badge

Thursday, January 21, 2016

Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Dengan Morinaga MI PlayPlan


Aku bisa...aku pasti bisa...ku harus terus berusaha
Bila ku gagal itu tak mengapa...setidaknya ku tlah mencoba

Saya langsung teringat penggalan lirik lagu "Aku Bisa" yang dijadikan theme song Morinaga ketika menerima ToolBox dan Chil School Platinum MoriCare+ 19 Desember 2015 lalu. Isinya terdiri dari 2 Box Susu Chil School MoriCare+ rasa Vanila berukuran 800 g dan aneka perlengkapan untuk pembuatan DIY MI PlayPlan.

Tiap anak itu memiliki keunikan sendiri, Alvin yang sudah lancar membaca walaupun usianya belum menginjak 6 tahun masih perlu bimbingan dan stimulasi yang banyak agar siap menghadapi masa depan. Sejak kecil Alvin memang suka sekali dengan buku, dari sekedar melihat gambar hingga kini sudah bisa membaca sendiri.






Sebagai orang tua saya harus mempersiapkan bekal fisik yang sehat dan kecerdasan intelektual, emosi dan spiritual. Untuk itulah Morinaga mempersembahkan MoriCare+ Prodiges yang merupakan sinergi antara nutrisi dan stimulasi. Inovasi MoriCare+ Prodiges yang lebih dari sekedar nutrisi atau beyond nutrition.




Sudah tahu dong PT KALBE Farma, Tbk sebagai perusahaan farmasi terkemuka yang terus meningkatkan kinerjanya, salah satunya mendekatkan diri pada konsumen dengan memperkenalkan KALBE Nutritionals pada tahun 2007. Aktif mengembangkan produk nutrisi karena hidup adalah anugrah yang harus dijaga. Dengan mempersembahkan rangkaian produk nutrisi terbaik bagi konsumen.

KALBE Nutritional mempunyai misi We provide wellness to million menghadirkan layanan terbaik bagi pelanggannya melalui KALBE Customer Care 0800-140-2000 (bebas pulsa), lanayan pesan antar KALBE Home Delivery 5008800 dan layanan pesan online KALBE e-store (www.kalbestore.com)




Peran Nutrisi

Sabagai orang tua saya juga ingin ikut memberikan perisai untuk tumbuh kembang anak-anak untuk menatap cakrawala masa depan. Menurut DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RSUD Dr. Soetomo / FK Unair Surabaya, Perisai pelindung terdiri dari tiga sisi yang menjadi satu kesatuan saling menguatkan :
  • Sisi pertama adalah struktur dan sirkuit otak yang terbentuk dengan sehat dan kuat.
  • Sisi kedua terbentuk dari sistem kekebalan tubuh yang mampu melindungi anak dari paparan negatif sekitar.
  • Sisi ketiga terbentuk dari bangunan fisik tubuh yang mampu tumbuh sesuai tahapan usia.

Pemberian makanan yang sesuai untuk si kecil sangatlah penting ditambah dengan susu chil school untuk menambah kekurangan nutrisi pada tubuhnya. Pascal dan Alvin mengkonsumsi chil school MoriCare+ 4 rasa vanila.





Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (MI PlayPlan)

Selain nutrisi, peran stimulasi juga sangat penting untuk tumbuh kembang anak-anak agar menjadi Generasi Platinum yang Multi Talenta. Setiap anak itu unik untuk itulah sebagai orang tua harus bisa mengembangkan potensi anak dengan mengenali kecerdasannya sejak dini untuk membantu pengembangan karakter dan rasa percaya dirinya. MoriCare+ Prodiges menghadirkan pemahaman mengenai konsep Kecerdasan Majemuk(Multiple Inteligence), teori yang diperkenalkan oleh Dr. Howard Gardner, pakar psikologi dari Hardvard yang mengakui ada kecerdasan lain yang dimiliki si kecil sehingga setiap anak pasti cerdas.

MoriCare+ Prodiges  memperkenalkan modul digital Multiple Intelligence PlayPlan atau MI PlayPlan www.morinagamiplayplan.com.

Menurut Helly Oktaviana, Business Unit Head Nutrition for Kids, Kalbe Nutritional mengharapkan bisa membantu bunda dalam mengenali kecerdasan si kecil dan memberikan stimulasi yang tepat. Terdiri dari 8 tipe kecerdasan yaitu :
  • Kecerdasan Musikal
  • Kecerdasan Intrapersonal
  • Kecerdasan interpersonal
  • Kecerdasan Naturalis
  • Keerdasan Visua Spasial
  • Kecerdasan Linguistik
  • Kecerdasan Logika Matematik
  • Kecerdasan Kinestetik

Experience  mencoba MI PlayPlan

Modul MI PlayPlan dibuat sabagai alat untuk merencanakan dan menstimulasi kecerdasan majemuk supaya anak-anak bisa mengembangkan potensi secara maksimal. 

Untuk menggunakan modul MI PlayPlan ini kita diharuskan untuk melakukan registrasi data bunda atau ayah sebelum bisa masuk ke modul. Berikut langkah-langkah mudah untuk menggunakan MI PlayPlan.



Ada 4 Menu yang bisa kita gunakan pada modul MI PlayPlan

  1. Alat Identifikasi MI . Kita mengisi daftar pertanyaan yang ada untuk mengetahui hasilnya. Berdasarkan hasil jawaban yang sudah saya isi, akan terlihat kecerdasan yang menonjol. Untuk Alvin hasilnya  dengan urutan teratas adalah kecerdasan Lingustik yaitu kecerdasan yang menekankan kemampuan menggunakan kata-kata dan bahasa dalam kegiatan berbicara, membaca, dan menulis.
  2. Rencana Bermain MI. Pada menu ini pilihlan aktivitas harian yang akan dilakuan bersama di kecil  berdasarkan Ide Bermain MI yang mencakup 8 kecerdasan majemuk atau Area Cetak MI.
  3. Ide Bermain MI. Dari masing-masing kecerdasan kita bisa memilih permainan apa sesuai dengan umur si kecil.
  4. Area Cetak MI sangat berguna sekali jika kita tidak mempunyai keahlian menggambar karena bisa langsung mencetak.


Hasil kreasi games DIY MI PlayPlan dari MI Play Ideas

Saya sudah mencoba ke-8 Kecerdasan Majemuk yang ada pada MI Play Ideas. MI PlayPlan sangat membantu saya untuk memberikan stimulasi yang sesuai untuk Alvin. Kadang saya tidak ada ide untuk membuat permainan apa yang bisa menstimulai kecerdasannya. Dari modul ini saya bisa menghasilkan banyak DIY bersama anak-anak.

Ada 39 Permainan yang berhasil kami kerjakan

Dalam waktu satu bulan ini saya dan anak-anak sudah melakuan berbagai  aktifitas harian bersarkan Ide Bermain MI PlayPlan. Anak-anak sangat antusias sekali dalam melakukan proses pembuatan masing-masing DIY.

Berikut hasil kreasi Games DIY MI PlayPlan berdasarkan 8 kecerdasan majemuk.

Kecerdasan Interpersonal


  • Membuat Kartu Ucapan
  • Telepon kaleng
  • Membuat lampu lalu lintas
Kecerdasan Interpersonal adalah kecerdasan dalam berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain. Di sini kemampuan dalam menulis kartu ucapan untuk orang lain. Dan membuat lampu lalu lintas menunjukkan bahwa mereka bisa. Juga mengembangkan kemampuan berbicara dengan orang lain.


Kecerdasan Intrapersonal


  • Belajar berbagi
  • Papan kegiatan
  • Menara gelas
Kecerdasan Intrapersonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Si kecil bisa menunjukkan kemampuannya dalam menyusun menara gelas, membuat Alvin percaya diri karena mampu melalui tantagan. Melalui papan kegiatan dia harus bisa belajar memanage waktu dengan baik. Serta menyisihkan sebagian dari uangnya untuk berbagi terhadap sesama.

Kecerdasan Kinestetik

  • Seimbangkan lompatanmu
  • Menempel dan mengelompokkan buah
  • Membuat Ikan dari Kardus
  • Mengikat Tali Sepatu
  • Domba berbulu
Kecerdasan Kinestetik adalah keahlian menggunakan anggota tubuh. Dalam melompat, mengikat tali sepatu dan menempelkan ikan serta kapas pada domba si kecil belajar bagaimana melompat dengan baik hingga tujuan tercapai. Begitu pula dengan kemampuan belajar mengikat tali sepatu yang dibutuhkan kesabaran yaitu koordinasi gerakan tangan.

Kecerdasan Linguistik

  • Pohon Abjad
  • Jurnal Alam-ku
  • Membuat Lukisan Hujan
  • Membuat Pesawat Terbang Karton
  • Membuat Pom Bensin
  • Menggulung Huruf
  • Telur Dinosaurus
  • H Untuk Hewan
  • Telepon Kaleng
  • Gelang Domba
  • Mengecap huruf besar dan kecil
Kecerdasan Lingusitik adalah kecerdasan dalam berbicara, membaca maupun menulis. Di sini Alvin sudah mahir dalam permainan yang berhubungan dengan lingustik. PR saya adalah untuk terus memberikan buku bacaan bermanfaat agar ilmu yang didapat lebih banyak dan berkembang lagi.

Kecerdasan Logika Matematika

  • Mengenal Siklus Hujan
  • Melangkah Sesuai Dadu
  • Bermain Es (Menyelamatkan mainan mobil yang Terperangkap Es)
  • Bermain bentuk (stik es krim)
  • Beri makan penguin
  • Pohon Angka
  • ulat-ulat angka
  • Monster pemilah warna
Kecerdasan Logika Matematika adalah  kecerdasan untuk memahami kondisi/ situasi menggunakan penalaran analisa sintesa. Alvin bisa memilih warna dengan baik dan bisa menganalisa satu warna dengan warna yang lain harus dimasukkan pada kotak yang mana. 



Kecerdasan Musikal


  • Drum...drum...drum
  • Membuat Gitar Kardus
  • Membuat Marakas 
Kecerdasan Musikal adalah kecerdasan Si Kecil dalam memahami musik, baik dengan menyanyi atau memainkan alat musik. Alvin sudah bisa memukul drum dengan nada yang dia inginkan. Begitu juga saat berpura-pura bernyanyi sambil memainkan gitar buatan kami.

Kecerdasan Naturalis



  • Memindahkan Air
  • Matahari dan Bulan
  • Bowling Binatang
Kecerdasan Naturalin adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang dijumpai di alam maupun lingkungan. Memahami arti siang dan malam melalui permaianan matahari dan bulan.

Kecerdasan Visual Spasial



  • Pasir Garam Berwarna
  • Meronce
  • Mengenal Bentuk:  Lompat Geometri
  • Kereta Gandeng
Kecerdasan Visual Spasial adalah kecerdasan dalam bentuk kemampuan untuk memahami arah, ruang, dan  bentuk akhir dari suatu benda. 



Kita Generasi Platinum, Anak Indonesia Multi Talenta. Meraih impian, menggapai cita-cita. Kita Generasi Platinum, pemimpin dunia. Bersama Morinaga, Aku Pasti Bisa.



Saya juga membuat postingan terpisah di blog CalVin (singkatan nama Pascal dan Alvin), beberapa aktivitas dari MI PlayPlan yang sudah kami lakukan. Bisa di lihat di calvin.nugroho.me pada label MIPlayPlan

Semoga dari Ide Bermain yang dipersembahkan oleh MI PlayPlan ini anak-anak bisa menjadi Generasi Platinum.

42 comments:

  1. Alvin...kapankapan main bareng Adek Sedja yaa ^_^

    ReplyDelete
  2. Waaah seru banget ya alat bermainnya. Kepoin Morinaga ah. Chila pasti suka.

    ReplyDelete
  3. Pada setiap anak yg hebat terdapat ibu yang luar biasa. Lidya kreatif anaknya cerdas. Klop.

    ReplyDelete
  4. Keren banget ya mak lid. Itu paketannya dijual atau hadiah kalo beli susunya ya?

    ReplyDelete
  5. Waah makasiih lho bunda, sudah berbagi, disimpan di aplikasi android lagi. aku mau download

    ReplyDelete
  6. Ternyata banyaaak ya ide bermain, aku juga mau coba deh ke Mamas dan kakam

    ReplyDelete
  7. Mak, kalo aku pingin dapet toolboxnya jg gmn caranya ya. beli dimana?

    ReplyDelete
  8. Kreatif sekali.. Dan ada aplikasinya jugaaa lagi :). Mantap mbaaa :)

    ReplyDelete
  9. wa..seru bgt mi playplan sm itu aplikasiny jugaaa...mau coba semua ah..biar abin kece kyk kakak :v

    ReplyDelete
  10. Keren banget mbak Lidya. Seneng kalo punya anak suka baca, biasanya gak susak utk belajar.

    ReplyDelete
  11. Keren mbak Lidya, permainannya banyak, kreatif dan masing-masing punya tujuan untuk tumbuh kembang anak. Bermain sambil belajar ya mbak :)

    Saya punya keponakan masih kecil, coba deh dipraktekkan buat keponakan saya :)

    ReplyDelete
  12. Seruu bikin mainan sendiri bareng anak yaa mak Lid :)

    ReplyDelete
  13. Nggak ragu kalau Alvin cerdas, lha wong Mama nya aja kreatif sangat

    ReplyDelete
  14. mbak lidya kreatif anaknya cerdas-cerdas

    ReplyDelete
  15. Ini yg sambil mkn keripik singkong yah mba hehee, oh ada di playstore jugaaa.. Kayanya pascal sm alvin cowo2 kalem yah ^^

    ReplyDelete
  16. tERNyata kecerdasan itu banyak macem & jenisnya

    ReplyDelete
  17. Jadi banyak ide bikin permainan seru nih. Mba lidya selalu all out kalo bikin postingan, good luck ya mba :)

    ReplyDelete
  18. bikin kakak Pascal dan adik Alvin kompak terus y

    ReplyDelete
  19. waah banyak nih kreatifitasnya teh.. MI PLayPlan emang membantu banget ya bikin kita punya aktivitas seru sama anak..

    ReplyDelete
  20. Kyk aku bakalan butuh itu deh. Kadang buntu ide mau main apa sm Aisya

    ReplyDelete
  21. Wah...morinaga ternyata banyak ya alat peraga permainannya.. Para orangtua tinggal mengarahkan anak2nya main sehat nih..agar kecerdasannya main meningkat melalui berbagai permainan yang dimainkan ya Mba..

    ReplyDelete
  22. Setiap anak sudah dibekali kecerdasan sejak lahir, tinggal bagaimana orangtua dan lingkungannya yang membentuk mereka. Kalau orangtuanya aktif memberi stimulasi positive tentu anak-anaknya akan tumbuh juga dengan kecerdasan mereka. Siip lah mb Lia..

    ReplyDelete
  23. Seru yah, banyak alat peraga edukatif yang bisa menjadi bahan permainan dengan anak

    ReplyDelete
  24. Asyik ya, banyak banget mainannya...
    Stiap hari bisa gonta ganti mainan

    ReplyDelete
  25. Banyak bgt y permainan dr morinaga

    ReplyDelete
  26. total banget ni....bekal buat intan beranjak gedhe ah..makasih mbak lia udah share aplikasinya

    ReplyDelete
  27. Jika anak sehat insha Allah akan bisa belajar dengan baik
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  28. Mainannya ready semuakah Jeng. Selamat bermain Cal-Vin

    ReplyDelete
  29. Salam kenal yaa dd alvin dari kakak muty... hehe
    Alvin kereen...
    Ada benih kecerdasan yg akan mendukungnya menatap cakrawala

    Bunda lidya juga sesuatu^^..
    Baca tulisan bunda saya jd pengen nikah dan punya anak.. hhi

    ReplyDelete
  30. Variatif bnaget ya tutorial permainannya, alvin jadi betah donh ya mak main ditemani morinaga sama bundanya

    ReplyDelete
  31. sejak lepas ASIX Fayda minumnya morinaga. Yg saya rasain, badannya Fayda tahan banting, gak mudah sakit

    ReplyDelete
  32. kecerdasan macem-macem ya..mak..setiap anak..beda kecerdasannya..jadi gak bisa bilang anak "bodoh"..

    ReplyDelete
  33. Mbak Lidya super kreatif, kerreeenn banget.. bermain sambil belajar itu seru banget yah Mbak :)

    ReplyDelete
  34. Banyak ternyata permainan dari morinaga. Jadi Stiap hari bisa ganti mainan terus

    ReplyDelete
  35. Untuk mendukung anak cerdas, diperlukan ibu yang tangkas dan kreatif ya, keren Mak Lid.

    ReplyDelete
  36. waaah, ini masuk jadi pemenangnya ya, mba..selamat ya. keren ulasannya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...