Memilih Menjadi Investor Bahagia Itu Mudah, Baca Review Bukunya

Tiap orang punya mimpi yang berbeda, mimpi tersebut termasuk rencana masa depan yang diinginkan. Untuk mencapai mimpi tersebut kita harus bisa merencanakan keuangan dengan baik karena mimpi berhubungan dengan keuangan. Investasi adalah salah satu cara kita meraih mimpi dan ada di dalam poin perencanaan keuangan yang perlu dipenuhi. Susah gak sih belajar investasi untuk Pemula?  Untuk mendapatkan insight yang bagus mengenai investasi coba baca buku "Memilih Menjadi Investor Bahagia" dulu deh.

memilih menjadi investor bahagia




Review Buku


💙 Identitas Buku

Judul buku : Memilih Menjadi Investor Bahagia
Penulis : Wuddy Warsono, CFA
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun Terbit : April, 2021
Jumlah halaman : 209 Halaman

💙 Sinopsis Buku

Buku tentang bagaimana menjadi investor ini disajikan dengan bahasa yang santai dan mudah dimengerti khususnya bagi para investor pemula. 

Penulisnya sendiri Wuddy Warsono yang juga seorang investor dan sudah lama malang melintang di dunia pasar modal ingin memberikan tulisan dalam buku ini agar pembacanya gak merasa bosan.

Di dalam buku Memilih Menjadi Investor Bahagia ini terdapat 7 tema utama di mana masing-masing tema tersebut ada sub judul lainnya yang berkaitan dengan temanya. Ketujuh tema tersebut antara lain bercerita tentang :
  • Keluarga
  • Pendidikan
  • Membangun Karier Yang Berarti
  • Memilih Lingkungan Kita
  • Perjalanan
  • Hal-hal Yang Menginspirasi
  • Hidup di Era New Normal

💙 Kelebihan Buku

Saya pikir buku Memilih Menjadi Investor Bahagia ini berisi teknis mengenai cara menjadi investor pemula yang akan menguras otak agar dapat memahami isinya. Ternyata buku ini unik, Wuddy menyajikannya dalam bentuk cerita yang relate dengan kejadian sehari-hari atau yang pernah dialaminya sehingga membuat pembacanya gak pusing dan happy membaca satu buku secara cepat.

Sebagai pembaca yang juga awam dengan investasi maupun investor, sepertinya cocok membaca buku ini apalagi ditulis oleh ahlinya. Buku ini gak cuma mengajarkan kita tentang money dan manajemen saja tetapi juga membentuk mindset investor pemula agar tetap bisa bahagia tidak hanya terfokus mencari cuan saja.

Di sini kita diajarkan untuk memilih artinya bisa menetukan jalan hidup kita masing-masing. Keputusan untuk bahagia bisa diambil kapan pun dan hanya kita yang bisa mewujudkannya.

💙 Kisah Balada Mati Air

Di salah satu cerita yang terdapat pada tema Keluarga yang berjudul Balada Mati Air, Wuddy bercerita sulitnya mendapatkan air bersih akibat kekeringan yang melanda saat itu. Satu-satunya sumber air yang dimiliki berasal dari air tanah. Wuddy pastinya was-was saat persediaan air dari jet pump mulai mengecil dan mulai mencari cadangan air dari penjual air keliling.

Kisah ini pernah juga kami alami di rumah saat jet pump sudah tidak kuat lagi untuk menyedot air tanah karena faktor usianya. Di sini kita baru sadar bahwa betapa pentingnya menghargai air dan harus tetap bersyukur di kala air mengalir. 

Dari cerita ini Wuddy memberikan pandangannya bahwa segala sesuatu itu akan habis periodenya termasuk penghasilan. Penghasilan tersebut diibaratkan dengan air yang akan mulai habis saat pompa air sudah tidak kuat lagi menyedot air yang ada. 

Di saat kita berada di puncak karir ini lah seharusnya sudah siap untuk masa depan karena kebutuhan akan meningkat dengan cara berusaha memiliki semua keinginan dan  menghitung berkat dengan rasa syukur.  Dari penghasilan yang ada mulai lah disisihkan untuk berinvestasi secara teratur dan dijadikan kebiasaan yang bagus. Siapa sih yang gak mau mempunyai kemerdekaan financial?

Itu baru satu cerita saja yang saya ambil gambarannya, masih banyak cerita lainnya yang menginspirasi dan membuat pembaca ingin mulai berinvestasi untuk masa depan.


cara menjadi investor pemula



Waktu terbaik untuk menanam pohon (berinvestasi) adalah 20 tahun lalu, kalau gak bisa punya mesin waktu untuk kembali ke masa itu, maka mulainya berinvestasi hari ini bukan besok atau lusa - Wuddy Warsono.

Dari quote dan hasil membaca buku Memilih Menjadi Investor Bahagia saya mendapatkan pencerahan bahwa gak ada kata terlambat untuk melakukan kebaikan termasuk menjadi investor. Jangan menunda segera dilakukan. Buku ini memang isinya tutorial menjadi investor tapi berisi agar para investor pemula dapat mendapatkan masukan dan terbuka pandangannya mengenai investasi. Selanjutnya kita diajak untuk memulai melakukan investasi  tersebut.





Post a Comment

25 Comments

  1. Saya agak menyesal mengapa nggak mulai investasi sejak masih memiliki penghasilan. Tapi quote itu memang benar adanya. Kalau nggak bisa sejak dulu, maka mulailah sekarang.

    ReplyDelete
  2. Mungkin Mas Wuddy terinspirasi buku ini karena banyak investor yang stress usai melakukan investasi. Hehe. Harusnya kan kalau sudah diniatkan investasi dilakukan secara bahagia. Perlu juga nih kayaknya baca buku ini.

    ReplyDelete
  3. Nah!! Ini yg aku cari-cari mbaaa
    pengin bgt invest, tapi maju mundur karena ga yakin juga dgn instrumen yg daku pilih.
    Setuju bangeetttt, gak ada kata terlambat untuk melakukan kebaikan termasuk menjadi investor. Jangan menunda segera dilakukan.

    ReplyDelete
  4. Ini sih benar2 investasi bahagia :) Kirain ceritanya tentang saham hehehe, itu mah aku puyeng ga ngerti2. Buku setebal 212 dengan harga 150 ribu mah oke dan patut dimiliki nih. Yang diulas di buku ini tema keseharian yang ringan namun pasti banyak nambah ilmu dan wawasannya.

    ReplyDelete
  5. wow impian banget sih jadi investor biar ada passive income setiap bulannya ya, tapi tentu perjalanan menuju kesuksesan sungguhlah berliku

    ReplyDelete
  6. waaah Lia sudah baca buku ini juga yaaa. Menjadi bahagia itu tentu saja akan menjadi pilihan oke banget dan bisa kok kita capai

    ReplyDelete
  7. Kalo gak ada kata 'Bahagia' nya mungkin kesannya biasa aja nih buku ya.. Berhubung ada kata Bahagianya aku aja auto tertarik..

    ReplyDelete
  8. Wah keren juga buku ini ya. Menganalogikan antara kisah hidup yang real dengan aktivitas investasi jadinya bisa lebih mudah dipahami. Good lah. Nambah bikin aku jadi tertarik untuk baca buku ini.

    ReplyDelete
  9. Memang ya dalam memilih apapun harus dengan hati yang bahagia, termasuk menjadi investor.. harus happy jalaninnya maka InshaAllah hasilnya juga akan baik ya mbak.. buku bacaan yang berbobot banget ini

    ReplyDelete
  10. Ini sih yang bacanya juga bakal ikut bahagia karena cara penulisannya gak ruwet. Biasanya kalau bahas tentang investasi kayaknya ribet dan berat

    ReplyDelete
  11. Bulu ini dipadukan dengan pengalaman pribadi dan pengalaman investasi, jadi kayak story telling ya. Nggak berasa diajarin buat investasi yang kaku.

    ReplyDelete
  12. Wah bukunya benar-benar fresh from the oven ya Mbak baru terbit.. Ini buku yang dibutuhkan banyak orang saat ini bagaimana berinvestasi dengan dana yang terbatas dan dana tidak terlalu besar untuk memulai..

    ReplyDelete
  13. masih fresh ini bukunya ya mbak, terbitan April 2021.
    Jadi investor bahagia, emang ya kalau udah bahagia, pasti energinya akan positif semua

    ReplyDelete
  14. Berinvestasi memanglah sangat penting apalagi zaman saat ini dan ternyata sudah ada bukunya ya buat bisa memahami tentang investasi itu

    ReplyDelete
  15. keren sekali buku ini, yang nulis anak muda.
    masih muda sudah jago investasi, bisa memberi panduan pula bagi orang orang yg mau belajar investasi

    ReplyDelete
  16. Investasi di usia produktif memang bermanfaat banget, Mbak. Supaya di usia pensiun nanti tetap ada penghasilan. Apalagi buat kami yang nggak ada uang pensiun atau pesangon setelah pensiun nanti. Keren ini bukunya.

    ReplyDelete
  17. Buku ini membuka pandangan bahwa untuk berinvestasi tu sebaiknya jangan "ngoyo2" dan ngegas pengen hasil cepet. Kyk diminta menikmati prosesnya gtu dan saat berinvestasi kudu ngrasa tanpa beban dan pikiran kita jauh ke depan ya mbak.

    ReplyDelete
  18. Jd penasaran sm bukunya. Krn kalo belajar investasi tuh mikirnya sll takut rugi dsb. Mmg yg paling penting itu bangun mindset dulu dah

    ReplyDelete
  19. Buku yang menarik ya, cara bertuturnya juga kelihatan oke dan enak dibaca. Bisa jadi referensi bagi anak muda atau pasangan muda yang pengen belajar investasi dengan bahagia ya mbak

    ReplyDelete
  20. Kayanya buku investasi dengan bahasa yang ringan ini cocok banget buat aku deh Mak, soalnya aku memang nggak bisa baca yang berat berat.. hehehee. Nanti mau coba cari ah, makasi infonya maaaak

    ReplyDelete
  21. Aku juga mikir buku ini tentang teknik berinvestasi.
    Alhamdulillah,
    Dengan motivasi yang diberikan, jadi semakin semangat belajar dan mungkin someday...bisa invstasi yang low-risk dulu yaah..

    ReplyDelete
  22. Aku kok jadi kepincut sama bukunya Mbak setelah tahu garis besar isi bukunya
    Desain cover-nya juga oke nih buat jadi koleksi

    ReplyDelete
  23. Investasi pun butuh bahagia ya mak. Kalau dipikir2 biasanya saat investasi kayak ketekan karena terpaksa, ternyara itu salah ya. Karena kita butuh bahagia saat perencanaan keuangan

    ReplyDelete
  24. Aduh, kepengen baca banget buku ini. Aku nih buta banget soal investasi. Jadinya masih semberandal aja ngatur keuangan, terutama soal investasi. Masih seringnya ikut-ikutan yang lagi rame. Nyari online ah :D

    ReplyDelete
  25. Buku ini menyadarkan pembacanya untuk investasi selagi masih punya penghasilan sendiri.

    Sejatinya investasi bisa jadi pasive income di usia yang sudah ngga produktif lagi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya