Buat Survei Online Populix Untuk Memulai Bisnis franchise

Mau mulai bisnis sendiri, tapi bingung dengan ide usaha apa yang cocok dijalankan. Sepertinya kebingungan saya ini hal yang wajar, pastinya banyak orang yang mengalami hal seperti ini ketika akan merintis usaha. 

Semua bisnis sudah ada yang menjalankan, lalu gimana kalau saya memulai bisnis yang sudah ada dan tidak menarik pangsa pasar? Sebetulnya tidak perlu khawatir dengan konsumen, lihat saja di pasar banyak kios yang menjual produk yang sama tapi mereka punya pembeli sendiri. Intinya rezeki tidak akan kemana bukan?

Survey Online Populix





Meskipun orang lain sudah menjalankan bisnis yang sama, tapi kita ingin menjalankan bisnis itu juga gak ada masalah kok. Yang perlu dilakukan adalah membuat perbedaan agar tidak sama dengan bisnis yang sudah ada, baik itu perbedaan dari segi pemasaran maupun inovasi lainnya.

Pentingnya Menentukan Jenis Usaha


Menentukan jenis usaha ini penting dilakukan di awal supaya kita bisa fokus menjalani bisnis. Banyak ide dan inspirasi jenis usaha yang bisa didapatkan. Pilih jenis usaha yang memang klik di hati, merasa bisa menjalaninya dan berpotensial. Siapa pun tidak mau rugi dengan usaha yang dijalaninya, maka dari itu kita harus jeli melihat pangsa pasar, jenis usaha seperti apa yang pada akhirnya akan dipilih.

Saya tertarik dengan bisnis franchise dengan brand yang sudah punya nama namun konsumennya tidak pernah bosan dengan produk tersebut. Masalahnya saya ingin bisnis tersebut lokasinya tidak jauh dari rumah paling tidak masih di dalam komplek tempat tinggal supaya lebih mudah mengontrolnya dan hemat waktu.

Melakukan Riset Pasar 


Tahap selanjutnya setelah menentukan jenis usaha adalah melakukan riset pasar untuk mengetahui seberapa tepat usaha yang kita pilih. Riset merupakan salah satu cara bisa mengetahui keuntungan dan kekurangan dari usaha yang akan dijalani nantinya.

Untuk mencari jawaban, kita perlu menyebar survei kepada koresponden agar bisa mengetahui apa yang ada di kepala mereka dan dijadikan langkah selanjutnya dalam menentukan strategi bisnis yang akan dimulai.

Membuat survei itu mudah, yang sulit adalah menyebarkan survei tersebut dan dengan keikhlasan koresponden mau mengisinya. Seseorang yang menerima survei tanggapannya beragam, ada yang dengan senang hati mengisi survei tersebut, tapi ada pula yang enggan karena kesibukan atau malas dengan berbagai isian yang ada. Lalu ada gak sih cara mudah kita bisa membuat survei tanpa kesulitan mencari responden? Jawabannya ada pada Populix.

Buat Survei Online Populix Sebelum Memulai Bisnis


Buat survei online Populix untuk memulai bisnis franchise itu mudah dan cepat gak pakai repot dari responden real. Dan yang pasti gak perlu ngemis sana sini untuk mengisi survei yang kita buat lho. Pasti kalian pernah atau sering menerima broadcast jajak pendapat atau survei online melalui grup WhatsApp. Biasanya pemilik survei online tersebut membutuhkan jawaban yang nantinya data atau hasil survei tersebut digunakan untuk kebutuhan tertentu misalnya riset pasar maupun menentukan strategi pasar yang tepat.

Poplite





Populix sebagai perusahaan penyedia layanan consumer insight akan menghubungkan bisnis dengan responden berkualitas dan tepat sasaran di seluruh Indonesia. Koresponden yang akan mengisi survei ini real ada sekitar 300 ribuan koresponden yang sudah terdaftar yang berasal dari lebih dari 300 Kota dan Kabupaten di Indonesia. Tentunya koresponden yang ada sudah melalui penyaringan terlebih dahulu sehingga tidak asal mengisi survei nantinya. Diharapkan hasil survei dari Populix ini dapat membantu pebisnis dalam menyusun strategi dan mengambil keputusan bisnis.

Poplite by Populix


Saya pun sudah mencoba layanan Poplite dari Populix untuk melakukan riset. Poplite sebagai layanan survei self-service bukan hanya bisa membantu kita dalam kebutuhan bisnis saja, melainkan kebutuhan akademis dan kegiatan lainnya. Banyak mahasiswa yang membutuhkan responden untuk mengisi survei, nah sudah saatnya menggunakan layanan Poplite untuk menghemat waktu dalam mencari responden berkualitas.

Cukup 5 Langkah Pakai Poplite


Coba tau dari dulu ada layanan survei seperti ini, pasti banyak orang akan terbantu nih. Menggunakan layanan Poplite keuntungannya adalah mendapatkan survei berkualitas dengan harga transparan. Membuat survei pun mudah, kita dapat membuat pertanyaan sendiri maupun menggunakan pertanyaan dari template yang sudah ada.

Berikut ini pengalaman saya menggunakan jasa Poplite untuk membuat survei mengenai pilihan usaha franchise yang saya inginkan.

survei online





Sebelum memulai membuat survei, pastikan kamu sudah mendaftar terlebih dahulu di Populix.co. Selanjutnya cukup 5 langkah kamu sudah bisa membuat survei dan mendapatkan hasil dari pada responden.

Langkah pertama adalah mengakses dashboard Poplite kemudian membuat survei dalam hitungan menit, pokoknya tidak pakai lama. Biaya pembuatan survei ini tergantung dari jumlah pertanyaan yang kita buat. Tapi, tenang saja semuanya transparan kok, jika dirasa biayanya sudah melampaui budget, kita bisa modifikasi pertanyaan atau mengurangi pertanyaan. Untuk usia responden dan tingkat pendapatan pun bisa diatur pada dashboard sehingga kita bisa mendapatkan responden yang tepat dengan survei yang dibuat.

Setelah selesai membuat pertanyaan survei dan melakukan pembayaran, survei pun siap diluncurkan kepada responden. Kita tinggal memantau hasil survei secara real time melalui dashboard. Untuk kebutuhan riset kalian juga dapat mengunduh data dalam format csv.

Pantau Data Pada Dashboard


Setelah selesai membuat pertanyaan survei dan melakukan pembayaran, kalian bisa memantau dashboard untuk mendapatkan detail survei, responden dan hasil survei. Tunggu beberapa waktu maka hasil survei akan terlihat sesuai dengan jumlah responden yang kita pilih.

Hasil survei yang dibuat pada Poplite bermanfaat untuk mengetahui seberapa tepat pilihan bisnis franchise yang akan saya pilih jika dibuka di sekitar perumahan. Hasil ini penting lho untuk langkah selanjutnya dalam memulai bisnis.

Setelah membuat survei dengan jumlah pertanyaan 2 buah, tidak sampai satu hari hasil survei sudah bisa saya dapatkan dengan jumlah responden sesuai target. Dari survei tersebut didapatkan hasil kalau bisnis franchise bisa dilakukan di sekitar rumah dengan bisnis yang sudah punya nama. Step selanjutnya adalah waktunya memulai bisnis dan mengatur strategi promosi yang tepat agar dikenal oleh konsumen. Tak kalah pentingnya adalah pengelolaan keuangan agar bisnis tetap berjalan dengan lancar.

dashboard poplite



Pada dashboard juga terdapat detail responden yang sudah melakukan pengisian survei. Untuk survei yang saya buat mayoritas responden adalah perempuan sebanyak 71,50%. Adapun untuk usia respon paling banyak sekitar usia 18-24 tahun. Wah ini sih cocok dengan pangsa pasar bisnis franchise nih.

Buat kalian yang membutuhkan riset pasar untuk kepentingan bisnis atau edukasi, jangan bingung lagi ketika menyacari responden untuk mengisi survei, serahkan sana pada Poplite by Populix.



Post a Comment

47 Comments

  1. Usia 18 hingga 24 tahun ternyata usia yang cocok untuk survei di mana responsnya terbanyak ya, Fit :) Lagi muda-mudanya dan semangat sesuai pangsa pasar bisnis franchise. Ternyata mudah ya menggunakan survei online Populix ini yang penting daftar dulu. Jadi kita ga pusing lagi deh menentukan bisnis yang akan digeluti. TFS.

    ReplyDelete
  2. Mudah dan menguntungkan kalau begini..saat mau memuali usaha bisa pakai survei online Populix. Seperti adanya layanan Poplite yang keuntungannya adalah mendapatkan survei berkualitas dengan harga transparan.

    ReplyDelete
  3. Nah iya nih, untuk kepentingan bisnis dan juga pendidikan, perlu banget pastinya membuat riset , dan lewat survei lah , informasi yang dibutuhkan bisa didapat. Dan bikin survey lewat Populix bisa membantu mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  4. Ide bagus nih. Kalau mau membuka franchise sebaiknya melakukan survei dulu. Kalau online bisa pakai populix ini, ya

    ReplyDelete
  5. mudah ya mba, ini survei online sekarang bikin praktis. Jadi nggak kayak dulu gitu hehe. Udah gitu ini hasilnya juga cepat, buat yg butuh sat set kudu pakai ini nih yaa, makasih infonya mba Liaa

    ReplyDelete
  6. Dengan melakukan survei, perusahaan dapat mengetahui kebutuhan, kepuasan, dan keinginan pelanggan terhadap perusahaan. Setiap uneg-uneg atau kekesalan pelanggan dapat tersalurkan melalui survei. Dengan survei online Populix jadi memudahkan ya

    ReplyDelete
  7. Bener jugaa sih ya, bikin survey gini tuh membantu banget supaya produk kita lebih spesifik dan kenal target market 👍🏻

    ReplyDelete
  8. Aku kemarin juga udah pake Populix ini buat bisnis aku yang lagi mati suri. Ternyata emang bisa banget nentuin target pasar, jadi tahu kebutuhan pasar juga. Jujur aku kebantu banget, jadi bisa mengembangkan bisnis lho mbaa..

    ReplyDelete
  9. Pas saya lagi mikir buka usaha apa, eh pas baca ini. Beneran sih ini. Populite, bisa buat survey online dan kita bisa mencari tahu respondennya gimana. Apakah oke atau tidak. Dan berapa persen perbandingannya.

    ReplyDelete
  10. Wah zaman sekarang kalau mau survey gak usah nyebar form di jalan ya cukup manfaatkan platform survey online populix aja.
    Kita juga gak pusing mikirin pertanyaannya hehe.
    Tapi aku penasaran sama biaya bikinnya smapai berapa tuh mbak? :D

    ReplyDelete
  11. Iya nih, bikin instrumen survey itu mudah, yang susah tuh mendapatkan responden untuk mengisi surveynya.

    Menarik nih di populix nggak cuma bisa bikin form untuk survey, tapi sekaligus juga langsung dengan responden real yang mengisi survey. Jadi kita tinggal analisis hasilnya aja ya mbak

    ReplyDelete
  12. Jadi lebih mudah lagi ya mak Lid kalau mau melakukan survey secara online, bisa dengan menggunakan Populix. Apalagi sekarang ini sudah serba digital ya jadi pasti sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  13. Sebelum memulai bisnis, memang baiknya melakukan survey pasar dulu ya mbak
    Salah satunya dengan Survei Online Populix ini
    Jadi langkah awal dalam memulai bisnis

    ReplyDelete
  14. wiiih bikin survey bisa semudah itu dengan populix ya mbak. Coba ini populix ada sejak pas saya kuliah dulu pastinya sangat berguna sekali untuk menyelesaikan skripsi dan tugas akhir, hahaha. Pas juga baca info ini pas saya lagi mulai usaha baru F&B pasti bermanfaat nih dan segera saya coba, makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  15. Poplite by Populix ini enggak hanya untuk survey tentang bisnis saja kan, ya? pengen nyoba sih, tapi survey untuk ide tulisan mungkin.

    ReplyDelete
  16. Mau usaha untuk jangka panjang, memang kudu riset pasar dulu ya biar tahu produk apa yang bagus. Sekarang udah ada Poplite juga. Mau bikin survey juga lebih mudah, bukan lewat selebaran saja

    ReplyDelete
  17. Nah untuk memulai bisnis diperlukan banget ini survey ya. Biar makin tahu pangsa pasar mau dibawa ke mana, keren ini rekomendasinya. Poplite by Populix perlu dicoba udah jaminan mutu, ya.

    ReplyDelete
  18. Penting banget nih melakukan survey sebelum menjalankan bisnis. Menariknya untuk survey bisa pakai Populix, ya.

    ReplyDelete
  19. Wah bisa bagus dong ya sebuah artikel kalau datanya keren dari populix seperti ini
    Hmm coba ah aplikasikan dulu biar tahu kelebihannya

    ReplyDelete
  20. Riset pasar bisa sangat membantu sekali dalam membuka bisnis yang sesuai. Alhamdulillah, ada Poplite by Populix yang memberikan fasilitas survey terpercaya dan sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
  21. Produk franchise beragam dan kita juga pengen untung makanya perlu survei populix agar berhasil dalam usaha.

    ReplyDelete
  22. Bener juga sih buat yang mau bikin bisnis awalnya harus riset dulu. Dengan survey online Poplite setidaknya bisa mengetahui respon customer di luaran sana

    ReplyDelete
  23. Terimakasih infonya mb, kadang kita bingung ni mau coba bisnis, tapi bisnis apa dan mulai dari mana.

    ReplyDelete
  24. Untuk pebisnis pemula, memang lebih baik memilih jenis usaha yang klik di hati, karena based on pengalaman, menjalani sebuah bisnis yang kitanya ngga involve, duuuh... kerugian saja yang terpampang di depan mata! Keren juga ada Populix yang semudah itu memberikan hasil riset dan surveinya

    ReplyDelete
  25. salah satu bentuk feedback dari suatu marketing strategy adalah mengumpulkan sebanyak mungkin survey kepuasan pelanggan dan itu bisa dimudahkan dengan melakukan survei online di populix

    ReplyDelete
  26. Survei jadi terbantu banget ya dengan adanya poplite dari populix... Inget dulu pas bikin tesis, saya bayar orang buat bantu nyebar kuesioner, belum ada populix sih, hihihi...

    ReplyDelete
  27. Memudahkan sekali ya untuk yang butuh riset pasar nih. Thanks yah sharingnya

    ReplyDelete
  28. Kadang bingung mau survei online, ditolak-tolak, kuatir responden fake dll..ini bantu sekali survei online Populix untuk memulai bisnis franchise itu mudah dan cepat gak pakai repot dari responden real.

    ReplyDelete
  29. Lengkap ya mba bisa pertanyaan template atau pertanyaan sendiri. Bertanyea tanyeaaa.😁 Riset pasar sebelum bisnis penting banget sih dilakukan supaya goal bisnisnya ya. Kudu cobain pakai survei Populix

    ReplyDelete
  30. Survey dan riset pasar sebelum memulai usaha ini memang wajib ya. Jadi kan kita tahu mau dibawa ke mana bisnisnya, ada gak yang beli. Terus sekarang lebih mudah juga karena ada Survei Online Populix. Gak cape ngider kuisioner

    ReplyDelete
  31. wah menarik ya membuat survey pasar dengan menggunakan populix ini. jadi ingin cobain nih, kebetulan lagi pengen buat sesuatu juga bisnis kecil kecilan. moga bisa direalisasikan dengan diawali survey pasar ini

    ReplyDelete
  32. Sebelum memulai bisnis emang pwnting bgt buat riset pasar ya mak apalagi klo detail respondennya lengkap bisa diswsuaikan dgn kebutuhan kita ya

    ReplyDelete
  33. Halo Mba Lidya. Survey pasar ini bisa diartikan segmentasi atau wilayah kita akan memulai usaha ya. Terbantu sekali jika ada survey dan juga kita bisa pantau datanya juga

    ReplyDelete
  34. Survei Online Populix ini bisa membantu para pelaku bisnis dalam memulai riset pasar ya mbak
    Riset pasar ini kan sangat menentukan bagi kelanjutan bisnis kedepannya

    ReplyDelete
  35. Ini jadi pembelajaran juga untuk kita juga nih, siapa tau nanti ingin membangun bisnis franchise jadi bisa menggunakan Populix ini untuk surveynya ya mak Lid? melihat langkah-langkah penggunaannya pun mudah ya.

    ReplyDelete
  36. Sangat bermanfaat ini karena survei bisa dengan online dilakukan
    Hasilnya bikin tulisan makin mantap dengan data akurat

    ReplyDelete
  37. Terbantu banget ini survei online populix ya Lid untuk mereka yang mau mulai bisnis baru. Terkadang memang bingung ya apalagi untuk yang baru memulai bisnis

    ReplyDelete
  38. Aku jd keinget zaman mahasiswa ada jasa yang menawarkan buat ngitungin dan menganaliasa data, Keknya konsepnya mirip2 ini kali ya untuk pengadaan hasilnya. Bedanya dulu pertanyaan2nya mikkir sendiri, kalau yang ini udah dipikirin bener kuisionernya. Mereka pun pengalamannya udah pasti banyak jd bisa bikin pertanyaan yg relevan ya mbak, thx infonya.

    ReplyDelete
  39. Catet Poplite dan akuu tahu poplite di blog mba fitrian ini.

    Sangat mudah simple yaa joinnya

    ReplyDelete
  40. Wah, dengan Populix, maka bisa mendapatkan hasil yang valid dan sesuai dengan kebutuhan data yang diinginkan. Minim human error karena datanya tentu telah diolah sehingga kita tinggal menerima data output terkini.

    ReplyDelete
  41. Aku kepo mbak dengan Populix ini
    Jadi langsung buka Google dan cari tahu seperti apa survei nya
    Kayaknya bakalan butuh banget untuk menghidupkan bisnis lagi deh ini

    ReplyDelete
  42. Sekarang bisnis franchis memang semakin banyak ya mak. Kita harus jeli melihat peluang dan juga usaha mana yang cocok untuk kita jalankan

    ReplyDelete
  43. Penting banget sih untuk setiap calon pebisnis buat riset secara mendalam. Jangan sampe cuma FOMO ikut2an yang lagi tren, tapi ngga ngerti ntar strategi pemasarannya kayak gimana

    ReplyDelete
  44. sangat memudahkan bagi owner ya untuk membangun bisnis, memang teknologi mendukung banget nih kudu melek tekno biar bisnis bisa berjaya lama

    ReplyDelete
  45. Saya banget deh ini. Suka kepikiran pengen buka usaha. Tapi, ragu usaha apa yang mau dijalankan. Kayaknya semua usaha udah ada yang menjalankan. Menarik juga ada survey populix. Bisa membantu kayak saya yang suka bingung membuat keputusan untuk usaha

    ReplyDelete
  46. Dengan Poplite by Populix., Menyebar survei jadi makin mudah. Btw, sekarang tuh banyak loh yang berbisnis tapi ikut-ikutan aja. Enggak survei dulu, akhirnya tidak sesuai ekspektasi.

    ReplyDelete
  47. Memang lebih baik bikin survey gini dulu ya sebelum memulai bisnis untuk riset pasar.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya