Cari Cuan dari Hasil Fotografi Jalanan Dengan Internetnya Indonesia

Kapan ya saya punya foto sedang olahraga yang bagus dan keren seperti atlet-atlet ketika sedang berlaga? Ini hanyalah angan-angan saya beberapa tahun lalu. 

Keinginan tersebut hanya terbersit di kepala saja tanpa diungkapkan pada siapa pun. Sebenarnya mudah kok untuk mewujudkannya, tinggal menyewa jasa fotographer saja sudah beres. Tapi kendalanya pasti biayanya tidaklah murah, apalagi saya ini hanyalah seorang perempuan yang aktif berolahraga biasa saja, buat apa sih menyewa jasa seperti itu.

Cari Cuan dari Hasil Fotografi Jalanan Dengan Internetnya Indonesia 



Sampai suatu saat, saya berhasil mewujudkan angan-angan yang ada selama ini dan untuk pertama kalinya saya punya foto olahraga yang keren (menurut saya). 

Siapakah yang mewujudkan impian saya tersebut? Apakah saya rela merogoh kocek sebanyak itu?


Jasa Fotografer Jalanan


Jasa fotografer olahraga jalanan, dialah yang sudah berjasa mewujudkan angan-angan saya selama ini.

Profesi fotografer jalanan atau street photography sebetulnya sudah tidak asing lagi di dalam dunia fotografi. Biasanya fotografer akan mengambil objek foto di tempat umum atau ruang publik. Foto yang diambil ini kebanyakan secara candid atau diam-diam dan tentu saja tanpa sepengetahuan orang yang diambil fotonya sehingga hasil foto pun terlihat natural dan mencerminkan kondisi nyata tentang apa yang sedang terjadi di suatu tempat.

Salah satu contoh adalah fotografer jalanan yang bekerja di objek wisata atau tempat wisuda banyak kita temui. Nantinya mereka akan menawarkan foto-foto hasil jepretannya dalam bentuk cetakan. Effort mereka adalah mencari orang yang sudah difoto dengan harapan mereka mau membeli hasil karyanya. Terkadang hasil jerih payahnya tidak semuanya ada yang membeli. Entahlah foto-foto tersebut akan dikemanakan. Tak jarang juga mereka mengobral harga foto agar hasil cetakan fotonya habis terjual demi mendapatkan penghasilan.

Lain dulu lain pula sekarang, zaman sudah mulai maju. Para fotografer jalanan ini juga harus bisa mengikuti perkembangan zaman dengan memasarkan hasil foto tersebut melalui sosial media sehingga orang akan lebih mudah melihat dan memilih foto yang diinginkan. Ketika ada foto yang menarik hati terjadilah transaksi jual beli foto dan tukang potret jalanan ini bisa mendapatkan penghasilan.

street fotografi






Fotografer Olahraga


Karena jasa fotografer olahraga jalanan, saya bisa membagikan konten olahraga yang menarik di sosial media.

Berawal ketika olahraga naik sepeda di flyover KH. Noer Ali Bekasi, saya melihat ada seorang fotografer duduk dan asyik memotret orang yang sedang berolahraga. Meskipun tidak kenal saya ikut bergaya saja sambil lewat. Saat itu saya belum tahu kalau foto-foto yang mereka ambil bisa dibeli. Saya pikir fotografer ini hanya sewaan saja, makanya saya pun tidak berani bertanya.

Setelah beberapa kali lewat ke sana lagi, kok si bapak ini rutin sekali nongkrong di fly over untuk mengambil gambar orang sedang olahraga di hari Sabtu, Minggu dan libur tanggal merah. Ternyata tidak hanya satu orang fotografer saja yang ada di sana, melainkan di beberapa titik juga ada.

Baru lah ketika saya bersepeda di sekitar Grand Kamala Lagoon, Bekasi memberanikan diri untuk menghampiri fotografer tersebut untuk bertanya cara mendapatkan fotonya. Beliau memberitahukan kalau hasil fotonya bisa dilihat di link bio instagram. Nantinyanya foto dengan kualitas low resolution dan tambahan watermark bisa saya pilih. Untuk mendapatkan hasil foto asli atau high resolution harus melakukan transaksi pembayaran terlebih dahulu, setelahnya barulah file foto akan dikirimkan melalui Google Drive atau Google Photos.

Wah senangnya bukan main mendapatkan foto olahraga yang bagus, kala itu saya masih olahraga naik sepeda. Koleksi foto olahraga saya pun makin bertambah termasuk ketika berolahraga lari, tidak hanya di Bekasi saja tapi juga di kota lain seperti Jakarta, Bandung, Depok, dan lain-lain.

Telkom Indonesia



Berkenalan Dengan Fotografer Olahraga di Bekasi


Beberapa waktu lalu saya berkesempatan ngobrol dengan seorang fotografer bernama Kak Arie yang sedang bekerja mencari orang-orang yang sedang berolahraga di sekitar Summarecon Mal Bekasi (SMB).

Beliau biasa bertugas di belokan Hotel Harris SMB, kemudian bergeser ke depan MCD dan terakhir spot yang diambil di dekat pintu exit Mall tepatnya dekat halte Trans Jakarta.

Kak Arie bisa menghasilkan foto sekitar 2000 hingga 4000 frame foto dalam sekali bertugas di weekend maupun hari besar. Memang beliau hanya bertugas di hari libur saja, di mana para pekerja sedang berlibur dan menghabiskan waktu paginya untuk berolahraga.




Ketika saya bertanya berapa banyak foto yang terjual setiap kali bertugas? Kak Arie bilang paling sekitar 30% saja. Tapi jasa fotografer jalanan ini tidak rugi banyak karena tidak harus mencetak foto seperti jaman dulu. Karena cukup mengupload foto pada drive, lalu linknya akan dibagikan supaya bisa diakses oleh masyarakat yang sudah lewat dan difoto oleh beliau. Modal yang diperlukan untuk menghasilkan foto olahraga menarik dari Kak Arie adalah kamera yang mumpuni, koneksi internet untuk mengupload foto-foto hasil karyanya dan mengakses Instagram untuk berhubungan dengan pembeli foto serta mengecek mutasi rekening dari pembeli foto.

internetnya Indonesia







Foto-foto Kak Arie bisa ditemukan pada akun instagram @gowes_motret. Kalau gak kalap ,saya bisa menebus foto terus-terusan nih apalagi ketika berlari dengan teman-teman dari komunitas CEORUNNERS yang makin seru saja bergaya dan ekspresi.

Untuk satu foto yang akan ditebus dihargai Rp50.000 tapi jika fotonya ada banyak bisa mendapatkan harga paket yang lebih murah. Misalnya ada 10 foto, tebus saja 2 foto senilai Rp100.000. Sedangkan jika fotonya banyak dan lebih dari 10 cukup membeli 3 foto saja seharga Rp150.000 nantinya file foto akan diberikan semua. Harga tersebut berlaku untuk person yang sama (kecuali dalam 1 frame) dan foto diambil di tanggal yang sama.

Upload, Download, dan Share Foto Pakai IndiHome


Baik saya maupun kak Arie sama-sama membutuhkan koneksi internet dalam bekerja dan melakukan aktivitas berkaitan foto olahraga. Untuk mengupload foto ke drive dan dibagikan pada sosial media Kak Arie harusnya mempunya koneksi internet yang mumpuni. Setelah hasil foto dengan resolusi rendah terupload di link yang dibagikan pada link bio Instagram barulah saya dapat melihat foto-foto tersebut.

Scrol foto sebanyak itu kalau tidak menggunakan internetnya Indonesia pastilah akan kesal karena tidak bisa menghemat waktu belum lagi ketika akan mendownload foto yang sudah saya beli dari street fotografer macam Kak Arie.

Syukur Alhamdulillah saya sejak lama berlangganan internet dari Telkom Indonesia yaitu IndiHome sehingga proses pencarian foto dan unduh foto pun lancar sekali.

IndiHome sebagai Internet Provider menawarkan solusi internet cepat, berkelas, dan cerdas untuk aktivitas tanpa batas bagi saya juga para pekerja macam Kak Arie. Ketika menggunakan wifi IndiHome saya bebas akses internet stabil tanpa kendala dalam kesehatan. Dengan dukungan teknologi fiber optic IndiHome membantu memperlancar aktivitas sehari-hari dengan beragam paket pilihan internet unlimited yang dapat saya pilih.

Bicara soal Fiber Optic yang memungkinkan kita bisa menikmati layanan internet berkecepatan tinggi dan tidak terpengaruh oleh cuaca sekalipun hujan. Fiber optik bekerja menggunakan aliran cahaya bukan arus listrik.




IndiHome memiliki pilihan paket Internet Unlimited, kami di rumah memilih Paket 3P (Internet+TV+Phone) : PAket JITU 1 - 3) yang cocok digunakan untuk 5-7 perangkat sekaligus. Paket tersebut sudah termasuk telepon rumah 100 menit. 83 channel TV termasuk IndiHome TV dan Disney HotStar.

Kebutuhan internet dan storage atau penyimpanan bagi saya dan para fotografer seperti Kak Arie sangatlah penting untuk menyimpan foto dan file penting sebagai dokumentasi. Untuk pelanggan IndiHome  dapat menikmati layanan penyimpanan di Cloud Storage for IndiHome yang memiliki kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan mulai dari Rp16.000/bulan hingga Rp100.000/bulan. Dengan Cloud Storage for IndiHome maka pelanggan memiliki penyimpanan besar hati lebih tenang tentunya.

Pilihan Paket Cloud Storage for IndiHome 


Enaknya jadi pelanggan IndiHome itu kita bisa mengakses aplikasi MyIndiHome yang di dalamnya terdapat aktivasi OTT Video Streaming, serta berlangganan berbagai fitur tambahan atau add-on sesuai kebutuhan dan keinginan seperti Cloud Storage for IndiHome salah satunya.  MyIndiHome juga dapat digunakan untuk mengecek tagihan, poin, info pemakaian serta layanan menarik lainnya.


Dari Foto Jadi Cuan Didukung IndiHome

Hobi Kak Arie di dunia fotografi dapat menghasilkan cuan dengan memotret pecinta olahraga di waktu libur dan menjualnya kepada pelanggan.  Sedangkan bagi saya foto-foto tersebut juga secara tidak langsung bisa menghasilkan cuan loh. Ketika foto yang saya dapatkan dari fotografer saya post pada salah satu postingan blog atau sosial media bisa menjadi branding diri. Bukan tidak mungkin akan mendapatkan penghasilan dari foto-foto tersebut di kemudian hari. Atau bisa pula lewat postingan blog yang di dalamnya membahas tentang foto tersebut serta dilengkapi dengan adsense juga dapat menghasilkan.



Karena sering membagikan foto olahraga di media sosial, saya pun beberapa kali berkesempatan mendapatkan endorsement baik berupa uang maupun produk. Senang sekali ketika mendapatkan produk sepatu lari yang worth-it apalagi melihat brand besar dan bandero; harganya yang bikin tercengang. Ternyata dari hobi yang ditekuni bisa juga mendapatkan hasil yang menyenangkan. Pastinya niat awal saya berbagi saja lewat foto dan Sedikit-sedikit informasi penting pada follower.

Lewat internet cepat IndiHome, saya dengan mudah dapat menemukan informasi mengenai fotografer olahraga jalanan di berbagai daerah lewat mesin pencarian maupun sosial media yang mereka miliki. Transaksi jual beli foto pun dapat dilakukan dengan lancar ketika harus melakukan pembayaran melalui transfer bank secara online. Pengiriman file-file foto pun lebih cepat tanpa kendala.

Bagi saya dengan membagikan foto olahraga menjadi penyemangat untuk tetap rutin berolahraga dan menjadi pengingat ketika sedang merasa malas gerak atau mager sekaligus berkonten ria bersama IndiHome. Jika saya bisa cari cuan dari hasil fotografi jalanan dengan internetnya Indonesia, kamu juga bisa!




Referensi:
https://indihome.co.id/paket/daftar
https://indihome.co.id/addon/cloudstorage

Post a Comment

7 Comments

  1. Bisa banget y jadi cuan apalagi sekarang juga banyak platform buat jualan foto secara online, dengan IndiHome g bakalan susah upload foto ke internet nya

    ReplyDelete
  2. Ini salah satu contoh gimana cerdasnya mengambil peluang, hobi jadi cuan, hanya ngambil potret para pelari tapi bisa menghasilkan, tentunya memanfaatkan tehnologi internet yang mumpuni seperti Indihome

    ReplyDelete
  3. Wah ada ya ternyata profesi kayak gini, makin ke sini makin banyak jenis pekerjaan yang bisa kita geluti ya, apapun keahliannya asal pintar nyari peluang aja

    ReplyDelete
  4. aku juga ngepost foto foto sebagai kontributor di beberapa aplikasi penjual foto sih kak, mayan lah laku beberapa dolar dan nanti bisa dicairkan kalau sudah memenuhi jumlah minimal

    ReplyDelete
  5. Punya skill cakep dan internet yang dapat diandalkan, raih cuan jadi banyak kesempatan. Apalagi juga caranya lebih praktis ya

    ReplyDelete
  6. Iya seneng banget ya ada fotografer ngider begini. Ga perlu repot2 sewa jasa fotografer pribadi. Tinggal pilih2 di link google ntar ditebus mana yg kita suka. Berkat internet kencang dan stabil, kita bisa nyaman upload2 foto secara digital.

    ReplyDelete
  7. Sama kayak aku nih pake jasa fotografer jalanan untuk foto anak-anak. Tp aku pakenya di bunderan HI.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya