badge

Tuesday, March 22, 2016

Museum Kepresidenan Republik Indonesia


Jas Merah, Jangan Sekali-sekali Meninggalkan Sejarah - Soekarno

Salah satu quote yang tertulis di ruangan Soekarno pada Museum Kepresidenan Republik Indonesia -balai Kirti. Dan ada quote-quote lain dari Presiden Indoneisa.


Museum Kepresidenan Republik Indonesia - Balai Kirti. Museum yang terletak di komplek Istana Kepresidenan Bogor ini resmikan pada 28 Oktober 2014 lalu oleh Presiden saat itu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Gagasan didirikan museum ini juga atas prakarsa beliau.

Senang sekali pada hari Rabu, 16 Maret 2016 lalu saya berkesempatan berkunjung ke museum yang memamerkan barang-barang berharga warisan dari presiden-presiden Indonesia. Saya dan teman-teman dari Kementerian Pariwisata melakukan kunjungan setelah selesai mengadakan acara tentang Standarisasi Penyediaan Informasi Pariwisata. 

Museum juga bisa dijadikan tempat wisata, selain melihat bukti sejarah juga mengenang apa yang sudah terjadi di masa-masa kita belum lahir.


Lokasi Museum

Komplek Istana Kepresidenan Bogor
Jl. Ir H. Juanda No. 1 
Bogor 16000
Telp. 0251-7561701
email : museumkepresidenanindonesia@gmail.com

Letaknya terbilang mudah, dekat dengan Kebun Raya Bogor. Berkunjung ke sini bisa sekalian mampir ke Kebun Raya dan museum  Etnobotani Bogorienses yang letaknya ada di seberang Istana Kepresidenan. Asyik bukan, satu lokasi bisa 3 tempat yang bisa kita kunjungi.

Museum yang dibangun diatas tanah seluas 3.211,6 m2 ini melibatkan tenaga ahli dari berbagai bidang yaitu arsitektur, sejarawan, museolog, Ahli IT, desainer, dan Seniman.

Waktu Berkunjung

Seperti museum dan tempat wisata bersejarah lainnya, kebanyakan yang libur pada hari senin untuk melaukan proses pembersihan. Catat ya waktunya supaya tidak salah

Hari Selasa - Jum'at buka pukul 09.00 s.d 15.00 WIB
Hari Sabtu - Minggu buka pukul 09.00 s.d 13.00 WIB
Hari Senin dan Libur Nasional tutup

Syarat dan Ketentuan Berkunjung

Museum ini dibuka untuk umum tapi untuk berkunjung ke Museum Kepresidenan Republik Indonesia saat ini tidak bisa langsung datang ke lokasi. Kita harus mengajukan permohonan terlebih dahulu  paling tidak 1 minggu sebelumnya. 

Untuk permohonan berkunjung bisa melalui kontak di bawah ini dengan mencantumkan nama , nomor kontak serta penanggung jawab. Juga menyertaman nama peserta yang akan berkunjung ke museum.

Email : museumkepresidenanindonesia@gmail.com
Facebook : Balai Kirti
Instagram : @balaikirti
Twitter     : @balaikirti
Telepon : 0251 - 7561701

Tata Tertib Pengunjung

Berbeda dengan museum lainnya, museum ini mempunyai tata tertib sendiri. Sama halnya ketika kita diundang ke istana kira-kira. 
Berpakaian sopan dan rapi tidak menggunakan kaos. Untuk pria harus menggunakan celana pajang dan  bersepatu, sedangkan untuk wanita menggunakan baju berlengan. Jika menggunakan rok atau gaun harus dibawah lutut dan bersepatu.

Datang tepat waktu dan harus sesuai dengan surat permohonan ya. Penasaran ada apa saja di dalamnya yuk ikuti pengalaman saya berkunjung kesana.

Masuk ke lokasi museum dengan design kaca tidak berasa seperti sedang berada di museum. Museum kepresidenan ini mempunyai lambang seperti tanda jasa untuk presiden berwarna merah. Di dalamnya merupakan saksi sejarah dari 6 presiden terdahulu yang sudah memimpin Indonesia.




Sebelum masuk ke museum kami harus melewati metal detektor terlebih dahulu, dan semua tas harus dititipkan. Di luar museum terdapat batu yang bertuliskan quote dari Pak SBY yaitu Setiap Presiden ingin berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negaranya.

Masuk ke dalam museum kita akan menemui beberapa replika seperti replika pancasila, proklamasi yang diapit oleh patung burung garuda. Hayoooo masih pada hafal kan text Pancasila dan Proklamasi? kalau gak hafal ayo dihafalkan lagi :).


Ada pula replika Undang-undang dasar 45 dan lain-lain. Kayanya harus di explore sendiri deh kalau berkunjung kesana.

Oh ya di atas saya sudah menampilkan patung 6 orang Presiden kita. Pengunjung bisa berfoto mengikuti presiden favoritenya masing-masing. Atau bisa berfoto dengan keenam Presiden.

Di Museum ini ada 6 ruangan khusus yang menampilkan barang-barang pribadi Presiden. Tetapi di sini kami dilarang mengambil gambar atau video. Kalau di luar ruangan itu sih bebas kok mengambil gambar. Di ruangan itu kita bisa mengingat masa lalu saat sedang dipimpin oleh masing-masing Presiden. Setiap ruangan yang diberi nama sesuai Presiden selalu ada quote dan menampilkan semua koleksi pribadinya.

Mau bergaya seolah sedang membaca Sumpah Presiden atau berpidato di istana? ada replikanya juga loh lengkap beserta podiumnya.



Perpustakaan Kepresidenan

Yang paling saya suka saat masuk ke perpustakaan, saat ini sih belum dibuka untuk umum. Mungkin ke depannya akan dibuka. Oh ya selama kami berkunjung ke museum ini dipandu oleh guide museum. Guidenya baru ada lima orang yang berasal dari lulusan sejarah di universitas negeri seperti UI. 



Masing-masing presiden mempunyai lorong tersendiri yang dilengkapi dengan rak-rak berisi buku mengenai beliau. Di settiap lorong juga disediakan karpet, jadi kami bisa asyik membaca sambil duduk lesehan. Tidak hanya itu, disediakan juga sofa-sofa empuk supaya kami betah membaca di perpustakaan.

Rasanya waktu yang singkat tidak cukup untuk membaca buku-buku menarik tentang kepresidenan di sana, Semoga saya bisa kembali lagi mengunjungi Museum Kepresidenan Republik Indonesia.


50 comments:

  1. Ada to... Museum Kepresidenan tuh. Baru tahu X_X

    ReplyDelete
  2. Dulu waktu saya kuliah di Bogor
    sepertinya museum ini belum ada ...
    ah sekali-sekali ingin juga melongok kesana

    salam saya mbak

    ReplyDelete
  3. Bagus nih buat belajar sejarah ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bgt, jadi tahu sejarah Kepresidenan

      Delete
  4. Belum pernah ke sini mbak, perpusnya bagus ya

    ReplyDelete
  5. Hi Jeng.. Pa kabar..? SEmoga sehat sentosa selalu.. :)

    Sejauh ini Presiden favoriteku masih Soekarno, belum ganti. Kalau suatu saat bisa kesana, aku ingin baca-baca buku tentang beliau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak dewi apa kabar? Kemana aja nih

      Delete
  6. Wah beruntungnya dirimu Mba. Jadi, kalau mau masuk ke sana harus reservasi dulu ya. Kalau begitu wajib prepare ya mba. Makasih infonya ya mba Lyd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya menurut info kenalin disana gitu, Hrs bikin janji dulu

      Delete
  7. Waaah, kalo saya ke sana kayaknya ingin berlama-lama di perpustakaannya itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama pak, perpustakaannya bikin nyaman

      Delete
  8. wah boleh nih mba dimasukin ke list berkunjung di Jakarta. Lumayan buat menambah wawasan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walau lokasinya di bogor tapi bisa dikunjungi kl hari ati libur

      Delete
  9. Makasih infonya. Aku catat buat destinasi yang akan aku kunjungi selanjutnya jika berlibur ke Jakarta lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yul di catat. Aku ingin juga mau kesana lagi sama anak2

      Delete
  10. Wah.. Seru sekali.. Sayang masuknya harus bikin janji semingu sebelumnya ya.. Penasaran dengan isi di dalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya peraturannya begitu, ga susah kok bikin janjinya

      Delete
  11. kenapa ibue nggak narsis di depan ke 6 patung presiden itu atuh sih?
    tahun lalu saya malah ngawas renovasi istana setiap hari melewati gedung Kirti dan melewati Pos Paspamres dengan segala protokolernya...masuk ke gedung garuda dan bisa foto di kaca 1000 nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya narsis juga kok pak, tapi malu mau dipajang di blog hehehe

      Delete
  12. Baru tau aku kalo ada museum kepresidenan ada perpustakaannya pula. Seruu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ini masih baru banget jadi belum banyak yang tahu

      Delete
  13. Aku beberapa kali ke istana Bogor, tapi belum sempat masuk ke museum kepresidenan ini mba, kudu disempetin nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. deket nih mbak pastinya dari rumah ya, mampir lah kesana

      Delete
  14. Kapan-kapan aku kepengin ke sana lagi. Baca-baca serius. Kemarin cuma sebentar,jadi nggak sempat baca betulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yuk kesana lagi, nunggu perpustakaannya dibuka untuk umum

      Delete
  15. catet ah..mbak..
    ada lagi nggak ya kunjungan rame2 begini, jadi pengen banget ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini kesukaan bunda monda ya ke museum. aku lagi ikutin jejaknay bunda nih mau ngenalin museum ke anak2

      Delete
  16. Replies
    1. iya mbak masih baru nih, akujuga pertama kali ke sana

      Delete
  17. Wah jadi pengin wisata ke Istana-istana kepresidenan nich.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  18. Perpustakaannya nyaman kelihatannya, pasti betah kalo sudah di sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyaman banget mbak ada sofa, karpet, kursi2 gitu

      Delete
  19. semoga suatu saat saya bisa jalan-jalan ke museum kepresidenan ini, amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, aku juga mau mampir lagi nanti bawa anak-anak

      Delete
  20. Kayaknya harus dicoba wisata museum bawa adik-adik sambil belajar juga :)

    ReplyDelete
  21. foto pas baca buku itu asyik euy
    gaya abis
    wkwkwkkwkw

    btw baru tahu ada museum presiden, kalo ke bogor mau mampir ah :)

    ReplyDelete
  22. Ajak Faiz ke sana ach, untuk lebih mengenal tentang kepresidenan dan negara Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa regitrasi dulu ya kalau mau ke sana

      Delete
  23. Duuh,,,jadi malu! Saya yang di Bogor belum pernah liat :)

    ReplyDelete
  24. meski baru, tapi akuh banyak kenangna di sana..haha

    ReplyDelete
  25. Kirain cara berkunjungnya dipermudah ternyata tetap kayak berkunjung ke istana

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...