badge

Saturday, June 30, 2012

Tari Saman Dari Aceh

Tari Saman menurut wikipedia adalah salah satu tarian dari suku Gayo Aceh yang ditampilkan untuk merayakan perintiwa-peristiwa penting, seperti memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Nama Saman ini diambil dari ulama Syeh Saman yang menciptakan tarian ini. Pada 24 November 2011 tari saman sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia.

Saya selalu takjub apabila melihat tari saman ini, karena para penari bisa melakukan gerakan serempak dengan diiringi lagu yang dinyanyikan secara langsung oleh salah seorang penari. Perpaduan gerakan tepuk tangan dan tepuk dada yang dilakukan secara begiliran membuat gerakan tari saman indah dilihat.

Pada Acara Pentas Seni Akhirussanah kemarin, saya juga menyaksikan tari saman yang dilakukan oleh murid-murid SD dengan diiringi lagu yang dibawakan oleh salah seorang siswa pria secara langsung. Ia menyanyi sekaligus melakukan gerakan tari secara bersamaan. Ada salah seorang guru yang mengiri tarian dengan rebana bisa juga dijadikan aba-aba untuk tarian tersebut

Tari Saman SD Al Huda
Jika dilatih sejak dini tari saman yang terlihat sulit dan rumit diharapkan bisa selalu dilestarikan oleh bangsa Indonesia sebagai budaya Indonesia. Tari ini membutuhkan kebersamaan dan kekompakan dalam menarikannya sehingga bisa mencerminkan masyarakat Indonesia yang akan selalu bergotong royongdan bekerja sama dalam membangun bangsa.







Artikel ini diikutsertakan dalam Jambore On the Blog 2012 Edisi Khusus bertajuk Lestarikan Budaya Indonesia

31 comments:

  1. Terima kasih pakde, salam hangat juga dari Bekasi :)

    ReplyDelete
  2. Saya pernah sekali nonton tari Saman, tapi nontonnya di Jember. Waktu itu ada agenda / pagelaran di Universitas Jember, menampilkan beberapa kesenian nusantara, diantaranya Tari Saman. Asyik ya Mbak..

    ReplyDelete
  3. Pa kabar mbak lidya, semoga sehat sehat sekeluarga yah...baru main lagi, inipun online dirumah, bener2 minggu minggu yang berat...
    wah mbak lidya dah bikin artikel neh....keren pake photonya tari samannya kak pascal..:)
    semoga aku bisa ikutan...
    sukses yah mbak kontesnya..:)
    thanks juga alamatnya kemarin yah udah note...aku coba sms jeng susan..tapi kok nggak dibales yah..hehehe apa nggak nyampai kali yah..:) salam aja kalo sms an sama jeng soes

    ReplyDelete
  4. seneng deh.. kalo liat tari saman :)

    bunda... Nay pamit dari dunia blogger, maaf kalo ada salah ucap ame candaan.. >.<
    sukses untuk bunda dan keluarga :)

    ReplyDelete
  5. Di tempat saya juga ada lomba menari tingkat TK mbak. Berati Ikut melestarikan budaya daerah sejak dini ya :). Semoga sukses kontesnya mbak

    ReplyDelete
  6. rajin banget, Lid...
    udah duluan aja daftarnya.. :)

    *ga punya ide*

    ReplyDelete
  7. Ngintip disini dulu ah... siapa tau dapat inspirasi..

    ReplyDelete
  8. Tari Saman adalah salah satu tarian yang pastinya butuh persiapan matang dan perlu kekompakan...
    Jika dilaksanakan di Sekolah perlu komitmen tinggi, karena ketika mereka sudah dilatih matang, pas lulus ujian...
    Seperti itu pula nasib ngelatih drumband di sekolah. Latihannya butuh waktu dan biasa, tapi setelah jadi mereka pada lulus dan pergi

    ReplyDelete
  9. gerak cepat ya bu, jadi peserta kontes pertama

    ReplyDelete
  10. sama mba... saya juga takjub akan tarian yang satu ini, dinamika dan kekompakan para penarinya adalah hasil gemblengan dan disipilin tinggi, terlihat jelas bahwa sifat kegotong royongan dan kebersamaan adalah sebuah unsur penting yang wajib ADA demi keberhasilan tarian ini....

    sepakat dengan mba Lydia bahwa tarian ini mencerminkan masyarakat Indonesia yang akan selalu bergotong royongdan bekerja sama dalam membangun bangsa.

    sukses untuk kontesnya ya mba... semoga menang! :)

    ReplyDelete
  11. ayo kita lestarikan budaya indonesia bersama2. jgn sampe diklaim oleh negara lain lg.

    ReplyDelete
  12. Tidak semua orang bisa dengan rancak berlenggak-lenggok dengan badan miring kanan-kiri memainkan tari saman. Aku sendiri meski tidak pernah bertandang di aceh tapi sangat suka dengan irama yang rancak dan bersemangat itu. Semoga tari saman tidak di japlok dan diakui oleh negeri seberang :D

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  13. aku dulu waktu di pesantren juga latihan tari saman.. seneng banget.. soalnya saraf and otak bener2 bekerja biar gak lupa.. haha

    ReplyDelete
  14. Selamat ikut lomba Lidya, selamat berpartisipasi dalam melestarikan warisan budaya Indonesia tercinta...
    :)

    ReplyDelete
  15. tari saman itu juga sudah mendunia dan banyak orang luar yang takjub melihat ribetnya menari saman, fiuh...

    ohya, semoga menang kontesnya ya Mam...

    ReplyDelete
  16. iyaaa...keren memang tari saman itu,,,,butuh kecepatan lagi

    ReplyDelete
  17. Senang ya melihat generasi muda yg semangat ini... semoga dg dikenalkan sejak dini, mereka tidak lagi asing dengan budayanya sendiri..
    Sukses di kontes Pakdhe ya Jeng...

    ReplyDelete
  18. Suka menikmati gerakannya, melatih kegesitan dan kekompakan, apalagi makna gotong-royong yang diembannya. Sukses Teh Lid

    ReplyDelete
  19. rupanya namanya tari saman toh, yg nari bareng2 dengan gerak cukup cepat sambil duduk sila itu ya, perlu kekompakan dan latihan cukup memang :D

    ReplyDelete
  20. waaahh,, aku gak pernah secara langsung deh lihat tarian ini.. asyik kali yak menontonnya secara langsung :D

    ReplyDelete
  21. waaahhh seru pasti yak bisa nonton secara langsung tari sama.. aku belum pernah nonton secara langsungnya soalnya >.<

    ReplyDelete
  22. aku suka banget sama tari saman. pernah nonton beberapa kali tapi yg paling keren pas nonton di vietnam malahan, ada show yg diadakan KBRI, yg nari anak2 dari sanggarnya guruh soekarnoputra...keren banget, yg nonton tuh sampe sunyi ga brani bersuara sampe selesai krn takjub dan takut ngeliat tariannya nanti kesrimpet (kebelit) tangan/badannya satu sama lain

    ReplyDelete
  23. walah...tari ini pertama kali di pelajari pas SD..tp krn di jambi dlu srg bgd kekurangan formasi jd kita beralih ke nari sekapur sirih jambi...

    ReplyDelete
  24. sy ga ikut kontes ini, ntah kenapa klo kontes yg waktunya 1 hari gitu, sy nyerah. Semoga menang ya mbak.

    ReplyDelete
  25. Aku juga suka tari ini mbak Lidya :)

    ReplyDelete
  26. Ngeliat tari Saman bikin tambah semangat ya mbak, gerakan dan musiknya itu lho, asik banget dinikmati :)

    ReplyDelete
  27. Aku suka sekali Tari Saman. Sampai aku minta sebagai tarian penutup acara pernikahanku di Jepang

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...