badge

Monday, January 9, 2012

Mpek-mpek

Tahu mpek-mpek atau pempek kan? makanan khas dari Palembang ini merupakan makanan kesukaanku. Sudah beberapa kali aku menyebutkannya dalam beberapa postingan. Ada yang berfikir aku berasal dari palembang, padahal bukan loh. Tapi aku suka sekali makan mpek-mpek. Seandainya aku ke Palembang bisa puas mungkin ya makan mpek-mpek hehehe.
Aku terbiasa makan mpek-mpekdari sejak kecil,bukan hanya mpek-mpek tapi juga tekwan makanan lain dari palembang juga. Waktu hamil alvin sempat agak eneg makan mepek-mpek tapi setelah melahirkan semangat lagi makan mpek-mpeknya.

Biasanya sih aku pilih mpek-mpek adaan tapi semua jenis mpek-mpek aku suka kok tapi yang rasanya enak loh :). Sampai suamiku suka ngeledekin kalan ada penjual mpek-mpek lewat dan menawarkan mau beli atau tidak, yang pasti akan aku TOLAK. Maklum kalau mpek-mpek lewat itu yang berasa hanya terigu saja.

Karena aku suka sekali sama mpek-mpek pernah loh dikirimi mpek-mpek oleh dheniar yang tinggal disurabaya, ceritanya dia mau kasih surprise tanpa menyebutkan pengirimnya alhasil kurirnya aku tolak begitu menyebutkan nama pengirim baru deh aku terima.ceritanya ada disini .

Waktu Pascal masih di playgorup, aku pernah diajarkan membuat mpek-mpek oleh salah satu mamanya teman Pascal. oooh ternyata begitu toh cara buatnya, tapi aku belum pernah membuatnya sendiri lebih sering pesan ke dia.Dan sudah terbiasa si ibu itu akan memisahkan mpek-mpeknya walaupun aku tidak pesan.

Jadi sudah tau kan apa makanan kesukaanku? hihihi pede bener ada yang mau kirimin mpek-mpek.

gambar diambil dari sini

note : link dari postingan lama hasil migrasi dari fitrian.com

58 comments:

  1. si esther juga demen banget ama pempek. kalo gua sih ya suka sekedar suka, bukan yang sampe gimana2 amat... :D

    ReplyDelete
  2. lain selera rupanya, tapi senang ngeliat yang makan saja.....berasa kenyang juga ^__^

    ReplyDelete
  3. Dihaturi Mbak, ke Palembang yookk, aku ajakin makan pempek sepuasnya dari yang kelas resto sampai kaki lima semuanya terasa iwaknyo:)

    *Sok nggak baca soal "yang mau ngirimi", heheee....

    ReplyDelete
  4. pagi ini udah 2 orang yang ngomongin mpempek nih. masih ada ga teh? :)))

    ReplyDelete
  5. Hyaaaaa saya juga sukaaa dan mauuuuu pempek! :D

    Syukurlah, ayah saya orang Palembang. Wawasan rasa kami tentang pempek cukup baik. Hahahaha ^^

    ReplyDelete
  6. Aku suka juga, tapi nggak se-maniak dikau, Jeng :D
    Soalnya blom pernah ngerasain mpek-mpek yang enak sih....

    *ngarep ada yang ngirimin juga :D*

    ReplyDelete
  7. hadoh, aku jadi pengen makan mpek-mpek nih...

    ReplyDelete
  8. Pempek memang nikmat, gak heran kalo banyak yang doyan, hehe

    ReplyDelete
  9. sayang disini gak ada yang jual mpek mpek mbak...

    ReplyDelete
  10. mbak..hayo ke palembaaang, nanti aku ajakin makan mpek=mpek sm tekwan spuasnyaa
    =D

    ReplyDelete
  11. Aku juga mau Mbak, kalau dikirimin,hehehehh..
    kalau disini rasanya tepung semua Mbak..hehehe..
    *berharap komennya juga dibaca Mbak yunda*

    ReplyDelete
  12. aku juga suka makan mpek2 mba,soalnya seger gimana gtu rasa'a,hehehe
    kaya rujak kuah'a tapi sedap banget dah,aku setiap minggu malah suka beli mpek2 loh dideket rumah

    ReplyDelete
  13. Pempek emang enakkk... aku juga suka. :D

    ReplyDelete
  14. wah mbak... kapan2 main ke rumah mertuaku... nyaris setiap hari ada pempek... lha iya laah... tinggalnya di palembang hehehe

    ReplyDelete
  15. aduh..jadi pengen ke Palembang dan makan mpek2 sepuasnya nih!

    ReplyDelete
  16. dah lama ndak makan mpek mpek :)

    ReplyDelete
  17. Mauuu dong kl dikasih empek2 jugaaa...

    ReplyDelete
  18. aduuh samaaa nih... jadi pengen makan pempek juga.. hahahha

    ReplyDelete
  19. doyan juga ama pempek, cuma katanya cuka nya ga bagus buat perempuan yg pengen hamil, dohh sehari ini berapa x baca ttg makanan yg aku ga bisa makan cuma karena dilarang mitos yg entah benar entah tidak itu :(

    ReplyDelete
  20. Kalau saya pecinta pempek dari lampung. Menurut saya lebih enak dari yang di Palembang :)

    ReplyDelete
  21. Dulu aku pernah dibeliin mpek" sama kakak aku,,
    hueek..jujur saja aku enggak begitu suka

    ReplyDelete
  22. aku suka banget nih sama mpek2.... mauuuuuuuuu

    ReplyDelete
  23. asalamualaikum
    wah saya juga suka mpek-mpek mba
    seringnya beli di jl raya Bantul sip juga.

    ReplyDelete
  24. walaupun aku dari jawa aku juga suka empek empek... maknyus rasanya...

    ReplyDelete
  25. sering denger sering liat yang jual
    tapi suer aku belum pernah nyicipin
    rada mirip mirip batagor ya bu..?

    ReplyDelete
  26. aku juga suak pempek walopun bukan dari palembang :)
    dan beberapa hari yang lalu sempat mencicipi pempek dari palembang. rasanya enaaak. beda banget sama yang ada disini (gresik).hwehehe :D

    ReplyDelete
  27. pempek kusuka...apalagi kuahnya yg puedess maknyuss

    ReplyDelete
  28. waahhh...saya juga suka beragam hidangan pempek....
    kalo disini pempek yang enak itu pempek bontang mba..
    :)

    ReplyDelete
  29. Toss dulu mbaaa.. Qt sama2 pencinta pempek.. Aq bahkan skg mulai agak pilih2, maunya yg dr palembang asli hihihihihi

    ReplyDelete
  30. tahu juga kalau ada pempek-pempek palsu berisi terigu doang :)

    ReplyDelete
  31. aku juga suka mpek-mpek ... apalagi yang asli kerasa ikannya bukan sekedar tepung di kasih penyedap rasa :)
    plus cuka asem manisnya dan cacahan ketimun, tambah kerupuknya juga ... wiiihhh :D

    ReplyDelete
  32. wah kesukaanku banget tuh mba., tapi ditempatku jarang yang jualan mpek2., jadi agak susah deh dapetnya., :'(

    ReplyDelete
  33. Pempek itu emang enak sangat Mb Lyd. Suka pada semua jenisnya. Legit2nya itu yg bikin ketagihan

    ReplyDelete
  34. kalo ada yang ngirimin lagi, bagi sama saya ya mbak :)

    ReplyDelete
  35. saya juga suka pempek, sayang harganya lumayan mahal buat kantong anak kost, jadi tidak bisa sering2 makan pempek. hehehe

    ReplyDelete
  36. aku jugaaaaa....suka dan doyan mpek mpek, Lidya
    tapi gak bisa bikinnya :(
    paling kalau pingin pesen sama tetangga yg orang palembang yg memang jual mpek mpek .... :)
    salam

    ReplyDelete
  37. Dulu aku ga suka mpek2..
    sahabatku sering ngirim kan orang Bangka suka bikin,aku kasih ke tetangga aja..
    bibiku dapet suami orang palembang sering ngasih,aku kasihin lagi ke tetangga..

    Sekarang aku baru suka baru setahunan deh,kok ga ada yang ngirim..
    Mba Yunda kirimin mpek2,,

    Di bandung ada namanya Mpek2 sekeloa terkenal banget,enak hmm

    ReplyDelete
  38. Pempek memang enak, pantes saja banyak penggemarnya meski bukan berasal dari daerah sana.

    Jika sempat, mampir di blogku bowosoedadi.blogdetik.com/?p=142
    Ditunggu komentarnya,
    Salam blogger..

    ReplyDelete
  39. seumur-umur menone blom pernah nich sob ngerasain mam empek2 palembang hehehehehehe... enak ya sob?

    ReplyDelete
  40. hmm,, tadi abis dari palembang ke tempatnya Bu Yunda, eh lagi mbahas pempek juga, dan skarang mampir ke sini disuguhi pempek juga.. hehe

    aduuhh, jadi pengen nih, yang asli dari palembang tapinya.. :D

    ReplyDelete
  41. hihihi semua suka pempek... aku juga suka *berharap ada yang ngirimi juga* kkk :)

    ReplyDelete
  42. kalo dapat kiriman lagi bagi-bagi ya mbak, saya juga penggemar mpek2 :)

    ReplyDelete
  43. katanya di bekasi ada pempek enak?mirip lah dengan pempek dari palembang.

    aku sekali doank pernah makan pempek asli kiriman dari palembang. luar biasa enak nya tak terperi teh. gak cukup 5 biji..pengen nambah terus. enak tenan lah.

    sejauh ini paling sering makan pempek ya di bandung. itu udah cukup enak, abisnya kalau harus ke palembang jauh juga :P

    ReplyDelete
  44. Saya punya kakak ipar yang jago buat mpek2 Mb, sering lihat bagaimana cara mengambil daging/sari dari ikan tenggiri.... :)

    ReplyDelete
  45. aku sekali mendapat kiriman empek empek dari palembang, hehe

    ReplyDelete
  46. aku juga doyan banget sm mpek-mpek...tp klo terlalu pedes aku nyerah...soale ada kan yg kuahnya itu udah pedesss bangett......

    ReplyDelete
  47. salah satu yang bisa membedakan antara orang Palembang dengan bukan orang Palembang adalah cara dia menuliskan pempek mbak.. kalo disini, agak diketawain kalo kita nulis PEMPEK dengan Mpek-Mpek.. tapi berhubung mbak Lidya udah ngaku bukan orang Palembang, dhe gk jadi ketawa.. cuma mesem doang, hehe :D

    yang digambar, dhe bantu nyebutin yaa.. pempek kulit, pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek keriting, pempek adaan plus pempek panggang.. oya, udah pernah makan srikaya belum mbak?? salah satu menu yang biasanya sepaket dengan pempek, warnanya hijau kayak semi ager gitu..

    ReplyDelete
  48. kayaknya aku makan empek2 tu baru sekali doank dah seumur umur. hohoho

    mbak, aku kasih PR dikerjain yah :)

    ReplyDelete
  49. Waaahhh...hayu Teh kita nge-pempek bareng hohohoho

    ReplyDelete
  50. lagi lagi tos mbak...suka banget ama namanya mpek mpek..tapi masih nggak semahir mbak lidya untuk mbedain mana mpek2 yang ok dan enggak ok..
    :) hmm ngiler lihat gambarnya

    ReplyDelete
  51. mbak Lid, suami kan kerja di Palembang nih mbak, kadang klo libur lebaran dibawain mpek mpek banyak bgt smpe klenger... hehe.. kapan libur lebaran ayok main kerumah mbak.. hehehe.. *jauh bener libur lebaran yak* wkwkwkw..

    ReplyDelete
  52. waaah kok sama??? toss dulu ahhhhh
    aku suka segala yang terbuat dari kanji,jadi siomay, bakso, tekwan, mpek mpek dll sukaaaaa

    ReplyDelete
  53. Hayo mbak ke palembang, ntar saya rekomendasiin tempat jual pempek yang enak :D

    ReplyDelete
  54. Makasih infonya..
    Baru tahu info seperti ini. Menarik juga :)
    Kunjungan balik ke web Tray Makanan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...