Peduli Lingkungan Lewat Konsumsi Sayur dan Buah

"Ade, jangan lupa bekal sayurnya dimakan loh di sekolah!" pinta saya sebelum si bungsu berangkat ke sekolah. Gak bosan-bosan saya kasih tahu setiap hari pada anak-anak, maklumlah nanti alasan makannya buru-buru jadi gak habis. Bukan cuma sayur saja, tapi buah-buahan juga harus saya yang selalu mengingatkan anak-anak untuk makan. Padahal makan buah dan sayur itu selain sehat untuk tubuh juga mau ikut peduli lingkungan lho, kok bisa?

Peduli Lingkungan Lewat Konsumsi Sayur dan Buah



Jujur saja, sebenarnya saya pun agak pilih-pilih kalau urusan makan sayuran, beda halnya dengan suami yang mau makan sayur apapun tanpa pilih-pilih rasa. Di saat membutuhkan asupan sayur yang lebih banyak, biasanya saya makan gado-gado atau pecel, dijamin makan pun jadi bersemangat dan banyak. Kalau untuk buah-buahan, hampir semua buah saya suka hanya beberapa saja yang tidak saya makan karena terkait alergi.


Langkah Kecil Menuju Hidup Sehat


Ngomongin soal kurang makan sayur dan buah ini jadi concern pemerintah juga lho, apalagi minta masyarakat Indonesia untuk konsumsi sayuran dan buah masih rendah dari anjuran WHO 400 gram per hari. Informasi tersebut saya dapatkan waktu mengikuti IG Live yang diselenggarakan oleh Demfarm dalam rangka memperingati Hari Vegetarian Sedunia pada tanggal 1 Oktober. Kali ini tema yang diangkat adalah "Langkah Kecil Menuju Hidup Sehat" Narasumber yang hadir memberikan pengalaman dan ilmunya antara lain Yulianti Basri (Owner Bontang Food) dan dr. Sylvia Irawati (Dokter Spesialis Gizi).



Nutrisi Ideal Yang Diperlukan Tubuh


Meskipun ada anjuran batas minimal konsumsi sayur dan buah dalam satu hari, dr. Sylvi bilang gak perlu sampai ditambah juga tiap kali kita makan. Patokannya adalah dari Isi Piringku saja sebagai panduan dari Kemenkes di mana tipa satu kali makan 1/2 piring berisi sayur dan buah, 1/4 piring karbohidrat, dan 1/4 piring protein.

Dari konsep Isi Piring Makanku tersebut kita bisa mengukur nutrisi harian yang dikonsumsi. Untuk nutrisi ideal yang diperlukan oleh tubuh mencakup nutrisi makronutrien dan mikronutrien. Jenis-jenis makanan yang mengandung nutrisi makronutrien antara lain karbohidrat, lemak. protein sebagai sumber energi. Sedangkan untuk Mikronutrien bisa kita temukan pada vitamin dan mineral

Anjuran makan sayur dan buah sampai 1/2 dari piring makan ini terus digalakan edukasinya apalagi

hari vegetarian sedunia



Tidak Ada Makanan Super


Kalau ditanya apa makanan yang paling sempurna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita sebagai manusia? Menurut dokter Sylvi, gak ada tuh yang namanya makanan super karena semua jenis makanan itu saling melengkapi supaya kita bisa merasakan manfaatnya secara sempurna.

Untuk pangan nabati bisa dikonsumsi dengan bervariasi karena banyak bahan pangan yang tumbuh di negeri kita tercinta ini. Usahakan makan makanan yang berwarna-warni selain bervariasi untuk melengkapi kandungan gizinya. Dokter Sylvi, juga memberikan informasi dalam satu minggu setidaknya ada 40 jenis variasi pangan nabati yang bisa kita makan untuk memenuhi gizi.


Konsumsi Makanan Segar


Selain memilih jenis pangan nabati yang bervariasi, kita juga harus mengonsumsi makanan sehat sekali masak. Jadi usahakan tidak memasak terlalu banyak lalu disimpan untuk dihangatkan kembali ketika akan dikonsumsi. Selain itu juga ada batasan konsumsi santan, jika ingin menggunakan usahakan tidak mendidihkan santan terlalu lama, melainkan memasukkan santan di akhir setelah semua masakan yang dimasak matang.


Demfarm



Menanam Sayuran Sendiri dan Mengurangi Sampah


Kalau urusan menanam sayuran sendiri, saya masih belum melakukannya nih, padahal ini salah satu cara menjalani hidup sehat juga. PR yang harus saya jalankan kalau begitu.

Tahu gak sih kalau sampah rumah tangga yang berasal dari dapur itu penyumbang limbah paling besar? Untuk itu kita harus bisa memanfaatkan sayur dan buah ketika dalam proses memasak. Selain itu untuk mengurangi sampah kita sebisa mungkin tidak menggunakan wadah makan atau minum sekali pakai, lebih baik menggunakan tempat makan atau tempat minum yang bisa dipakai kembali.


Ikut Tantangan Hari Vegetarian Sedunia


Dalam rangka memperingati Hari Vegetarian Sedunia, Demfarm mengadakan tantangan mengonsumsi sayur dan buah selama 3 hari sekaligus sebagai upaya mencintai lingkungan

Ternyata konsumsi buah dan sayur itu gak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja tapi juga ikut menjaga lingkungan. Memilih jenis makanan sayur dan buah dalam konsumsi sehari-hari gak akan ada habisnya kok apalagi Indonesia punya lahan pertanian yang luas dan bisa menghasilkan sumber daya alam yang banyak.

Meskipun bukan vegetarian, saya pun ikut berpartisipasi merasakan bagaimana sih konsumsi makanan vegetarian selama 3 hari dengan tujuan supaya kita lebih peduli terhadap makanan yang dikonsumsi. Kalian ikutan #DemfarmChallenge dengan menu #DemfarmVegetarian dan #KreasikanPiringMu juga? Semoga dapat hadiah merchandise keranjang buah dan Gardening Tools ya, lumayan untuk memulai bercocok tanam di rumah.

Demfarm Vegetarian




Anjuran makan sayur dan buah sampai 1/2 dari piring makan ini terus digalakan edukasinya apalagi masih kurangnya konsumsi serat masyarakat Indonesia kurang dari 5%. Kebiasaan orang Indonesia mengonsumsi karbohidrat yang masih tinggi lebih dari 50-60% perhari dari seharusnya.

Ternyata mengikuti tantangan Demfarm vegetarian selama 3 hari ini adalah bentuk nyata dari langkah kecil menuju hidup sehat.

Post a Comment

19 Comments

  1. Buah dan sayur memang pentiiinggg bgt ya mba.
    Ortu wajib telaten membiasakan anak utk mau konsumsi olahan sayur dan buah ya
    Semangaattt utk kita semua

    ReplyDelete
  2. Anakku banget itu makan sayurnya masih pilih-pilih jenisnya. Tapi kalau aku suka ngakalin biar dia doyan semua sayuran, heheheee... Apalagi kita sebagai orang tua juga harus memberi contoh juga untuk peduli lingkungankan?

    ReplyDelete
  3. Badan jadi lebih segar apabila kita banyak mengonsumsi sayuran dan buah. BAB lancar dan perut pun tidak sering sebah.

    ReplyDelete
  4. Mpo suka banget dengan buah dan sayuran. Sedari kecil sudah diajarin dan pas gede jadi gak pilih pilih lagi, langsung hap aja

    ReplyDelete
  5. peduli lingkungan bisa dimulai dengan konsumsi sayur dan buah setiap hari ya mba

    ReplyDelete
  6. Keren banget kampanye makan suah dan sayur setengah piring secara konsisten. Kalau perlu lama2 sepiring penuh, boleh ga ya? hehehe. Ternyata ada ya hari vegetarian sedunia, aku kok baru ngeh :D Mengonsumsi sayur dan buah sebenarnya mudah kalau dibiasakan sedini mungkin. Mau coba ah selama 3 hari kayak Fitrian, aku ga mau kalah dong :)

    ReplyDelete
  7. Lidya kebalikan ma saya. Kalau saya justru buah yang milih-milih. Tapi, kalau sayur hampir semuanya suka. Malah kayaknya suka semua. Pare aja saya suka gadoin mentah :D

    ReplyDelete
  8. Kebiasaan dan mindset orang kita tuh yang penting kenyang. Apalagi yg golongan menengah ke bawah. Semboyannya, apapun itu yg penting bisa nahan lapar.

    Padahal ya, gizi kita kudu seimbang. Sayuran dan serat harus tercukupi dg baik.

    Seru juga nih, ikut yantangan demfarm selama tiga hari. Jadi mengerti dan makin sehat.

    ReplyDelete
  9. Saya sangat suka makan sayur. Sayur apa aja sepertinya doyan saya tu. Yang penting cara ngolahnya tepat. Beberapa yang enak dimakan mentah juga saya makan mentahan gitu aja. Huhu...

    ReplyDelete
  10. Aku suka sekali makan sayuran dan buah tapi belum bisa jadi vegetarian sih hehe. Cuma emang lagi ngurangin karbo aja.
    Banyak makan sayur dan buah gak hanya bikin tubuh sehat karena manfaat vitamin dan mineralnya tapi juga bonus bikin langsing hehe

    ReplyDelete
  11. Wah aku baru tahu hari Vegetarian Sedunia, seru juga ya challenge nya.
    Kalo aku dan suami memiilih sarapan sayur dan buah tiap pagi. Di tubuh berasa enak, gak begah gitu

    ReplyDelete
  12. Ah iya, makan sayuran nggak hanya sehat untuk tubuh kita ya mbak
    Tapi juga jadi kontribusi nyata kita dalam menjaga lingkungan
    Seru juga ya ikut tantangan hari vegetarian ini

    ReplyDelete
  13. Bukan vegetarian, tapi aku berusaha untuk mengonsumsi buah dan sayur. Untuk tanam sendiri, paling yang gampang aja sih, buah sayur khas desa. Ya lumayan untuk tetap jaga lingkungan

    ReplyDelete
  14. Gak ada buah atau sayur yang kandungannya sempurna.
    Ini catatan yang bagus untuk kita semua agar makan dengan menu yang bervariasi. Ya sayur, ya buah.

    Aku baru tahu kalau ada Hari Vegetarian Sedunia.
    Dan ini kembali mengingatkan kita semua untuk makan makanan dari alam.

    ReplyDelete
  15. Konsumsi buah dan sayur selain membuat tubuh sehat juga bikin awet mudaa lho maak....sodaraku rajin konsumsi banyak buah sayur setiap hari, meminimalisir karbo kulitnya bagusspdhl usia sdh kepala 6

    ReplyDelete
  16. Jadi tambah pengetahuan ikut live IG kemarin ya, Bun. Semakin semangat untuk menjalankan pola hidup lebih sehat dg konsumsi sayur dan buah.

    ReplyDelete
  17. Sayur nih yang jadi pe-er kalau di rumahku, Mbak. Anak-anak pilih-pilih banget soal sayur. Kalau buah alhamdulillah pada suka semua.
    Memang harus dibiasakan sejak kecil ya Mbak. Ternyata selain menyehatkan badan juga turut menjaga lingkungan, ya :)

    ReplyDelete
  18. Mengiri menganan banget sama gaya hidup sehat yang Mbak Lidya terapkan. Udahlah setiap hari gak bisa skip lari, sepeda, atau olahraga apapun itu. Pintar pula ngatur makannya. Dan... senantiasa ceria dalam menjalani hidup.

    ReplyDelete
  19. alhamdulillah aku emang paling suka makan buah dan sayur dibanding makanan lainnya. jadi konsep peduli lingkungan ini bisa diterapkan pada pola makan kita juga ya. btw aku baru tahu sebenernya gak ada yang namanya super food ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya