Bahagia Dengan Bersyukur

Bahagia dengan bersyukur. Definisi bahagia berbeda tiap orang, dan orang yang bahagia pun pasti merasakan sedih. Sebenarnya untuk mendapatkan bahagia itu mudah, karena kebahagiaan hanya kita sendiri yang bisa membuat dan mewujudkannya. 


bahagia dengan bersyukur


Ngomong memang mudah, praktiknya gimana? Itu semua kembali lagi ke diri kita sendiri. Kadang saya merasa sedih juga kok, wajar sebagai manusia merasakan hal tersebut. Bahagia itu gak harus berkaitan dengan uang, meskipun memang uang juga penting hahaha. Tapi hal-hal kecil yang ada di sekitar kita juga bisa bikin bahagia.

Kadang hal-hal receh juga bisa membuat saya bahagia dan melupakan kesedihan atau pikiran yang sedang menghantui apalagi di masa pandemic seperti saat ini ya. Dengan bersyukur maka nikmat kita akan bertambah. Makanya saya berpegang dengan ini saja bahagia dengan bersyukur.

Berikut ini 7 hal yang paling membuat saya bahagia meskipun hanya hal-hal kecil.

Minum Teh Tawar


Perasaan lagi gak enak dan saya bukan tipe orang yang suka curhat masalah pribadi, tapi kalau sudah minum teh tawar hangat rasanya jadi plong gitu meskipun masalah masih belum teratasi :-D. Teh memang bikin tubuh jadi rilaks karena ada kandungan L-theanin di dalamnya

Buat teman-teman terdekat saya, pasti tahu nih kemana-mana saya suka bawa termos isi teh tawar panas. Dalam kondisi apapun, teh tawar bisa menjadi penawar berbagai rasa baik rasa sedih, lelah, bingung sampai rasa haus pastinya.

Kalau di luar rumah menemukan teh tawar dalam kemasan botol juga bikin happy lho, maklumlah di Indonesia saya baru melihat teh tawar dalam kemasan dalam 2 merek saja.

Saya suka sekali membeli dan stok berbagai jenis teh, bahagia bisa merasakan aneka rasa teh mulai dari yang harganya murah sampai mahal (tapi yang ini jangan sering-sering kecuali ada yang ngasih hahaha). Ada teman yang kasih teh, juga bikin saya senang soalnya irit persediaan teh di rumah jadinya.



Mendengarkan Musik 


Mendengarkan musik saat gak semangat bisa menaikan mood lagi lho, dan perasaan pun akan lebih bahagia. Eiits itu buat saya lho, mungkin buat yang lain berbeda lagi. Tapi saya suka dengar lagu-lagu galau gitu kalau lagi sedih supaya bisa semangat lagi.

Baca juga : Lagu Buat Naikin Mood 

Saya kurang suka mendengarkan musik memakai headset, sukanya pakai speaker bluetooth aja jadi bisa disambi mengerjakan pekerjaan rumah.


Pakai Masker


Paling suka banget pakai sheet mask, selain bikin kulit cerah dan lembab juga bikin saya bahagia. Kenapa?

Soalnya saat memakai masker saya bisa sambil rebahan dan nonton film di kamar serta gak ada yang mengajak bicara. Pokoknya menikmati waktu sesaat ini aja bikin bahagia kok.

Kalau ke toko kosmetik atau minimarket ada promo sheet mask, bawaan maunya beli aja buat stok. Sekarang kalau beli sheet mask juga gak bisa 1 atau 2 pcs soalnya si sulung suka ikutan pakai juga, maklum udah remaja pingin wajahnya tetap terawat meski laki-laki.


Chat Dengan Teman


Chat dengan teman di whatsapp juga bikin bahagia lho, meskipun obrolannya juga receh. Apalagi saya jarang sekali berhubungan secara real dengan teman-teman satu tahun ini, Alhamdulillah masih punya teman dunia maya yang bisa support.

Dari pertemanan ini gak cuma teman ngobrol yang saya dapatkan, tapi banyak hal seperti ilmu, wejangan, atau hadiah:) Tuh gimana gak bikin happy coba, bisa dapat banyak.


Olahraga Penghalau Galau


Bisa rutin olahraga bikin happy? Iya soalnya kalau gak gerak sedikit aja bikin kepikiran jadinya gak happy kan.

Saat kita berolahraga maka ada peningkatan hormon endorfin yaitu zat kimia alami yang dihasilkan oleh tubuh untuk mengurangi rasa sakit. Selain itu olahraga juga bisa mengeluarkan hormon dopamin yaitu hormon kebahagiaan dan serotonin yang bermanfaat untuk menurunkan stres.



Rumah Rapi


Saya paling bahagia kalau lihat rumah rapi, semua aktivitas lain bisa diselesaikan dengan cepat. Ada kalanya belum sempat beres-beres ini mempengaruhi suasana hati dan pekerjaan pun lebih slow jadinya diselesaikan. 

Ternyata menurut penelitian merapikan rumah bisa meredakan stres serta menghasilkan pikiran dan energi positif yang membuat kita bisa lebih fokus.

Membaca Kalimat Penyemangat


Iseng mencari kalimat penyemangat? Ya gak dong. Kadang datang tiba-tiba gitu kalimat-kalimat tersebut. Misalnya melalui timeline sosial media atau dari status orang lain. Nah, baru-baru ini saya dapat kalimat penyemangat dari Mbak Dini Fitria nih. Beliau menuliskan pesan pada halaman awal buku terbarunya untuk saya. 

Gak tau kenapa bisa pas aja dengan apa yang sedang saya rasakan. Intinya di akhir kalimat tertulis "Percayalah akan selalu ada bahagia baru yang akan menyambutmu". 

Mungkin mbak Dini menulis tersebut tujuannya apa tapi buat saya malah menjadi penyemangat. Bahagia saya mudah kan :)

Selain dari 7 hal receh di atas, sebenarnya banyak hal lainnya yang bisa buat saya bahagia dan harus tetap disyukuri apapun itu dan sekecil apapun. Bahagia dengan bersyukur masih bisa hidup sehat dan menjalani hari di masa pandemic bersama keluarga adalah hal yang terpenting. Bahagia dan sehat selalu untuk teman-teman,

Post a Comment

0 Comments