badge

Thursday, August 21, 2014

Menstimulasi 5 Kemampuan Kognitif Melalui Aplikasi StimuLearn

Mempunyai anak adalah berkah yang paling besar bagi semua orang tua, begitu pula dengan saya dan suami. Setelah melahirkan anak, tugas sebagai orang tua tentu saja tidak berhenti disitu tetapi banyak tugas lain menanti kedepannya. Kita harus ikut serta dalam pertumbuhan dan perkembangan setiap anak. Kebutuhan yang paling mendasar di setiap tahap perkembangan anak diantaranya adalah :
  • Kecukupan nutrisi, dengan tercukupinya kebutuhan nutrisi anak merupakan penentu pertumbuhan si anak itu sendiri dan membantu tumbuh kembang otak serta mencegah penyakit.
  • Attachment atau kelekatan anak dan orang tua. Anak mempunyai ikatan emosional timbal balik yang bertahan lama antara dua orang terutama anak dan pengasuhnya (ibunya)
  • Stimulasi. Dengan memberikan rangsangan dari lingkungan yang memancing respon tertentu sanagat di butuhkan oleh anak.
Menurut informasi yang saya dapatkan dari Psikolog Ratih Ibrahim bahwa Stimulasi penting diberikan sejak dini. Setiap hari dan berkelanjutan , bahkan saat 1000 hari pertamanya dilanjutkan ke usia selanjutnya. Cara stimulasi yang baik untuk mendukung perkembangan kognitif anak di sesuaikan dengan tahapan perkembangannya.

Kognitif  dapat diidentifikasikan dari 5 kemampuan yaitu :
  1. Bahasa
  2. Daya Ingat
  3. Konsetrasi
  4. Pemecahan masalah
  5. Psikomotor
Menurut penelitian Stimulasi dan interaksi orang tua sangat membantu untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak. Di mana kognitif itu merupakan hasil kolaborasi dari anggota tubuh si anak yaitu mata dan telinga, otak, mulut, tangan dan kaki. 

Proses pembelajaran bagi anak-anak itu biasanya dengan cara memperhatikan, mendengarkan dan melihat yaitu melalui CONTOH.


Saat ini Stimulai melalui digital merupakan alat bantu yang melengkapi  proses belajar sehingga lebih optimal, efektif dan menyenangkan bagi anak-anak. Oleh karena itu DANCOW Parenting Center mempersembahkan Stimulearn Aplikasi , yaitu program parenting edukatif yang bisa membantu orang tua untuk menstimulasi proses belajar si kecil secara online melalui aplikasi dan secara offline melallui kegiatan nyata. 


StimuLearn Aplikasi ini bisa di unduh secara gratis pad AppsStore dengan cara sebagai berikut :


Setelah mengunduh aplikasi silakan isi form registrasi dengan menuliskan data di kolom yang sudah di sediakan.


Lalu kita memasukkan data anak yang terdiri dari nama, umur, dan memasukkan foto si anak supaya lebih semangat saat anak bermain sambil belajar melalui aplikasi Stimulearn.

ada foto Alvin pada aplikasi

asyik bermain StimuLearn di iPhone bersama Alvin


Sesuai dengan 5 identifikasi kemampuan kognitif anak orang tua dengan mengenalkan StimuLearn Aplikasi pada anak-anak.




Berikut ini akan saya uraikan sedikit mengenai permainan yang ada pada aplikasi StimuLearn yang saya terapkan pada kegiatan offline sehari-hari bersama anak-anak dirumah.

1. KEMAMPUAN BAHASA


Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting untuk anak. Untuk menstimulasi kemampuan bahasa bisa melalui dongeng, membacakan buku cerita untuk anak agar memperkaya kosa kata si anak sehingga bisa melatih berbicara. Melalui nyanyian, serta menggunakan boneka tangan saat mendongeng. Lanjutkan aktivitas ini walaupun si anak tidak langsung merespon.

Jenis permainan yang dapat dimainkan adalah :
  • Story House, Banyak cerita menarik yang bisa kita bacakan disana, juga bisa merekam suara si kecil saat membacakan cerita.

Untuk kebutuhan buku anak-anak saya sering kali membelikan buku untuk mereka sejak kecil. Ada juga boneka tangan untuk mendongengkan sebuah cerita. Melalui aplikasi StimuLearn saya bisa membacakan cerita lebih seru karena bisa merekam suara. Biasanya Alvin ketagihan meminta terus di bacakan cerita.


  • Kegiatan Hari ini. Untuk si kecil belajar bernyanyi bersama. Melatih si kecil percaya diri saat menyanyi di depan anggota keluarga yang lain. Biasanya saya meminta Alvin untuk menyanyikan lagu yang sudah di ajarkan di sekolah dengan merekamnya pada ponsel sehingga bisa di tonton lagi secara bersama. Biasanya anak-anak suka loh dengan kegiatan ini.
2. DAYA INGAT

Alvin, si bungsu anak kami sangat cepat sekali jika menirukan gambar yang di buat oleh kakaknya. Dia akan dengan mudah menggambarkan ulang gambar tersebut. Tidak hanya menggambar loh, Alvin juga mudah mengingat kalimat, perintah serta bacaan yang kami ajarkan melalui proses bermain tentunya.

Pada aplikasi Stimulearn ini kita bisa memainkan permainan :
  • Forgotten Castle. Melalui petualangan ini si kecil diajak untuk menemukan barang-barang yang tersembuyi di balik perisai kastil.

Kegiatan offline yang bisa diterapkan dari permainan Forgotten Castle adalah mengingat suatu gambar yang ada pada kartu yang diletakkan secara tertutup. Menstimulasi daya ingat pada anak
  • Pinknik Bersama Bunda. Saat melakukan perjalanan minta si kecil membawa barang-barang apa saja yang akan di bawa dan meminta menyebutkan kembali sambil mengeluarkan barang tersebut. Biasanya saat akan ke rumah neneknya, saya minta Alvin untuk membawa mainan yang akan di mainkan disana, dan meminta untuk memilih dan memasukkan sendiri pada tas. Dengan ini saya bisa mengajarkan kedisplinan dan mengingat barang apa saja yang dibawa, saat akan pulang semua mainan yang dibawa harus dibawa semua tidak ada yang terlewat.
piknik tidak harus di tempat yang jauh, cukup di teras rumah pun bisa mengajarkan praktek piknik pada anak

3. KONSENTRASI

Saat Alvin diajak bermain puzzle atau belajar membaca Iqro dia bisa sangat berkonsentrasi asalkan tidak ada televisi menyala. Tugas orang tua untuk melatih daya konsentrasi anak dengan meminimalkan gangguan yang ada.

Melalui permaianan pada aplikasi Stimulearn bisa melatih daya fokus si kecil. Melalui permainan :
  • Bermain Puzzle Bersama Mr. Skylab. Mungkin di awal si kecil akan merasa kesulitan tapi dengan sedikit bantuan si kecil dapat menyelesaikan puzzle gambar-gambar yang ada. Dengan melakukan permainan ini bisa melatih konsentrasi saat memasangkan potongan gambar.

Kegiatan offline yang saya terapkan tentu saja memainkan puzzle yang ada di rumah. Dimulai dari puzzle yang memiliki jumlah sedikit hingga di tambah jumlah puzzlenya.

puzzle pertamanya Alvin


  • Mengenal Lingkungan Sekitar. Saat bepergian ajak si anak belajar melalui rambu-rambu serta petunjuk jalan yang ada di sepanjang jalan. Saat naik motor menuju sekolah biasanya saya sambil bercerita apa yang ada di sepanjang jalan, kebetulan masih didalam komplek perumahan jadi bisa di bilang aman. Saya meminta Alvin untuk memberitahukan arah dengan menyebutkan belok kanan atau kiri menuju ke sekolahnya.

4. PEMECAHAN MASALAH

Saat itu saya mendengar suara kursi makan di geser-geser oleh Alvin menuju lemari buku, ternyata dia ingin mengambi puzzle yang ada di atas lemari. Ternyata dia sudah  bisa memecahkan masalah dengan mengambil kursi, menggeser ke lemari dan naik ke atas kursi untuk mengambil puzzle yang diinginkan.

Dalam permainan yang ada bisa juga melatih si kecil untuk memecahkan masalah melalui permainan :
  • Island Market. Permainan yang mengajarkan cara berbelanja di pasar sambil menjelaskan berbagai jenis buah dan sayuran dan cara menghitungnya. Kegiatan offline yang saya  terapkan adalah saat berbelanja di mini market saya meminta Alvin memasukkan susu yang akan di beli dengan menghitungnya dan memasukkan kedalam keranjang belanja. Persis sama seperti permainan yang ada di Island Market.

  • Membuat Daftar Belanja. Minta si kecil menuliskan daftar belanjaannya dan menyebutkan apa yang sudah di tulis pada daftar belanjaan. Biasanya saya terapkan pada si sulung saat akan berbelanja untuk menuliskan daftar belanjaan yang akan dibeli.
5. PSIKOMOTOR

Kemampuan psikomotorik anak meliputi motorik kasar dan motorik halus. Perkembangan ini sangat penting untuk si kecil. Orang tua harus memperhatikan perkembangannya agar tidak tertinggal dengan anak seusianya. Untuk merayakan hari kemerdekaan Indoensia 17 Agustus lalu, Alvin mengikuti lomba loncat ke dalam hulahoop, ini merupakan salah satu cara untuk melatih motorik kasar si kecil. Untuk melatih motorik halus Alvin biasanya melalui gambar dan tulisan.

salah satu perlombaan yang menstimulasi motorik kasar pada anak, dengan loncat didalam hulahoop


Permaianan yang bisa membantu psikomotor pada aplikasi Stimulearn adalah :
  • Pearl Beach. Permaianan mengumpulkan mutiara dalam labirin ajaib. Si kecil belajar menggerakan gadget kearah mana jalan yang tepat agar bisa mengumpulkan mutiara tersebut dan melewati rintangan yang ada.

  • Membuat Peta. Si sulung senang sekali nih dengan aktivitas membuat peta, cocok sekali dengan permainan ini.
Peta yang di buat si sulung di sekitar rumah


Aplikasi pada gadget memang sangat membantu orang tua dalam memberikan stimulasi pada anak-anak. Tapi stimulasi real wajib hukumnya dilakukan oleh orang tua pada anak-anaknya.




43 comments:

  1. Sukses kontes nya Mba Lid :)

    ReplyDelete
  2. Aplikasinya membantu anak bermain sambil belajar ya mak... Sukses lombanya mak Lid :)

    ReplyDelete
  3. huwa, seru ya sampai bisa gambar peta sendiri, good luck ya mak

    ReplyDelete
  4. Story house kayaknya bagus...mirip bed time story saya ama bo et obi :), tapi dgn buku, tidak dengan gadget :)..sukses kontes nya mak

    ReplyDelete
  5. Beruntung sekali, ya, Mak, anak zaman sekarang. Dari kecil sudah diperkenalkan dengan teknologi.

    ReplyDelete
  6. Wah keren, Mak, ulasannya. Itu tendanya lucu banget. Jadi pengen bawa Ubii ke situ biar main StimuLearn bareng Alvin deh ^_^

    Mampir ke tempat Ubii juga nyok, tante Lidya ^_^
    http://gimmegaiety.blogspot.com/2014/08/stimulearn-rumah-cerita-asah-kemampuan.html

    ReplyDelete
  7. semakin.......................gitu deh ^_^

    ReplyDelete
  8. Aplikasinya bagus banget ya mbak. Mupeng banget, sayang aku nggak punya Apple punyanya nanas

    ReplyDelete
  9. pascal pinterrr gambar ^^ diarahin mak

    ReplyDelete
  10. Komplit dan lengkappppp.... Jadi dapat pencerahan drh aku. Nyoba ah aplikasinya

    ReplyDelete
  11. Cakeeep, lengkap ada permainan aplikatif di dunia nyata nya. Gut lak mbak Lidya ;)

    ReplyDelete
  12. mak aku cari app nya di play store kok ngak nemu yaa, keyword nya apaan yaa mak?

    Keren yaa games2 nya, mau deh belajar buat jadi ibu muda :D

    ReplyDelete
  13. kemping g harus ke gunung ya mbk,di teraspun jadi hehe...sukses lombanya ya :)

    ReplyDelete
  14. lengkap banget aplikasinya ya mbak. Saya telat gak bisa ikut....sukses dengan lombanya mbak

    ReplyDelete
  15. Wah ... kali ini postingannya panjang ya MBak ...
    Semoga sukses di Kontes ini ...

    salam saya Mbak LIdya
    (22/8 : 21)

    ReplyDelete
  16. keren ya mbak gamesnya, mau nyoba jg ah :D

    ReplyDelete
  17. nice artikel,,,sangat bermanfaat untuk ibu bapak yang memiliki anak usia balita....selamat berlomba ya,,,semoga menjadi yang terbaik....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  18. Bisa merekam suara juga aplikasi ini, mba? Apik yooo. . .

    Sukses ngontese yaaa. . .
    Moga menang! :D

    ReplyDelete
  19. Alvin lucu banget :) sukses ngontesnya ya mak...

    ReplyDelete
  20. success kontes nya mbak. di video nya. lebih girang ibu nya dari anak nya. heheh

    ReplyDelete
  21. semoga sukses kontesnya mbakk,
    mampir diblog q juga ya mbak, ada info kontes seo terbaru mbak :D

    ReplyDelete
  22. Wah mantab nih artikelnya. Semoga sukses ya..

    ReplyDelete
  23. Wah asyik ya. Good luck kontesnya, Mbak.

    ReplyDelete
  24. Keren banget nih, mbak.. sayang, aku ga bisa donlot :(

    ReplyDelete
  25. Wuihh..keren ya app-nya, gadget memang bermanfaat kalo digunakan dg cerdas berarti ya Teh..

    ReplyDelete
  26. Aplikasi bagus banget ya mbak. Thanks infonya dan semoga sukses yaa

    ReplyDelete
  27. Seru juga, kayanya kapan-kapan boleh dicoba buat murid-muridku :)

    ReplyDelete
  28. Mbaaak... ini cocoknya untuk anak samapai usia berapa ya...

    ReplyDelete
  29. Keren nih aplikasinya..
    Sangat bermanfaat sepertinya..
    Tapi, mungkin sudah tidak cocok buat anak-anak saya yang berumur 9 dan 10 tahun ya Mbak..

    ReplyDelete
  30. aplikasi bermanfaat ini buat anak-anak,
    sukses kontesnya mbak Lid,

    ReplyDelete
  31. Komplit tulisannya. Semoga menang ya mak lid :)

    ReplyDelete
  32. sukses mupeng sama gamesnya, tapi cuma bisa manyun *derita gak pake ios :D*

    ReplyDelete
  33. Permainan yang menunjang daya rangsa dan mendidik yang terarah, akan menghasilkan sebuah keluarga cerdas dn cekatan ya Mba. Mantap nih lombanya. Sukses ya Mba.

    Salam

    ReplyDelete
  34. thanks sharingnya, jadi pengen coba aplikasinya

    ReplyDelete
  35. Keren ihh aplikasinya. Di android ada ga si mak?
    Sukses ya ngontesnya ;)

    ReplyDelete
  36. keren banget praktek langsungnya di rumah itu :D

    ReplyDelete
  37. Wah mbak Lidya... aku save yak postingannya.. hihihi.. walo gak bisa donlot appstore tapi bnyk jalan ke roma.. hehehe :P

    ReplyDelete
  38. wah, bagus and menaik nih aplikasinya.. :D

    ReplyDelete
  39. waha... sepertinya aplikasinya sangat bermanfaat nih kaka ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...