Lari di Treadmill Solusi Mager Lari di Luar Rumah

Pilih lari di treadmill atau lari di luar ruangan? Keduanya punya plus dan minus pilih saja sesuai dengan kebutuhan dan kondisi. Buat kamu yang sudah memiliki treadmill jangan sampai menganggur begitu saja apalagi tidak digunakan. Buat saya treadmill adalah solusi tepat ketika mager berlari di luar ruangan karena kesibukan.

Lari di Treadmill






Alasan Membeli Treadmill


Kalau ditanya lebih suka dan lebih enak mana lari di luar ruangan atau treadmil, saya akan memilih berlari di luar ruangan pastinya. Namun, saya orangnya paling mager berlari ke luar rumah, kalau pun ke luar rumah larinya ditemani oleh suami. Sejak menggeluti olahraga lagi tidak pernah sekalipun saya berlari sendiri di luar rumah. Tapi semenjak bergabung dengan CEORUNNERS saya jadi punya teman berlari lain bahkan berani berlari sendiri di lokasi tertentu dan aman pastinya. Apalagi saat saya mengikuti lari kilometer challenge beberapa kali berlari sendiri di daerah BCBD Summarecon Bekasi, karena di sini tempatnya aman dan nyaman.

Nah, di awal pandemi kemarin itu, saya agak takut untuk keluar rumah, makanya suami membelikan treadmil untuk saya dan anak-anak berlari di dalam rumah. Enaknya berlari menggunakan treadmill itu tidak mengenal waktu, mau kapanpun saya ada waktu luang bisa langsung berlari saja meskipun cuaca panas atau hujan sekalipun.

Jadi tidak ada alasan malas berlatih lari lagi saat tidak sempat ke luar rumah karena sudah ada treadmill. Tidak diniatkan dengan bulat saja, pakai pakaian olahraga dan sepatu dan memulai berlari. Setidaknya 30 menit berlari di treadmill sudah cukup atau sekitar 5 kilometer jaraknya.

Enaknya berlari di treadmill itu permukaan larinya akan sama terus dari awal hingga akhir dan tidak menemukan perbedaan permukaan lari seperti halnya di jalan raya. Hanya saja kekurangannay tidak bisa improve kecepatan buat saya karena harus waspada dengan kecepatan mesin salah melangkah sedikit saja sudah pasti akan terjatuh.


Lari di Treadmill Perhatikan Hal Berikut Ini!


Meskipun lari di treadmill aman tapi ada beberapa hal yang perli kita perhatikan agar tidak mengalami cedera. Sma halnya setiap kali kita olahraga apapun sebaiknya diawali dengan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan agar otot-otot siap bekerja.

Pastikan kecepatan treadmill diatur rendah terlebih dahulu untuk penyesuaian kemudian ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Ketika tidak bisa berlari, kamu bisa melakukan olahraga jalan atau jogging saja di treadmill yang penting badan tetap bugar. 

Jangan lupa menggunakan fitness tracker ketika berlari di treadmill supaya bisa terus terpantau detak jantung baik itu menggunakan smartwatch maupun tracker bawaan dari treadmill tersebut.

Posisi ketika berlari di treadmill yang benar adalah tegak lurus, tidak mencondongkan badan terlalu ke depan supaya tidak sakit punggung atau leher. Semoga membantu ya tips berlari di treadmill tersebut berdasarkan pengalaman yang sudah saya lakukan.


Anti Bosan Lari di Treadmill Lakukan Ini!

Lari di treadmill itu enak bisa di dalam ruangan ber-AC atau pakai kipas angin, gak pelru juga bawa minum atau mampir ke minimarket beli minum. Tantangan terbesar lari di treadmill adalah bosan apalagi jika larinya lebih dari 30 menit atau 60 menit. 

Tapi selalu ada solusi dong untuk mengatasi kebosanan, jangan sampai kalah karena bosan dan tidak jadi lari. Karena treadmill yang saya miliki bentuknya portable bisa dilipat dipindah-pindah, maka sya menempatkan treadmill di depan televisi sehingga bisa sambil nonton serial favorit atau melihat video musik. dijamin gak akan bosan lari di treadmill deh, bisa kalian coba sendiri. Dan yang paling penting itu niat dan selesaikan target lari di treadmill jangan sampai berhenti sebelum waktunya. Setelah lari jangan lupa untuk penuhi kebutuhan minum supaya tidak dehidrasi ya.


Walaupun berlari di treadmill itu aman dan bagus untuk pilihan olahraga di rumah, namun buat kamu pelari sebaiknya dibatasi dan perbanyak lari di luar rumah agar terbiasa ketika race nanti. Berlatih lari di treadmill hanya sebagai pengganti sementara saja sementara tidak dapat berlari ke luar rumah atau solusi mager lari diluar rumah.

Post a Comment

0 Comments