Ruangmom, Aplikasi Ibu Anak untuk Setiap Fase Kehidupan

Jangan sampai kita mencari uang setengah mati, tapi menghabiskannya setengah sadar. Jleb banget quote yang disampaikan oleh salah satu expert pada event Ruangmom's Expert Launch (19/4) lalu di Twin House Cipete, Jakarta ketika membahas mengenai THR. Jadi mom itu gak ada sekolahnya, tapi kita bisa terus belajar lewat berbagai cara termasuk lewat event seperti yang diselenggarakan oleh Ruangmom, Aplikasi Ibu Anak untuk setiap fase kehidupan.


Ruangmom Aplikasi Ibu Anak



Serunya Pembahasan Expert Dari THR Hingga Kehamilan


Namanya juga mom, saat diberikan kesempatan untuk bertanya pada expert yang hadir pastinya tidak disia-siakan kesempatan tersebut. Saling bergantian para mom mengajukan pertanyaan mulai dari kehamilan, parenting, hingga masalah finansial seperti THR.

Sore itu ada beberapa expert yang hadir untuk memberikan insight-nya pada para mom antara lain :
๐Ÿ”ธdr. Citra Amelinda, Sp.A, M.Kes, IBCLC
๐Ÿ”ธdr. Nisa Fathoni,SpOG,IBCLC
๐Ÿ”ธNadia Harsya,CFP
๐Ÿ”ธYasmine Edwina,M.Psi

Ada banyak pembahasan yang dipaparkan pada event, tapi ada satu hal yang menarik perhatian saya dan paling relate dengan kondisi saat ini nih yaitu mengenai THR atau Tunjangan Hari Raya. Bagi para pekerja dalam minggu ini akan bersiap menerima THR dong, pastinya banyak orang sudah merencanakan ini itu dan banyak hal lainnya dari uang yang akan didapatkan tersebut.

kalkulator prediksi kehamilan



Kembali ke quote di awal postingan ini, memang betul sekali isinya apalagi waktu expert bilang kalau hidup kita itu tidak berhenti di lebaran saja, karena setelahnya harus melalui kehidupan lainnya. Kita juga harus memikirkan bahwa akan ada banyak kebutuhan dan pengeluaran lainnya, jangan sampai uang THR yang didapatkan habis begitu saja sebelum payday selanjutnya datang. Yang paling membahayakan sih jika dana habis dan sampai berhutang.

Saya akan membagikan sedikit ilmu yang didapatkan dari Ruang Mom's Expert kemarin khususnya mengenai alokasi THR. Boleh-boleh saja kan dana THR dipergunakan untuk kepentingan atau kemauan kita, tapi sebaiknya ada alokasi THR yang kita buat seperti :
  • Menggunakan THR untuk keperluan yang berhubungan dengan hari raya, tapi buat batasa budget dengan jelas sehingga tidak sampai menghabiskan atau menghamburkan uang tersebut untuk keperluan konsumtif yang tidak jelas.
  • Jika kita mempunyai hutang konsumtif, dana THR tersebut bisa digunakan untuk melunasinya, jadi setelah lebaran tidak ada lagi kewajiban menyisihkan dana untuk membayar hutang.
  • Uang THR juga bisa dipergunakan untuk top up dana darurat atau dana lainnya yang diperlukan seperti dana pendidikan

Expert juga menyarankan kita untuk membuat budgeting pengeluaran extra selama Ramadan dan Idul Fitri seperti memberikan THR pada asisten rumah tangga (jika ada), biaya mudik, belanja keperluan lebaran dan lain-lain. Jika menyisihkan dana untuk keperluan tersebut sebaiknya disimpan pada rekening terpisah supaya tidak terpakai. Sebagai perempuan harus mengetahui literasi keuangan juga karena biasanya yang akan mengatur keuangan keluarga.

Pembahasan expert bukan cuma tentang finansial aja nih, tapi juga mengenai kehamilan. Berdasarkan pertanyaan salah satu mom yang hadir, expert juga memaparkan bahwa saat seorang mom hamil, mau kehamilan keberapa pun harus all out menjalaninya. Mom yang hamil harus memikirkan bagaimana memberikan yang terbaik pada janin, mom juga harus menerima kehamilan yang sudah terjadi apalagi 1000 hari pertama kehidupan imulai juga dari masa embrio.

Waktu yang sempit tapi pertanyaan tidak ada habisnya, begitulah kalau para mom berkumpul untuk menambah ilmu. Tepat sekali kalau Ruangmom's Expert Launch ini dinantikan lagi di lain waktu. 


Ruangmom Kenalkan Aplikasi Ruangmom


Sejak awal postingan ini saya selalu membicarakan soal Ruangmom, buat para mom yang belum mengenal, yuk saya kasih tahu lebih banyak lagi.

Ruangmom merupakan tempat menghadirkan artikel berkualitas mengenai kehamilan dan di dalamnya juga bisa menggunakan kalkulator finansial demi tercapainya target keuangan lebih cepat. 

Kali ini Ruangmom juga mengenalkan aplikasi Ruangmom yang dibuat dengan tujuan membantu para mom atau calon mom lebih mudah lagi melalui artikel yang diberikan, kelas yang dilaksanakan secara online maupun offline, serta tools-tools lainnya yang berguna bagi untuk mendampingi di setiap fase kehidupan mom.

Ruangmom



Senang sekali saya bisa merasakan hadir pada kelas offline kali ini dari Ruangmom sebagai salah satu benefit yang bisa digunakan dari aplikasi Ruangmom. Nah, para mom lain juga bisa memanfaatkan fitur aplikasi Ruangmom lainnya.

๐Ÿ’– Fitur Kalender Masa Subur

Dulu saya suka mencatat waktu haid di sebuah tabel yang saya print pada selembar kertas, tapi kadang lupa menaruhnya jadilah sering hilang. Pada aplikasi Ruangmom kita memanfaatkan fitur kalender masa subur di mana di dalamnya bisa menghitung siklus haid juga. 

Buat para mom yang sedang ada di program hamil menggunakan fitur ini sangat bermanfaat sekali untuk mengetahui masa subur yang sedang terjadi sehingga mom bisa tahu kapan waktunya pembuahan lebih tepat dengan adanya kalkulator prediksi kehamilan.


๐Ÿ’– Tracking Tumbuh Kembang Janin

Melalui fitur Prediksi Kelahiran yang ada pada aplikasi Ruangmom, kita bisa memantau perkembangan janin dan prediksi hari kelahiran buah hati. Dengan mengetahui HPL (Hari Perkiraan Kelahiran), mom jadi busa mempersiapkan segala sesuatunya lebih awal sebelum melahirkan. Untuk mengetahui perkembangan janin, mom perlu memasukkan hari pertama haid terakhir saja dan selanjutnya tracking bisa terus dipantau pada aplikasi.


๐Ÿ’– Kalkulator Dana Pendidikan dan Biaya Melahirkan

Biaya pendidikan anak itu gak murah, maka dari itu mom juga harus pandai dalam merencanakan keuangan. Lewat fitur kalkulator dana pendidikan, kita bisa menghitung kebutuhan biaya pendidikan dengan memasukkan tahun lahir si kecil. Setelah itu maka mom bisa mendapatkan informasi target dana yang harus disiapkan, target menabung, dan lama menabung untuk keperluan pendidikan anak.

Fitur pada aplikasi Ruangmom bukan hanya untuk menghitung dana pendidikan saja, namun ada pula kalkulator biaya melahirkan. Fitur ini bisa membantu orangtua untuk menyiapkan biaya persalinan sejak dini agar lebih siap finansial menyambut kelahiran si kecil.


๐Ÿ’– Banyak Kelas dari Para Expert

Buat mom yang ingin ikut kelas dan memperoleh ilmu dari para expert, pantau terus informasinya di aplikasi Ruangmom. Untuk event yang paling dekat akan diadakan akan membahas mengenai nutrisi tepat untuk bumil dan janin sehat serta event pentingnya perawatan tepat pasca persalinan


๐Ÿ’– Artikel yang ditulis atau di review oleh para expert

Melalui aplikasi Ruangmom, kita juga bisa mendapatkan informasi secara akurat dan terpercaya yang ditulis atau diulas oleh para expert. Terdapat beberapa kategori artikel yang dapat mom gunakan dalam memperoleh informasi seperti kategori Pernikahan, Persiapan Kehamilan, kehamilan, Kids & Parenting,  dan Momfinance.

Dari artikel yang disajikan kita juga bisa tahu mana saja hal yang termasuk mitos atau fakta seputar kehamilan ata pembahasan lainnya.

๐Ÿ’– Tukar Poin dengan Diskon Partner atau Hadiah


Siapa sih yang gak suka hadiah? Para mom di sini juga pastinya suka dong kalau dikasih hadiah. Aplikasi Ruangmom juga bisa kasih kita hadiah lho, caranya dengan mengumpulkan poin. Dari poin-poin yang sudah terkumpul tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik atau diskon partner yang sedang bekerjasama dengan Ruangmom

Aplikasi Ibu Anak



Ada tiga cara mudah untuk mengumpulkan poin yaitu dengan login setiap hari pada aplikasi, mengisi survey dan program referal atau mengajak mom lainnya untuk download aplikasi Ruangmom

Yuk, segera download melalui Play Store atau App Store di smartphone. Mom juga bisa memasukan kode referal saya yaitu LID2650 saat melakukan registrasi.  Caranya mudah kok dengan mengisi data milik mom seperti email dan nomor ponsel. 

Aplikasi ibu anak Ruangmom bisa dijadikan sahabat setia mom untuk mendampingi di setiap fase kehidupan.

Post a Comment

23 Comments

  1. buibu dan calon ibu happy banget nih karena ada aplikasi ruang mom yang mempersatukan semua ibu dalam mendapatkan informasi tentang tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  2. Wah ini menggoda sekali untuk diikuti , aplikasi Ruangmom. Ada informasi bermanfaat, fitur yang membantu dan poin yang bisa ditukar hadiah dll. Wah beneran nih Ruangmom , aplikasi ibu anak , bisa ajdi sahabat setia mom untuk mendampingi di setiap fase kehidupan.

    ReplyDelete
  3. Wah, keren ya aplikasi RuangMom ini, segala2 ada lengkap. Ada kalkulator untuk menghitung dana pendidikan dan biaya melahirkan, ada artikel2 seputar ibu, bayi dan anak dll. Boleh juga diikuti nih supaya nambah wawasan.

    ReplyDelete
  4. Seru banget deh sudah bisa datang ke acara offline dan berjumpa dengan para mom's lainnya juga ya. Mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, dengan adan aplikasi ini jadi lebih memudahkan para ibu juga untuk mendapatkan informasi ya mak.

    ReplyDelete
  5. Nambah lagi nih aplikasi yang sangat bermanfaat buat para ibu, RuangMom.
    Bahas soal THR emang bener sih, banyak kalap kala sudah terima THR. Saya pun pernah menagih hutang pada teman yang saya ketahui baru terima THR, tapi ya jawabannya bikin jengkel. Sampai sekarang saya malas buat nagih

    ReplyDelete
  6. Dennise SihombingApril 27, 2022 at 4:02 PM

    Pas banget nih mom Lidya aplikasinya untuk keluarga muda. Cukup menohok quote: Jangan sampai kita mencari uang setengah mati tetapi menghabiskannya 1/2 sadar. Nah loh,bahaya banget itu

    ReplyDelete
  7. Aku install aplikasi buat ngecek siklus bulanan, Teh. Tapi ruangmom ini komplit banget, ya. Sampe financial planing segala ada di sini. Apalagi aku masih ga teratur nih pegeluarannya hihi

    ReplyDelete
  8. Kalau ada THR itu kadang godaannya ingin selalu dihabisin. Padahal kan ada banyak faktor yang harus diperhitungkan. Makasih sudah berbagi, mba

    ReplyDelete
  9. Aku sudah download nih, banyak info seminar yang bermanfaat banget deh buat kita para ibu nih. Dari mulai kesehatan sampai financial semua dibahas lengkap ya

    ReplyDelete
  10. Baru tahu ada aplikasi ini mba, wah mamah mamah muda jd bisa update segala informasi ya terutama hal baru spt kehamilan . Coba intip Ruang Mom akh

    ReplyDelete
  11. Aplikasi yang sangat bermanfaat nih di Ruangmom, terutama untuk mengatur keuangan THR ini. Biar gak kalap dan bablas semuanya. ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ

    ReplyDelete
  12. Lengkap sekali yang disuguhkan aplikasi Ruangmom.
    Ini akan sangat membantu dan mendukung ibu dalam menjalani keseharian sebagai Ibu.
    Informasi menarik yang benar akan sangat menguatkan para Ibu untuk jauh dari beriata hoax yang meresahkan.

    ReplyDelete
  13. duhhh keceee event lagiii aku mauuu kangen juga event kece begini tapi untung ada ruang mom skg bisa curhat banyak banget ya dan kita juga belajar plus sharing. coba ah daftar pake kodenya

    ReplyDelete
  14. Seru ya mbak, pembahasan saat opening RuangMom Expert ini. Apalagi bagian pembahasan tentang financial mengatur THR. Sesuai banget nih, mau lebaram gini

    ReplyDelete
  15. Keren juga ya aplikasi Ruangmom, ada fitur untuk mencatat masa subur. Ibu muda sekarang makin mudah mendapatkan informasi seputar kehamilan, tumbuh kembang anak, dan hal penting lainnya seperti mengelola keuangan

    ReplyDelete
  16. Aplikasi yg sangat berfaedah, dibutuhkan banget pastinya oleh buibu jaman now.
    Fitur2nya juga ciamik banget ya mba

    ReplyDelete
  17. Ada lagi nih teman buat mom, aplikasi ruang mom bisa menjadi solusi para mama, komplit banget mulai dari financial planning, ngumpulin poin juga cucok buat mamah2 muda yaaa.

    ReplyDelete
  18. Seringnya emang setengah sadar kalau ngabisin uang THR, bun. Hahaha. Tetap harus ada yg disishkan ya. Aku mau donlot aplikasinya aah.

    ReplyDelete
  19. kalo banyak tips kehamilan nih sama parenting mau banget mba Lid, aku baru tahu ruangmom. Asik pengen download ah biar nambah ilmu dan wawasan

    ReplyDelete
  20. Mom gak perlu lagi kebingunan ya, ada banyak informasi yang bisa didapatkan di aplikasi Ruangmom. Belum lagi sejumlah benefit lainnya. Mom jadi benar-benar didampingi karena banyaknya sharing dari para expert.

    ReplyDelete
  21. Cobaa ruang mom ada sejak 12 tahun laluu disaat hamil anak pertama.
    Keluarga muda sekarang dimudahkan dengan berbagai informasi, jaman aq dulu belajar ttg parentinga atau kehamilan lewat buku.

    ReplyDelete
  22. Eh, baru kemarin kepikiran mau nambah anak, hari ini baca review aplikasi RuangMom. APakah itu pertanda akan segera terjadi? Hihihi....
    Seru deh kayaknya, dulu belum ada aplikasi gini pas anak pertama, jadi baca2 aja di internet yang mana jadi tsunami informasi malah parno sndri

    ReplyDelete
  23. wah ada fitur buat cek siklus bulanan, download ah. Makasih ya sharingnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya