badge

Tuesday, January 7, 2014

Eksperimen Kertas Yang Kuat

Bagi teman-teman yang mempunyai anak di usia SD mungkin tidak asing lagi dengan Komik Sains Kuark ya. Begitu pula dengan Aa, dia senang sekali membaca komik sains ini. Sains yang dikemas dalam bentuk komik bergambar dan berwarna sehingga anak-anak lebih bisa mengerti dan memahami suatu ilmu yang sedang di bacanya. Tidak hanya informasi yag di dapat dari kokik sains ini tapi anak-anak bisa bereksperimen langsung sesuai petunjuk yang ada di dalamnya. Cukup mudah kok untuk di ikuti materi komik sains yang ada di majalah tersebut.


Kemarin Aa mencoba mencontoh eksperime tentang kertas yang kuat. Sebagaimana kita ketahui sebuah kardus kuat membawa benda yang berat, itu ternyata karea bentuk kertasnya (kardus itu). Untuk lebih mudah memahaminya ada peragaan seperti dibawah ini.


Gambar pertama yang di atas, gelas plastik yang diletakkan pada selembar kertas yang disimpan pada dua buah buku yang sama tebal. Kertas HVS tidak dapat menahan gelas plastik tersebut. Pada gambar kedua masih sama menggunakan kertas HVS , 2 buah buku yang sama tebal dan gelas plastik, hanya disini kertas di lipat-lipat seperti layaknya kita membuat kipas. Setelah dilipat-lipat kertas tersebut mampu menahan beban gelas plastik tersebut.

Ternyata sebuah kertas yang datar tidak mampu menahan benda tetapi setelah kertas dilipat-lipat kertas menjadi lebih kuat dan mampu menahan beban. Masih banyak lagi ekperimen dan ilmu-ilmu sains lainnya bisa di baca sendiri di komik sains :)

Oh ya jangan lupa ya untuk mengikuti Olimpiade Sains Quark yang di adakan Februari mendatang. Biasanya sih di koordinir oleh sekolah tapi kalau yang berminat daftar online bisa melalui webnya http://www.komikuark.net

54 comments:

  1. ikhsan pernah sekali baca komik kuark ini, pinjem punya tetangga. Tapi kayaknya ikhsan masih seneng sama bobo junior hehe...

    ReplyDelete
  2. Ahhh suka banget ma review buku ini... Mau cari ah di gramedia

    ReplyDelete
  3. komik kuark memang bagus, trus didukung sama gambar komik jadi anak2 lebih tertarik buat bacanya.
    wah, pasti Aa tambah semangat lg ya mbak fit belajarnya:)

    ReplyDelete
  4. hi hi jadi penasaran sama komik kuark ini

    ReplyDelete
  5. wah bagus yaa kuark ini isinya pelajaran yg bisa dipraktekan lsg sm anak2

    ReplyDelete
  6. oo ternyata begitu yaa..kertas yg dilipet2 justru lebih bisa nahan beban..hihihi aku jadi ada ilmu baru inih..

    ReplyDelete
  7. Kenapa nggak terpikirkan oleh kita ya kak. Benda yang di sejajarkan atau dilipat akan menjadi kuat. Baru ingat lagi tentang gaya gravitasi dan gaya puntir.

    ReplyDelete
  8. Mbaaaak... aku baru membicarakan ini ke-ma-ren sama suamiku. tebak-tebakan di atas genteng. lebih kuat mana seng yang rata atau seng yang bergelombang.. haha.. klo aku jawabnya empiris aja, seng bergelombang. kalau rata kan didudukin bakalan mleyot ke bawah. ternyata ada 'ngelmu' nya ya... haha anak SD pulak *tutupmukalantaranmalu*

    ReplyDelete
  9. Ilmu yang simpel, ya.
    Aa ikut olimpiade, Mba?

    ReplyDelete
  10. wah bisa langsung praktek sehingga anak2 bisa mengerti

    ReplyDelete
  11. Eksperimen sederhana ^_^ ..nice info


    Salam kenal kunjungan perdana

    ReplyDelete
  12. athar belum SD,tapi bisa jadi recomended nih saat ia sekolah nanti :)

    ReplyDelete
  13. aih mantap ya komik sains. boleh banget buat anak belajar ni. beli ah :)

    ReplyDelete
  14. wow. simpel tapi mantep banget ni. gak sia2 mampir disini. mantep. trims buk

    ReplyDelete
  15. Mantab, anak-anak harus diberi pengetahuan yang bisa langsung dipraktekkan dan mengerti akan tujuannya!

    ReplyDelete
  16. kuark, menarik mba. disini belum ada tuh......

    ReplyDelete
  17. Oh, anak temanku udah final Olimpiade Kuark tingkat nasional loh. DIa dari Medan

    ReplyDelete
  18. pernah denger eksperimen ini. Tapi belom kepikiran untuk dipraktekin sama anak2. Lupa hehhe. Nanti mau praktekin, ah ^_^

    ReplyDelete
  19. aa nya pinter ya. selembar kertas akan menjadi kuat apabila di lipat. eksperimen yang bagus..

    ReplyDelete
  20. Keren ya sains itu.. semoga anakku nanti jago sains juga :-)

    ReplyDelete
  21. yang gambar kedua gak gitu jelas lid.. dilipatnya gimana?

    ReplyDelete
  22. Jadi bahan referensi kelak untuk anak saya... :)

    ReplyDelete
  23. Sepupuku 4 hobi baca smua mbk slh satuya komik kuark...saya kl main jg suka bacanya hehe.thn kmrn sepupuku ikut olimpiadenya...^^

    ReplyDelete
  24. Ajib dan Fatih juga menyukai komik ini. Cara penyampaiannya yang asyik dan tidak membosankan, membuat mereka betah berlama-lama membacanya. Kemarin gurunya memberitahukan kalau Kuark akan mengadakan olimpiade sains dan menawarkan mereka untuk ikut. Tapi, mereka tidak mau ikut, belum siap mental kayaknya.. :)

    ReplyDelete
  25. Kamu ibu yang kreatif ya, Lidya.
    Kalau aku belum tentu sabar ngajarin anak-anak :D

    ReplyDelete
  26. malah baru tau tentang kuark dari blog mba Lidya nih. :)

    ReplyDelete
  27. Wah..bagus bukunya ya Mak..coba nanti tak cari ahh..Yodha suka membaca dan juga suka sains..:)

    ReplyDelete
  28. Seringkali komik memang banyak kasih kita wawasan..

    ReplyDelete
  29. entar dulu ini baru baca alinea pertama dah langsung mau protes aku Lid, aku koq gak tau itu komik sains kuark?
    hiiiih gemess
    aku cuma tau komik detektif conan, topeng kaca dan popcorn? sooo jaduul

    ReplyDelete
  30. pasti memberikan daya tarik lebih ketika sebuah buku disajikan dengan gambar dan ilmu pengetahuan...sukses ya Aa.. kalau Sains Om nyerahhhhhhh hihih

    ReplyDelete
  31. kapan-kapan beli ah. Eh kalo boleh minjem sih makasih banget.. :D

    ReplyDelete
  32. aku juga dulu suka melakukan eksperimen
    dulu paling suka dengan anomali air

    ReplyDelete
  33. Komik apa lagi ini Mbak.. kalau komik aku taunya doremon nih.. zaman sekarang komik ada macam-macam ya, belum punya anak sih jadi belum ngerti beginian :P

    ReplyDelete
  34. seru ya mbak, bisa dipraktekin lagi.. aku baru tahu ada kuarck ini :)

    ReplyDelete
  35. Makasih infonya, Mbak.

    kalau Arfan sudah masuk TK (minimal bisa baca), saya mau belikan ah ^^

    ReplyDelete
  36. waw.. dari kecil udah suka sains yaaa.. mantafff kaa (y)

    ReplyDelete
  37. aku juga mau beliin keponakanku ah

    ReplyDelete
  38. Bagusan anak baca dan bereksperimen ya, drpd main game di gadget. #Pendapat pribadi.

    ReplyDelete
  39. belum punya anak, hehe tapi kayaknya oke nih direkomendasiin untuk adek2 saya

    ReplyDelete
  40. Sebuah eksperimen sederhana, pemikiran yang sederhana. Keren. Terkadang memang ada ilmu-ilmu sederhana yang belum kita sadari.

    ReplyDelete
  41. nah
    padahal mengajari anak itu bisa dengan permainan kecil semacam ini. kenapa kurikulum anak sekarang kayaknya berat banget ya..?

    ReplyDelete
  42. wah.. infonya menarik nih mba... meluncur ah... :)
    Makasih ya...

    ReplyDelete
  43. keren & seru ih komiknya.. jmn kita msh kecil udah ada blum ya komik ky gini?

    ReplyDelete
  44. Wow bagus mbak, emang sih ilmu sains itu pasti , kertas dilipat pasti lebih kuat

    ReplyDelete
  45. Dulu waktu masih kecil sering banget menghabiskan weekend dengan eksperimen kecil kayak gini..
    Bukunya sekarang entah dimana :|

    ReplyDelete
  46. wah bagus banget ya bukunya Mbak. Jadi lebih mudah memahami science dengan cara yang menarik...

    ReplyDelete
  47. pengetahuan yang bisa langsung dipraktekkan dan mengerti akan tujuannya!

    ReplyDelete
  48. wah hebat nih.. jadi tidak mudah rusak untuk si anak2 yang menggunaakannya :)

    ReplyDelete
  49. Semakin kreatif ya mbak, memang anak kecil lebih cocok diberi mainan atau ilmu seperti ini daripada diberi gadget/smartphone.

    ReplyDelete
  50. Bunda Lidya, boleh izin share yaa.. Terima kasih telah berbagi demi memajukan pendidikan anak-anak kita.. Salam sains!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...