Manfaat Kurma Saat Puasa Yang Baik Untuk Tubuh

Manfaat Kurma Saat Puasa Yang Baik Untuk Tubuh. Siapa yang suka buka puasa pakai goreng-gorengan? Jujur saja saya mengakui kalau goreng-gorengan memang enak dinikmati kapan pun termasuk saat berbuka puasa. Tapi, ada anjuran sebaiknya kita berbuka puasa menggunakan yang manis, salah satunya adalah kurma yang mempunyai manfaat untuk tubuh selama puasa.


Manfaat Kurma Saat Puasa


Kandungan Yang Baik Ada di Dalam Kurma


Meskipun kurma memiliki rasa yang manis dan ukurannya yang kecil, namun bisa memulihkan tenaga kita setelah berpuasa. Dan gak usah khawatir rasa manisnya juga tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh kita lho, karena kurma memiliki indeks glikemik yang rendah dan tidak membuat adanya peningkatan gula darah yang besar dan aman untuk penderita diabetes sekalipun.

Di dalam kurma mengandung kalori, lemak, karbohidrat, protein, serat, vitamin B6, dan mineral termasuk magnesium, potassium, dan zat besij di mana kelseruhan kandungannya baik untuk tubuh.

Anjuran Makan Kurma Saat Puasa


Umat muslim terbiasa makan kurma ketika berbuka puasa maupun saat sahur. Kami pun terbiasa berbuka dengan yang manis menggunakan kurma sesuai dengan anjuran Rasul yang suka makan kurma untuk membatalkan puasa. Jumlah kurma yang dikonsumsi biasanya berjumlah ganjil paling sedikit sih saya makannya satu atau 3 butir kurma,

Sahur Dengan Kurma dan Air Putih


Saya termasuk orang yang jarang makan nasi atau makan makanan berat ketika bersahur. Kadang saya hanya makan kurma saja dan minum air putih ketika waktunya sahur. Gak ada masalah dengan puasa saya seharian kok, karena dengan konsumsi kurma tubuh pun akan merasa kuat.

Karena kurma ini adalah salah satu sumber energi yang baik, jadi ketika dikonsumsi saat sahur kita akan merasa cepat kenyang karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Bukan hanya membuat kita kenyang tapi kurma pun bisa memperlambat rasa lapar ketika berpuasa.

Pilih Jenis Kurma Favorit


Tiap orang punya jenis kurma favorit untuk dikonsumsi, kalau saya lebih menyukai jenis kurma yang kering dibandingkan kurma yang memiliki tekstur basah atau lengket.

Beberapa jenis kurma yang beredar di pasaran bisa kita konsumsi, semuanya biak kok. Ada kurma Ajwa yang biasa disebut dengan kurma nabi, teksturnya lembut tapi kulitnya kering, saya suka sekali dengan jenis kurma ini, tapi harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan jenis kurma lainnya.

Biasanya kalau berat membeli kurma Ajwa, saya biasa membeli kurma Medjool yang teksturnya juga kering dan punya ukuran lebih besar. Beberapa jenis kurma yang bisa kalian nikmati adalah kurma sukari dan kurma lainnya. Kurma yang biasa dijual ada yang dikemas dalam sebuah dus maupun curah. Kalian bebas memilih kurma yang diinginkan sesuai dengan budget. Apapun jenis kurma yang dikonsumsi semuanya memiliki kebaikan dan manfaat untuk tubuh kita apalagi dikonsumsi ketika berpuasa.

Manfaat kurma saat puasa yang baik untuk tubuh perlu kita stok apalagi ketika kita berpuasa di bulan Ramadan, supaya tubuh tetap kuat menjalani puasa satu bulan penuh di bulan suci ini. Kami biasanya membeli stok kurma sebelum Ramadan tiba, biasanya harganya akan jauh lebih murah di bandingkan kita membeli saat masuk bulan Ramadan

Kalian biasa konsumsi kurma berapa butir di bulan puasa? Sukanya makan kurma jenis apa dan dikonsumsi di saat berbuka puasa atau sahur? Meskipun kurma baik untuk kesehatan tubuh, tapi kita pun harus tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap harinya ya. supaya kebutuhan gizi tubuh kita bisa saling melengkapi. 

Post a Comment

0 Comments