badge

Sunday, January 15, 2012

Semangat Penjual Bumbu

Dipostingan yang lalu aku menuliskan melamunkan  memikirkan menu apa saja yang akan aku masak seminggu kedepan, ini untuk mempermudah aku pada saat kepasar untuk berbelanja. Sebetulnya ada satu hal yang membuat aku mudah dalam memasak loh, apalagi semua pekerjaan dirumah tidak ada yang membantu.

Aku kadang-kadang membeli bumbu racikan di Pasar, bumbu ini di buat sendiri oleh penjual bumbu jadi aku bisa memasak dengan cepat tanpa harus khawatir dengan bahan pengawet ataupun MSG. Bisa saja aku membeli bumbu jadi dalam bentuk sachet tapi kasian anak-anak kan. 


Ibu penjual bumbu ini berasal dari Padang, jadi cocoklah dengan lidahku yang suka dengan masakan Padang. Kadang sambil belanja bumbu si ibu ini suka bercerita tentang apa saja. Pernah nih si ibu bercerita dulunya dia bekerja di pabrik bertahun-tahun tapi tidak menghasilkan apa-apa, tapi ketika dia berjualan bumbu Allhamdulillah bisa membeli rumah.


Selain bumbu halus yang dijual,ibu ini juga menjual bumbu dapur yang belum dihaluskan. Kita tinggal bilang saja misalnya mau membeli bubu gulai ayam nanti si ibu yang meracik apa saja bumbunya, aku awalnya gak tau bumbunya apa jadi sekarang tahu juga cara memasaknya. Yang paling aku suka itu gulai ayam lalu bumbunya dikeringkan dan dibakar, hmmm rasanya seperti ayam bakar yang dijual di rumah makan Padang.

39 comments:

  1. iya membantu banget ya kalo udah ada bumbunya gitu.. karena biasanya masakan itu kan yang paling ribet nyiapin bumbunya.

    ReplyDelete
  2. Setuju dengan rancangan menu seminggunya sangat menghemat energi dan waktu belanja.Berkat mengalir dari bumbu ya teh Lidya. Salam

    ReplyDelete
  3. apapun yang dilakukan dengan semangat dan kesungguhan akan menghasilkan yang terbaik.. salam kenal..

    ReplyDelete
  4. boleh titip mba? soalnya di sini nyari yg kayak itu blom nemu saya :(

    ReplyDelete
  5. tapi inget mba harus selektif tuh cari pedagang yang jujur,soalnya beberapa oknum pedagang kadang malah berbuat curang

    ReplyDelete
  6. luar biasa, bisa beli rumah dari berjualan bumbu

    ReplyDelete
  7. bener-bener ya, 9 dari 10 pintu rezeki ada pada niaga.
    salam buat ibu penjual bumbu ini, mba...

    ReplyDelete
  8. Ibuku juga sering Mbak masak pke bumbu jadi, selain gak perlu ngulek juga tinggal cemplung aja..
    Ini cerita Ibuku lho Mbak.. bukan kisahku.. :P

    ReplyDelete
  9. sepertina kalo di sini ada penjual bumbu seperti itu bakal sangat membantuku yang emang gag bisa masak. hhehe

    ReplyDelete
  10. owh, itu diracikin sekalian ya sama ibu2 yg jualan bumbunya, jadi tinggal make aja di dapur.. :D

    ReplyDelete
  11. banyak peluang ya mba..kalau mau berusaha dalam berdagang...ide meracik bumbu kemudian menjual...

    ReplyDelete
  12. Aku juga sukak masakan padang. hihi..

    ehh,. enak donk yaa. berarti kita gak perlu mikir lagi yaa kalo mau masak apa trus bumbunya apa aja. wahh.. boleh deh itu yg jual disuruh jualan di gresik juga *ehh* :p

    ReplyDelete
  13. Baru tau kalau ada penjual bumbu racikan...
    (keliatan kalau saya nggak pernah masuk pasar)

    ReplyDelete
  14. Aku juga sering mbak beli bumbu kayak gini.. Biasanya beli cabe giling sama merica bubuk.. Emang paling aman deh beli beginian, walopun gak tahan lama seperti yang bungkusan..

    ReplyDelete
  15. wah besar jasanya ibu penjual bumbu itu ya mbak, banyak membantu meringankan tugas kita. Sayang disini gak ada :(

    ReplyDelete
  16. bumbu2 yg ada di pasar itu memang memmbantu terutama kalo bumbu jadi ya

    ReplyDelete
  17. wah ibu ini pasti telaten dan ulet dari menjual bumbu bisa membeli rumah...jadi makin semangat untuk berbuat lebih

    ReplyDelete
  18. Benar2 di permudah..
    Ga ada alasan lagi tuk malas masak kan??

    ReplyDelete
  19. aku terbiasa meracik bumbu sendiri

    ReplyDelete
  20. Kalau penjual bumbunya terpercaya sih gak papa, Mbak. Tapi saya khawatir kalo beli bumbu di pasar (di kota saya), takutnya diolah dari bahan2 yang tidak bagus :(
    Selamat memasak ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  21. berarti si ibu ini menemukan jalan hidupnya sebagai penjual bumbu. coba tanya apa meracik bumbu dan beliau punya passion memasak?

    ReplyDelete
  22. membantu banget, tinggal bilang kita mau masak apa trs bawa pulang tinggal di cemplungin...jadi namanya bumbu cemplung. hehehe...mantab deh, gak usah ngapalin ato baca resep lagi #Males

    ReplyDelete
  23. Kayak istri saya, kalo ke pasar, biar praktis dan cepat, makanya beli bumbu racikan yg sudah jadi, beres deh masakan dalam sekejap :D Salam kenal....

    ReplyDelete
  24. Salam kenal mama Cal-vin....saya juga kadang suka beli bumbu jadi...tapi khusus untuk masakan yang rada ribet, semisal rendang atau gulai.tukang bumbu langganan saya juga orang padang lho mbak...bahkan rata-rata hampir semua ibu-ibu yang jualan bumbu di pasar tradisional di sini (di batam) kebanyakan orang padang juga...hehe.. terbukti orang padang pandai meracik bumbu ya mba...

    ReplyDelete
  25. Subhanallah, dari jual bumbu bisa beli rumah. Ibu penjual bumbu bisa melihat peluang emas untuk memperoleh penghasilan yg lebih menjanjikan. Kalau saya gak pernah beli bumbu yg dihaluskan begitu soalnya tetehnya pinter masak dan mau ngalusin sendiri. Sy masaknya paling sabtu minggu, itupun masak yang gak ribet hehehe.

    ReplyDelete
  26. Memudahkan dan melancarkan tugas ibu2 sibuk dan ibu2 yg ga pinter masak ya mbak :)

    ReplyDelete
  27. di tangerang juga ada bu yang jual bumbub racikan gitu. oh yah hati2 juga lho. soalnya pernah masuk reportase kalo ada bumbu racikan yang dioplos. :)

    ReplyDelete
  28. wah enak ya..di pasarku sini ga ada penjual bumbu kaya gitu...adanya yang udah jadi gitu...

    sukses ya berarti ibu penjual bumbu itu mbak?

    ReplyDelete
  29. kagum dg ibu penjual bumbu ini.. pikirannya maju bgt berani keluar kerja utk buka usaha sdri.. patut ditiru nih..! :D

    ReplyDelete
  30. kereeenn bisa beli rumah dengan jualan bumbu.
    Ibu ini pasti jago masak ya Mbak, secara bisa meramu bumbu2 masakan hasil pesanan gitu, salam utknya ya MBak :)

    ReplyDelete
  31. iya, kalo lagi males ngulek, bumbu2 ini membantu sekali

    ReplyDelete
  32. Hebat! Salut euy sama ibu penjual bumbunya...

    ReplyDelete
  33. wah, kalo mau bikin rendang daging ala masakan padang, ada donk ya? rendang dagingnya khas soale..

    ReplyDelete
  34. Mauuu dong kl udah jadi dikirim ke rumah Atharr.... ^^

    ReplyDelete
  35. dengan adanya penjual bumbu sekarang lebih banyak terbantu spt aku juga gitu, gak usah repot2 hapal bumbunya, penjualnya udah tau sendiri ya, salam kenal bunda...

    ReplyDelete
  36. bener mbak...lebih praktis beli bumbu yg udah jadi...mrk udah ngerti takarannya.....jd rasanya juga dijamin maknyuss hehehe...

    ReplyDelete
  37. hebat ya skrg pedagang lebih jeli.. dikarenakan keterbatasan waktu pasti banyak orang yang suka beli bumbu jadi... :-D

    kalo aku suka yg dirajang sama diblender sendiri mbak.. bumbunya apa aja tinggal nanya mbak atun,. hehhe...

    ReplyDelete
  38. Hihi kalau udah diracik lebih gampang ya :D

    ReplyDelete
  39. yang kayak gini ngga ada di Jepang.... huhuuhu. Mau tidak mau harus racik sendiri. Atau kalau kepepet ya bumbu jadi lalu dimodifikasi sendiri

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...