Mengenal Pahlawan Indonesia Lewat Channel KOK BISA?

"De, cepet setel channel youtube Kok Bisa udah ada video baru!" Kata si Aa beberapa hari lalu. Dia pun bertanya pada saya "Mama tau gak Abdul Haris Nasution?" Bukannya menjawab, tapi saya malah melontarkan pertanyaan balik "Oh bapaknya Ade Irma?".  Eh Aa malah kebingungan hihihi, akhirnya dia googling dulu deh.

mengenal pahlawan indonesia




Belajar sejarah Indonesia saat ini gak mesti didapatkan dari pelajaran di sekolah saja, tapi bisa lewat berbagai sumber seperti buku maupun laman-laman di internet. Lewat drama musikal kemerdekaan pun kita bisa belajar mengenai kepahlawanan secara menarik.

Nah, anak-anak ternyata belajar mengenal nama-nama pahlawan Indonesia melalui channel youtube KOK BISA? yang sering mereka tonton.

Jujur saja, saya sendiri tidak tahu channel tersebut awalnya, justru dari mereka yang memberi tahu. Oh ya beberapa waktu lalu saya pernah menuliskan bahwa anak mengenal gadget dan menggunakannya apalagi di jaman digital seperti saat ini dan dalam kondisi pandemi penggunaan gadget penting untuk mencari ilmu juga. Boleh saja mereka memakai gadget asal menerapkan tips menggunakan gadget dengan baik. 

Belajar Lewat Channel KOK BISA?


Anak banyak tanya, itu berarti kreatif. Tapi kadang membuat orang tua kewalahan kalau pertanyaannya semakin sulit, maklum lah sudah lama gak ikut mempelajari hal-hal seperti yang mereka tanyakan.

Ada channel youtube namanya Kok Bisa yang membahas tentang ilmu pengetahuan nih yang bisa kita simak bersama keluarga. Ilmu pengetahuan yang ditayangkan dalam bentuk animasi sehingga menarik anak-anak untuk menontonnya.

Dari beberapa video yang sudah saya saksikan, hal rumit disajikan dengan ringan dan mudah dimengerti oleh semua orang terutama anak-anak.

Channel Kok Bisa bukan cuma buat anak-anak yang ingin mencari tahu tentang apapun yang ingin mereka ketahui, tapi buat dewasa pun bisa disimak untuk refresh ilmu.

Mau belajar tentang matematika, fisika atau ingin tahu tentang Coronavirus, semua disajikan lewat animasi.


 #SeriTokohBangsa 2021


Di bulan Agustus 2021 ini channel Kok Bisa? menghadirkan kembali @SeriTokohBangsa season 3. Ada tiga video youtube mengenai cerita singkat perjuangan pahlawan Indonesia diantaranya yaitu:

📌 Serangan Kejutan Sang Panglima Besar

Pada video ini bercerita tentang perjuangan Jenderal Soedirman melawan penjajah yang belum mengakui kemerdekaan bangsa Indonesia. Meskipun kondisi kesehatannya tidak memungkinkan jenderal besar ini tetap semangat untuk mempertahankan kemerdekaan.

Dari video ini juga kita bisa belajar sejarah mengenai Agresi Militer Belanda II. Jenderal Soedirman juga melakukan strategi untuk melakukan serangan 1 Maret 1949.


📌 Merdeka atau Mati : Pertempuran Besar Pertama Bangsa Indonesia


Pada video ini bercerita tentang perjuangan Bung Tomo di Jawa Timur, tepatnya di Kota Surabaya yang dikenal juga dengan kota Pahlawan.

Bung Tomo yang awalnya bekerja sebagai jurnalis dan di kantor berita hingga membawakan berita kemerdekaan dalam bahasa Jawa.

Perjuangan beliau begitu berat untuk menurunkan bendera lain yaitu bukan bendera merah putih karena ingin kedaulatan bangsa tetap berdiri.

📌 Kota Surga yang Hangus Jadi Neraka


Bercerita tentang bumi pasundan dan Abdul Haris Nasution yang dihadapi dilema besar yang harus memilih antara pertempuran darah atau berkorban sampai titik darah penghabisan.

Di video ini kita bisa kembali mengenal tentang terjadinya Bandung lautan Api, dan terbentuknya cikal bakal TNI.

Dari ketiga Seri Tokoh Bangsa ini disajikan dengan sederhana supaya mudah dimengerti dan gambar animasi yang menarik. Dari video tersebut pula supaya mengingatkan kita supaya senantiasa selalu mengingat para pahlawan dan tetap harus maju ke depan untuk mengarumkan nama bangsa.

channel youtube kok bisa?



Selain tiga seri tersebut sudah ada Seri Tokoh Bangsa lainnya yang udah tayang di tahun 2019 dan 2020 lalu. Semuanya bisa kita tonton untuk mengenal para pahlawan dan perjuangannya. Mengenal Pahlawan Indonesia Lewat Channel KOK BISA? membuat kita selalu menghargai perjuangan para pahlawan. Belajar lewat video youtube juga merupakan salah satu cara sukseskan pembelajaran jarak jauh.

Post a Comment

22 Comments

  1. walau belajar dirumah tetap bisa tahu seri tokoh bangsa ya mba :) thank you buat kemajuan teknologi canggih jaman sekarang

    ReplyDelete
  2. Asik asiiik, ada rekomendasi channel Kok Bisa yg siap jadi rujukan keluarga Indonesiaaaa
    semoga makin banyak yg mengakses channel ini ya, sarat faedah dan konten edukasi kan mbaaa

    ReplyDelete
  3. Rekomendasi channel tontonan baru nih mba, kasih tau anak di rumah yg jg banyak tanya. Minta nonton Kok Bisa aja, emaknya ga kewalahan menjawab.

    ReplyDelete
  4. Channelnya so cute...
    Anakku pasti suka niih... Pas kapan nemu sejarah mengenai Kerajaan-kerajaan di Indonesia dan ia takjub dengan apa yang didengar.

    Sebenernya yaa.. sejarah Indonesia ini kalau diangkat menjadi drama layaknya drama Korea sageuk, pasti bakalan keren banget.
    Asal jangan terlalu panjang eps nya kaya Angling Darma aja..

    ReplyDelete
  5. Kayaknya bagus channelnya, biaa dijadikan rekomendasi anak-anak untuk belajar sejarah. Soalnya memahami pelajaran sejarah gampang-gampang susah kalau cuman baca aja. Harus ngapalin tanggalan. Tapi kalau dikemas dengan video menarik anak-anak mudah mengerti sepak perjuangan pahlawan

    ReplyDelete
  6. Baru tahu kalau ada channel YouTube KOK BISA. Penasaran nih pengen nonton seri tokoh bangsa setelah baca postingan ini soalnya keponakanku juga suka nonton video kartun dan lagu anak-anak di YouTube.

    ReplyDelete
  7. Saya tu dulu ngga suka pelajaran Sejarah, karena rumit. Nah kalau dikemas dalam bentuk video gini jadinya kan lebih menarik dan insya Allah lebih mudah dipahami juga.

    Jadi inget kemarin saya kelepasan ngomong "Bandung Lautan Api" pas di TV ada lagu Halo Bandung. Terus, Amay tanya, "Ha, Bandung Lautan Api?" Dia penasaran dong sama ceritanya.

    Nanti aku tunjukin channel "Kok Bisa" deh, biar dia bisa belajar dari situ juga.

    ReplyDelete
  8. Aku baru tahu chanel ini mba Lid, siap ah kepo-kepo dulu siapa tahu jadi sayang ye kan. Apalagi ini rekomendasi canel keluarga Indonesia untuk mengenal para pahlawan

    ReplyDelete
  9. yang penting giat untuk memperkenalkan pahlawan indonesia dan menanamkan nilai-nilai kebangsaan aku sih support ya, mau di platform manapun. Sukses selalu

    ReplyDelete
  10. Belajar dari YouTube apalagi dengan adanya visual animasi pasti membuat anak lebih happy. Belajar sejarah yang awalnya kurang menarik justru sekarang bikin ketagihan. Salut dengan content creator Indonesia yang bikin konten edukasi tentang pahlawan seperti channel Kok Bisa tersebut.

    ReplyDelete
  11. Baru tau juga nih channelnya, penting buat anak-anak belajar sejarah dan cerita pahlawan, biar semangat nasionalisme terpupuk dan terjaga dari kecil

    ReplyDelete
  12. Jaman aku kecil dulu seneng banget baca buku-buku yang isinya kisah para pahlawan. Klo sekarang, anak-anak bakalan lebih mudah memahami dengan tayangan melalui channel youtube gini yaa.. Mau ajak Faris aah nonton ini, biar ga lihat tontonan cara ngehack games melulu. :D

    ReplyDelete
  13. Jadi rekomendasi Chanelnya ya Mbak, sangat mengasah pada pengetahuan sejarah anak dalam mengenal tokoh pahlawan Nasional Indonesia.

    ReplyDelete
  14. Ini bagus nih channel Kok Bisa. Anak-anak jadi bisa banyak belajar mengenai sejarah dan pahlawan. Dari sini pula nanti terbangun nasionalisme dan cinta negara. Aku serem euy sama generasi sekarang, pada banyak yang lupa sejarah

    ReplyDelete
  15. Makasi rekomensasi channelnya ya Mbak.... Pas banget kemarin baru bacain buku Seri Cinta Tanah Air ke anak, nanti aku lengkapi dengan nonton video-videonya.....

    ReplyDelete
  16. Wah rekomendasinya asyik nih.... tinggal nyetel channel ini ya kalau ingin tau lebih banyak tentang pahlawan Indonesia...mantaps

    ReplyDelete
  17. Waah baru tahu ada channel ini mbak. Bagus buat tayangan anak2 juga yang kebanyakan nanya dan kita gak ngerti kud jawab apa ya haha
    Bagus buat belajar sejarah anak2 juga nih. Eh masih ada gak sih pelajaran Sejrah itu?

    ReplyDelete
  18. wah aku kudet banget ya. aku baru tahu nih ada chanel kok bisa, kayanya bagus banget deh buat media pembelajaran anak. makasih infonya lho mba

    ReplyDelete
  19. Jadi ingat sejarah perjuangan Indonesia dengan tokoh dan pahlawan yg disajikan dalam film. Aku kenalkan ke anak-anak mbak agar mereka lebih mengingat sejarah.

    ReplyDelete
  20. waah catet catet channelnya, kalau gini anak lebih mudah mengenal sejarah. Kalau disuruh baca buku agak susah soalnya ihihih

    ReplyDelete
  21. wah baru tau nih ada Channel Kok Bisa ini.. Bagus nih untuk mengenalkan tokoh2 pahlawan untuk anak, soalnya mamanya kurang bisa bercerita xD hihi.. Makasih ya mba rekomendasinya ^^

    ReplyDelete
  22. Wah aku baru tahu nih kalau ada channel edukasi kayak gini mbak, mau coba lihat ah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya