badge

Friday, November 18, 2011

Menghitung Anggaran Belanja Bulanan Bu'de Ipung




Ada kontes menghitung anggaran belanja bulanan di blognya Pakde Cholik.
Setelah saya baca ketentuan umumnya sebagai berikut :
Keadaan Umum.
Anda tinggal di kota Surabaya di sebuah komplek perumahan milik anda sendiri bersama suami/isteri. Putra-putri anda sudah menikah dan tinggal bersama suami/isteri dan anak-anaknya.

Berhubung saya tidak tinggal di Surabaya melainkan di Bekasi,dan anak-anak saya juga belum menikah wong masih balita hehehe. Akhirnya saya putuskan menuliskan dan menghitung anggaran belanja bulanannya bu'de ipung yaitu istri tercinta pakde.
Semoga penghitungan saya tidak meleset jauh ya De :). Kebetulan kondisinya tidak jauh berbeda dengan dirumah saya.



Keadaan Khusus.

Dirumah pakde memiliki barang-barang antara lain sebagai berikut :

  • Dua buah AC yang terpasang di kamar tidur. (Pastinya AC yang terpasang hanya 1 begitu kalau dirumah saya De, kalau 1 kamar ACnya menyala yang lain akan mati karena kamarnya kosong. 
  • Kulkas.
  • Rice cooker.
  • Dispenser.
  • Sebuah komputer.
  • Dua buah laptop.
  • Tiga buah TV. TV juga biasanya hanya satu yang menyala bukan
Untuk Listrik satu bulan kurang lebih Rp.300.000 itu asumsi listriknya 1300 Watt seperti dirumah saya.

  • Pesawat Tilpon. Kurang lebih Rp.100.000
  • Tiga buah handphone. @rp.50.000 = Rp. 150.000
  • Sebuah mobil berbahan bakar premium. kurang lebih Rp.500.000
  • Dua buah kompor gas, Kompor yang dipakai satu saja kan penghuninya hanya 2 orang bukan,pakde dan bu'de. Harga isi Gas RP. 75.000 dibagi 3bulan = Rp.25.000 asumsi isi gas dibeli 3 sekali, tabung gas cukup satu saja walaupun kompornya ada 2. tapi disini saya isi 75.000 saja

2. Anda berlangganan koneksi internet : speedy dan juga berlangganan paket pulsa untuk Blackberry yang juga anda gunakan untuk bermain internet.
Speedy paket socialia unlimited Rp.195.000
Pulsa Blackberry RP.100.000

3. Anda juga berlangganan air dari PDAM perbulan kurang lebih Rp.100.000

Untuk lebih jelasnya saya rangkum dalam tabel berikut, penghitungan anggaran sesuai yang diberikan pakde saja.


Keterangan   
 Jumlah
Listrik     300.000
Telpon    100.000
Hanphone     150.000
Premium      500.000
Gas               75.000
Speedy    195.000
Blackberry  100.000
PDAM       100.000
Jumlah 1.520.000



 Artikel ini diikutsertakan ada Kuis Anggaran Belanja Bulanan di BlogCamp.

67 comments:

  1. Saya telah membaca dengan seksama artikel diatas.
    Saya catat sebagai peserta
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. Duh..duh...aku blm sempat ngitung2 nih Teh...tidaaakkkk *lebay dot com*

    ReplyDelete
  3. Benar-benar Ibu rumah Tangga
    moga menang mbak

    ReplyDelete
  4. Hebat!

    Kalau Anaz tetep gak bisa ngitung :(

    Semoga menang :)

    ReplyDelete
  5. wah surabaya biaya hidup msh murah bgt ya mbak, pengen deh jd bude ipung anggarannya segitu...^^ sukses ya mbak lidya

    ReplyDelete
  6. lumayan besar tu anggaran na :)

    ReplyDelete
  7. Sukses juga menghitungnya mbak... Semoga beruntung ya.

    ReplyDelete
  8. Wah irit juga perhitungan anggarannya. :)
    Aku nyerah deh...

    ReplyDelete
  9. Biaya ini mungkin juga ideal ditempat saya Mbak...sukses Mbak

    ReplyDelete
  10. Gak mahal ya...
    Sekarang pulsa 50rb cukup untuk sebulan ya, Mbak...
    Saya ingat dulu, saya sellu lebih dari 100 ribu perbulannya :D

    ReplyDelete
  11. Mumet kalo suruh ngitung2 anggaran kayak gini

    ReplyDelete
  12. sippp, ikutan ngitung juga ..

    ReplyDelete
  13. wah kalo aku disuruh ngitung, bisa melenceng jauh tuh
    biasa di hutan semuanya gratis ditanggung perusahaan...

    ReplyDelete
  14. wahh akhirnya jadi juga rincian biayanya....irit yach mbak soale cuma berdua hehehe.....sukses utk kontesnya..

    ReplyDelete
  15. bude ipung irit bgt ya, mbak :)

    ReplyDelete
  16. wah,. mau jadi konsultan perencana keuangan ya Mbak?

    ReplyDelete
  17. speedy nya kok murah ya mbak. hmmm asik juga tuh. aku nga ada update harga speedy nih

    ReplyDelete
  18. Kemarin aku mau bikin kolom kayak gitu, tapi nggak ngerti caranya..hiks..

    Ajarin dong, Jeunk...

    Btw, gudlak yaaa...

    ReplyDelete
  19. kayaknya irit deh mba... semoga menang yaaa...
    aq berusaha keras untuk bisa sekitar itu tapi teteup aja ga bisaaa.... ih.

    ReplyDelete
  20. wah dah posting duluan yah mbak lidya..mantap :) item makan minum tidak disertakan yah mbak..waduh jangan jangan emang cuman untuk soalan itu aja yah mbak..haduh aku kadung macem macem..:) hehehe yang penting meramaikan ala financial advisor gadungan :)

    ReplyDelete
  21. waow :D tante kayak pengatur keuangan profesional nih dari gaya bahasanya :D

    ReplyDelete
  22. Wow benar-benar sangat irit sekali. Saya mungkin tidak sanggup dengan biaya seperti itu hahahaha (dasar boros banget)

    ReplyDelete
  23. Oh Mbak Lidya ini hanya ngitung anggaran itu aja ya, pantes kok sedikit banget jatuhnya..
    Sukses ya Mbak dengan kontesnya.. :)

    ReplyDelete
  24. pussingggggggggg kalau ngitung .love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  25. tapi blm termasuk belanja makanan ya Bun? semoga sukses kontesnya mbak Lidya :-D

    ReplyDelete
  26. Anggaran dasar berarti ya, Sipp,
    sukses di kontesnya ya.

    ReplyDelete
  27. yang ini saya suka, bisa ngirit
    semoga menang kontesnya

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah punyaku sudah terposting, mbak. Aduh.. capek juga buatnya karena kondisi fisik masih masa pemulihan.

    semoga kita beruntung di kontes ini ya, mbak. Amin

    ReplyDelete
  29. Hmm bener ya Mba Lidya..
    Pakdhe kan minta anggaran itu aja..
    Ga pake biaya dapur,dll

    Memang kudu jeli,ikutan kontesnya PAkdhe..

    Sukses ya Mba Lidya..

    ReplyDelete
  30. anggaran buat pulsa banyak juga ya

    ReplyDelete
  31. itu belum termasuk anggaran buat pangan ya bu?

    Anggaran segitu, pasti selalu diidam-idamkan.. :D

    semoga sukses bu...

    ReplyDelete
  32. Kunjungan balik y gan ^^
    Thx infonya

    http://4share-information.blogspot.com

    Salam blogger Indonesia
    Jangan lupa komentarnya ^^
    Lebih baik saling menyapa sesama blogger Indonesia

    jangan lupa follow jga ^^
    ( bila berkenan )
    Atau subscribe
    Pastinya akan saya foll back / subscribe back

    ReplyDelete
  33. ikut menyimak dan mendoakan semoga sukses di perhelatannya PakDe :)
    kabarku baik mbak,..semoga dmkn juga dg mbak Lidya sekeluarga...miss u :)

    ReplyDelete
  34. terhitung hemat ya mbak dengan anggaran/pengeluaran segitu. pengeluaran tak terduga nya mungkin ya terkadang bikin hati tak terperi :D

    sukses dengan kontesnya ya

    ReplyDelete
  35. terhitung hemat ya mbak dengan anggaran/pengeluaran segitu. pengeluaran tak terduga nya mungkin ya terkadang bikin hati tak terperi :D

    sukses dengan kontesnya ya

    ReplyDelete
  36. Luar biasa, saya belajar berumah tangga. :)

    ReplyDelete
  37. rame-rame pada mengulas anggaran belanja, saya gak ikutan ah.

    ReplyDelete
  38. saya cek dari yang lain2 ikutan GA nya ini,, sepertinya punya mbak yg paling hemat,,:)

    ReplyDelete
  39. selamat bertanding dan semoga sukses mbak...

    ReplyDelete
  40. Sukses, menjelang akhir tahun banyak yang itung2 anggaran belanja. Nanti setelah akhir tahun baru diakumulasi belanja bulanannya.

    ReplyDelete
  41. Belajar hitung-hitungan disini, Lidya...selamat ikutan lomba ya!

    ReplyDelete
  42. Mb Lyd jago lho menghitung anggaran. gau tau tuh Mb apa isteri saya juga ngitung seperti itu juga ?

    ReplyDelete
  43. salam kenal mbak.. :)

    murah juga ya, semoga menang mbak.. :)

    ReplyDelete
  44. Aku gak pinter ngitung kek gini mbak. Maunya to the point saja, keluar uang saat dibutuhkan cuma dikasi tenor saja jangan sampai melebihi sekian rupiah. :D
    Sukses untuk kontesnya.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  45. Mbak ini yg paling pas menurut aku perhitungannya .. moga2 menang yak mbak :D

    ReplyDelete
  46. Mbak ini yg paling pas menurut aku perhitungannya .. moga2 menang yak mbak :D

    ReplyDelete
  47. ntar kalo aku dah nikah berapa yah anggaran rumah tanggaku. *menghayal..
    hahahahaha

    ReplyDelete
  48. banyak juga ya biaya hidup kalau sudah berkeluarga mbak :-)
    semoga menang kontesnya pakde kholik :-)

    ReplyDelete
  49. Maaf lama ga berkunjung, coz kemalasan sedang mendera :P

    Besarnya kecilnya pengeluaran tentu tergantung kebutuhan dan biasanya juga menyesuaikan dengan pendapatan ya Mbak.

    Sukses buat kontesnya.

    Salam.

    ReplyDelete
  50. semoga menang ya mbak Lid,. saya engga bisa ngitung beginian, hehehhehe...

    pokoknya asal jangan boros dan masih bisa menabung tiap bulan.
    lah pemasukannya juga engga tetap mbak.. maklum wiraswasta

    ReplyDelete
  51. wkwkwk ada ada wae kontesnya... aseeeeeeeeeeek... :D

    ReplyDelete
  52. ~aku perhatikan anggaran biaya utk post Premium Rp. 500.000 ... emang jaraknya sama or gimana ya pertimbangan waktu perhitungan awal?

    ReplyDelete
  53. Alangkah bahagianya keluarga kecil ini ... nice :D

    ReplyDelete
  54. baru di sini nemu kalkulasi anggaran cuman sejuta setengah. padahal yang laen di atas tiga juta, kayak blogger ibu2 yang lain. ini bener2 hemat di saat sulit. salut.

    ReplyDelete
  55. karena pakde sukses dari bisnis online, jadi penghasilan bulanan masih surplus dong :D

    ReplyDelete
  56. Good luck ya mbak...irit tuh pengeluaran rutin bulanannya :)

    ReplyDelete
  57. kebutuhannya banyak banget ya? semoga menang ya.. :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...