Momen Lebaran Yang Paling Berkesan

Momen Lebaran Yang Paling Berkesan. Momen lebaran selalu dinanti oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Setiap tahunnya mungkin saja menjadi momen lebaran yang paling berkesan bagi mereka yang merayakannya.

Momen Lebaran Yang Paling Berkesan



Sejak lahir saya selalu berlebaran di Cikampek, baru setelah menikah bisa merasakan berlebaran di kota lain yaitu Semarang. Sudah dua kali lebaran ini malah baru merasakan lebaran di Bekasi tempat tinggal sendiri, karena memang ada larangan mudik di masa pandemi seperti saat ini.


Momen Lebaran Yang Paling Berkesan Di Masa Kecil


Ngomongin soal momen lebaran, kali ini saya mau bercerita tentang kenangan masa kecil aja deh, karena masa-masa itu paling tidak bisa dilupakan.

💗 Main Kembang Api Bersama Sepupu


Dulu setiap malam lebaran saya dan keluarga sudah berada di Cikampek tepatnya di rumah nenek. Di sana para sepupu juga berkumpul. Biasanya kami main kembang api di malam hari atau ke masjid untuk takbiran bersama sambil melihat anak laki-laki yang sedang ngadulag atau memukul beduk.

Bermain kembang api dengan tangkai panjang seru juga ya, apalagi saat itu malam hari jadi terlihat lebih indah. Kami selalu diingatkan untuk berhati-hati ketika bermain kembang api, jangan sampai kena saudara yang lain karena berbahaya. Setelah kembang api mati pun harus dibuang ke tempat sampah, supaya tidak mengenai kaki orang lain yang tidak mengenakan sandal.


💗 Mengumpulkan Uang Lebaran


Setiap lebaran anak-anak panen uang lebaran dari keluarga. Kalau waktu saya kecil yang memberikan angpao adalah kakek nenek dan tante-tante. Senangnya bukan main menerima uang tersebut, padahal sih orang tua masing-masing bertukar memberi pada keponakan yang lain ya :)

Senang banget mengumpulkan uang lebaran tersebut, biasanya sepupu ada yang dibelikan mainan atau jajanan. Saya paling sering membeli buku atau kaset.


💗 Makan Kue Kering


Lebaran identik dengan aneka kue kering, ini yang paling saya suka juga. Tapi, tidak semua kue kering saya makan kok, yang paling saya sukai adalah kastengel dan nastar. Hingga saat ini dua kue kering tersebut saja yang suka saya makan.




💗 Saling Tukar Kartu Lebaran


Dulu setiap bulan Ramadan saya mencari kartu lebaran untuk dikirimkan pada teman-teman dekat baik yang berada di kota yang sama maupun luar kota. Seru memilih gambar-gambar kartu lebaran yang menarik. Meskipun harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli kartu lebaran dan prangko tapi momen ini juga tidak bisa dilupakan hingga saat ini.




Momen Lebaran Yang Paling Berkesan Di Masa Dewasa


Saat dewasa, momen lebaran yang saya lalui biasa saja seperti umumnya orang lain yang merayakan hari lebaran. Tapi ada beberapa momen yang tidak akan saya lupakan.

💗 Malam Takbiran Dalam Perjalanan

Setelah menikah otomatis saya harus berlebaran di dua tempat, biasanya kami sudah memesan tiket untuk mudik 3 bulan lebih awal untuk kereta api atau pesawat. Suatu saat di bulan Ramadan menjelang Idul Fitri, kami sudah tiba di Cikampek. Sesuai jadwal kami akan berangkat ke Semarang pada H-1 atau hari H dengan mengambil jadwal malam hari menggunakan kereta api. Tapi ternyata pemerintah mengumumkan kalau lebaran itu esok hari, otomatis saya harus merasakan malam takbiran dalam perjalanan dan terlambat untuk mengikuti sholat Ied.


💗 Gak Pernah Masak Menu Lebaran


Iya saya gak pernah masak atau menyiapkan hidangan makan untuk lebaran, soalnya selalu berlebaran di rumah orangtua. Jadi orangtua yang menyiapkan baik memasak atau memesan menunya. Enak kan tinggal makan aja hehehe.

💗 Akhirnya Menyiapkan Menu Lebaran Sendiri


Kalau selama ini lebaran tinggal makan menu lebaran, akhirnya saya merasakan harus memasak sendiri menu lebaran. Tahun lalu pertama kalinya kami berlebaran di rumah sendiri dan harus menyiapkan masakan sendiri. Ternyata saya bisa loh membuat menu lebaran seperti lontong, sayur godog, sambal goreng ati dan opor. Sebenarnya sih menu-menu tersebut biasa saya buat juga bukan hanya di hari lebaran, makanya gak bingung juga.


Itu dia momen lebaran yang berkesan yang pernah saya rasakan. Gimana dengan momen lebaran kalian, adakah yang paling berkesan?


#Hari28
#BPNRamadan2021

Post a Comment

0 Comments