3 Persiapan Pembelajaran Jarak Jauh Yang Perlu Diperhatikan

3 Persiapan Pembelajaran Jarak Jauh Yang Perlu Diperhatikan. Gimana rasanya mantau situs Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online? Rasanya nano-nano banget lho, maknyus kalau kata Pak Bondan. Buat teman-teman yang sudah pernah memasukkan anaknya ke PPDB online untuk sekolah negeri pastinya tahu ya. Ada teman saya yang sampai gak bisa tidur atau bahkan terbawa mimpi saat melihat score atau posisi anaknya di sekolah pilihan turun.

Persiapan Pembelajaran Jarak Jauh




Kalau saya sudah ikut merasakan keriuhan PPDB Online dua kali nih, yang pertama saat si sulung masuk ke SMP dan kali ini masuk ke SMA. Yang paling menegangkan saat melihat pergerakan posisi nama anak di website PPDB. Alhamdulillah masa-masa itu sudah lewat dan si sulung sudah lolos serta diterima di SMA pilihannya. Di balik kebahagiaan ini sebetulnya ada kesedihan juga karena keponakan dan teman-teman ada yang tidak lolos. Bukan karena mereka ga mampu lho, tapi banyak hal. Semoga saja mereka mendapatkan sekolah terbaik, Insya Allah.

Gak terasa si sulung sudah mau SMA aja. Meskipun sudah diterima di SMA tapi perjuangan belum selesai karena masih ada 3 tahun berjalan sebagai langkah selanjutnya masuk PTN nantinya. Sebagai orangtua pastinya saya terus mendukung sambil berdoa semoga semua berjalan lancar dan sesuai dengan keinginan serta minta anak.

Yang saya khawatirkan saat ini proses pembelajaran masih dilakukan secara daring karena pandemi. Awalnya ada harapan proses pembelajaran tatap muka 50%. Tapi melihat kasus covid terus meningkat kemungkinan besar untuk tatap muka masih kecil, saya pun masih menunggu keputusan dari pihak sekolah dan pemerintah.


Persiapan Pembelajaran Jarak Jauh


Sudah 3 semester sebelumnya pembelajaran daring dilakukan, artinya jika tahun ini masih ditetapkan daring lagi setidaknya kami sudah siap.  Kami hanya bisa mengikuti aturan saja untuk kebaikan bersama sambil berharap dan berdoa senantiasa sehat dan bisa beraktivitas kembali seperti sebelum ada pandemi.

🎀 Menyiapkan Device Untuk Belajar


Metode pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di setiap sekolah pastinya berbeda, tapi diharapkan siswa bisa mengerti. Persiapan yang harus saya perhatikan pastinya device dan koneksi internet sebagai sarana wajib belajar online nantinya.

Selain peralatan belajar, suasana di rumah untuk belajar daring juga harus mendukung supaya anak bisa berkonsentrasi dan menerima pelajaran dengan baik. Syukurnya di rumah anak-anak punya ruang belajar masing-masing di kamarnya, jadi satu sama lain tidak terganggu. Begitu pula dengan device milik sendiri tidak perlu bergantian.



🎀 Saling Bersinergi


Tugas saya selanjutnya tinggal memantau perkembangan belajar mereka saja. Bertanya apakah ada kendala atau tidak ketika belajar online.

Dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, kami sebagai orang tua harus bersinergi bersama guru maupun anak sendiri agar proses belajar dapat berjalan dengan baik. Salah satu tugas saya sebagai orangtua adalah memantau, memberikan dukungan dan memberikan fasilitas yang dibutuhkan.


🎀 Cari Bimbel Online Terbaik


Untuk si bungsu yang duduk di kelas 6 SD saya masih bisa mengikuti materi pelajaran yang diberikan oleh gurunya. Buat si sulung yang sudah SMA, meskipun saya bisa memantau, ingin juga memberikan tambahan materi yang lebih untuk persiapan dia ke kampus impiannya nanti.

Yang kami butuhkan saat ini adalah bimbel terbaik di Indonesia yang bisa membantu anak-anak memahami materi pelajaran sesuai dengan tingkatan kelasnya. Tidak cuma materi yang diberikan dalam bentuk modul atau video saja, namun kami membutuhkan tutor yang bisa membimbing langsung secara face to face. Sepertinya gak mungkin ya di masa pandemi seperti sekarang kalau harus belajar tatap muka. Makanya saya pun mencari bimbingan online yang bisa memberikan materi seperti face to face namun lewat online seperti Brain Academy.



Paket Brain Academy Online


Buat kalian yang belum tau apa sih Brain Academy, yuk kita kenalan dulu Insya Allah berguna informasinya.

Brain Academy by Ruangguru ini merupakan layanan kombinasi belajar offline dan online untuk siswa yang diajar oleh guru terbaik dan sudah diseleksi ketat.

Gak usah khawatir buat para orang tua yang gak mau anaknya mengikuti bimbel offline, Brain Academy juga punya layanan Brain Academy Online untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Di Brain Academy Online, siswa bisa mendapatkan berbagai fasilitas yang sudah disediakan seperti bimbel dengan kelas online interaktif. Di sini akan ada Star Master Teacher yang akan memberikan pengajaran langsung lewat aplikasi.

Keunggulan lainnya pun ada bisa dilihat pada gambar di bawah ya. 

metode pembelajaran jarak jauh




Perlu diingat di Brain Academy Online mempunyai 3 paket pilihan yang terdiri dari  kelas Reguler, Premium, dan Elite. Dari semua keunggulan tersebut di atas hanya kelas Elite yang bisa menikmati keseluruhannya. Dua kelas lainnya ada pilihannya kok, tapi semua sama-sama bisa menerima pembelajaran interaktif, paling tidak ada pemilihan jadwal, kelas pengembangan diri dan buku pengembangan jurusan saja.

Bimbingan belajar online Brain Academy Online bisa dijadikan pilihan orang tua dalam persiapan pembelajaran jarak jauh. Kalian  bisa tanya-tanya dulu melalu nomor whatsapp yang tertera pada webnya. Atau kalau mau tau cara pengajarannya juga bisa ikutan coba gratis terlebih dahulu.


Post a Comment

24 Comments

  1. Beneran bangga dan bersyukur banget karena ada RuangGuru
    Apalagi BRAIN Academy ini beneran ngebantu banget!
    Sebagai bimbel terbaik di Indonesia yang bisa membantu anak-anak memahami materi pelajaran sesuai dengan tingkatan kelasnya.

    Super duper FUN kalo join BRAIN Academy.
    Tidak cuma materi yang diberikan dalam bentuk modul atau video saja, namun kami membutuhkan tutor yang bisa membimbing langsung secara face to face.

    ReplyDelete
  2. Ow, ternyata Brain Academy Online ini ada 3 pilihan kelas ya mbak. Yang reguler, preium, dan elite. Memang deh PJJ ini entah sampai kapan dilaksanakan, selama masih pandemi sepertinya akan terus begini hiks :( Tapi sekarang sudah ada solusi ya, biar anak2 ga psuing banget sama mata pelajaran yang membingungkan. Minggu depan anak2 udah mulai masuk tahun ajaran baru. Aku mau ceki2 Ruangguru ini ah, siapa tau mau coba juga. TFS ya.

    ReplyDelete
  3. Emang ya di era sekarang,
    lebih mudah memutuskan untuk anak belajar online - bimbel online yang berkualitas - karena pilihannya sempit lagi, semua harus kembali PJJ

    Sama nih Lidya,
    aku juga deg degan pas penerimaan siswa kemaren, alhamdulillah lolos, jadi tinggal daftar ulang aja ke SMA

    ReplyDelete
  4. Wah, asiknya ini Bimbel, apalagi ada 3 pilihan yang bisa diambil sesuai kebutuhan, paket elite komlit banget keknya menjadi pilihan favorit nih.
    Bener banget MbaLid, tahun ajaran baru fix PJJ lagi, bener2 harus banyak yang dipersiapkan, termasuk bimbel online.

    ReplyDelete
  5. Allhamdulillah di tengah pandemi gini ada bimbingan belajar dari Brain Academy yang siap membantu orang tua dalam mengajarkan anaknya ya mba. Kalau pelajaran SD mah biasanya orang tua masih bisa menguasai. Tapai kalau udah kayak smp ke atas nggak semua pelajaran dikuasai orang tua. Jadi anak perlu juga dilesin menurut aku untuk membantu belajarnya.

    ReplyDelete
  6. Mbak Lidya selamat ya buat anaknya sudah lulus PPDB dan masuk ke SMA pilihannya. Pasti seneng banget ya. Dulu Alief pas lanjut ke SMA juga PPDB. Adeknya ga tahu nih nanti lulus SMP gimana, kayaknya mau lanjut di SMA swasta saja hihi. Biarlah dari SD sampai SMA swasta terus :))

    Iya nih kita masih lanjut PJJ ya, pandemi ga usai-usai juga huhu. Perlu persiapan banget memang. Daftar kelas Brain Academy Online juga oke tuh mbak, buat mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ya.

    ReplyDelete
  7. aku juga deg-degan karena Kayla tahun ini kelas 12 dan Fathir naik kelas 6
    Wow, tahun depan barengan deh masuk kuliah dan SMP, emaknya yang pening hahaha

    Kayaknya butuh bantuan dari Ruangguru nih, karena udah semakin sulit bantuin anak-anak belajar sekarang mah, jadi mending serahkan ke Ruangguru aja yaaah

    ReplyDelete
  8. waah boleh banget nih brain academy buat sulung aku yg tahun ini masuk kelas 9 sekalian buat persiapan masuk SMA juga ya mba...klo Ruangguru mah uadah ada nama yaa... jaminan mutu

    ReplyDelete
  9. aku juga suka ngobrol sama Bo dan Obi Liaa... tanya gimana kelas onlinenya. Malah kadang kalau lagi WFH aku suka ikutan nguping hehehe

    ReplyDelete
  10. Keke bimbelnya di BrainAcademy. Udah masuk tahun ketiga. Dia betah banget bimbel di sini karena kegiatan belajarnya memang asik

    ReplyDelete
  11. Ngajarin anak itu susah maka kita suka bertengkar. Lebih baik kasih ke ahlinya seperti brain academy

    ReplyDelete
  12. Aku baru tau kalo ada kelas reguler, premium dan elite. Mungkin ada perbedaan fasilitas ya. Tapi ya nggak papa menurutku. Setidaknya tentu kalo ingin memahami pelajaran, berbagai cara akan ditempuh.

    ReplyDelete
  13. Mba, aku mau nyoba juga tapi yang gratis dulu di Brain Academy ini. Butuh buat anakku

    ReplyDelete
  14. Selamat buat si Sulung diterima di SMA pilihannya. Tahun kedua pembelajaran jarak jauh ini memang mesti disiasati. Ada persiapan agar lebih mantap materi sehingga ikutan bimbel seperti Brain Academy ini akan penting sekali

    ReplyDelete
  15. Selamat mba buat anaknya. Alhamdulillah bs diterima di SMA pilihannya. Seneng bacanya. Di sosmed aku pd banyak ibu2 drama. Mudahan anak aku nanti tanpa drama. Dan iya.. Skrg krn serba online drpd emaknya riweuh mending pake ruangguru aja ya.

    ReplyDelete
  16. rekomendasi untuk para keponakan nih, biar belajarnya makin semangat
    brain academy salahs atu pilihan tepat ya Mba Lid

    ReplyDelete
  17. wah iya, sebentar lagi tahun ajaran baru ya mbak. meski masih pjj tetap harus dipersiapkan ya mbak
    salah satunya dgn ikut bimbel online

    ReplyDelete
  18. Boleh bngt nih di Brain Academy Online, bisa mendapatkan berbagai fasilitasny lengkap sudah disediakan seperti bimbel dengan kelas online interaktif,, siap nih mba Aku mau lihat2 dulu

    ReplyDelete
  19. Saya nih lagi cari2 bimbel online yg ga mahal dan yg tepat buat anak2. Memang sih masih sd semua, tp gak kepegang kalau sama mamanya.
    Mau coba ceki2 brain academy deh

    ReplyDelete
  20. Isitmewanya tuh ada banyak yang persis seperti sistem di sekolah yaa..
    Seperti Kelas pengembangan diri dan Klub Hobi.
    Anak-anak usia remaja begini kan butuh aktualisasi dan pengakuan.
    Jadi bagus banget ikut belajar di Brain Academy.

    ReplyDelete
  21. Sarana belajar online ini banyak membantu banget..apalagi sekarang kita gak bisa kemana-mana..anak-anak juga terbatas aktivitasnya ya.. Meski di rumah aja tetep bisa nambah ilmu..

    ReplyDelete
  22. Brain Academy Online untuk mendukung pembelajaran jarak jauh cukup lengkap dan bisa kita memilih paket yg sesuai ya.

    ReplyDelete
  23. Boleh juga nih bimbingan belajar online kayak gini. Sekarang ngandelin pelajaran dari sekolah aja ga cukup ya rasanya. Harus banyak berlatih juga nih, terutama udah kelas 6 ya huhuu... rasanya kayak kurang aja belajarnya deh klo hanya dapet soal-soal dari sekolah.

    ReplyDelete
  24. Ngga cuma fokus ke penyampaian materi aja, fitur lainnya yang bisa bantu meningkatkan semangat anak belajar di Brain Academy banyak.

    Soalnya ada beberapa anak yang bosen belajar di rumah, masalah ini bakal bisa diatasi di Brain Academy.

    Mulai kelas berapa bisa ikut Brain Academy mba?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya