Yuk Ciptakan Resolusi Sehat Untuk Keluarga!

Dua pilihan di pagi hari untuk melanjutkan mimpi, atau bangun tidur untuk mewujudkan mimpi - Anonim

Tiap orang punya impian masing-masing yang berbeda yang biasa ditetapkan tiap tahun baik di awal tahun atau pun kapan saja untuk meraih mimpi. Kami punya resolusi sehat yang mulai dijalankan bareng keluarga supaya bisa hidup lebih sehat dan meningkatkan produktivitas. 

Salah satu tempat yang sering kami datangi tiap pagi untuk olahraga bersama keluara

Menghirup segarnya udara pagi hari jelang mentari muncul sambil berolahraga mulai rutin saya lakukan bersama keluarga paling tidak 3 kali dalam satu minggu.

Kenapa sih resolusi hidup sehat ngajak-ngajak keluarga, gak bisa sendiri aja gitu? Karena saya gak mau hanya bisa merasakan manfaatnya sendiri, lebih baik keluarga juga ikut serta.


Resolusi hidup sehat


Untuk menjalani resolusi sehat di tahun baru ini gak mudah, pastinya banyak godaan yang membuat kita kadang menjadi malas dan mengabaikan jadwal yang sudah ditetapkan. Makanya resolusi ini dibuat bersama keluarga supaya bisa saling memotivasi jika salah satu mulai kendor semangatnya.

Alasan pingin punya resolusi sehat 2021 pastinya agar bisa tetap sehat apalagi di masa pandemi seperti saat ini yang masih belum tahu sampai kapan. Perasaan parno tiap saat selalu saya rasakan di awal kehidupan baru ini. Berdiam diri di rumah dan melakukan semua aktivitas di rumah membuat gaya hidup SEDENTARI sangat dekat dengan kami.

Kegiatan SEDENTARI adalah kegiatan yang mengacu pada segala jenis aktivitas yang dilakukan di luar waktu tidur dengan karakteristis keluaran kalori sangat sedikit. Jika tidak dibatasi dan diatasi berisiko munculnya obesitas dan penyakit lain - P2PTM Kemenkes

Bayangkan saja aja mulai dari bangun tidur, bekerja atau belajar dilakukan tanpa banyak bergerak. Duduk dan rebahan adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan. Belum lagi konsumsi makanan utama dan camilan yang berlebih makin melar lah tubuh.

Untuk mengatasi gaya hidup yang kurang sehat ini makanya kami menerapkan beberapa resolusi sehat. Namanya juga mencegah dan berusaha bukan?

๐Ÿ’– Pilih Olahraga Yang Fun

Sebetulnya saya ini malas olahraga ke luar rumah, kecuali berenang itu pun dilakukan pagi-pagi banget supaya gak terlalu panas. Kalau pun olahraga cuma sepeda statis di dalam rumah aja. Tapi semenjak pandemi sudah hampir satu tahun saya gak pernah berenang lagi.




Olahraga untuk diri sendiri saya pilih yoga dan sepeda saja yang penting gerak dan dilakukan dengan senang. Kalau sama keluarga kami punya jadwal rutin untuk olahraga jalan & jogging di pagi hari jelang matahari terbit selama 3 kali dalam satu minggu. 

Kalau olahraga lari sudah rutin dilakukan oleh suami, tapi buat saya dan anak-anak yang belum terbiasa harus dilakukan bertahap. Kami menggunakan C25K (Couch to 5K) yaitu aplikasi aplikasi seluler untuk merencanakan pelatihan secara bertahap supaya bisa lari sejauh 5 kilometer yang dilakukan selama 9 minggu. 

Gak lama kok melakukan aktivitas ini cuma 30 menit aja tapi kalori yang dikeluarkan cukup sekitar 250 kalori. Oh ya pada latihan ini dilakukan secara bertahap mulai jalan kaki hingga lari yang diawali 1 menit lalu ditingkatkan waktunya. 

Dalam melakukan aktivitas fisik yang rutin dan bertahap kita juga harus memperhatikan 4 hal penting yaitu BBBT (Baik, Benar, Terukur, dan Teratur). Dan aktivitas ini juga sesuai dengan kampanye yang dikeluarkan oleh WHO yaitu Global Action Plan for Physical Activity yaitu pentingnya olahraga bagi kesehatan minimal 30 menit setiap hari.

Baca juga : 


๐Ÿ’– Meningkatkan Kualitas Tidur


Jujur aja saya suka tidur larut malam sekitar jam 12 atau dini hari, tapi gak pernah sampai begadang sih dari dulu. Pola tidur seperti ini gak baik siapa pun juga tahu.

Memiliki kualitas tidur yang baik itu penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental serta meningkatkan fungsi otak sehingga bisa bekerja dan belajar lebih baik esok harinya.

Bukannya gak mau tidur cepat, tapi rasanya susah sekali untuk memejamkan mata ini. Efeknya esok hari mudah mengantuk dan terasa lemas.

Nah, sejak rutin olahraga saya jadi gampang sekali tidur di malam hari, gak pakai lama langsung terlelap dan tidur pun lebih nyenyak. Katanya sih karena peredaran darah juga menjadi lancar dan mood menjadi lebih baik sehingga bisa tidur lebih baik lagi. Hal tersebut karena pada saat olahraga tubuh mengeluarkan hormon kortisol atau stres yang bisa membuat tubuh gak ngantuk. Begitu pula saat bangun subuh gak merasa capek dan malas bangun. Anak-anak pun jadi terbiasa tidur di awal, kecuali buat si sulung yang meminta waktu lebih lama sedikit kalau ada tugas.

Selain berolahraga kami juga membuat suasana ruangan yang nyaman dengan mematikan lampu dan memasang aroma terapi serta  menjauhkan gadget sebelum tidur. Sekarang saya bisa bodo amat kalau mendengar bunyi notifikasi hp kalau sudah masuk jam tidur. 

Baca juga : Tips Tidur Lebih Nyenyak

๐Ÿ’– Menerapkan Pola Makan Sehat


Ini nih yang masih jadi PR buat kami, karena pola makan sehatnya masih belum sempurna. Walaupun saya gak suka ngemil tapi masih sering makan goreng-gorengan. Pelan-pelan mulai memperbaiki pola makan yang sehat.


Melakukan General Check Up


Beruntungnya orang yang bisa melakukan general check-up secara rutin atas fasilitas tempat kerjanya. Penting sekali mengetahui kondisi kesehatan sejak dini. Gak ada satu orang pun yang mau sakit tapi setidaknya bisa mendeteksi penyakit secara awal melalui general check-up. Kayanya saya harus menjadwalkan hal penting ini juga deh. Kalau dari dokter sih menyarankan rutin dilakukan satu tahun sekali.

Bicara soal general check-up, saat ini banyak lho yang melakukan traveling sambil melakukan cek kesehatan. Layanan wisata kesehatan di Malaysia juga mulai marak dikunjungi orang Indonesia saat ini, karena negara ini menempati peringkat pertama dalam hal layanan kesehatan kelas dunia dan didukung oleh infrastruktur canggih.

๐Ÿ’– Malaysia Healthcare Travel Council


Buat kamu yang ingin wisata kesehatan bisa memilih Malaysia Healthcare Travel Council. Selain lokasinya yang dekat dengan Indonesia, kita juga bisa menjelajahi alam serta tempat wisata yang menarik di Malaysia seperti di Sarawak, Kuala Lumpur, Penang dan lainnya sambil memeriksakan kesehatan dengan fasilitas yang berkualitas serta harga terjangkau.

Resolusi hidup sehat



Di Malaysia Healthcare memiliki teknologi medis dan praktisi kesehatan berpengalaman sehingga dapat memberikan layanan yang berkualitas. Pada microsite https://medicaltourismmalaysia.id/ kita bisa mendapatkan informasi lengkap seputar pelayanan kesehatan di Malaysia termasuk list Rumah Sakit.


๐Ÿ’– Ikut Campaign #NewYearNewMe Dapatkan Hadiahnya

Untuk menyambut tahun baru ini, Malaysia Health Travel Council mengadakan campaign #NewYearNewMe dengan tujuan mengingatkan kita apa yang telah terjadi setahun belakang dan menetapkan tujuan baru untuk bisa dicapai di tahun yang baru ini.

Seperti yang saya bilang di awal tiap orang punya tujuan atau resolusi yang berbeda, yuk kita wujudkan!

Cara mengikuti campaign ini gampang kok, begini caranya :
  • Follow dulu akun IG @medtourismmy.id
  • Gunakan filter IG "New Year New Me" di IGS lalu share dan jangan lupa di Highlight.
  • Tag 3 teman buat ikutan pakai filter serta campaign
  • Tulis caption tentang harapan kamu di tahun baru ini, bikin yang kreatif ya supaya bisa menangin hadiahnya.

Seru juga lho ikutan share filter di Instagram Story, saya sudah mencobanya. Cara mainnya gampang tinggal memiringkan kepala untuk memilih satu dari dua pilihan jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Nantinya kita akan muncul dua kepribadian, apakah kita termasuk survival atau the warm homebody beserta penjelasannya.




Ikutan yuk dan dapatkan hadiahnya berupa E-voucher OVO Rp500.000 untuk 5 orang pemenang. Catat ya batas waktu aktivitas ini cuma sampai tanggal 30 Januari 2021 aja, jangan sampai ketinggalan ya!

Di tahun 2021 ini berusaha untuk menciptakan resolusi sehat untuk keluarga sambil tetap berdoa pandemi segera berakhir. Dengan demikian saya bisa menyusuri Kota Melaka sebagai salah satu situs warisan dunia yang diakui UNESCO juga. Sekarang menyusuri pinggir waduk dekat rumah aja dulu olahraganya, Insya Allah lain waktu bisa menyusuri pinggir sungai di Melaka, Aamiin.

Post a Comment

25 Comments

  1. Baik, Benar, Terukur, dan Teratur. Susah juga ya kalau menuruti BBTT ini. Apalagi bagi saya yang gaya hidupnya lebih banyak SEDENTARI ini.

    Tiap baca tulisan teman yang membagikan gaya hidup sehat yang dijalani, saya jadi semangat pengen meniru. Belum juga seminggu, udah balik lagi ke gaya hidup lama

    ReplyDelete
  2. Teratur.. nah itu tuh mba yg agak ekstra. Ditambah lagi masi ada anak kecik hihi. Sukanya olah raga keluar tapi semenjak pandemik harus workout2 tipis drmh eh tapi abis itu makan jajhaaan ๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
  3. Whoaaa aku mauuu ikutan activity di IG, ahh
    Nyenengin banget nih, jadi makin semangat untuk jalankan gaya hidup sehat di thn 2021 ini ya mba
    Semangaattt!

    ReplyDelete
  4. Wuiihh ASiik nih, kalo gowes sampe menyusuri pinggir Sungai Melaka , mendoakan nihh. YAng utamanya moga sehat selalu yaa. Btw resolusi sehatnya emang oke banget, huhuu aku masih suka tidur dinihari nih, tapi 3 tahunan terakhir ini hanya sesekali , ga tiap hari banget.

    ReplyDelete
  5. Baca tulisan Teh Lid aku jadi merasa kayak dicubit Teh hahaha. Yoga tipis blas, jalan pagi lewat, olahraga lari aku setengah hati. Mau rutinin lagi luar biasa malesnya tapi harus dilawan sih. Kerasa nih sakit leher kalau tiap bangun, bikin aktivitas di pagi hari jadi keganggu. Baru redaan udah siangnya. Nah kalau tidur malam aku berusaha cepet tidur sebelum jam 12. Kadang sebelum jam 11 udah merem. Kalau tidur lewat tengah malam aku suka sakit kepala pas bangunnya. Ih malah curhat ya hahaha Intinya menjaga kesehatan itu penting banget apalagi di masa pandemi gini tambahan umur udah kepala 4 ya, Teh

    ReplyDelete
  6. Salut banget sama pola hidup sehatnya Mba Lid n keluarga deh. Yg susah kan konsistensi yaa.
    Udah gitu kompakan lagi sm suami dan anak2 jugaaa...
    Ngiriii akutuuu

    ReplyDelete
  7. Malaysia tuh health tourismnya cakep, ya. Kalau pandmei begini, saya suka kangen sama rumah orang tua. Soalnya di depan rumah tuh taman komplek dan sepi. Enak jadinya kalau mau olahraga sambil berjemur

    ReplyDelete
  8. Setuju banget, nih mba. Resolusi sehat dilakukan bareng keluarga, jadi saling menyemangati saat rasa malas mulai hinggap :)

    ReplyDelete
  9. AKu nih belum pernah traveling ke Malaysia. ASik ya sambil jalan2 bisa sekalian general check up maupun pengobatan lainnya. Orang Indonesia banyak yang berobat di sana. Fasilitas dan tenaga medisnya top. Memang deh menjaga kesehatan sedini mungkin itu wajib ya.

    ReplyDelete
  10. benar sekali mbak, menjakankan pola hidup sehat itu kunci dari hidup bahagia
    klo olah raganya bareng bareng pasti jadi semangat ya mbak
    dan memang kita Juga perlu melakukan general check up secara rutin, biar kondisi kesehatan selalu terpantau

    ReplyDelete
  11. Wah seru mbak program olahraga bersama keluarga, aku olahraga pagi sama anak baru jalan seminggu di lapangan eh sekarang hujan terus pagi-pagi gagal maning...

    ReplyDelete
  12. Hidup sehat itu prioritas ya, pasti semua orang menyetujuinya. Hanya ikhtiar yang dilakukan mungkin berbeda beda

    Contohnya teratur melakukan olah raga, mengkonsumsi makanan yang sehat, tidur yang berkualitas, meskipun tidurnya mungkin tidak cukup waktunya, tapi tidurnya berkualitas itu jauh lebih baik ya, daripada tidur terlalu lama dan jarang bergerak

    makasih banyak Mbak, informasi mengenai Malaysia Heartcare-nya

    ReplyDelete
  13. Pas sampai di bagian ini, note banget:

    " ... memiliki kualitas tidur yang baik itu penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental serta meningkatkan fungsi otak sehingga bisa bekerja dan belajar lebih baik esok harinya"

    Aku termasuk yang tak kuat bergadang, bruakakaka.
    Jam 10 malam sudah mulai 5 watt deh tuh mata.
    Mungkin karena jarang tidur siang dang bangunnya pagi.
    Tubuh sudah minta istirahat.
    Bisa dikatakan jam 09.30pm, sudah mulai deh berjuang melawan kantuk, hihihi.

    Aku termasuk jarang olah raga khusus.
    Tapi di rumah aktivitas semua aku kerjakan mulai di dapur, sumur dan kasur.
    Mungkin itulah kenapa berat badan statis saja sejak kuliah hingga kini.
    Kalau SMA aku termasuk "kutilang".
    Sempat dibully saking kurusnya, bahahaha.

    ReplyDelete
  14. Resolusi sehat di tahun 2021 nampaknya menjadi hal yang utama bagi kita semua. Karena sehat itu penting banget.

    Olah raga yang fun yang saya lakukan biasanya senam dan lari. Ya, itung-itung sambil ngecilin perut, karena pasca melahirkan perut masih semakin di depan. Hahahaha.

    Waah, di Malaysia ada ya, wisata sehat gitu. Malaysia Healthcare juga punya kelengkapan alat kesehatan yang oke. Jaraknya dari kita juga gak terlalu jauh.

    Semakin memudahkan, ya.

    ReplyDelete
  15. Bener banget nih tips-tipsnya. Apalagi disaat pandemi gini, rentan kena penyakit. Seru juga mbak campaignnya, pengen ikutan deh lumayan hadiahnya kalo menang buat jajan. Harus buru-buru nih hari ini terakhir.

    ReplyDelete
  16. wihh serunya.... Pengen juga nih ikutan..etapi kok mefet sekali yak..hahaha... Semoga menang ya mak...

    ReplyDelete
  17. Resolusi sehat tahun ini is a must ya, Mbak Apalagi belum beranjak kita dari pandemi. Tips sehatnya juwaraa ini. Aku kadang masih mood-mood-an, padahal suami dan anak-anak sudah rutin bergerak duh! Jadi jleb baca ini ....

    ReplyDelete
  18. selamat mewujudkan resolusi sehatnya di tahun 2021 ya Liaaa.. semangat terus untuk hidup sehat dan bahagiaaaa

    ReplyDelete
  19. Wah aku baru tau nih tentang malaysia healthcare council iniii, bisa berwisata sambil check in kesehatan ya mak? Keren banget iniiiiii

    ReplyDelete
  20. General check up bener2 pure gak pernah lg aku lakuin sejak pandemi. Heu. Keknya mmg musti fokus olah raga rutin lg krn perut udah rada buncit n mager tingkat tinggi. Makasih tipsnya mbaa

    ReplyDelete
  21. Baru tahu istilah sedentari mbak...memang bahaya ya ini. Sedikit beraktivitas karena mager...hihi...harus disemangati ini, rutin melakukan aktivitas fisik paling tidak 1 jam sehari.

    ReplyDelete
  22. Lihat Mbak Lia posting foto foto bersepeda dan jogging aja aku sudah bahagia karena mba dan keluarga tetap sehat meskipun pandemi seperti ini
    Nanti kita ke Malaysia bareng ya

    ReplyDelete
  23. Mbaaa asik banget itu tempat jogging nya deh bakalan semangat sambil liat pemandangan kayak gitu. Semoga sukses yaa menjalani resolusi sehatnya

    ReplyDelete
  24. untuk general chek up ini sudah lama gak melakukannya. semoga kita semua sehat dan diberikan kesempatan untuk hidup sehat lebih baik lagi

    ReplyDelete
  25. General check up belum membudaya sih di kita, mungkin karena pendapatan masih belum berlebih untuk membayar biaya general check up

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya