Bootcamp Hacktiv8 Bantu Tingkatkan Skill di Bidang Teknologi

Ibu rumah tangga belajar coding? Boleh banget yang penting ada niat sungguh-sungguh dan bisa meluangkan waktu untuk belajar. Belajar coding di Bootcamp Hacktiv8 tempat yang tepat buat siapa pun yang ingin upgrade skill programming.

Bootcamp Hacktiv8



Sebetulnya dunia programming buat saya gak awam banget sih, karena saya pernah mempelajarinya waktu kuliah dulu dan menerapkannya di dunia kerja walaupun sedikit. Tapi, sudah lama banget gak coding lagi sejak resign kerja apalagi perkembangan coding juga makin pesat. Paling sesekali pakai html untuk utak atik blog aja, itu pun sambil melihat tutorial yang ada di internet kok.

Suami pun pekerjaannya setiap hari coding karena beliau seorang software engineer. Anak-anak pun suka diajarkan oleh suami, bisa aja sih saya ikutan minta diajarkan tapi waktunya kadang gak sinkron deh karena harus menunggu waktu luang suami.


Ikutan Sekolah Coding di Bootcamp


Waktu itu suami pernah cerita kalau di kantornya ada satu orang programmer baru masuk, katanya lulusan dari bootcamp. Wah asyik ya setelah lulus dibantu untuk penyaluran kerja seperti itu. Kami jadi punya niat untuk memasukkan si sulung juga ke bootcamp semacam itu. Tapi semua itu harus diserahkan ke anaknya lagi, kami ga bisa memaksakan kehendak juga, apalagi saat ini dia lebih tertarik dunia Fisika. Tapi saat ini pun si sulung sudah menggunakan programming untuk mempelajari ilmu Fisika tersebut.

Sambil menunggu anaknya siap untuk belajar di bootcamp, makanya kami berusaha mencari sekolah coding terbaik terlebih dahulu saat ini yang bisa membantu belajar programming untuk pemula dari awal hingga bisa. Buat ibu rumah tangga atau yang baru lulus kuliah pun bisa mengikuti bootcamp untuk meningkatkan skill yang dimiliki.

Sekolah coding



Kalau ada yang tanya kenapa gak belajar coding otodidak aja sendiri, kan bisa tanya suami juga kalau ada kesulitan. Kenapa harus memilih bootcamp? Tentu aja ada alasannya dong. Karena melalui bootcamp punya kurikulum sendiri yang bisa mengatur pembelajaran kita. Di sana juga ada ahlinya yang bisa menjelaskan bahasa pemrograman dari awal dan terstruktur. Jadi ada panduan belajar yang jelas dan lengkap dengan bimbingan ahlinya.

Lewat bootcamp, kita juga bisa belajar bersama dengan teman-teman lain yang sama-sama sedang menjalani bootcamp sekaligus memperluas koneksi yang bisa berguna juga untuk menunjang karir ke depannya.

Di bootcamp, juga lulusannya nantinya akan dibantu untuk penyaluran kerja dengan perusahan-perusahaan yang sudah bekerjasama. Namun tentunya sesuai kualifikasi yang dimiliki.


Kursus Full Stack Developer di Hacktiv8


Syukurlah akhirnya saya berkesempatan bisa merasakan mengikuti coding bootcamp terbaik terlebih dahulu dari anaknya nih di Hacktiv8 melalui pembelajaran online. Kali ini saya akan menuliskan review Hacktiv8 setelah mengikuti pembelajaran selama 4 hari. Meskipun waktunya singkat, tapi kami bisa mengetahui proses pembelajaran asli seperti student lainnya yang belajar selama 16 minggu full. Oh ya kelas yang saya ambil ini adalah kelas Full Stack Developer.

Buat kalian yang belum tau apa sih Full Stack Developer saya kasih tau dulu penjelasannya ya. Jadi, Full Stack Developer ini adalah mereka yang ahli di front-end (keterampilan yang dimiliki untuk membuat tampilan web baik yang akan ditampilkan pada browser atau smartphone) atau back-end (seseorang atau mereka yang bertugas membuat, atau mengubah data dibalik sebuah web dengan menggunakan bahasa pemrograman) agar bisa mengambangkan web.

Sebagai student, kami harus bersungguh-sungguh dan siap mengosongkan waktu untuk mengikuti kurikulum yang diberikan. Dalam satu hari kami diberikan lecture biasanya di pagi hari melalui Zoom. Kemudian setiap harinya itu ada tugas yang harus diselesaikan sebelum pembelajaran esok harinya.

Yang perlu disiapkan sebelum materi diberikan pastinya device yang mumpuni, karena nantinya saat mengerjakan coding kita perlu membuka beberapa aplikasi secara bersamaan seperti terminal, Visual Code Studio, browser untuk membuka Discord, GitHub maupun untuk menjalankan atau Running coding yang sudah dibuat. Belum lagi harus melihat kode-kode dari w3schools.com dan bootstrap. Rekomendasi laptop yang digunakan untuk belajar pemrograman ini adalah yang memiliki RAM minimal 4 biar gak berat dan bisa multitasking saat belajar.

Terkesan mengerikan dan susah ya kalau melihat istilah-istilah tersebut? Jangan takut, kalau memang ada niat Insya Allah bisa kok, apalagi mentor yang membimbing juga akan memberikan lecture dari awal supaya kita mengerti. Kalau untuk HTML sih selama ini saya sudah tau walaupun tidak hafal kodenya, tapi kalau urusan GitHub wah ini baru buat saya. Ternyata GitHub ini merupakan salah satu penghubung atau bisa dibilang sebagai folder bersama sebagai tempat menyimpan projectnya.

Pengajar di Hacktiv8 ini memang ahlinya banget, apa yang mereka ajarkan sampai ke muridnya dengan jelas. Nah, tantangannya adalah untuk mengulang dan berani mencoba-coba. Pokoknya berlatih terus jangan pernah putus asa. Dengan banyak berlatih maka akan terbiasa, ada kesalahan itu wajar. Jika ada kesulitan bisa ditanyakan saat jam yang sudah dijadwalkan. Kita juga bisa saling tukar pikiran dan bekerja sama dengan student lain.

Meskipun pembelajaran dilakukan secara online, tapi kita wajib hadir on-time dan harus on cam sesuai peraturan yang sudah diberikan. Pada bootcamp aslinya apabila student absen dalam jumlah tertentu makan akan di DO alias drop out. Sayang banget kan, sudah membayar untuk belajar tapi tidak dimanfaatkan dengan maksimal.

Selain ada tugas untuk pribadi, pada kursus Full Stack Developer ini juga ada tugas kelompok yang harus disiapkan. Lalu setelah selesai project yang dibuat akan diadakan presentasi secara online pula. Jangan coba-coba untuk menyontek pekerjaan teman atau grup lain lho, karena tim pengajar akan mengetahuinya dan kita akan mendapatkan pengurangan poin akibatnya bisa tidak lulus.  

Di akhir periode bootcamp juga akan diadakan semacam wisuda kelulusan untuk angkatan tersebut. Senangnya jika sudah memasuki tahap ini, artinya dunia kerja di industri teknologi sudah menanti. Belajar coding di Hacktiv8 pastinya akan mendapatkan pengalaman yang berharga, skil programing akan meningkat dan bisa belajar banyak dari para instruktur terbaik dan profesional.


Kenapa Harus Memilih Memilih Program Full Stack Developer di Hacktiv8?


Setelah membaca Review Hacktiv8 yang sudah saya dapatkan, sekarang tiba waktunya mengenal lebih dekat dengan Hacktiv8 nih supaya kalian gak ragu lagi kalau belajar programming untuk pemula ya di sini tempatnya.

Hacktiv8 merupakan coding bootcamp pertama di Asia yang sudah terdaftar dalam Council on Integrity in Results Reporting (CIRR) yaitu standar global yang dikembangkan oleh sekelompok sekolah coding yang memberikan transparansi dalam memberikan hasil belajar pada student.
Review Hacktiv8



đź“Ś Keunggulan Program Full Stack Immersive Hacktiv8



Kurikulum Update sesuai perkembangan dan kebutuhan industri

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal, untuk belajar Full Stack Javascript Immersive ini membutuhkan waktu 16 minggu di mana waktu belajarnya dari hari Senin hingga Jumat secara full. Belajar 4 hari saja saya sudah mendapatkan bayangan nyata tentang kurikulumnya apalagi mereka yang belajar full 16 minggu. Student akan belajar dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore. Setelahnya mereka harus mengerjakan tugas harian yang wajib dikumpulkan keesokan pagi sebelum lecture dimulai.


Kurikulum yang diberikan di Hacktiv8 mempunyai 6 pilar utama dan sudah teruji di perusahan ternama yaitu meliputi:
  • Fundamental Programming
  • Application Structure
  • Pengenalan Database
  • React & React Native
  • Membuat MVP
  • Final Project
Kursus Full Stack Developer



Dari kurikulum tersebut diberikan dalam 3 fase yaitu fase preparation sampai bootcamp yang terdiri dari 3 fase. Belajar di  Hacktiv8 juga memiliki instruktur berpengalaman dan prefesional. Siswa juga diberikan kesempatan untuk melakukan 1 on 1 mentoring.

350 Hiring Partner

Setelah lulus bootcamp sudah ada sekitar 350 perusahaan rekanan yang merekrut lulusannya, pastinya perusahan besar ada di dalamnya. Sebelum lulus, para siswa juga sudah diberikan arahan profesi apa saja yang bisa didapatkan untuk bekerja nantinya yang meliputi Full Stack Developer, Backend Developer, Software Engineer, dan Frontend Developer.

Ternyata menjadi murid di Hacktiv8 gak cuma diajarkan mengenaik coding saja, melainkan diajarkan juga bagaimana membuat CV yang baik serta cara interview supaya mereka lebih percaya diri.


Growth Mindset

Paham dan pintar saja dalam skil coding tidaklah cukup, di Hacktiv8 juga mengajarkan siswanya memiliki Growth Mindset untuk digunakan dalam pengembangan karir kedepannya.

Siswa juga akan mendapatkan sesi engineering empathy untuk menjaga kesehatan mental saat menghadapi dunia kerja sesungguhnya. Masing-masing siswa bisa berkonsultasi secara pribadi seputar topik pengembangan diri.


Money Back Guarantee

Sebagai Coding Bootcamp terbaik, siswa yang belajar coding di Hacktiv8 diberikan jaminan bekerja lewat hiring partner. Jika dalam waktu 1 tahun setelah lulus belum mendapatkan pekerjaan makan ada jaminan uang kembali 100%. Worth it banget kan belajar di sini dan yang pasti Hacktiv8 tidak asal-asalan dalam meluluskan siswanya. Hanya mereka yang punya kemampuan, kedisiplinan tinggi,  dan niat besar yang akan lulus.


Punya program ISA

Biaya untuk bootcamp sesuai dengan apa yang didapatkan. Dengan mengikuti bootcamp materi yang diajarkan juga fokus di situ aja tanpa ada tambahan materi lainnya seperti halnya kuliah.

Tenang aja buat siswa yang memang punya minat besar untuk belajar tapi ada kendala biaya, Hacktiv8 juga punya program ISA (Income Share Agreement) yaitu siswa bisa belajar terlebih dahulu tanpa harus membayar penuh di awal. Ketika sudah mendapatkan pekerjaan bisa dibayarkan dengan cara mencicil.

Mau berkarir di bidang teknologi, gak salah lagi kalau memilih menjadi Full Stack Developer. Kalaupun gak punya latar belakang IT masih bisa kok punya karir di sini dengan mengikuti Program Full Stack Hacktiv8


Selain bisa mengikuti bootcamp Hacktiv8 untuk meningkatkan skill di bidang teknologi, kita juga bisa mengikuti program dan kelas lain yang tersedia. Siapa tau aja diantara kalian ada yang penasaran ingin belajar Golang, bahasa pemrograman ciptaan Google atau coding untuk anak juga ada karena Hacktiv8 punya program Coding for Kids.







Post a Comment

39 Comments

  1. Wow, 16 minggu full dari Sebin sampai Jumat, pastilah materinya padat ya mbak. Dan yang penting kurikulumnya tepat nih, supaya kelar bootcamp student sudah siap bekerja. Apalagi di sini ada jaminannya kerja lewat hiring partner.

    ReplyDelete
  2. Kepingin nih mba bisa coding terus bikin games or aplikasi lain gitu yaaakk..

    Emang bener sih mending bljata Lewat bootcamp, kita juga bisa belajar bersama dengan teman2 baru yang sedang menjalani bootcamp sekaligus memperluas koneksi..

    ReplyDelete
  3. Kemarin baru baca juga soal Hacktiv8 ini dari blog Mak Alfa, dan aku tertarik mengarahkan Zahran untuk ikutan nih Mak. Mudah-mudah cocok untuk belajar soal strategi juga

    ReplyDelete
  4. Bootcamp yang mumpuni, berkualitas dan berkompeten serta mempunyai jam terbang tinggi sangat dibutuhkan untuk siapapun yang mau belajar coding sampai paham. Terutama mengajari anak-anak yang membutuhkan kesabaran saat melatihnya. Selain itu, bisa jadi rekomendasi juga tentunya..

    ReplyDelete
  5. Keren banget, kak Lia..
    Jadi modal awalnya kudu punya laptop atau gadget yang mumpuni yaa..
    Dan kebayang sih..kalau nge-running jadi lamban kalau gadget tidak mendukung.

    Mengikuti Full Stack Developer di Hacktiv8 tentu membuka mata akan pentingnya bahasa coding di era digital begini.

    ReplyDelete
  6. keren kalau bisa coding ya, pernah belajar coding materinya disampaikan terlalu cepat bikin aku pusing hahaha jadi deh menikmati aja

    ReplyDelete
  7. Kalau kita disiplin meski belajarnya secara online dan itu susah tapi kita bisa berhasil mempelajarinya dengan hasil yang memuaskan ya. Anak anak jaman sekarang apalagi cepat tanggap. Coding jadi sebuah tantangan yang harus bisa ditaklukkan

    ReplyDelete
  8. yampun keren banget bisa belajar coding. aku masih meraba2 mahluk apakah itu gerangan :D
    suka kagum sama anak2 yg bisa coding. maunya sih anaku jg ikutan les coding. mudah2an ada yg mau :)

    ReplyDelete
  9. Aku kurang mahir nih mba. Kayaknya harus coba juga nih. Kalau biaya sesuai emang dengan hasilnya juga. Makasih rekomendasinya mba

    ReplyDelete
  10. Wah, Mbak Lidya ikut bootcamp coding. Keren banget, Mbak. Kemarin anak saya ikut kelas trial coding Hacktivkidz dari Hacktiv8. Jadi penasaran pengen nyoba belajar coding juga.

    ReplyDelete
  11. Keren nih sekarang udah ada tempat belajar coding khusus yang bisa bantu anak-anak yang memang punya ketertarikan programing.
    dan kerennya ini ada penyaluran kerja nya ya

    ReplyDelete
  12. Keren mba masih semangat belajar coding, saya nyerah deh heuheu. Programnya lengkap ya dibimbing bikin cv juga

    ReplyDelete
  13. wah mantap nih mbak, ikutan belajar coding juga
    klo aq pusing euy, eh tapi anakku suka lho belajar coding

    ReplyDelete
  14. Mau juga ikutan sekolah coding di Hacktiv8 nih, biarpun suka pusing sama kode-kode begitu. Setidaknya bisa memahami ya.

    ReplyDelete
  15. Huhuhu....sepertinya otakku nggak nyampai mbak kalau belajar coding codingan gini. Kebetulan anak anak kok nggak ada yg suka coding. Padahal bapaknya suka....
    Selamat belajar Mbak Lidyaa..

    ReplyDelete
  16. Keren mba Lidya belajar coding, aku dengarnya saja keder kesannya rumit dan susah ternyata jika dipelajari kita bisa juga ya para emak belajar coding

    ReplyDelete
  17. Aku sudah gak masuk kayaknya mempelajari coding wkwkw, pusing sama rumusannya. Malah anakku yang kecil tuh pernah les coding langsung bisa

    ReplyDelete
  18. Keren nih belajar coding, saya mau rekomendasikan ke putraku mbak yang sedang galau mau bikin apa. Siapa tahu belajar di Hacktiv8 menarik buat dia.

    ReplyDelete
  19. Untung enggak ikutan
    Berat temanya buat mamak mamak Kimia seperti aku haha
    Nanti salah unsur bisa runyam

    ReplyDelete
  20. Wah ternyata ada kursus Full Stack Developer di Hacktiv8

    ReplyDelete
  21. Aku juga lagi nyari bootcamp yang kayak gini Mba, bisa ngembangin diri dalam bidang teknologi

    ReplyDelete
  22. keren banget mba belajar coding, bermanfaat banget ilmunya buat mempercantik tampilan blog hehehee

    ReplyDelete
  23. Mantap banget mbak ikuan bootcamp di Hacktiv8. Memang harus disiplin ya mengikuti kelas ini dan serius. Alhamdulillah ini kelasnya lengkap banget yaa.

    ReplyDelete
  24. tertarik sih utk anak aku, apalagi menyangkut teknologi anakku antusias banget. sekolahnya juga ada pelajaran coding masuk di TIK namanya

    ReplyDelete
  25. ini katanya sih di tahun-tahun mendatang akan jadi skill yang banyak dicari-cari sih, jadi gak ada salahnya juga loh belajar coding ini, investasi ok buat ke depannya

    ReplyDelete
  26. Mba Lidya keren banget, bisa mengerjakan semua tugas dengan baik, saya mah banyak keteteran, tapi alhamdulillah beruntung bisa ikut bootcamp juga

    ReplyDelete
  27. Mba Lid keren bangetttt sihhhhhhh semangat banget belajar coding aku pengen belajar coding juga namun masih maju mundur euy hihi kadang sok males teaaa. Btw ini tuh keren
    banget ya jadi penyaluran kerja juga

    ReplyDelete
  28. Aku suruh vio ikutan belajar coding juga ah. Anak jaman sekarang kayaknya banyak yg intress jadi programmer ketika udah besarnya ya.

    ReplyDelete
  29. Pengen banget ikutan Mba..sayang sekarang lagi banyak urusan nih jadi ga bisa fokus ke ngurusin blog huhu....

    ReplyDelete
  30. Nah ini, kak Lia..
    Kalau ikutan program Full Stack Developer di Hacktiv8, kudu punya laptop apa nih?
    Bootcamp bikin belajar coding dengan intensif dan cepet bisa.

    ReplyDelete
  31. Ilmu coding tuh bakal kepakai banget di masa depan, ya, Mbak. Apalagi dengan perkembangan teknologi dan internet seperti sekarang. Adik aku juga pengin banget katanya bisa jadi programmer.

    ReplyDelete
  32. kereenn banget mamak-mamak belajar coding. kalo aku bakalan pusing deh kayaknya.. hehe.. nanti anakku aja deh yang belajar.. hihi..

    ReplyDelete
  33. LIdya, buat ikut bootcamp kayak gini tuh bisa nggak sih kalo pengetahuan kita tentang tehnologi bener2 nol kayak orang kayak aku. aku berminat tapi takut ditolak.

    ReplyDelete
  34. Kalau buat aku yang pemula gitu, awam sama sekali dengan coding, pas ya belajar di sini. Ada bikin tugas kelompok juga ternyata.

    ReplyDelete
  35. Jadi pingin mengenalkan anak-anak untuk belajar coding. Setidaknya biar mereka ngerti sedikit gimana program dibuat apalagi mereka asik main game, kudu diajari cara bikin game segala

    ReplyDelete
  36. Aku belum p ernah ikutan mba Lid, takut nggak nyanda otake wkwkkw tapi buat pembelajaran mengenal perlu banget ya mba. Pasti sertu sekali ini. Makasih udah sharing mba Lid

    ReplyDelete
  37. Salah satu keinginan dari dulu mbak bisa belajar coding apalagi tak jauh dari dunia digital. Btw Hacktiv8 ini adalah salah satu solusi belajar terbaik ya.

    ReplyDelete
  38. Hacktiv8 memang tempat yang pas buat belajar coding ya, Mba. Dengan materi yang terus update, diajari bikin cv, hingga wawancara kerja menjadi nilai tambah. Jadi tertarik belajar coding.

    ReplyDelete
  39. Aku kagum loh sama emak-emak yang masih gape banget sama coding, karena aku sendiri suka kruwel gitu mba lid, kalau anakku suka ikutan coding

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya