Monetize Blog vs Santuy Blog, Kamu Masuk Yang Mana?

Monetize Blog vs Santuy Blog kalian masuk yang mana nih? Mungkin ada yang berpikir kalau blog seseorang seperti etalase alias banyak postingan iklannya. Gak ada yang salah atau benar sih kalau seseorang memang sudah memilihnya, tinggal dijalankan saja sesuai keinginan yang penting baik untuk dirinya dan tidak merugikan orang lain. Ataupun jika kita memilih santuy blog, harus dihargai juga jika tidak pernah menuliskan ulasan berbayar. Masing-masing orang punya pilihan dan kenyamanan yang berbeda akan dunia blog.

Monetize Blog vs Santuy Blog





Monetize Blog


Dari sebuah blog kita juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah lho, dan tak jarang pula bayarannya berupa mata uang asing seperti dolar maupun Euro.

Blog atau website memang terkadang menjadi alat pemasaran yang menguntungkan apalagi bisa dibaca oleh siapapun asalkan mereka terkoneksi dengan internet. Makanya banyak juga sebuah brand menggunakan jasa seorang blogger untuk mereview atau memasarkan produknya di dalam postingan blognya. 

Postingan berbayar tersebut bisa bersifat soft selling maupun hard selling. Tiap blogger juga punya ketentuannya sendiri, brand seperti apa yang akan diterima untuk bekerjasama.

Monetisasi blog gak hanya dari cara menulis review berbayar saka, tapi ada pula yang melakukannya lewat Google Adsense, Afiliasi maupun menawarkan sebuah ebook misalnya.


Santuy Blog


Ada pula seorang blogger yang memang murni ingin menulis saja tanpa ingin monetisasi blognya. Gak sedikit juga kok blogger seperti ini bahkan pengunjungnya juga tak kalah banyak yang penting tulisannya menarik, bermanfaat dan menghibur maka pembaca pun akan menyukainya dan kembali lagi ke blog tersebut.


Kalau Bisa Pilih Keduanya Kenapa Gak?


Nah, kalau saya sendiri gak bisa menyebutnya sebagai blogger monetisasi maupun santuy, karena saya merasa ada di keduanya. Kadang saya menulis blog santuy aja niat ingin berbagi, atau kesenangan belaka. Kadang saya pun menerima artikel-artikel berbayar dari berbagai brand. Kalau bisa dijalankan keduanya boleh-boleh saja kok. Tapi, PR nya untuk saya adalah menyeimbangkan postingan berbayar dengan organik saja supaya pengunjung pun tidak bosan ketika disuguhi iklan terus menerus.

Di dalam sebuah postingan iklan sekalipun kita bisa kok menyisipkan info berguna misalnya drama korea terbaru yang sedang tayang dan menarik untuk ditonton. Atau bisa juga menulis tempat wisata gratis yang menarik namun di dalamnya mengandung sebuah iklan sehingga sama-sama bisa mengambil manfaat.

Monetize Blog vs Santuy Blog keduanya sama-sama punya keuntungan dan kerugian tergantung kita melihatnya dari segi apa. Apapun pilihanhya jalani saja dengan enjoy.


Post a Comment

0 Comments