Masa Depan Internet Indonesia akan Mengalami Lompatan, Sudah Siapkah Kamu Menghadapinya?

Sadarkah kita kalau saat ini banyak hal dapat  dilakukan secara digital? Semua itu terjadi karena pada dasarnya pemerintah Republik Indonesia telah mencanangkan transformasi digital, tidak saja pada sektor bisnis, tetapi juga sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) yang beroperasi secara penuh di tahun 2023 ini. Hal ini menunjukkan bahwa masa depan internet Indonesia akan mengalami lompatan dan makin berkembang dari waktu ke waktu. Yang dulunya butuh bantuan manusia untuk melakukan suatu pekerjaan, sekarang cukup hanya dengan bantuan sebuah algoritma digital pekerjaan manusia tersebut bisa tergantikan.

Masa Depan Internet Indonesia akan Mengalami Lompatan






Pemanfaatan Internet Untuk Teknologi Digital


Apa saja sih pekerjaan manusia yang sudah mulai digantikan oleh mesin? Mungkin kamu masih ingat dengan gardu tol, dulunya pengguna tol melakukan pembayaran secara tunai kepada petugas yang berjaga di tiap gardu. Namun sejak tahun 2017 pekerja tersebut sudah digantikan oleh mesin dan transaksinya dilakukan secara digital menggunakan e-money yang diterbitkan oleh beberapa bank. Kabarnya di akhir tahun 2023 ini pembayaran tol bisa dilakukan tanpa kartu dan tanpa sentuh yaitu Multi Lane Free Flow (MLFF) untuk menghilangkan waktu antrian ketika membayar tol, karena adanya teknologi global navigation satellite system (GNSS) yang akan membantu mengenali kendaraan dan pemilik smartphone ketika melakukan transaksi. Hebatnya Indonesia merupakan negara kedua di dunia yang menerapkan transaksi pembayaran seperti ini.

Pada dasarnya cara kerja mesin e-money berbasis server ini tersambung melalui jaringan internet untuk mengontrol penggunaannya atau transaksi yang dilakukan tersebut. Maka dari itu pihak penyedia jasa haruslah mempunyai koneksi internet yang bagus supaya tidak ada kendala. Untuk itu diperlukan jasa Internet provider yang mumpuni untuk bekerjasama dalam bisnisnya.


Vending Machine Gantikan Tenaga Kerja Manusia


Ada banyak teknolog digital lainnya yang dikendalikan oleh mesin dengan bantuan internet yang kerap dijumpai salah satunya adalah vending machine yaitu mesin penjual otomatis yang tidak memerlukan penjual yang menjaganya.

Vending Machine Gantikan Tenaga Kerja Manusia



Kalau saya perhatikan di beberapa lokasi bisa menemukan vending machine seperti di stasiun kereta api atau MRT, pusat perbelanjaan, terminal, perkantoran, dan tempat-tempat lain termasuk di sekolah. Beberapa waktu lalu saya juga melihat vending machine yang menjual logam mulia atau LM. Saya pun langsung teringat dengan salah satu teman yang tinggal di luar daerah dan langsung bertanya apakah ingin titip beli. Ternyata gayung bersambut, teman saya ini memang sangat tertarik untuk membelinya dengan tidak ragu dia pun mentransfer sejumlah uang sesuai dengan harga logam mulia titipannya. Saya melakukan transaksi menggunakan QRIS yang serba praktis karena tidak perlu mengeluarkan kartu dari dalam dompet lagi karena cukup menggunakan ponsel pintar saja.

Ketika saya sedang melakukan transaksi, ada seorang ibu yang bertanya "Mbak, itu cara belinya gimana sih?" Si ibu tertarik membeli tetapi tidak tahu caranya dan masih khawatir barangnya tidak bisa diambil. Namun, setelah melihat saya berhasil bertransaksi beliau pun ingin membeli juga. 

Vending machine yang menjual logam mulia hanya salah satu contoh saja, ada banyak jenis vending machine lainnya yang ada di Indonesia seperti mesin menjual tiket, mesin foto otomatis, mesin penjual makanan, minuman, obat-obatan dan masih banyak lagi.

Vending Machine yang beredar saat ini membutuhkan koneksi internet untuk memudahkan transaksi digital pembelinya baik melalui e-money maupun QRIS. Lagi-lagi jasa Internet Provider sangat berperan di sini.


Menikmati Hiburan di Rumah Secara Digital


Di masa pandemi selama 2 tahun lalu, kami menikmati hiburan di rumah saja seperti nonton film atau serial lewat layanan streaming online, berkomunikasi dengan keluarga maupun kolega kerja sampai nonton konser dan perlombaan 17an pun dilakukan secara online.

Saya merasa nyaman menikmati hiburan-hiburan tersebut di rumah, sambil olahraga lari di treadmil nonton serial di Netflix atau nonton drakor di Viu lewat smart tv. Siapa bilang di rumah cuma bisa rebahan aja sambil nonton, justru bisa tetap bugar juga kok. Begitu pula untuk kegiatan menonton channel TV, sering saya lakukan secara streaming baik lewat laptop maupun ponsel.

IndiHome merupakan internet provider yang saya gunakan di rumah sejak jauh sebelum pandemi melanda Indonesia. Jatuh-bangun kehidupan saya dan keluarga selalu didampingi oleh layanan milik Telkom Indonesia ini. Keberadaannya menjadi bagian dari perjalanan saya dan keluarga mencari informasi seluas-luasnya.

IndiHome sebagai Layanan fixed broadband Telkom Indonesia ini memiliki jaringan yang luas dan sudah tersebar ke seluruh wilayah Indonesia serta terus melakukan inovasi termasuk peningkatan kecepatan internetnya. 

Kedepannya saya berharap IndiHome sebagai internet provider bisa terus berinovasi untuk memenuhi dan memudahkan kebutuhan masyarakat terhadap akses internet tanpa batas di mana pun berada, apalagi IndiHome tidak hanya melayani pemakaian konsumen rumah dan kantor saja tapi di layanan publik pun sudah ada dengan memanfaatkan Wifi.id Seamless yang tersedia di jaringan publik khusus pemakaian personal pelanggannya. Tentu saja saya percaya IndiHome mampu menghadirkan koneksi internet cepat dengan kapasitas besar dan harga terjangkau bagi masyarakat.

Tentunya peningkatan kualitas dan layanan Internet provider dari IndiHome ini harus dibarengi literasi digital dari masyarakatnya supaya bisa lebih bijak dalam penggunaannya.



Siap Menghadapi Perkembangan Internet


Ternyata meskipun internet Indonesia makin berkembang, tapi belum semua orang dapat mengikuti perkembangan dunia digital tersebut karena kurangnya literasi. Contoh kasus ibu yang hendak membeli logam mulia belum dapat menggunakan vending machine dan masih kebingungan dengan cara melakukan pembayarannya. Contoh lainnya masih banyaknya masyarakat yang belum mau menerima perubahan terutama ketika pekerjaannya digantikan oleh mesin.

Internet provider



Agar bisa mengikuti perkembangan jaman, tentunya kita harus mencari ilmu sebanyak-banyaknya sehingga bisa tetap mengikuti perubahan teknologi digital. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan menerima perubahan tersebut dan belajar memahami serta menggunakannya.

Sebenarnya teknologi dibuat untuk memudahkan bahkan menekan budget, tapi sisi negatifnya adalah banyak orang tergantikan dengan mesin. Jangan mau kalah dengan perkembangan teknologi, sebagai sumber daya manusianya pun harus bisa meningkatkan skil. Selain itu kita juga harus bisa memilah hal baik dan buruk dari adanya teknologi tersebut sehingga tidak mudah terpengaruh terhadap hal negatif.

Pertanyaan apakah kita sudah siap menghadapi perkembangan masa depan internet Indonesia? Hal tersebut hanya dapat dijawab oleh diri sendiri, apakah kita mau berubah juga atau tidak. Yuk, sama-sama siap menjadi SDM yang unggul untuk menghadapi perkembangan dunia digital yang sejalan dengan berkembangnya masa depan internet Indonesia. 







Post a Comment

27 Comments

  1. Siapkah menghadapi perkembangan masa depan internet di indonesia? Siap tidak siap, harus siap 😅 ya gimana dong, namanya butuh

    ReplyDelete
  2. Beneerr deh, sekarang udah pelan-pelan beralih jadi digital semua. Makanya koneksi internet itu udah jadi kebutuhan banget ya. Perlu juga penyedia layanan yang bisa dipercaya dan diandalkan seperti Indihome

    ReplyDelete
  3. Aku suka agayamu, Mbak. Walo di rumah aja tapi bisa tetep bugar kok. Terbaek! Haha..

    Olahraga pun jadi ga bosen ya, Mbak, karena bisa sambil nonton acara paporit.

    ReplyDelete
  4. mau ngga mau.. siap atau nggak siap ya harus siap ya.. karena kita hidup di era digital, jadi harus siap dengan lompatan internet dan harus adaptif dengan perkembangan zaman. Jaringan internet cepat memang paling the best untuk melompati era digital dengan sebaik baiknya

    ReplyDelete
  5. Aku pribadi merasa sudah siap buat ngikutin perkembangan zaman dengan teknologi dan internet. Cuma ya, masih banyak orang yang beripikir bahwa ini negatif, main HP lebih banyak dampak buruknya. Padahal mah kembali ke manusianya

    ReplyDelete
  6. Bener juga sekarang dmn2 udah mulai banyak vending machine ya mbak. Siap ga siap ya memang hidup kita bakalan mengikuti perkembangan teknologi dan koneksi internet yg oke udh jd kebutuhan pokok

    ReplyDelete
  7. Sekarang apa-apa ngeri ya, semua pekerjaan hampir digantikan oleh mesin. Tapi rupanya mesin-mesin ini semuanya butuh internet ya mbak?

    ReplyDelete
  8. Hah? Seriun aku baru tahu beli LM ada vending machinenya. Emang bayarnya lewat qria doang? bener2 cashless yah. Semua sekarang bergantung pada internet cepat sih ya, teknologi digital gitu loh!

    ReplyDelete
  9. Siap nggak siap ya harus siap ya mbak
    Era digital membuat kita harus siap menghadapi perkembangan internet yang sangat cepat ini

    ReplyDelete
  10. Harusnya kita bersiap. Jangan sampai ada gap yang semakin lebar antara kemajuan internet dengan ketidaksiapan kita menghadapinya. Tentu literasinya harus ditingkatkan. Supaya gak mudah terbawa arus yang tidak benar dari internet

    ReplyDelete
  11. kayaknya sejak pandemi dunia teknologi kita mengalami lompatan yang besar banget ya, mbak. internet sudah benar-benar jadi kebutuhan di berbagai bidang dan mungkin jadi kebutuhan utama di masa mendatang

    ReplyDelete
  12. Bener banget, mbak. Materi ini pernah aku sampaikan ke siswaku, karena mereka adalah bibit bangsa yang akan menerima perubahan besar-besaran di dunia internet ini.
    Dan betul banget, bukan hanya anak jaman now yang harus siap menerima perubahan. Kita pun juga harus siap, supaya bisa mendampingi anak jaman now berinternet dengan sehat kelak

    ReplyDelete
  13. Ada rasa ingin tahu ketika teknologi mulai berkembang dan menggantikan sejumlah pekerjaan yang dulu dikerjakan tenaga manusia. Alhamdulillahnya, meski teknologi kian berkembang, ada banyak pekerjaan yang bisa digeluti di era digital seperti ini.

    Alhamdulillah,
    Sempga persaingan di dunia kerja bisa diatasi dengan akses internet cepat yang memungkinka kita mendapat banyak pengalaman dan skills yang mumpuni.

    ReplyDelete
  14. Siap tidak siap dengan semakin majunya internet, kita harus menghadapi ya mba. Dan secara perlahan memang semuanya terbantukan dengan internet. Jadi ingat bener gardu pintu TOL yang dulu ada banyak petugasnya.

    ReplyDelete
  15. aduh itu vending machine kesukaan anakku banget, selalu ada alasan untuk jajan ke vending machine. Tapi memang melihat perkembangan sekarang tuh cepat banget ya mak Lid, kayak apa-apa sudah bisa langsung dikerjakan secara online karena koneksi internetnya cepat.

    ReplyDelete
  16. di era digital ini emang perlu banget internet yang kencang kalau lelet akan tertinggal nih pastinya perlu ada persiapan agar anak tak terlena ya

    ReplyDelete
  17. Siap gak siap tampaknya kita harus siap ya Mbak dengan lompatan internet di Indonesia. Ya meski aku pun masih banyak gapteknya.
    Btw kami sekeluarga juga sudah berlangganan IndiHome sejak sebelum pandemi (2014), dan alhamdulillah fine2 aja, bahkan IndiHome sangat membantu kehidupan kami.

    ReplyDelete
  18. Siap gak siap tampaknya kita harus siap ya Mbak dengan lompatan internet di Indonesia. Ya meski aku pun masih banyak gapteknya.
    Btw kami sekeluarga juga sudah berlangganan IndiHome sejak sebelum pandemi (2014), dan alhamdulillah fine2 aja, bahkan IndiHome sangat membantu kehidupan kami.

    ReplyDelete
  19. iya mbak benar banget harus ditanyakan ke diri sendiri ya, siap gak sih kita menghadapi lompatan teknologi yang semakin cepat ini. Kalau tidak justru teknologi bakalan bikin kita terlena dan santai, padahal orang lain menggunakan teknologi untuk mensejahterakan diri eh kita malah tetap belum sejahtera karena belum bisa memanfaatkan teknologi dengan sebaik baiknya.

    ReplyDelete
  20. Saya sudah siap
    Sudah sewajarnya memang hidup maju lebih baik
    Apalagi di masa internet sudah menjanjikan hal hal yang bisa mendukung
    Pastinya bisa...

    ReplyDelete
  21. Wah iya vending machine di mana2. Sama satu lahi yang meresahkan yg pakai teknologi AI sampai bisa bikin tulisan sendiri haha apa tu namanya chat GPT atau apalah namanya.
    Emang kudu bersiap yaa, denghan jangan sampai lupa upgrade kemampuan diri. Kita yang mengendalikan internet jangan sampai sebaliknya. Menarik nih bahasannya mbak :D TFS

    ReplyDelete
  22. Pastinya sih internet di masa depan akan mengalami perkembangan yang pesat ya Mba. Kemungkinan macchine bisa menggantikan manusia, makanya Kita mesti lebih meningkatkan kompetensi SDM

    ReplyDelete
  23. Hadirnya internet itu membuat kita semakin mudah. Dari segi apa pun. Entah untuk menghasilkan uang, atau mencari hiburan, dengan koneksi internet lancar kita bisa melakukannya.

    ReplyDelete
  24. Vending machine ini nih yang suka dilirik anakku. Kadang ga butuh isinya tapi ingin coba beli, lihat gimana prosesnya minuman di dalam kotak bisa turun.

    Kalau hiburan di rumah pakai WiFi IndiHome solusi ga perlu ke bioskop.

    ReplyDelete
  25. Aku juga pakai Indihome mb Alhamdulillah selama ini jaringan internetnya lancar jaya, dan tidak ada kendala yang berarti.

    ReplyDelete
  26. Bener mba.. aiih.. perkembangan teknologi skrg serem. Melompat sekali. Teknologi chat GPT aja ya. Bener2 jawaban yg diberikan informatif sekali. Blm lg kalo robot AI bs menjadi pengganti tenaga kerja manusia. Gak bisa bayangin aku kalo manusianya sendiri gak upgrade diri

    ReplyDelete
  27. Sebenarnya ga perlu takut tersaingi dengan teknologi ya. Justru teknologi yg memudahkan hidup kita kan. Apalagi internet, ga kebayang kalau ga ada internet 😂, kiper deh 😂

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya