badge

Monday, September 7, 2015

Cara Membuat Silky Puding

Sejak mencicipi Silky Puding merk Puyo di Mal, Aa suka banget, tapi mamanya yang gak suka hehehe. Maklumlah menurut saya harganya terhitung agak mahal ya untuk ukuran segitu. Ceritanya saya mau coba-coba buat silky puding sendiri nih, buat pengiritan (irit atau pelit ya hehehe).

Niatnya sih sudah beberapa hari bahkan minggu lalu, tapi prakteknya baru kemarin nih. Penyakit malasnya sedang datang gak ketolongan deh pokoknya. Udah beli salah satu bahannya, eh lupa terus beli bahan yang lain. Sebetulnya bahannya juga mudah didapat kok tanpa perlu beli di mini market atau supermarket. Di warung sebelah juga ada kalau niat sih ya.

Karena sudah di tagih terus sama anak-anak, jadilah  sebelum magrib saya membuatnya. Punya stok dua buah nutrijel, anak-anak yang memilih rasa yang mana dulu yang mau di buat sillky puding. Sebelumnya yuk kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Bahan-bahan :
  • Satu bungkus nutrijell rasanya sembarang aja semua juga enak kok :).
  • Susu kental manis atau susu UHT kira-kira 700ml.
  • Tepung meijena 1-2 sendok tujuannya agar tidak menggumpal saat bahan dicampur dan diaduk.
  • Gula putih kira-kira 5 sendok makan atau sesuai selera.
  • Air 1,5 liter jika menggunakan susu kental manis, Jika menggunakan UHT bisa di kurangi tapi saya tidak.
  • Pewarna makanan (optional)

  • Masukan nutrijell, maijena dan air aduk rata hingga tidak menggumpal.
  • Masak pada api kecil saja sambil terus di aduk-aduk.
  • Tuangkan susu kental manis sambil terus di aduk.
  • Masukkan gula putih.
  • Aduk hingga mendidih.
  • Berhubung warnanya pucat jadilah saya tambahkan sedikit pewarna makanan agar terlihat lebih bagus.
  • Masukan puding pada cetakan. 

Saya masukkan puding yang sudah matang ke dalam Drinking Jar cerita seperti di resto gitu biar keren hehehe. Tunggu hingga silky puding tidak panas dan masukkan kedalam lemari es. Tidak harus menunggu lama pudingnya langsung habis dimakan anak-anak.


Oh ya percobaan pertama saya menggunakan susu kental manis dan air 1000 ml tapi ternyata kurang encer menurut anak-anak. Berarti lain kali airnya di tambah lagi. Tapi percobaan kedua menggunakan susu UHT dan air 1000ml sudah cukup lembut pudingnya. Kedua rasanya juga sama-sama enak kok, tergantung selera mau pakai susu kental manis atau susu UHT.

50 comments:

  1. enak nih mbak...aku dari dulu pengen gelas yg model begitu mbak...apik ya :)

    ReplyDelete
  2. Wah mau coba ah kapan-kapan. Makasih Mbak Lid! :)

    ReplyDelete
  3. Menggiurkan sepertinya mbak...bisa dicoba nih nanti

    ReplyDelete
  4. huaaaa.. kayanya gampang kalo lihat resepmu mbak. Kayany bisa deh (kalo aku ngga males)

    ReplyDelete
  5. Mantaap..bisa bikin sendiri silky puding ala resto.. Lumayan ya Mba bisa pengiritan dan gak bikin kantong jebol..

    ReplyDelete
  6. wah asik ada resep yang bisa dicontek nih

    ReplyDelete
  7. sehat malah mak kalo bikin sendiri, semua bahan kan kita yang nakar sendiri.. eh btw kapan atuh aku diundang nyobain silk pudingnya ahahaayy

    ReplyDelete
  8. Huwaaaa..kebetulan saya habis beli drinking jar.. nanti cobain deh..tinggal beli bahan utama nih^^

    ReplyDelete
  9. gelasnya keren dan silky pudding kelihatan enak
    nyontk ah resepnya

    ReplyDelete
  10. Ibu cerdas nih Mak bukan pelit alias pengiritan. Hihihi...lagian kalau kita buat sendiri kan lebih tahu kebersihan dan bagua tidaknya bahan yg kita gunakan. Wkwkwkwk

    Makasih utk sharing resepnya ya Mak.

    ReplyDelete
  11. mari kita cobaaa...kayaknya enaaak hehehe

    ReplyDelete
  12. kapan-kapam cobain, ah. Daripada beli melulu :D

    ReplyDelete
  13. Kenapa harus sesuatu yang membuat perut ini teriak dan iler ini terjun? . Sebel kalo udah ketemu blog yang bikin ngiler. Kan jadi pengen ngerasain buuuu

    ReplyDelete
  14. Belum pernah ngerasain silky puding. Disini gak ada yang jual sepertinya. Ntar coba resepnya ah mbak, tapi kapan yaa :D

    ReplyDelete
  15. belum pernah coba, jadi kepengeen niiihh.. maauu doong Mbak :D

    ReplyDelete
  16. Sepertinya mudah untuk dicoba nih resep. Kapan-kapan dipraktekkin ah...

    ReplyDelete
  17. aaak... pengen nyoba bikin juga buat akhtar. makasihbresepnya mak :)

    ReplyDelete
  18. kayaknya simple dan mudah ya mbak Lid... Insya Allah kapan-kapan dicoba... :)

    ReplyDelete
  19. Waah, bikin ngiler nih :)
    Mau deh coba kapan2, kalo nggak malas mbak, hahaha

    ReplyDelete
  20. tertarik liat bonekanya
    dapat dari kokgituya yaaaaaa :)

    ReplyDelete
  21. wuih, mbak Lidya aktif di dunia blog plus aktif memasak juga ya kereeeeeeeeen ^^

    ReplyDelete
  22. Mau cobaa ahhh, saya blm pernah nyoba puyoooo mbaa, penisirin heheuu

    ReplyDelete
  23. Kirain di bagian terakhir bakal ada kata UNDANGAN untuk mencicipi hasilnya :)

    ReplyDelete
  24. Saya belum pernah membikin puding, kalau serve nutrijell sering, patut dicoba resepnya.

    ReplyDelete
  25. Barutau fungsi maizena. Tapi itu bunganya melet :D

    ReplyDelete
  26. Coba ah nanti, dari kemarin mau makan puding yang enak kebetulan ada resep di sini. Ijin comot mba

    ReplyDelete
  27. senang ya mbak kalo bisa bikin makanan kesukaan anak2 sendiri
    jadi ga perlu banyak jajan :D

    ReplyDelete
  28. wah itu bonekanya pingin puding juga tuh hihihi. Kapan2 nyobain ah resepnya.

    ReplyDelete
  29. dan puding sedap bergizi tersaji bagi Cal-Vin

    ReplyDelete
  30. Pengen nyoba, tapi malas masak :D
    Hehehehe

    ReplyDelete
  31. pingin nyoba kapan-kapan karena si kunyil gak doyan nutrijell.. tapi kalo diginiin moga-moga aja suka...

    ReplyDelete
  32. Asyiik, saya mau coba juga aah. Anak-anak seneng tuh jajan beginian. Kalau bisa bikin sendiri kan hemaaat :)

    ReplyDelete
  33. gelasnya keren,,,
    sebenernya hampir sama kaya pding biasa ya,,cuma ditambahin maizena,,
    nanti aku wa yaa japri tanya2,,

    ReplyDelete
  34. Aku punya gelasnya, tapi belum pernah bikin resepnya :P

    ReplyDelete
  35. saya juga suka bikin ini, tapi hanya pakai skm, tanpa gula. manisnya dari skm. mayan lah, mayan irit. hehehe

    ReplyDelete
  36. seger banget nih mbak. cocok deh untuk musim penghujan yang panas ini

    ReplyDelete
  37. cocok nih, saya lagi nyari resep ini. Thanks mak

    ReplyDelete
  38. Belum sempat bikinin Hana...huhu...besok2 mau ah coba bikinin. Thanks resepnya ya, Jeng :)

    ReplyDelete
  39. ternyata mba Fitri ini selain jago ngeblog, jago masak juga...harus berguru banyak nih ama mba Fitri :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...