Belajar Python Menyenangkan Buat Anak Dengan ASUS VivoBook 14-A416

"Mama enak banget sih udah pernah ke kantor Google dua kali, aku aja belum pernah." Kata anak-anak waktu tahu saya baru pulang dari kantor Google di Jakarta tahun lalu. Lalu saya bilang, mereka nanti ke kantor pusat Google aja di California. Mereka pun mengiyakan, katanya mau belajar coding dulu supaya bisa kerja di Google nanti. Saya pun mengamini doa dan obrolan mereka.

ASUS VivoBook 4-A416



Sebenarnya obrolan mengenai belajar coding seperti ini gak terjadi baru-baru ini saja. Dulu waktu mereka masih balita, suka gaya-gayaan ambil laptop mainan sambil bilang "Aku mau coding dulu ya!" Mungkin karena sering melihat kami terutama suami yang memang pekerjaan sehari- harinya membuat coding sebagai Developer, jadi buat mereka sudah gak asing lagi.

Akhirnya setelah mereka agak besar, kami pun mengajarkan aneka coding visual seperti Scratch, Code Monster, dan BuildBox misalnya. Pikir saya kan karena masih anak-anak jadi diajarkan bahasa pemrograman visual saja tinggal tempel atau menyusun blocks dan memasukkan logika serta alur algoritma-nya.

Awalnya sih mereka senang mempelajarinya, tapi lama-lama maunya seperti bapak katanya banyak kode-kode di layar dan membuat program dari awal.

Saya percaya bahwa nama itu adalah sebuah doa, makanya kami memberikan nama pada kedua jagoan dengan nama bahasa pemrograman dan ilmuwan. Mudah-mudahan mereka bisa seperti itu dan bermanfaat bagi sekitar.


Mengenalkan Pemrograman Python Pada Anak


Kata suami, kalau mau belajar bahasa pemrograman pakai Python aja karena lebih mudah dipahami dengan sintaksis sederhana mirip Bahasa Inggris. Selain itu, Python bisa dijalankan di berbagai sistem operasi dan gratis. Saya juga malah dikasih tahu kalau ada buku serta ebook Python for Kids, jadi memang direkomendasikan buat anak juga ya.

Python merupakan bahasa pemrograman komputer yang berbasis teks atau sintaks yang dibuat oleh Guido van Rossum dan dikenal sejak tahun 1991. Bahasanya cenderung mudah dipelajari dan populer di dunia serta dipakai di segala bidang seperti game, web, mesin pencari dan lainya. Google, NASA, Pixar dan perusahaan teknologi terkenal lainnya juga menggunakan bahasa pemrograman ini.




Belum lama ini heboh dengan drakor StartUp, anak-anak juga sempat menanyakan bahasa pemrograman yang digunakan oleh Nam Do-San salah satu tokoh yang berprofesi sebagai developer di drakor tersebut. Dalam serial itu mereka menggunakan Python, jadi pas sekali untuk mengajarkan bahasa pemrograman Python pada mereka terutama buat Alvin si bungsu. Kalau Pascal si sulung biasanya dia selalu belajar otodidak dan bertanya saat ada kesulitan aja.

Mungkin banyak yang menganggap bahwa coding itu susah, gak usahlah anak-anak diajarkan bahasa pemrograman dulu. Tapi itu semua kembali pada anaknya masing-masing asalkan tidak memaksakan diri saja. Dunia anak adalah dunia bermain, kalau mereka menyukai dan menganggapnya coding itu belajar sambil bermain gak masalah. 

Di masa Pembelajaran Jarak Jauh semua serba digital bagi anak-anak di rumah, coding dan membuat gambar digital adalah refreshing buat mereka. Bisa dilihat betapa senangnya perasaan mereka ketika menuliskan kode dan berhasil di-compile.

Persiapan Belajar Python


Oh ya, berhubung kami bisa mengajarkan sendiri pada anak-anak bahasa pemrograman ini, jadi gak perlu kursus di luar apalagi kondisi pandemi seperti saat ini. Tapi buat teman-teman yang berniat belajar, ada kok tempat kursus belajar Python khusus untuk anak-anak.

Selanjutnya untuk mempelajari bahasa pemrograman Python ada beberapa hal yang harus kita siapkan sebelum menulis kode-kode.


💗 Installer Python

Installer Python ini adalah sebagai interpreter untuk menerjemahkan bahasa Python ke bahasa mesin supaya program bisa dijalankan.

Jika menggunakan sistem operasi Linux atau Mac OS installer Python biasanya sudah terinstall di dalamnya. Sedangkan untuk sistem operasi Windows kita harus menginstalnya terlebih dahulu di situs resminya. Tenang aja gak dikenakan biaya kok alias gratis. 

💗 Teks Editor 

Teks editor merupakan program yang digunakan untuk menulis kode-kode yang ada pada pemrograman Python. Kita bisa menggunakan berbagai teks editor gratis atau berbayar seperti Visual Code, Atom, Sublime Text atau PyCharm. Kalau saya lebih suka menggunakan Sublime Text, sedangkan suami mengajarkan anak-anak pakai Visual Code. 


💗 Device 

Device di sini adalah alat untuk belajar  Python itu sendiri yaitu laptop atau komputer. Untuk belajar awal ada spesifikasi minimal komputer atau laptop yang harus dimiliki supaya pembelajaran bisa dilakukan dengan maksimal. Misalnya rekomendasi RAM minimal 2GB serta menggunakan prosesor tertentu seperti Intel i3 minimalnya. Begitu pula dengan resolusi layar minimal 1024 x 768. 

Kendala Yang Harus Diatasi Dalam Belajar


Namanya juga anak-anak ada kalanya mereka gak semangat dalam belajar, sebagai orang tua harus terus memotivasinya. Bukan hanya dalam pembelajaran daring saja tapi termasuk dalam belajar programming. Ada beberapa kendala yang biasa dialami ketika anak belajar coding yaitu terjadi error atau kode tidak jalan saat di-compile atau dijalankan.

Kendala lain yang sering terjadi selama anak-anak menjalani Belajar Dari Rumah (BDR) atau School From Home (SFH) adalah terbatasnya device yang dimiliki. Mereka harus bergantian dengan saudaranya yang lain atau dengan orang tua yang juga menggunakan laptop untuk bekerja di jam yang sama. Lagi semangat-semangatnya belajar, eh laptopnya harus dipakai oleh kakaknya misalnya.



PJJ dan Belajar Coding Dengan ASUS Vivobook 14 A416


Makanya perlu banget menambah laptop dengan spesifikasi mumpuni, bisa mengakomodir kebutuhan sekolah mereka termasuk belajar coding untuk pemula tapi harganya terjangkau untuk digunakan pelajar. Gak mungkin pakai laptop bergantian karena kesibukan pekerjaan kami masing-masing.

Belum lama ini ASUS baru saja mengeluarkan seri Vivobook 14 yang cocok digunakan untuk semua kalangan baik siswa yang belajar online maupun pekerja work from home namun juga tetap ringkas dan mumpuni dibawa bekerja ke kantor maupun sekolah nantinya.

Menurut Jimmy Lin saat peluncuran seri terbaru ASUS ini mengatakan bahwa ASUS sebagai produsen laptop terdepan di Indonesia selalu menghadirkan perangkat dengan kualitas tinggi untuk penggunaannya mendapatkan pengalaman penggunaan terbaik.


Yuk Mengenal Lebih Dekat Dengan ASUS VivoBook 14 A416!



ASUS VivoBook 14 A416 ini mempunyai tagline Easy Portability, Effortless Productivity yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dasar pelajar dan pekerja. 

Supaya lebih afdol yuk,  kita bahas apa saja yang ada pada ASUS VivoBook 14 A416, laptop dengan harga terjangkau untuk pengguna umum. 


📌 Tampilan Simple dan Ringkas


Zaman modern seperti sekarang banyak orang yang mobilitasnya tinggi dan membutuhkan laptop dengan bodi yang ringkas dan ringan. Meskipun WFH atau SFH laptop modern seperti ini tetap dibutuhkan, sehingga mudah dibawa dan dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain. Siapa tau aja bosan belajar di kamar, bisa pindah ke teras atau taman di rumah.



ASUS VivoBook 14 (A416) mempunyai ukuran layar luas sebesar 14 inci namun body-nya ringkas dan ringan. Beratnya saja hanya 1.6 kilogram dan ketebalan 19.9 mm. Hal tersebut karena adanya teknologi NanoEdge Display yaitu teknologi yang membuat bezel layar tampil menjadi sangat tipis serta didukung oleh screen-to-body ratio sampai 82%. Untuk charger-nya pun kecil jadi mudah disimpan di tas dan tidak membutuhkan ruang yang besar.

Sedangkan untuk layarnya memiliki resolusi hingga Full HD sehingga nyaman untuk melihat konten multimedia apalagi juga sudah dilengkapi dengan lapisan anti-glare atau anti silau serta mempunyai sudut pandang hingga 178 derajat. Lapisan anti-glare di sini fungsinya agar gambar tidak memantul dan lebih jelas ketika layar terkena paparan sinar matahari.

Untuk warnanya sendiri ada dua pilihan warna yaitu transparent Silver dan Slate Grey. Menurut saya keduanya bagus dan terkesan elegan.


📌 Fitur Ergonomis dan Praktis


ASUS VivoBook 14 (A416) mempunyai keyboard full-size dan dilengkapi backlit keyboard yaitu fitur lampu yang ada pada keyboard sehingga kita bisa tetap beraktivitas meskipun dalam kondisi gelap sekalipun. Selain itu, keyboard-nya pun didesain ergonomis dan kokoh dengan key travel 1.4 mm sehingga kita dapat mengetik dengan nyaman.




Di beberapa seri VivoBook 14 (A416) sudah mempunyai fitur fingerprint sensor bawaan pada touchpad-nya dan Windows Hello yang membuat kita gak perlu lagi mengetik password. Oh ya pada touchpad juga memiliki NumberPad untuk memudahkan kita mengetikan angka-angka.

Di masa pandemi seperti saat ini, banyak hal dilakukan secara online baik meeting maupun maupun belajar daring menggunakan video call misalnya. Pada ASUS VivoBook 14 ini juga sudah memiliki kamera dan mikrofon sehingga kita bisa melakukan conference dengan nyaman.


📌 Pre-Install Microsoft Office


Hari gini masih pakai pakai software bajakan gak banget dong. Kalau pakai VivoBook 14 (A416) kita gak perlu lagi membeli software office karena sudah included di dalamnya tanpa biaya tambahan dan bisa melakukan update. Bayangkan kita bisa menghemat sekitar 2 jutaan untuk microsoft office, lho.

Buat kamu pelajar atau pekerja pastinya butuh dong menggunakan Microsofr Word, Excel, dan Power Point? Nah, di VivoBook 14 (A416) ini bisa langsung pakai saja, gak perlu beli dan install terlebih dahulu. 


📌 Didukung Fitur Mobilitas Modern 


Sebagai laptop modern, VivoBook 14 (A416) dilengkapi dengan serangkaian fitur konektivitas yang memadai. Portnya ada banyak terbagi di sisi bagian kiri dan kanan untuk memenuhi kebutuhan konektivitas sehari-hari sehingga kita dapat menghubungkan semua periferal, layar, serta proyektor dengan mudah. 



Semua kebutuhan port sudah disediakan pada laptop ASUS VivoBook 14 (A416) yang terbagi di sisi kanan dan kiri laptop yang terdiri dari micro SD Reader, Combo jack Audio,  2 micro USB 3.2 gen 1 tipe A, Port I/O tipe C gen 1, HDMI, dan MicroSB 3.2 gen 1 tipe A.

Sedangkan untuk konektivitas nirkabel sudah dibekali dengan Wifi 5 (802.11ac) dan Bluetooth 4.1.

📌  Dukungan Hardware

ASUS VivoBook 14 A416 sudah didukung oleh prosesor Intel Core generasi ke-10 up to Core™ i5 sehingga bisa diandalkan untuk membantu pekerjaan dasar maupun pelajar lebih cepat dan efisien. 

Buat kamu yang menggunakan laptop ini untuk menjalankan aplikasi grafis seperti aplikasi photo editing sampai game kasual sudah dilengkapi dengan grafis diskrit NVIDIA® MX330.

Untuk ruang penyimpanannya ASUS VivoBook 14 (A416) hadir dengan konfigurasi yang beragam yang bisa memberikan keunggulan kinerja data yang cepat dengan kapasitas penyimpanan besar. Untuk ASUS VivoBook 14 (A416) ini menggunakan memori DDR4 sudah standar sebagai laptop modern. Tapi jangan khawatir kalau kamu membutuhkan kapasitas memori lebih dapat di-upgrade sampai 12GB. Nah, untuk penyimpanannya mempunyai dua jenis yaitu 2.5 SATA dan N.2 PCIe.

Untuk kapasitas baterai ASUS VivoBook 14 (A416) 37 WH lithium-polymer dengan ketahanan baterai 8 jam, jadi cukup lah untuk melakukan school from home atau work from home. Untuk mengisi daya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari 10% sampai 100 %. Sementara itu untuk mengisi baterai dari 10% ke 50% hanya butuh waktu 30 menit saja.


📌 Software MyASUS Sebagai Pusat Control


Pada VivoBook 14 (A416) ada software bernama MyASUS, yaitu sebuah aplikasi bawaan dari ASUS sebagai pusat kontrol laptop. Dari aplikasi ini kita bisa memantau laptop serta melakukan troubleshooting sekaligus. Gak, hanya itu, dengan MyASUS juga kita bisa mencari tahu masalah apa yang sedang terjadi pada laptop dan memperbaikinya secara otomatis.

di MyASUS juga dilengkapi Link to MySUS yaitu fitur untuk menghubungkan smartphone dengan laptop. Di sini kita bisa melihat notifikasi dari smartphone pada layar laptop atau melakukan panggilan telepon dari laptop, asyik ya.

Untuk berbagi file antar laptop dan smartphone juga bisa dilakukan secara cepat dan instan lewat fitur Link to MyASUS.

📌 Spesifikasi Lengkap ASUS VivoBook 4 A416


Spesifikasi

VivoBook 14 (A416)

CPU

Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)

Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)

Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)

Sistem Operasi

Windows 10

Memori

4GB DDR4 RAM

Storage

1TB 5400 rpm SATA HDD

256GB PCIe® Gen3 x2 SSD

512GB PCIe® Gen3 x2 SSD

1TB HDD + 256GB SSD

Layar

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) IPS Anti-Glare

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare

14.0" (16:9) LED backlit HD (1366x768) Anti-Glare

Grafik

NVIDIA GeForce MX350 (optional)

Intel UHD Graphics

Input/Output

1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, Micro SD card reader

Kamera

VGA Web Camera

Konektivitas

Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1

Audio

SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone

Baterai

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Dimensi

32.54 x 21.60 x 1.99 ~ 1.99 cm

Berat

1,6 Kg

Warna

Transparent Silver, Slate Grey

Harga

Rp4.799.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)

Rp4.899.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 256GB PCIe SSD)

Rp6.699.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)

Rp7.099.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 512GB PCIe SSD)

Rp7.499.000 (Core i3 / GeForce MX330 / 4GB / 256GB PCIe SSD)

Rp10.099.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 512GB PCIe SSD)

Rp10.799.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 1TB HDD + 256GB PCIe SSD)

Garansi

2 tahun garansi global



Kesimpulan


ASUS VivoBook 4 (416) cocok untuk mereka yang melakukan pembelajaran jarak jauh atau belajar daring maupun work from home. Berikut ini keunggulannya :
  • Laptop entry level tapi modern dan bisa memenuhi kebutuhan dasar.
  • Dengan budget minim dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari 4 juta hingga 10 juta rupiah.
  • Sudah pre-install Office.
  • Memiliki bodi tipis dan ringan sehingga enak untuk dibawa kemana-mana.
  • Mempunyai port yang banyak sesuai dengan kebutuhan mobilitas penggunanya.
  • Cocok untuk belajar online dan pemrograman awal.



Dari kesimpulan tersebut, para orang tua yang membutuhkan laptop untuk school from home atau work from home dengan budget ringan namun bisa memenuhi kebutuhan dasar, pilih ASUS VivoBook 14 (A416) sudah mumpuni. Kegiatan belajar online anak-anak di rumah gak terganggu lagi deh kalau begini karena harus bergantian laptop dengan saudaranya dan orang tua saat kerja.



Referensi :
https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-Laptop-14-X415JP/Features/
codebuddy.co.id/
https://www.niagahoster.co.id/blog/belajar-python/
https://bootup.ai/blog/beberapa-hal-yang-harus-anda-ketahui-saat-belajar-python/
https://www.youtube.com/watch?v=sMJGyYSk96M
GwiGwi youtube






Post a Comment

33 Comments

  1. Mupeng banget sama VivoBook seri ini, bisa dipakai sekeluarga dong. Mantab!

    ReplyDelete
  2. WAH HEBAT Masih kecil tapi Alvin dah antusias belajar koding-kodingan. Saya sendiri mah baru-baru ini tertarik belajar koding, tapi malah tiba-tiba mengalihkan interest ke UI/UX desain. Yaudah deh belajar sekalian jadi Fullstack aja.

    Bisa-bisa Alvin berbakat jadi programmer karena udah diajarin dari kecil. Dan soal laptop yg dipake, ASUS VivoBook 14 (1416) memang cocok bener untuk jadi laptop buat koding. Tipis, tapi performanya mantap bener, bisa koding dimana aja, ga seperti temenku yang ngoding tapi paksa orangtuanya beli laptop gaming seberat 2.5kg. Ampun bawanya kemana-mana

    Semoga Alvin bisa kerja di Silicon Valley nanti ya wkwk, btw salam kenal mbak

    ReplyDelete
  3. Aku langsung pilih Asus Vivobook ini mbak. Pertama karena warnanya, cocok buat aku. Anakku juga bisa pakai untuk melengkapi tugas sekolah PJJ nya.

    Beneran nih, nge charge cukup cepat loh. Aku aja sampai kaget, soalnya laptopku yg lama, nge charge gak penuh penuh,

    ReplyDelete
  4. ASUS VivoBook ini cocok ya buat anak-anak yg belajar daring, harganya juga gak terlalu mahal.
    Alvin keren,masih SD udah belajar Phython. Aku aja gak ngerti haha, dulu waktu kuliah bahasa pemrogramannya masih pakai Pascal dan C.

    ReplyDelete
  5. Keren nih si kakak. Pelajaran dan pemahaman terkait gadget game dan aplikasi udah mumpuni saja... Sehat selalu ya. Percaya deh pasti kalau kakak berprestasi, ayah ibu bakal membeli laptop ini sebagai pemberiannya. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Ahhh, aku padamuu Alviin, nanti ate ajariin yaa. Anak2 jaman now emang yaa kreatif apalagi didukung sama leppy yang mumpunikek Asus Vivobook ini, makin tambah semangat.
    Apalagi dari segi harga terjangkau banget.

    ReplyDelete
  7. ASUS VivoBook 14-A416 ini tipis banget yaaa, ccocok sih buat yg mobile dan sering bawa laptop kemana mana nih, jad pengen jugaaa, nabung dulu aaah ehehehe

    ReplyDelete
  8. Wahh keren banget udh belajar coding... ehtapi mbak aku jg berencana mengenalkan coding ke anak nanti kalo sdh agak besar, siapa tau dia minat dan bisa diasah kesana krn kan jaman makin berkembang teknologi juga makin maju. Mupeng jg sama Asus bisa dipake bgt kerja dan belajar 🙂

    ReplyDelete
  9. Naksir banget ingin punya laptop selengkap ini dan kece. Selain itu ukurannya juga praktis dan nggak berat. Anak pasti suka. Boleh pinjam dulu? Hhahaa

    ReplyDelete
  10. Keren ya Alvin udah main Python. Moga aja bisa jadi programmer ya pas besar, apalagi belajarnya didukung VivoBook 14 ini yang mumpuni dan keren desainnya. Buat PJJ juga asyik banget. Top deh, Kak, ikutan mupeng!

    ReplyDelete
  11. Mantep banget, kaka... belajar coding.
    Apa suaminya kak Lia orang IT?
    Soalnya bagi yang gak punya basic keilmuan ke sana, berasa banget tantangan memahami bahasa coding.

    Belum lagi harus didukung gadget yang mumpuni, hehehe..
    Kaya ASUS VivoBook 14-A416 yang ciamik.

    ReplyDelete
  12. Wuih canggih banget deh ini anaknya Teh Lidia. Belajar Phyton. Bgus banget deh di masa di rumah terus kayak sekarang belajar ilmu yang gak hanya pelajaran sekolah aja ya. Dan pastinya, untuk itu perlu gadget mumpuni yang akomodatif. ASUS-VivoBook-14-A416 ini bisa dandalkan.

    ReplyDelete
  13. wah, lidya anaknya udah do ajarin phyton. aku malah ga ngerti sama sekali. hehe....itulah hebatnya punya emak yg jago IT.

    btw, Asus Vivobook 14 (A416) bikin mupeng banget.

    ReplyDelete
  14. Agustus lalu aku baru saja beli laptop ASUS E402Y untuk PJJ, Mbak, eh ini ada yang kece lagi.

    Scratch, keren nih anak-anak, aku ngutek itu benar-benar melatih kesabaran. Padahal tinggal pasang sana-sini, nambah ini dan itu, ya. Hihihi. Butuh ketelatenan.

    ReplyDelete
  15. Kalau lihat harga dan spesifikasinya, laptop Vivobook ini memang cocok untuk BDR atau PJJ ya, Mbak. Eh buat ngeblog emak juga cocok nih. Hihi jadi mupeng :D

    Btw kak Pascal dan Alvin luar biasa.. seperti ayah bundanya tentunya :)

    ReplyDelete
  16. kereeeen banget nih Alvin.. oke sekali nih programmer cilik kita. Sukses teruuuus

    ReplyDelete
  17. Seneng banget belajar pemprograman dengan laptop yang mempuni. btw asus seri ini memang ciamik

    ReplyDelete
  18. Aku itu kalo liat produk yang pertama di baca adalah harga kemudian specnya..dan Asus masih terjangkau dengan Spec yang mumpuni..aku mauuuuu

    ReplyDelete
  19. Ini anak-anaknya Mbak Lia keren sekali ya. Saya saja tidak tahu soal coding ini. Tahunya nulis saja hehehe. Tapi laptop ASUS ini memang keren sekali ya, Mbak. Multifungsi juga. Bisa saya pakai, sekaligus anak-anak juga bisa pakai. beragam pilihan lagi, dan mulai 4 juga. Jadi langsung intip celengen nih, Mbak hehehe.

    ReplyDelete
  20. Makin naksir sama laptop ini. Paling nggak mesti siapin 5 juta ya berarti (ya kan abis belanja laptop mlipir bentar ke tempat makan :D). Memang lagi nyari laptop yang tangguh tapi harganya terjangkau.

    ReplyDelete
  21. Harganya terjangkau tapi speknya udah wow banget. Cocok buat anak anak yang sekolah sama emak emak macam aku. Ah jadi mupeng banget..

    ReplyDelete
  22. Berarti multifungsi ya Asus Vivobook 14 ini, selain untuk PJJ bisa mendukung hobi baru misalnya coding. Fitur2nya juga premium ya untuk harga segitu, ini mah aku aja mauk ah, naksiir :D

    ReplyDelete
  23. Anak saya yang kecil juga udah belajar coding. Tapi masih versi yang sederhana aja, menyatukan gambar dan membuat kotak dialog. Hasilnya kayak komik gitu.

    ReplyDelete
  24. Waah hebat banget yaa adeknya, masih kecil sudah bisa belajar Phyton. Pinter banget nih. Semoga besarnya nanti jadi ahlinya dan beneran bisa ke kantor pusat Google ya.

    ReplyDelete
  25. Wah, klo si kecil mulai seneng belajar coding harus segera difasilitasi nih. Biar belajarnya semakin semangat dan gak rebutan laptop lagi. Semoga menang mbak

    ReplyDelete
  26. Anakku pernah belajar coding walau yang simple dan hanya sebentar aja. Lebih mantab emang belaja rcodin engan laptop yang mumpuni ya mbak. Btw aku makin pingin laptop ini euy.... huhuhu

    ReplyDelete
  27. Emang selama PJJ ini terasa banget butuh device tambahan. Saya sendiri kalau pas anak-anak jadwal PJJ udah gak bisa ngapa-ngapain karena semua gawai mereka pakai. Sempat kepikiran mau beliin laptop tapi maju-mundur soal spek dan harga. Eee, gak taunya ASUS punya yang oke banget buat nak-kanak.

    ReplyDelete
  28. Mba vivo ini emang keren banget ya, pengen satu aja nih buat dirumah, btw, txs infonya anak saya juga pengen belajar phyton, tapi emak bpk ga ngerti nih hihi

    ReplyDelete
  29. Spec nya emang bagus banget yah, desainnya juga bikin mupeng, ah ku jadi ingin ganti laptop deh.

    ReplyDelete
  30. Nah kan keren sangat
    Aku jadi minder sendiri sama tulisanku wkwkwkw
    Nanti Alvin ajarin Python juga ya ke Salfa kalau pas nanti kodparan entah kapan

    ReplyDelete
  31. mbak lid nih emang inspiratif bangeeeettt. sedari kecil anak anaknya idah diajarin coding loh super keceeee.. buat coding emang butuh laptop kece kaya asus vivobook ini ya mbaaa

    ReplyDelete
  32. wah sama dengan saya, lagi belajar Python juga. Kalau anak saya sekarang juga diajari koding, hanya saya gak paham karena model drag drop begitu. Kemarin juga ada pelajaran AI sederhana. Anak-anak sekarang memang harus diberikan laptop ya, supaya mereka makin produktif dan kreatif.

    ReplyDelete
  33. Keren banget kecil-kecil mainannya udah koding-kodingan. Laptop yang spek tinggi kaya Asus ini tapi harga terjangkau kayaknya susah dicari deh. Warnanya juga cakep-cakep, aku jadi pengen punya satu.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya