Puasa Hari Pertama, Apa Saja Yang Harus Disiapkan?

Marhaban ya Ramadan, sudah siap menyambut puasa hari pertama tahun ini? Alhamdulillah kita bisa dipertemukan kembali dengan Ramadan tahun ini dengan sukacita meskipun masih dalam kondisi pandemi. Supaya momen Ramadan ini bisa kita maksimalkan ibadahnya pastinya harus punya persiapan terlebih dahulu baik untuk diri sendiri maupun keluarga.

puasa hari pertama






Ini adalah Ramadan ketiga yang kita alami di masa pandemi, mungkin banyak kejadian yang tidak mengenakkan pada Ramadan lalu dan masih membekas sampai saat ini, tapi apapun kita harus bersyukur masih bisa menjalankan ibadah di bulan suci ini. Banyak orang berusaha untuk keluar dari masalah, tapi saya yakin banyak juga ya berusaha untuk mengatasi masa sulit tersebut.

Rasa Syukur di Ramadan Tahun 2022


Sidang isbat puasa 2022 baru akan diumumkan sore nanti, tapi umat muslim di Indonesia sudah mulai bersiap untuk menyambut kedatangan bulan Ramadan. Pagi tadi di pasar pun sudah mulai ramai ibu-ibu belanja bahan masakan untuk buka puasa maupun sahur nanti.

Rasa syukur pastinya selalu kita panjatkan dalam kondisi apapun. Syukurlah kasus covid-19 saat ini sudah mulai menurun, sehingga aktivitas mulai terlihat normal kembali dengan aturan protokol kesehatan yang tetap dilakukan. Di sekolah si sulung juga sudah mulai diadakan Tarhib Ramadan, hari Kamis (31/1) lalu.

Sebuah tradisi untuk menyambut datangnya bulan Ramadan selalu dilakukan di sekolah setiap tahunnya, namun karena pandemi maka 2 kali dilewatkan. Anak-anak bisanya melakukan pawai berkeliling lokasi sekolah sambil bersholawat dan membawa poster-poster hasil karya mereka. Sementara itu anak lainnya ada yang membagikan jadwal puasa pada masyarakat yang ditemuinya. Happy sekali mereka merayakan kedatangan bulan puasa wajib tersebut.

Saya juga bahagia sekali tahun ini bisa mengikuti puasa hari pertama, masalahnya setelah bertahun-tahun saya melewatkan puasa di hari pertama karena kedatangan tamu bulanan. Makanya saya menyiapkan segala sesuatunya lebih matang lagi supaya bisa memanfaatkan ibadah dengan maksimal sambil menunggu penetapan 1 Ramadhan 2022 pemerintah.


Persiapan Ramadan Tahun 2022


Tidak ada kata terlambat untuk kebaikan, nah di tahun ini saya mau mendisiplikan diri dalam segala hal di luar ibadah wajib pastinya.

BPN 30 Day Ramadan Challenge 2022

Setiap Ramadan pasti banyak kegiatan yang bisa kita ikuti untuk mengisi waktu maupun menambah ilmu serta pahala. Semua pastinya sibuk, tinggal disesuaikan saja waktunya dengan kondisi masing-masing. Buat saya ini adalah tantangan supaya bisa menjalani kegiatan Ramadan dengan disiplin dan gak hanya rebahan saja.

Kegiatan Ramadan yang saya ikuti salah satunya adalah BPN 30 Day Ramadan Challenge 2022 yaitu event menulis postingan blog dengan tema yang sudah ditentukan yang tujuannya membantu para blogger menulis postingan organik dengan teratur. Oh ya tahun sebelumnya saya juga berhasil mengikuti BPN 30 Day Ramadan Challenge 2021 meskipun ada beberapa postingan yang saya tulis secara rapelan.


Program Ramadan bersama Connecting Mama


Untuk kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan saya mengikuti Program Ramadan bersama Connecting Mama yang didalamnya ada amalan One Day One Juz supaya kita saling menyemangati dalam bertilawah, kajian Tahsin, Tahfidz, dan Tafsir untuk menambah keilmuan.

Kami yang sudah terdaftar dibagi menjadi ke beberapa grup yang terdiri dari 10 orang. Bismillah semua bisa dilakukan dengan lancar.

Ramadhan Virtual Duathlon 2022


Meskipun bulan Ramadan, olahraga saat puasa juga harus tetap dilakukan supaya tetap bugar.  Gak harus melakukan olahraga berat, dilakukan sesuai kemampuan dan kebiasaan saja. Untuk waktu olahraganya juga pilih saja waktu yang kira-kira gak bikin kita lemas. Kalau saya biasanya olahraga menjelang buka puasa, atau pada malam hari.

Tahun ini saya mengikuti Hydro Coco Ramadhan Virtual Duathlon 2022 yang diselenggarakan dari tanggal 2 April hingga 1 Mei 2022. Ada pilihan olahraganya yaitu lari dan sepeda. Saya memilih olahraga lari 21K selama satu bulan. jadi larinya ini bisa dicicil kok gak langsung 1 bulan.

Selain untuk penyemangat dalam olahraga di bulan Ramadan, mendisiplinkan diri juga siapa tau dapat hadiah :)
 
Selain ketiga kegiatan tersebut, pastinya kebanyakan orang juga sudah menyiapkan diri untuk melakukan ibadah di bulan Ramadan. Menyiapkan kesehatan, makanan, dan mengatur ulang jadwal tidur, maklum nantinya kita harus bangun untuk sahur.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan 1443 H. Semoga bisa menjalankan ibadah dengan maksimal dan senantiasa diberikan kesehatan. Aamiin.

Post a Comment

0 Comments