Taman Mini Indonesia Indah Wisata Murah Meriah di Tengah Kota

Suatu hari Alvin merengek terus minta diajak ke Taman Mini, gara-gara lihat foto semasa kecil Pascal ada di sana. Padahal dia juga udah pernah ke sana cuma bukan untuk wisata melainkan acara akhirussanah TKnya. Kalau dipikir-pikir sudah lama juga saya tidak jalan-jalan di masa pandemic ini. Akhirnya di era new normal ini kami memutuskan untuk ke Taman Mini Indonesia Indah sebagai tempat wisata murah di tengah Kota Jakarta untuk refreshing dan olahraga pagi.




Yuk, Ke Taman Mini!


Pagi itu kami meluncur ke Taman Mini dengan waktu tempuh kira-kira 30 menit perjalanan dari rumah melalui jalan tol JORR. Kebiasaan kami yang berangkat di awal waktu membuat nyaman dalam perjalanan karena masih sepi dan tiba di lokasi pun bisa menikmati suasana lebih enak.

Sekitar jam 6 pagi kami sudah memasuki gerbang utama dan membeli tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah untuk 4 orang plus satu kendaraan. Tiket pintu masuk per-orang Rp20.000 ditambah tiket mobil Rp20.000 masih tergolong murah ya.

Buat yang penasaran tentang Taman Mini Indonesia Indah, ini adalah tempat wisata dengan tema budaya Indonesia yang lokasinya ada di Jakarta Timur. Di tempat ini kita bisa melihat berbagai bangunan daerah dan pernak perniknya dari berbagai suku bangsa di Indonesia. Rumah-rumah adat dari 33 Provinsi Indonesia ada di sini dalam bentuk anjungan provinsi. 

Dengan kata lain Taman Mini Indonesia Indah atau biasa disebut dengan TMII merupakan miniaturnya Indonesia. Kalau mau melihat budaya Indonesia lebih dekat bisa ke sini aja. Kadang-kadang di hari tertentu ada pertunjukan budaya di anjungan provinsi. 

Gak cuma anjungan dari berbagai provinsi aja ada di TMII, tapi beberapa museum serta wisata lainnya ada di sini.

Rasanya gak cukup satu hari kalau harus mengunjungi semua anjungan dan tempat rekreasi yang ada di TMII ini, makanya kami menentukan prioritas saja, tempat rekreasi mana yang akan dikunjungi.

Taman Burung 





Lokasi singgah pertama kami adalah di Taman Burung yang letaknya dekat dengan PP IPTEK dan Museum Migas di bagian belakang Taman Mini.

Di taman burung ini kita bisa menemui 9 kubah yang berisi burung-burung di mana pengunjung bisa masuk ke dalam kubah tersebut. Waktu berjalan jangan kaget kalau tiba-tiba ada burung besar melintas dan terbang di atas kepala. Di tempat ini memang dibuat seperti taman yang luas di mana burung-burung bisa bebas terbang ke sana kemari.

Berbagai burung dari beberapa daerah di Indonesia bisa kita temui di sini seperti burung Cendrawasih, Kasuari, Nuri dan lain-lain yang jumlahnya lebih dari 100 jenis burung.

Gak cuma ada burung-burung, pengunjung juga bisa berjalan mengitari kubah itung-itung jalan pagi saja di sini sambil menikmati suasana sejuk dan pohon-pohon rindang. Di sekitarnya juga ada kolam ikan yang dipenuhi oleh ikan-ikan yang besar serta angsa yang sedang berenang.

Anak-anak juga sempat berfoto dengan burung di dekat kolam angsa hitam. Sayangnya saya agak takut dengan cengkraman kaki burung tersebut, jadi gak jadi foto bareng deh.


SkyWorld Edukasi Antariksa




Waktu menuju ke Taman Burung,kami melintasi SkyWorld, anak-anak penasaran pingin lihat ada apa sih di dalamnya.

Di museum SkyWorld ini kita bisa melihat pameran luar angkasa dan mempelajari astronomi di planetarium yang ada di sana. Anak-anak juga suka waktu melihat film di teater 5D seolah kita sedang bertualang di dalamnya karena kursi tempat kita melihat film akan goyang-goyang mengikuti jalan cerita yang ada di layar.


Anjungan Sumatera Barat




Dari SkyWorld kami tinggal menyebrang jalan saja menuju ke anjungan Sumatera Barat dengan ciri khasnya rumah gadang yang luas dan panjang.

Di anjungan ini kita bisa melihat properti khas dari Padang mulai dari busana adat, alat musik, kain khas dan lainnya. Anjungan juga biasanya dijadikan tempat pagelaran seni, bahkan ada yang sewa juga sebagai tempat resepsi pernikahan.

Uniknya mushola yang ada di anjungan ini juga bentuknya seperti rumah gadang. Kalian juga harus siap-siap aja mencium aroma rendang padang yang khas sewaktu melintasi rumah makan padang yang ada di sini bikin perut menjadi lapar.


Traveling Nyaman Bersama Keluarga Dengan TRAC To Go



Buat kalian yang mau rekreasi gak mau bawa kendaraan sendiri bisa menggunakan jasa sewa mobil dari TRAC To Go aja supaya lebih nyaman dan gak capek menyetir sendiri.




TRAC To Go merupakan aplikasi mobile dengan layanan rental mobil beserta driver, rental bus dan airport transfer dari https://www.trac.astra.co.id/

Selain dapat digunakan untuk traveling, TRAC To Go juga bisa lho disewa untuk perjalanan dinas atau hal lainnya yang menggunakan transportasi.

Pada aplikasi TRAC To Go ada fitur terbaru namanya Experience di mana customer bisa memilih paket wisata yang ada di masing-masing cabang TRAC yang ada di berbagai kota di Indonesia seperti Malang, Jogjakarta, Bali dan lainnya

Customer bisa memilih produk Experience yang disediakan mulai dari kendaraan berkapasitas 4 orang untuk family package sampai bus dengan kapasitas 45 orang untuk group package. Kendaraan dan bus yang digunakan oleh TRAC sudah bekerja sama dengan vendor yang terpercaya seperti tempat wisatanya, restoran, hingga hotel bintang 4 dan bintang 5.

Pada fitur experience untuk family package misalnya ada paket  Toyota C+POD 2 Hours Package. Di sini customer sudah disediakan itinerary sesuai dengan waktu sewa kendaraan.

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh TRAC To Go saat menyewa armadanya antara lain Dapat real time notification, lokasi penjemputannya lebih tepat, bisa melakukan pemesanan lebih dari 1, metode pembayarannya juga banyak pilihan.


Setelah Ramadhan nanti mau melakukan wisata yang dekat-dekat aja di dalam kota? Pakai aja aplikasi TRAC To Go, caranya mudah kok tinggal download dulu aja aplikasinya di GooglePlay Store untuk pengguna Android dan Apple App Store untuk pengguna iPhone.

Oh ya TRAC To Go juga melayani ziarah Religi Muslim dengan paket perjalanan TRAC Bus Service dengan fasilitas Bus TRAC kecil, sedang, dan besar yang baik dan nyaman karena menerapkan smart protocol sesuai dengan aturan kesehatan selama New Normal.

Siapa tau aja kalian ingin menjelajahi Taman Mini Indonesia Indah new normal seperti kami, buat pencinta museum bisa puas deh berkunjung ke sini. 



Post a Comment

25 Comments

  1. Saya masih belum berani bawa anak2 berwisata. Sebenernya pengen banget

    ReplyDelete
  2. Terakhir masuk ke TMII kayaknya pas aku kuliah, Mbak. Hahaha. Padahal di TMII nih banyak banget edukasi yang bisa diajarkan ke anak-anak ya. Kayaknya seru ya kalau diagendakan ke sana, sekalian sewa mobil di TRAC

    ReplyDelete
  3. Taman Mini Indonesia Indah ini emang bagus banget sih menurutku ga bosenin. Makin banyak tempat yg bisa dikunjungi di bagian dalemnya. Trus bisa buat wisata edukasi anak2 juga yaa.

    ReplyDelete
  4. Jalan2 ke TMII ga pernah ngebosenin yaa, apalagi sama keluarga atau rombonga. Kalo lagi males nyetir tinggal sewa aja, gampang mula hanya lewat genggaman pake app TRAC TO Go, cuss langsung berangkaat

    ReplyDelete
  5. wah udah lama banget gak main-main ke Taman Mini Indonesia Indah padahal kalo pulang ke rumah pasti ngelewatin loh mba. Mau ah nanti setelah lebaran

    ReplyDelete
  6. AKu udah install aplikasi TRAC To Go donk :) Kan mau bersiap2 traveling nanti in sya allah. Sewa mobil bakalan lebih seru, ga terlalu fokus nyetir mulu, kan ada sang sopir hehehe. Menikmati pemandangan juga lebih mengasyikkan kan. Cara pakai aplikasinya juga mudah ini....

    ReplyDelete
  7. aku ke Taman Mini awal tahun 2020, bener-bener sebelum pandemi pas banget sodara ku main ke rumah jadi dadakan jalan kesana.

    ReplyDelete
  8. Taman mini ini lokasinya dekat ama rumahku mba. Tapi udah lama nggak ke sana. Semoga ntar bisa kesana ajak keluarga :)

    ReplyDelete
  9. udah lama nggak ke TMII, aku jadi pengin deh mba. Terakhir kali itu juga karena kondangan. Kalau ke anjungan pas aku sma. Itu terakhir kali..tiketnya sekarang 20 rb ya. oia pakai trac to go praktis ya mba, Kapasitasnya juga tinggal pilih..

    ReplyDelete
  10. Masa kecil saya lumayan kenyang jalan-jalan ke TMII. Orang tua lumayan sering ajak ke sana. Giliran saya malah jarang ajak anak-anak ke sana. Kayaknya kalau sekarang ajak mereka bakal seru juga

    ReplyDelete
  11. Situasi mulai aman untuk bepergian asal taat prokes ya Mbak, piknik di TMII ini menyenangkan cukup datang ke satu tempat bisa kenal seluruh Indonesia hehe edukatif dan menghibur..

    ReplyDelete
  12. Jadi kangen taman mini. Sejak menikah bekum pernah ke sana laginkayaknya. Dah lamaa. Apa lagi sekarang dah jauh di Surabaya. Huhu.

    ReplyDelete
  13. Wah, Taman Mini. Dulu sekian tahun tinggal di Jakarta tapi nggak pernah ke Taman Mini, hehehe. Semoga kalau lain waktu ke Jakarta bisa bawa anak-anak main ke sana. Lebih enak sewa mobil pakai Trac to go juga ya, nggak khawatir nyasar karena drivernya pasti sudah berpengalaman.

    ReplyDelete
  14. Sudah lama enggak ke Taman Mini, seru juga ya ke sana dengan berbagai cerita dan edukasi.

    ReplyDelete
  15. Kangen banget eui ke TMII terakhir pas anak2 masih kecil banget hehe
    Anak2ku diajak jalan gtu aja dah hepi banget apalagi naik2 wahana haha
    Iya ya mungkin next time mau ke sana, krn kami gak punya kendaraan enaknya nyewa aja via Track to Go kyknya gampang jg nyewanya :D
    TFS

    ReplyDelete
  16. Kalau ke TMII ini berasa keliling Indonesia yaa..
    Aku seneng banget main ke TMII, tapi jalannya lumayan bikin langsing euuii~

    Sewa mobil kini gak perlu ribet yaah...
    Ada apps dari Trac To Go yang sangat mudah dan simple.

    ReplyDelete
  17. Saya ingat dulu sering banget main ke Taman Mini bahkan tugas sekolah pun kami mencari bahan ke tempat ini. Semoga di tengah peralihan manajemen ke pemerintah TMII ini jadi lebih baik.

    ReplyDelete
  18. Ya Allah, lama banget aku gak ke Taman Mini Indonesia indah. Terakhir kesana waktu anak SMA, hahahaha.

    Kapan ya bisa kesana bareng saudara gitu. Pakai armada TRAC kan, enak ya fasilitas nya kece badai

    ReplyDelete
  19. aku dah lama ga ke sana hihihi. luassss banget tmii rasanya. tapi sekarang jadi kangen secara jauh huhuh. enak kalau ke sana pakai trac to go bisa pesen sewa mobil cepat dan praktis

    ReplyDelete
  20. wahh jadi kangen taman mini
    dulu saat kerja di jakarta, aku sering main kesini mbak.
    dekat dengan tempat kerjaku
    next mau ajak anak anak kesini

    ReplyDelete
  21. Asik banget nih jalan-jalan murah meriah dapetnya banyak... Puas banget ya kalao jalan-jalan ke Taman Mini tuh...Apalagi bawa mobil sewaan makin snatai dan nyaman deh bareng keluarga

    ReplyDelete
  22. walaupun banyak yang bilang aaaah taman mini lagi taman mini lagiii
    alhamdulillah aku kok ga pernah bosan ya ke sini

    karena saking luasnya, jadi jadwal kunjungan itu berganti ganti sesuai keinginan anak anak juga. Ada kunjungan museum, atau malah cuman jalan jalan naik cable car.

    pake sarana TRAC jadi mudah ke sana ya Lidya,
    karena kalo ke sana pake mobil sendiri lumayan ribet parkirnya

    ReplyDelete
  23. Mbak, aku kalau ke Jakarta lagi ajakin ke TMII ya
    Sudah lama mau kesana tetapi belum kesampaian selain Dufan

    ReplyDelete
  24. Duh, udah lamaaaaa banget aku gak ke Taman Mini. Udah banyak berubah ya. Udah jadi destinasi wisata kekinian nih nih TMII ini. Semoga keadaan bisa segera lebih baik. Kangen deh main ke Jakarta. Apalagi sekarang rental mobil makin gampang dan praktis dengan adanya aplikasi kayak TRAC To Go ya.

    ReplyDelete
  25. Iya memang, Mba wisata termurah dan bagus buat pendidikan anak2 akan budaya. Dulu saya sering ajak Abang kesini. Dia seneng banget naik trainnya dan ke museum transportasi. Ini Adek Fi belum pernah saya ajak nih. Pengen deh ajak kesana.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya