Karyawan Juga Bisa Raih Kebebasan Finansial, Begini Caranya!

Bisakah seorang karyawan raih kebebasan finansial bukan hanya mengandalkan gaji bulanan saja? Jawabannya pasti bisa asalkan dapat mengelola keuangan dengan baik dan melakukan investasi sejak dini. Siapapun punya impian di masa depan, salah satunya adalah kebebasan finansial di usia yang diinginkan nantinya.

Raih Kebebasan Finansial





Income Naik, Lifestyle Jangan Ikut Naik


Kekayaan sejati tidak perlu terlihat, tujuan kaya itu sesungguhnya  bukan hanya yang kelihatan saja - Samuel Ray (HR, Professional, write dan Content Creator)

Income Naik, Lifestyle Jangan Ikut Naik



Quote tersebut saya dapatkan dari acara SmartVestor bersama KoinWorks dengan tema "Wujudkan Aset Impian Melalui Perencanaan Keuangan" yang diselenggarakan di Calibrew Coffee, BSD, Tangerang.

Kenaikan pendapatan seorang karyawan diperoleh dari kenaikan gaji tahunan dari perusahaan tempat kerjanya. Naik gaji bukan berarti gaya hidup ikut naik juga. Kalau cara ini diterapkan sudah pasti tidak mempunyai simpanan dari kelebihan penghasilan tersebut.

Samuel Ray menjelaskan bahwa sebagai karyawan, uang itu sebagai nyawanya. Ketika mendapatkan uang dari gaji artinya kita menukarkan waktu dan expertise untuk memperoleh uang tersebut. Maka dari itu jangan sampai menghambur-hamburkannya karena untuk memperolehnya kita harus bekerja keras setiap harinya supaya bisa mengatur keuangan dan mewujudkan mimpi.

Supaya bisa memperoleh kebebasan finansial, seorang karyawan harus punya finansial goal terlebih dahulu dan jangan mudah tergoda dengan orang lain serta tidak membandingkan penghasilan dengan orang lain. 


Cara Memperoleh Kebebasan Finansial


Rasanya hampir semua orang ingin mempunyai kebebasan finansial, tidak hanya karyawan saja. Siapa pun dapat mewujudkannya dengan menentukan tujuan keuangannya terlebih dahulu. Ada tiga cara untuk mencapai impian dalam kebebasan finansial yaitu:

1. Expense

Jika kita belum mempunyai penghasilan tambahan, maka segala macam pengeluaran harus dapat ditekan semaksimal mungkin. Janganlah mengikuti gaya hidup orang lain, hidupnya sesuai dengan kemampuan kita.

2. Income

Agar memperoleh pendapatan lebih, kita harus mencari tambahan untuk menaikan income setinggi-tingginya.

3. Investasi

Simpanan kita tidak akan bertambah signifikan jika hanya mengandalkan tabungan dari gaji bulanan saja, perlu juga melakukan investasi


Raih Kebebasan Finansial dengan Investasi


Bicara soal investasi, kadang ada orang yang merasa takut untuk berinvestasi karena takut ditipu apalagi beberapa waktu lalu marak investasi bodong. Sebelum berinvestasi, kita harus mengenali profil risiko dari investasi tersebut kemudian memilih investasi yang cocok pada platform investasi terpercaya. Setelah itu mulai deh kita melakukan disiplin dalam berinvestasi.

Ketika kita sudah mengetahui target keuangan dalam berinvestasi apakah jangka pendek, menengah, atau panjang barulah kita memilih instrumen investasi yang  tepat dan memahami faktor risikonya. Di Koinworks mempunyai pilihan faktor risiko buat mereka yang ingin berinvestasi mulai dari konservatif, moderat hingga agresif. Sesuaikan pilihan dengan kebutuhan dari target keuangan masing-masing.


Wujudkan Kebebasan Finansial dengan KoinWorks


KoinWorks sebagai Super Financial App pertama di Indonesia bisa dijadikan solusi untuk berbagai kebutuhan finansial termasuk kebebasan finansial kita dalam satu apalikasi saja.


koinworks


Emilia Dian Prabawati (Lead Financial Consultant Koinworks) menjelaskan mengenai 4 jenis investasi personal di Koinworks yang dapat dijadikan pilihan untuk memperoleh kebebasan finansial di masa depan antara lain:

Koin P2P

Instrumen investasi berbasis P2P (Peer to Peer) yang memungkinkan lender untuk memungkinkan menganalisa borrower dengan membaca fact sheet.

KoinRobo


Investasi pendanaan P2P dengan diversifikasi kebanyak loan pilihan dari KonRobo sehingga imbal hasilnya lebih terukur.

KoinGold

Investasi lewat cara pembelian emas secara digital mulai 1000 rupiah melalui ShopeePay. Emas sebagai instrumen investasi yang bisa diandalkan sejak lama hingga saat ini pun tetap bisa dijadikan salah satu pilihan dalam berinvestasi.

Koin Bond

Investasi terbari dari KoinWorks Super Financial Apps yang dapat membantu kita membeli Surat Berharga Negara Elektronik

KoinWorks sebagai penyedia fasilitas peminjaman berbasis marketplace online yang memudahkan dalam mempertemukan pendana dan peminjam ini sudah terdaftar di OJK.

Setelah mengetahui jenis investasi dari KoinWorks bisa diambil kesimpulan jika ingin berinvestasi tidak harus menunggu punya uang banyak terlebih dahulu. Investasi bisa mulai dari RP100.000 saja.

Alasan KoinWorks Dipercaya



Sudah menentukan jenis investasi  yang sesuai dan menjadi investor bahagia? Artinya sudah siap pula untuk memiliki kebebasan finansial. Investasi mudah lewat aplikasi KoinWorks, tentukan ingin menjadi pendana, lender atau investor dan bersiap menambah aset kalian. Jangan lupa download aplikasi KoinWorks dan gunakan kode KLFITRIAN

Post a Comment

0 Comments