Sosialisasi Bulan Inklusi Keuangan Edukasi Masyarakat Lewat FinExpo 2021

Siapa yang menjadi CFO (Chief Financial Officer) yang ada di keluarga kalian saat ini? Tiap keluarga punya direktur keuangan yang berbeda, bisa dipegang oleh suami atau istri tergantung kesepakatan. Tapi menurut riset katanya sih mayoritas dipegang oleh perempuan, dalam hal ini istri. Tapi sayangnya pemahaman perempuan akan literasi keuangan masih rendah dibandingkan dengan laki-laki. Makanya perempuan juga harus memahami literasi keuangan yang baik dengan belajar dari media apapun termasuk berkunjung ke Financial Expo 2021 yang sedang diselenggarakan dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan yang diadakan secara virtual. Yuk, cari tahu instrumen apa saja yang bisa membantu keluarga supaya lebih tangguh finansialnya.

Bulan Inklusi Keuangan





Mengenai Bulan Inklusi Keuangan


Mungkin banyak yang belum mengetahui kalau bulan Oktober ini dinyatakan sebagai Bulan Inklusi Keuangan sejak tahun 2016 lalu. 

Inklusi Keuangan adalah ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat (Peraturan OJK No. 76/POJK.07/2016 tahun 2016).

Nah, Inklusi Keuangan ini banyak lho manfaatnya salah satunya adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan pemerataan akses terhadap produk dan layanan keuangan.

inklusi keuangan adalah



Saya percaya teman-teman di sini pastinya sudah pada punya rekening bank dong? Tapi, ternyata masih ada perempuan-perempuan lain yang belum punya rekening bank karena berbagai alasan diantaranya gak punya akses layanan perbankan. Mereka ini masih menyimpan uang di rumah, entah di dompet atau tempat lain atau bahkan ada yang masih menaruh uang di bawah kasur?

Menabung di bank tersebut adalah salah satu contoh inklusi keuangan yang kita ketahui dalam keseharian. Hal lainnya yang termasuk dalam inklusi keuangan adalah menggunakan transaksi perbankan secara online, investasi dan asuransi. 


Penyelenggaraan Financial Expo 2021 


Di bulan Oktober ini pula bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) berkolaborasi dengan Industri Jasa Keuangan menyelenggarakan Financial Expo 2021 secara virtual untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya akses ke layanan jasa keuangan dan perlindungan asuransi jiwa.

Bulan Inklusi Keuangan



Financial Expo 2021 ini diselenggarakan secara online mulai 18 Oktober - 2 November 2021 mendatang. Teman-teman yang ingin berkunjung bisa registrasi dulu pada website www.finexpo-bik2021.id.

Kalau pada pameran jasa dan produk keuangan yang digelar secara offline akan menemukan banyak booth dari berbagai perusahaan, masa di Financial Expo 2021 ini pun bisa menemukan booth-booth tersebut kok hanya saja secara online. Ini adalah tahun kedua FinExpo 2021 diselenggarakan secara online di masa pandemi.

Rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan 2021 yang ada pada FinExpo 2021 ini meliputi informasi mengenai penjualan produk atau jasa keuangan, webinar edukasi keuangan, dan pameran jasa keuangan melalui booth online yang ada pada website.

Buat pengunjung yang sudah registrasi berkesempatan mendapatkan doorprize dengan hadiah jutaan rupiah setiap harinya. Makanya nih jangan lewatkan berbagai informasi yang ada di FinExpo ya!

Berkunjung ke Booth Asuransi Prudential


Oh ya, selain akses ke layanan jasa keuangan, inklusi keuangan yang perlu kita ketahui adalah mengenai perlindungan dalam hal ini adalah asuransi. Tepat sekali kalau Prudential juga hadir pada FinExpo 2021 untuk mengedukasi masyarakat sesuai dengan tema Hari Asuransi tahun ini yaitu "Literasi Asuransi Untuk Negeri, Kenali - Pahami - Miliki".

contoh inklusi keuangan



Pada FinExpo 2021 ini, coba deh untuk berkunjung ke booth Asuransi Prudential. Di sini kita bisa memperoleh informasi mengenai pentingnya asuransi yang disajikan lewat tayangan video.

Saya sempat melihat salah satu video yang dibawakan oleh Merry Riana yang menjelaskan mengenai 4 produk asuransi jiwa dan cara pembayarannya. Dari video ini kita bisa teredukasi supaya tidak salah memilih jenis asuransi.

Teman-teman juga dapat menyaksikan video edukasi lainnya pada video gallery yang ada di booth Prudential.

Setelah mencari tahu informasi mengenai asuransi secara umum lewat video, pengunjung juga ditawarkan berbagai promo atau program oleh Prudential yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Tahu gak sih bagaimana cara membuktikan cinta dan memberikan cinta selamanya pada keluarga?
Lewat PRUCinta yaitu produk asuransi jiwa syariah tradisional kita bisa mempersembahkan cinta untuk selamanya pada keluarga, karena kita sebagai orangtua tidak bisa hidup selamanya.  Promo produk lainnya dari asuransi Prudential bisa kita dapatkan dengan menghubungi agen asuransi dengan mengklik tombol yang sudah disediakan untuk bertanya lebih detail lagi. 

Diharapkan dengan adanya sosialisasi Bulan Inklusi Keuangan dengan mengedukasi masyarakat lewat FinExpo 2021, masyarakat bisa mengenali produk-porduk asuransi yang ada termasuk dari Prudential lalu memahaminya dan segera memilikinya. 

Jujur saja selalu ada kekhawatiran dalam menjalani kehidupan ini terutama untuk masa depan kami dan anak-anak. Untuk itu diperlukan perlindungan total supaya bisa hidup bebas khawatir lewat asuransi dan perencanaan keuangan yang baik.


Post a Comment

49 Comments

  1. Memang mba hati-hati banget dalam memilih asuransi, karena asuransi bagian dari perencanaan keuangan kita di masa depan Kalau prudential sih rekomend setahu aku karena dulu suami juga pakai

    ReplyDelete
  2. Saya kemaren juga berkunjung nih di virtual boothnya Prudential, dan yang paling menyenangkan juga bisa liat tips dari Merry Riana tentang cara memilih asuransi kesehatan.
    Senang banget deh, jadi kunjungan yang berfaedah banget :)

    ReplyDelete
  3. Ternyata ya meskipun jadi menteri keuangan, literasi perempuan masih kalah dengan laki-laki apa mungkin wanita terlalu banyak mikir dan sibuk ngatur pengeluaran sehingga pemasukan hanyabdianggap angin lalu. Datang, nyamperin, habisin, haha..
    Btw acaranya keren ya, pameran keuangan tapi sifatnya virtual, jadi penasaran selain Prudential ada booth apa lagi..

    ReplyDelete
  4. Sudah sepatutnya semua elemen masyarakat bisa mengakses produk financial dgn baik ya.
    Salut banget dgn event ini. Keren, bisa ningkatkan wawasan di keuangan

    ReplyDelete
  5. Bener mbak lid, di zaman sekarang masih banyak juga lingkungan daerah pedalaman yg agak susah layanan akses bank milih nyimpen duit sendiri di rumah, bahkan pernah baca kisah nenek2 yang nyimpen duit di bawah kasur, pas mau diambil semua duitnya kena rayap hancur semua.

    ReplyDelete
  6. Betul ya mba, sebagai seorang ibu dan istri harus melek literasi finansial karena biasanya yang memegang kendali keuangan adalah ibu/istri. Saya baru tahu ada bulan inklusi keuangan.

    ReplyDelete
  7. Aku baru tau soal bulan inklusi keuangan. Thanks banget infonya kak. Jadi lebih paham aku sekarang.

    ReplyDelete
  8. Nah, asik banget ini kalo ada boothnya langsung, jadi kita kan lebih memahami banget tentang pentingnya literasi keuangan .
    Apalagi sekelas Prudential juga hadir pada FinExpo 2021 untuk mengedukasi masyarakat.
    Nenddang banget tema Hari Asuransi tahun ini yaitu "Literasi Asuransi Untuk Negeri, dengan Kenali - Pahami - Miliki.

    Kalo aku dipegang bapake olip menteri keuangannya , hahaa.

    ReplyDelete
  9. Senang saya pun bisa ikut hadir di acara pameran virtualnya BIK 2021 ini. Banyak ilmu batu dan informasi seputar literasi financial ya

    ReplyDelete
  10. wah aku baru tau ada event online Financial Expo 2021, untungnya masih berlangsung sampai tanggal 2 november ya mba, masih ada kesempatan untuk ikutan ^^ pengen juga deh berkunjung ke booth prudential ini, ada sepupuku yang memakai asuransi ini.

    ReplyDelete
  11. Acara Bulan Inklusi Keuangan dengan Prudential ini memberikan pencerahan banget dalam memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan keluarga ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat mencerahkan banget dan insight tersendiri, aplalagi bagi mereka yang belum memahami literasi financial, semoga saja maki aware betapa pentingnya asuransi terutama untuk masdep anak2 agar bebas dari rasa khawatir.

      Delete
  12. Keren nih acaranya jadi memberi banyak insight baru terutama soal asuransi dan keuangan ya Mba... Baru tau lho akutu kalau ada bulan inklusi keuangan ini...

    ReplyDelete
  13. Setuju, Mbak, perempuan juga harus memahami literasi keuangan yang baik. Dengan mengunjungi Financial Expo 2021 kita bisa belajar melalui informasi mengenai penjualan produk atau jasa keuangan, webinar edukasi keuangan, dan pameran jasa keuangan melalui booth online. Lengkap, ya ...

    ReplyDelete
  14. menarik banget eventnya mbaa.. semoga kedepannya banyak orang makin melek financial dan paham betapa pentingnya asuransi..

    ReplyDelete
  15. Perencanaaan keuangan yang baik itu wajib banget dilakukan sejak dini. Jangan abai deh karena bagaimanapun kita harus menyiapkan dengan baik buat masa depan anak anak ya

    ReplyDelete
  16. Kupikir dengan kemudahan akses membuat rekening tabungan online memicu ibu-ibu di rumah yang kesulitan keluar rumah jadi terbantu. Ternyata masalah lainnya muncul, yaitu kekurangpahaman penggunaan gadget. Sulit lagi ini mbak, haha

    ReplyDelete
  17. Dengan banyaknya informasi mengenai literasi keuangan dan manfaatnya begini..jadi terbuka mata hatinya yaa, kak..
    Semoga dengan pemahaman, bisa lebih mantap melangkah untuk mempersiapkan masa depan.

    ReplyDelete
  18. Menteri keuangan rumah tangga memang kudu banget nih mengunjungi event keren seperti Fin Expo BIK ini biar bisa dapat edukasi juga tentang finansial sekaligus asuransi ya jadi makin matang atur finansial planning dalam keluarganya

    ReplyDelete
  19. Aku juga mampir ke booth virtual Prudential nih...Ada promo juga ya...Tipsnya juga penting banget jadi lebih melek tentang asuransi

    ReplyDelete
  20. seru nih event online Financial expo 2021, selain bisa akses ke layanan jasa keuangan, juga harus mengetahui tentang asuransi ya.

    ReplyDelete
  21. Sudah jadi aja ini tulisan
    Saya masih nulis dan sangat excited dengan pemaparan Merry Riana soal asuransi kesehatan di sini

    ReplyDelete
  22. Saya juga mau ah hadir di pameran FIN Expo 2021 ini. Kita ketemuan ya nanti mbak, janjian di mana nih? Terus dijawab: di rumah masing-masinglah.. Hahaha ya ampun seru amat vibesnya, padahal virtual..salut deh sama penyelenggara aja, juga sama Prudential yang turut mengisi booth di sana, semoga lancar kegiatannya

    ReplyDelete
  23. Bulan Inklusi Keuangan dari Prudential ini juga membantu para ibu rumah tangga untuk mempersiapkan berbagai hal. Khususnya dalam hal perencanaan di masa depan ya mbak.

    ReplyDelete
  24. Wah, acara virtual inklusi keuangan ini bagus dan bermanfaat sekali bagi masyarakat ya :) Terutama Prudential yang sudah tentu dipercaya sejak lama untuk urusan asuransi. Literasi keuangan apalagi yang serba digital harus diketahui dan diterapkan kita supaya kini dan nanti memiliki masa depan cerah bersama keluarga tercinta.

    ReplyDelete
  25. Acara yg sarat faedah banget ya Mbaaa
    Dengan adanya inklusi keuangan, bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dengan pemerataan akses terhadap produk dan layanan keuangan.
    Mantab!

    ReplyDelete
  26. Memang, meski punya andil dalam pengelolaan keuangan rumah tangga masih banyak perempuan yang tak punya akses ke jasa/produk keuangan. Bahkan awam tentangnya. Maka bulan inklusi keuangan menjadi sarana untuk mengedukasi semua termasuk permpuan akan pentingnya literasi keuangan. Apalagi kalau ada financial expo virtual begini, kan mudah diakses darimana saja oleh siapa saja

    ReplyDelete
  27. Perencanaan keuangan memang sangat penting bagi tiap keluarga. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Memilih asuransi pun perlu pertimbangan banyak hal pastinya. Memang asuransi kesehatan atau jiwa itu perlu banget, buat jaga-jaga di kemudian hari

    ReplyDelete
  28. Baru tau aku ada bulan inklusi keuangan dari artikel ini. Pastinya akan dapet banyak informasi baru tentang literasi financial ya mbak

    ReplyDelete
  29. Asuransi merupakan bukti nyata cinta kita terhadap orang2 yang kita sayang.
    Asuransi itu melindungi orang2 terkasih.

    ReplyDelete
  30. Sebagai menteri keuangan di dalam keluarga, ibu/istri memang dituntut untuk lebih cerdas dalam literasi keuangan ya, supaya keuangan keluarga bisa sehat terus

    ReplyDelete
  31. Perlindungan total supaya tak kuatir jalani hidup memang lebih terbantu jika adanya asuransi ya mba. Semoga dengan adanya bulan inklusi ini menambah informasi keuangan, asuransi bagi masyarakat ya mba

    ReplyDelete
  32. eventnya menarik, masih berlangsung kan ya? untung aku belum telat. nanti mau coba ke sana ah....
    aku termasuk salah satu perempuan yang kurang melek soal financial, meski punya rekening sendiri (dan seringnya cuma buat numpang lewat). soal perencanaan keuangan semua aku serahin ke suami. tapi kayanya pelan-pelan aku harus bisa paham dan mulai mikirin rencana seandainya hal-hal yang tak terduga terjadi

    ReplyDelete
  33. Kayak ditabok deh nonton bazar keuangan seperti ini
    aku selama ini udah nabung asuransi yang mana ya? aku udah investasi apa aja ya?

    ReplyDelete
  34. Sebagai calon Menteri Keuangan, aku kudu datang ke Financial Expo 2021 ini deh. Terus kalau udah ada pasangan, soal asuransi juga kudu didiskusikan. Biar sama-sama enak ya soal masa depan

    ReplyDelete
  35. Sebagai calon Menteri Keuangan, aku kudu datang ke Financial Expo 2021 ini deh. Terus kalau udah ada pasangan, soal asuransi juga kudu didiskusikan. Biar sama-sama enak ya soal masa depan

    ReplyDelete
  36. Saya pun kadang merasa khawatir mbak soal kehidupan anak-anak di masa depan, terutama kalau misalnya terjadi apa-apa dengan saya atau suami. Karena itu perlindungan dari asuransi bisa membuat perasaan khawatir itu pelan-pelan menghilang

    ReplyDelete
  37. masih ada waktu yang buat mengikuti sampai 2 November mendatang, menarik ini untuk di kepoin

    ReplyDelete
  38. Iya saya akui mba sekitar uang dipe gang semua tapi jujur literatur keuangan juga emang rendah hahaa..btw suka dh ni ada booth virtual bisa berkunjung ttp harus ke sana ya

    ReplyDelete
  39. Duh jadi kebayang datangi booth satu persatu di event offline nya hihi.
    Btw aku udah berkunjung ke booth Prudential, banyak dapat informasi disana

    ReplyDelete
  40. sungguh acara yang mencerahkan ya mbak Fin Expo BIK ini
    aku jadi tahu banyak tentang beragam produk asuransi

    ReplyDelete
  41. Wah penting banget tu apa yang disampaikan mbak Merry jangan sampai ya salah milih asuransi soalnya sering dengar kabar susah narik uang lah apalah
    Makanya kudu jelas infonya dulu sblm akhirnya memutuskan membeli produk asuransi yang tepat ya mbak TFS

    ReplyDelete
  42. Aku belum ikutan ini nih mba Lid, FinExpo BIK2021 pasti banyak ilmu dan awawasan soal finansial ya. Literasi keuangan dibutuhkan banget apalagi buat ibu rumah tangga mbam aku nih. Kudu bijak banget ngurusnya

    ReplyDelete
  43. emang penting banget liteasi keuangan buat kita ya mbak. apalagi di bulan inklusi keuangan ini jadi bikin makin paham sama kesehatan keuangan sendiri

    ReplyDelete
  44. memang kebanyakan yang pegang keuangan keluarga itu istri atau ibu ya, mbak. makanya memang penting banget buat wanita untuk melek dalam urusan finansial ini. untung banget nih sekarang gampang banget buat bisa dapat edukasi soal finansial ini kayak acara webinar dan yang lainnya

    ReplyDelete
  45. Dengan adanya event bulan inklusi keuangan gini tentu masyarakat pun semakin teredukasi juga ya dan memahami beragam produk keuangan. Pastinya saya pun nambah insight baru juga setelah membaca ulasannya nih.

    ReplyDelete
  46. Ga perlu jauh-jauh, ada banyak tetanggaku juga masih banyak yang ga punya rekening di bank entah suami atau istri jadi mereka masih taro uangnya di rumah aja gitu.

    ReplyDelete
  47. Masih ada nih sampai besok, tau inklusi itu apaan aja baru baca disini :D. Keuangan emang dipegang istri, tapi ya gitu, bener literasinya kurang jadinya abes teros ahahhaha

    ReplyDelete
  48. Nah event kayak gini ini harusnya diperbanyak nih. Bagus untuk mengedukasi masyarakat. Terutama tentang urusan keuangan dan pengelolaan keuangan. Apalagi sebagai ibu butuh banget informasi tentang keuangan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya