  9. Asyik nih jalan kaki berdua aja ke Kota Lama malam hari, suasananya beda ya mbak dengan siang hari, terutama karena adanya lampu hias

10. Beberapa bulan lalu, saat mampir ke Semarang aku sempat menikmati suasana kota lama meski sebentar
    Waktu itu sih pagi hari
    Semoga next kalau ke Semarang lagi bisa nyobain menghabiskan malam di kota lama

ReplyDelete
  11. Mbak kok ga ngabarin kalo mudik? Sayang banget ga bisa kopdar yah kita. Kalo aku suka ke kota lama sore2 gitu mbak pas cuaca udah lebih bersahabat. Tapi malam juga enak si asal jangan malam minggu. Rame pol deh

12. Aku kalau ke Semarang juga memilih menginap di sekitaran Simpang Lima Semarang, kak Lia..
    Dan pernah juga menginap di Ibis, tapi jalan malamnya cuma sampai Simpang Lima, karena ada banyak entertain yang bisa dinikmati di Simpang Lima. Alhamdulillah...seneng.

Kak Lia jalannya jauh yaa.. Dari SImpang Lima sampai
    Kota Lama Semarang.

Replies
    1. Aku beberapa kali ke Semarang cuma lewat aja, belum sempat explore Semarang. Next kalau ada kesempatan pingin banget explore Semarang, baikitu di pagi hari dan malam.. seru kali ya

Delete
  13. Aku ke sana dulu itu siang, th 2018 bulan Ramadhan, panas dan sepi huhu. Tapi seru juga kalau ke sana malam hari yah. Moga bisa ke sana lagi

ReplyDelete
  14. Waaah baru seminggu lalu kami pulang dari semarang juga mak, 3 malam di semarang mlipir kota lama juga tapi pagi hari, naah sayang nih ga ke kota lama malam hari ternyata cakep ya malam hari.

15. Udah lama gak k Semarang, mogahan tahun ini bisa mampir deh . Kalo ditanya mau jalan malam apa siang. Aku milihnya pagi sampai jam sepuluh aja dan malam sesudah maghrib deh. Kali ini moga bisa bareng keluarga

16. Baru tau kalau ada pasar antiknya, Bun. Aku terakhir jalan2 malam di seputar Kota Lama ini pas masih ting2. Seruuuu...xixixixi

ReplyDelete
  17. Jadwal rutinan balik ke Semarang mesti ke sini ya mba Lid. Hehehhe ... Aku juga suka mampir ke sini kalo pas ke Semarang kalau kebetulan sejalur.

18. terakhir ke Semarang akhir tahun 2019. Duh pengen banget main ke Semarang lagi. Ngajak anak-anak main ke Kota Lama sambil hunting foto seru banget pasti

19. Masya Allah, menyimak ceritanya kok aku jadi mupeng banget ya, Mbak. Hehe. Jalan kaki di malam hari menelusuri kota ikonik di Semarang. Wihh indahnya. Trus pagi hari bisa sepedaan menikmati udara pagi yg fresh di sana. Hemm.. menarik banget. Semoga suatu saat aku juga bisa seperti itu :)

ReplyDelete
  20. Aku tuh sudah lama banget pengen ke Semarang buat wisata malam, tapi belum terwujud juga. Aku pengen ke Kota Lamanya di malam hari yang katanya spesial wkwkw, asli pengen banget

21. masya Allah jadi ingat zaman kecil masih menggunakan setrika arang mbk. Kalau takut panas pakai daun pisang di gosok dulu xixixi... ya Allah pasti happy ya ke pasar antik.

22. Kota Lama tuh mempesona! Sayangnya baru-baru ini kena banjir ya mba, air laut naik. Semoga gedung dan landscapenya tidak rusak.

ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya