Puasa Saat Pandemi, Tetap Istiqomah Jalankan Kebiasaan Baik

Puasa Saat Pandemi, Tetap Istiqomah Jalankan Kebiasaan Baik. Puasa Ramadan kali ini masih dalam keadaan pandemi, tapi kita harus tetap semangat menjalaninya. Kondisi seperti ini jangan terus membuat kita bersedih dan menurunkan kebiasaan baik selama Ramadan. Justru di bulan penuh berkah ini waktunya kita berdoa kepada Allah agar senantiasa istiqomah dalam beribadah dan meningkatkan ketaqwaan kita terhadap-Nya.


Puasa Saat Pandemi






Tetap Menyambut Ramadan Dengan Gembira 


Alhamdulillah tahun ini kita masih bisa merasakan indahnya bulan Ramadan lagi, meski pandemi tapi kita harus tetap menyambutnya dengan gembira dan melaksanakan ibadah secara optimal. Bisa dirasakan memang puasa dua tahun ini pastinya ada perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya.

📌 Sholat Tarawih Jamaah di Rumah


Kalau biasanya umat muslim sholat tarawih di masjid, kini sebagian melaksanakannya di rumah masing-masing untuk menghindari paparan virus covid-19. Buat yang masih melaksanakan shalat tarawih di masjid juga tidak dilarang asalkan semua menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Masjid-masjid juga sudah memasang tempat cuci tangan di area masuk, dan mewajibkan jamaah menggunakan masker.

Kalau kami, menjalankan sholat tarawih full di rumah saja bersama keluarga. Ini adalah kali kedua bisa sholat bersama di rumah selama 30 hari lamanya. Biasanya sebelum pandemi sholat tarawih di masjid, tapi ada kalanya suami pulang kerja malam sehingga gak bisa sama-sama sholatnya.

📌 Lebih Mendekatkan Diri Pada Allah


Kita dapat memuliakan Allah dan memohon ampunan kepada-Nya dengan berdzikir. Pada bulan Ramadan sebagai bulan penuh ampunan dan banyak berkah diberikan pada umatnya, yuk tetap mendekatkan diri pada Allah. Berdzikir selain anjuran dari Allah juga kita mengharapkan ridho serta tempat terindah di hari akhir nanti. 

Momen mendekatkan diri pada Allah juga bisa sekaligus meminta doanya agar diberikan keselamatan lahir dan batin apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Selain dzikir pastinya sholat lima waktu juga jangan sampai terlewat karena ini sudah kewajiban yang harus dijalankan umat muslim. Yang biasanya suka menunda sholat, yuk mulai membiasakan diri sholat tepat pada waktunya.


📌 Tetap Menjaga Silaturahmi


Silaturahmi dalam Islam juga sangat disarankan dan sebagai salah satu cara bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Pada kondisi pandemi ini, kita tidak bisa leluasa menjalani silaturahmi seperti biasanya. Tapi, hal tersebut bukan suatu halangan apalagi saat ini kita hidup dengan teknologi yang sudah canggih. Silaturahmi pun dapat lebih sering dijalankan secara virtual. Banyak aplikasi chat yang memungkinakn kita bisa terhubung satu sama lain melalui video call.



📌 Berbagi Keberkahan Dengan Orang Lain


Di bulan Ramadan kita pun berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan termasuk berbagi terhadap sesama. Sedekah tidak akan membuatmu miskin menurut HR Muslim.

Makanya banyak orang yang ikut berbagi keberkahan Ramadan dengan menyiapkan takjil atau makanan untuk berbuka puasa. Atau mengeluarkan zakat mal, wakaf, serta infaq di bulan Ramadan selain menunaikan kewajiban membayar zakat fitrah pastinya.


Tips Puasa Saat Pandemi


Supaya tetap dapat beribadah dengan maksimal dan menjalankan kebiasaan baik, selama puasa saat pandemi harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. 

Untuk menjaga kesehatan diri, kita juga harus konsumsi makanan bergizi seimbang dan rutin olahraga agar badan tetap bugar.

Tiap orang punya persiapan puasa saat pandemi agar tetap bisa istiqomah menjalan ibadah dan kebiasaan baik. Bagaimana dengan cerita puasa kalian saat pandemi? 


#Hari20
#BPNRamadan2021

Post a Comment

0 Comments