Cari Tahu Manfaat Cover Mobil dan Cara Memilihnya

Parkir mobil di carport rumah, masih perlu gak sih memakai cover mobil? Gak cuma manusia aja lho yang harus dilindungi badannya, mobil juga punya cover atau selimut untuk melindungi bodinya.



Tidak semua pemilik mobil mempunyai garasi di rumahnya, termasuk kami. Sekilas garasi dan carport memang mirip karena sama-sama punya fungsi yang sama yaitu menyimpan kendaraan bermotor. Bedanya kalau garasi biasanya adalah ruangan yang tertutup untuk melindungi mobil dari segala cuaca baik hujan maupun panas. Sedangkan carport hanya tempat menyimpan mobil saja di rumah. Biasanya carport tidak tertutup seperti halnya garasi, meskipun ada pula carport yang dilengkapi atap namun masih ada bagian yang terbuka.

Di rumah kami yang hanya mengandalkan carport saja untuk menyimpan kendaraan seperti mobil dan motor. Kemungkinan kendaraan yang disimpan masih terkena panas sinar matahari dan kecipratan air hujan sebagian, makanya kadang masih membutuhkan cover mobil anti air.

Manfaat Mobil Menggunakan Cover


Memang sih masih ada pro kontra penggunaan cover ini, tapi sebaiknya kita cari tahu dulu yuk manfaatnya karena tiap orang atau mobil mempunyai alasan tersendiri kenapa masih menggunakan cover sekalipun kendaraan disimpan di carport. Berikut ini beberapa manfaat cover mobil untuk kendaraan.

📌 Melindungi Body Mobil

Punya rumah dengan lahan minimalis alias minim membuat carport kami menjadi tempat lalu lalang penghuni keluar masuk rumah. Mau keluar naik motor atau sepeda juga harus melalui carport ini dan mau gak mau harus berhati-hari di sekitar mobil supaya bodinya tidak tergores.

Untuk melindungi body mobil ketika kami keluar masuk, makanya butuh banget cover mobil supaya lebih aman. Cover kendaraan juga dibutuhkan ketika kami pergi menginap ke tempat keluarga ketika harus parkir di depan rumah untuk melindungi body mobil dari tangan-tangan jahil yang sedang lewat.

📌 Melindungi Debu dan Air Hujan


Memiliki carport semi tertutup sehingga masih ada bagian yang terbuka memungkinkan debu menempel pada apalagi depan rumah kami banyak dilalui kendaraan.

Begitu pula ketika hujan, air hujan masih bisa menciprati bodi mobil bagian samping dan belakang sampai basah. Cover mobil anti air diperlukan di sini untuk menjaga kondisi cat mobil supaya tetap awet.


Memilih Cover Mobil Terbaik


Meskipun cover mobil mempunyai manfaat untuk melindungi kendaraan, tapi ternyata ketika sarung mobil dipakai saat hujan lalu dibiarkan mengering begitu sana hingga kena sinar matahari bisa menyebabkan jamur pada permukaan cat mobil.

Supaya sarung mobil bisa maksimal fungsinya, maka dari itu perlu memilih cover mobil terbaik bukannya menjadi membuat permasalahan baru.


📌 Memilih Bahan Anti Air

Memilih cover mobil anti air merupakan salah satu poin utama dalam memilih cover supaya cat mobil gak mudah kena jamur dan karat setelah terkena panas dan udara lembab. Selain terbuat dari bahan anti air, cover juga sebaiknya terbuat dari bahan yang mudah kering supaya kondisinya tidak lembab.

Bahan yang lembut dan halus juga perlu diperhatikan supaya pada saat menutup mobil, cover tidak menggores body mobil.

📌 Bahan Cover Tidak Mudah Luntur

Memilih warna cover memang sesuai masing-masing pemilik kendaraan, tapi ada baiknya memilih warna yang yang bisa melindungi warna cat mobil dari pantulan sinar matahari seperti warna abu-abu atau putih mengkilat. Pilih juga cover dengan bahan yang tidak mudah luntur juga harus dipilih supaya warna cat mobil tidak terjadi perubahan. 

📌 Pilih Ukuran Cover Sesuai Bentuk Mobil

Cover tertentu belum tentu cocok untuk semua tipe atau bentuk mobil, karena ukuran mobil pastinya berbeda. Pilih ukuran cover sesuai dengan bentuk mobil supaya bisa menutup dengan sempurna tidak terlalu kebesaran atau terlalu kecil.

📌 Beli Di Tempat Terpercaya

Buat kalian yang punya mobil merek Toyota, kalau mau beli cover mobil gak usah bingung karena saat ini sudah bisa membelinya di website Auto2000.




Pemilik kendaraan Toyota pastinya sudah tahu ya, Auto2000 selain sebagai dealer Toyota terbaik yang melayani penjualan kendaraan juga menyediakan jasa service dan pembelian sparepart termasuk aksesoris baik interior maupun eksterior.

Aksesoris Toyota yang disediakan di Auto2000 sudah dirancang secara khusus, dibuat, dan diuji serta disertifikasi khusus untuk penggunaan kendaraan Toyota kita.

Walaupun sudah memilih cover terbaik, tetap saja kita harus menjaga dan merawat cover dengan cara membersihkannya dengan baik. Gak perlu mencuci terlalu sering, kalau pun perlu dicuci sebaiknya tidak menggunakan deterjen. Jika cover basah segera dikeringkan supaya tidak tumbuh jamur yang akan merusak cat mobil.

Menggunakan cover mobil di carport boleh-boleh aja sesuai dengan manfaatnya yaitu untuk menjaga dan merawat bodi kendaraan, namun harus memilih cover yang sesuai dan berkualitas agar bodi tetap mulus serta tetap merawatnya ya!


Post a Comment

12 Comments

  1. HMmm mungkin suatu saat akan mencoba cover mobil ini.
    Terakhir membeli yang lokal sangat mengecewakan karena jauh sekali dari janji performanya di awal.
    Jadi pengen nulis review cover mobil ini hahaha.

    ReplyDelete
  2. Memang paling asyik beli cover mobil di tempat yang terpercaya kayak Auto2000 ini ya.
    Selain awet, pun juga bisa melindungi secara baik, sehingga body mobil tetap bagus dan kinclong.

    Kadang beli sembarangan, nggak lama udah sobek :)

    ReplyDelete
  3. Cover mobil juga bikin mobil gak gampang berdebu & nggak kecipratan juga kalo pas hujan. Motor juga ada covernya juga lho

    ReplyDelete
  4. terima kasih sharing infonya mba..jadi tahu bagaimana memilih cover mobil terbaik nih..

    ReplyDelete
  5. iya nih perlu banget, soalnya aku gak pake, jadi bedebu mobil tuh, udah gtu anak2 suka iseng corat coret mobil duh

    ReplyDelete
  6. Jadi ingat pengalaman, lebaran kemarin, ada tetangga yg mau gadai mobil. Kami menolongnya. Kebetulan ada. Karena takut rusak tuh mobil orang, saya beli cover mobil sesuai dengan tipe nya. Tapi belinya online. Maklum lah kami di kampung.
    Eh, belum datang itu cover mobil, pemilik mobil udah datang ngambil mobilnya, sekaligus membayar semuanya uang gadai.
    Kami jadi pengen ketawa ketika besoknya kurir datang. Cover mobil akhirnya kini mau saya jual lagi lah. Hahaha

    ReplyDelete
  7. Cover mobil ini perlu banget, mobil jadi terlindungi dari debu dan air hujan juga cakaran kucing, kalau di sekitar rumah banyak kucing, hehe..
    Belinya memang harus di tempat yg jual covernya terjamin dan sesuai ukuran biar lebih awet.

    ReplyDelete
  8. Asik, asiikk pokoke semua serba praktis, mudah dan no ribet ribet klo di Auto 2000 ya mba
    Siaappp kayaknya kami kudu berburu cover mobil

    makasii tipsnya mbaaa

    ReplyDelete
  9. Iya banget...
    Kudu jeli saat membeli. Dan yang pasti, memang sesuai tipe mobilnya. Karena kami pernah beli, kegedean atau karetnya yang gak pas yaa..?
    Pas kena angin beterbangan si cover mobil.

    Huhuu...

    ReplyDelete
  10. aku juga musti beli nih buat di rumah lia.. biar mobil lebih aman dan aweet yaaa

    ReplyDelete
  11. Wah trims mba Fitrian infonya. Berkat mba aku jadi tau fungsi dan beli dimana cover mobil pastinya kualitas dan harga terbaik yaaa. Thx 4 sharing, keep on blogging <3

    ReplyDelete
  12. Bener banget ini soal pemilihan cover mobil juga nggak boleh sembarangan yo Mbak, makasih tipsnya mba aku rekomendasikan ke masku yang punya mobil. Soalnya punya dia udah buluk

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya