Jadi Chef Keluarga Masak Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah

Jadi Chef Keluarga Masak Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah - Ada yang pernah makan sate rembiga? Mungkin sebagian masyarakat Indonesia belum mengenal kuliner khas dari Lombok ini saking banyaknya kuliner otentik yang dimiliki Indonesia. Bayangkan saja dari Sabang sampai Merauke punya hidangan khasnya masing-masing yang berbeda. 

Resep Kuliner Legendaris ala FJB




Mengenalkan Kuliner Otentik Indonesia

Banyak cara mengenal dan mencicipi kuliner khas dari berbagai daerah, salah satunya adalah melakukan wisata kuliner ketika traveling ke suatu daerah. Usahakan untuk mencicipinya supaya kita sadar begitu kaya budaya Indonesia yang di dalamnya termasuk kuliner. Tapi saat ini, kita tidak perlu pergi ke daerah tersebut kok jika ingin mencicipi kuliner khas nusantara karena di beberapa lokasi ada yang menjualnya.

Cara lain mencicipi kuliner daerah adalah mendatangi festival kuliner yang diselenggarakan seperti beberapa waktu lalu ada Festival Jajanan Bango (FJB) di Plaza Parkir Timur - GBK Senayan, Jakarta 28-30 Oktober 2022. Pada FJB 2022 ini banyak kuliner nusantara yang disajikan dan bisa dicicipi pengunjung yang datang.

Festival Jajanan Bango yang sudah ada sejak tahun 2005 ini merupakan salah satu cara Bango mengajak masyarakat Indonesia lebih mengenal lagi kuliner otentik nusantara  lebih dekat. Rasanya semua tahu deh kalau Bango telah melezatkan masakan Indonesia sejak lama, tepatnya tahun 1928 dan ikut melestarikan warisan kuliner nusantara.

Ada 8 area penjaja kuliner di FJB mulai dari area Sumatera, Jawa hingga Area Papua. Pada FJB 2022 lalu ada beberapa stand favorit yang antriannya luar biasa didatangi pengunjung yaitu Iga Bakar Sijangkung Bandung di Area Jawa dan Sate Rembiga Hj Sinnaseh dri Area Nusa Tenggara.


Live Cooking Class bersama Bango FJB

Kalau Iga Bakar sih lidah saya sudah terbiasa merasakan kelezatannya karena Bandung tidak terlalu jauh dari tempat tinggal saya. Sedangkan sate rembiga meskipun jauh dari NTB sana, tapi saya sudah pernah mencicipinya loh, karena pernah dikirimi oleh teman dari Lombok. Rasanya hmmm maknyus gitu kalau kata Almarhum Pak Bondan.

Sayang sekali saya tidak sempat datang ke FJB 2022 lalu karena ada kesibukan lain. Gampang sih kalau mau makan bisa pesan sate rembiga secara online. Tapi, pingin juga sesekali bisa masak sendiri kuliner khas daerah di rumah. Cuma kendalanya ini pasti repot dengan segala macam bumbu yang harus disiapkan.




Bango juga sudah punya solusinya nih untuk para ibu dan keluarga Indonesia supaya bisa menyajikan hidangan kuliner khas dan legendaris Indonesia di rumah dengan memberikan Resep Bango FJB pada WEB atau pada channel Youtube Bango Warisan Kuliner,

Bicara soal youtube, hari Selasa, 6 Desember 2022 lalu saya menghadiri acara Live Cooking Class bersama Bango FJB di Almond Zucchini Cooking, Studio Prapanca, Jakarta Selatan. Acara yang diselenggarakan secara hybrid ini juga dihadiri oleh media dan blogger lewat youtube dan zoom.


Live Cooking Class bersama Bango FJB

Kelezatan makanan FJB yang otentik ini juga bisa kita sajikan di rumah loh! Chef Ragil yang membagikan resep legendaris kuliner tersebut  juga mendemokan cara memasak dua hidangan yaitu Sate Rembiga dan Iga Bakar. Kalau tahu triknya memasak hidangan khas Indonesia itu gak sulit kok kata Chef Ragil. Zaman makin canggih, kalau gak bisa mengulek ada blender yang bisa digunakan untuk menghaluskan bumbu. Tidak tahu resep masakan tertentu, bisa lihat saja di web Bango atau Youtube. Semuanya serba mudah apalagi saat ini Bango juga bukan hanya menyediakan kecap saja namun beberapa bumbu kuliner nusantara seperti tongseng, nasi goreng kambing, soto ayam Cepu dan lainnya.

Festival Jajanan Bango



Live Cooking Demo yang saya hadiri bersama teman-teman blogger dari Kumpulan Emak Blogger bertema “Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu” yang menghadirkan Adisty Nilasari - Senior External & Digital Communication Manager Unilever Indonesia dan Chef Ragil Imam Wibowo.

Mbak Adisti bilang tidak hanya FJB saja makanan Indonesia bisa dinikmati tapi juga bisa dihidangkan  di rumah. Lewat bantuan Chef Ragil yang membagikan resep kuliner legendari ala FJB ke rumah. Chef Ragil bukan hanya mengajarkan memasak kedua resep saja, melainkan juga memberikan info serta tips memasak lainnya. Di saat memasak sate rembiga, beliau menyarankan memilih daging has alam supaya tidak keras atau daging di bagian pipi sapi. Begitu pula dengan proses marinasi dijelaskan dengan detail mulai dari waktu tercepat hingga waktu terbaik.

Ketika memasak Sate rembiga maupun iga bakar, Chef juga dibantu oleh para blogger yang hadir di lokasi baik itu memotong, menghaluskan atau menusuk sate. Seru juga ya melakukan live cooking demo seperti ini. Setelah kedua masakan selesai, kami pun diberikan kesempatan untuk mencicipi keuda hidangan legendaris tersebut. Rasanya memang enak sekali dan terasa banget rempah khas Indonesia.


Resep kuliber legendaris


Memasak Resep Legendaris Menggunakan Kecap Bango


Kebanyakan orang Indonesia menyukai masakan manis, salah satunya rasa manis gurih dari kecap. Memasak kedua resep pun tak ketinggalan kecap bango yang menggunakan 4 bahan alami yaitu gula, garam, kedelai hitam Mallika, dan air serta tanpa pemanis buatan, tapa penguat rasa dan tanpa pewarna sintetis.

Sate Rembiga dan Iga Bakar pun menggunakan kecap bango ketika diolah saat memasak. Banyaknya kecap yang digunakan disesuaikan dengan selera masing-masing karena buat saya yang gak terlalu suka manis, kecap bango masih dapat diterima oleh lidah saya.

Sudah punya rencana apa di tahun baru? Mau makan bareng keluarga atau teman? cobain deh masak menu sate rembik dan iga bakar supaya anti mainstream dan ikut berpartisipasi dalam melestarikan warisan budaya resep legendaris nusantara. Kalian bisa recook resepnya berikut ini!.



resep rembiga dan iga bakar


Gak ada alasan lagi masak kuliner legendaris nusantara di rumah, gak repot kok apalagi ada Bango. Dalam sekejap bisa ahli masak seperti chef dan tentunya disayang keluarga.




Post a Comment

22 Comments

  1. 😄 asyiikk ada resepnyaaa
    Ntar mau bgt coba recook
    Di rumahku juga selalu pakai BANGO mba.

    Karena ibu mertua ga mau ganti kecap lain.harus BANGO 😆

    ReplyDelete
  2. Wah, mantap nih kita jadi tau resep dan cara masak kedua menu otentik Nusantara tersebut melalui live cooking demo Bango. Pas banget ya buat tahun baruan dan udah hawa2 liburan makan2 terus hehehe. Masak apapun kalau pakai kecap Bango, pasti lebih lezat rasanya. Sate rembiga dan iga sapi bakar ala FJB emang maknyuzzz :)

    ReplyDelete
  3. Orang Indonesia itu sukanya pedas manis. Jadi paduan sambal dan kecap tuh emang dah paling oke banget ya, Mba. Kayak kemarin cobain yang iga bakar buatan Chef Ragil tuh enak banget, manis gurih plus ada pedes2nya dari glondongan cabe rawit orange.

    ReplyDelete
  4. Ahhh kabita banget Sate Rembiganya, aku blom pernah nyobain khas Lombok ini, ngelihat resepnya dan buatnya juga mudah.
    Bisa buat malam tahhun baruan nih, keknya aku di rumah aja nih menyambut tahun baruan, solanya cuaca lagi ga bersahabat.

    ReplyDelete
  5. aku selalu nyetok kecap Bango di rumah. karena orang Jogja itu suka banget menu manis. masakannya seringnya manis dan berkuah cocok banget pake Bango

    ReplyDelete
  6. Nah iya akutu kalau traveling selalu wisata kuliner ke makanan setempat, biar tahu kuliner legendaris dari sana. Seperti menu sate rembiga dan iga bakar ini bisa nih dicaba nanti sekalian ikut berpartisipasi dalam melestarikan warisan budaya resep legendaris nusantara.

    ReplyDelete
  7. Senang sekali jika bisa menghadirkan aneka kuliner legendaris ala FJB yang udah terbukti enak-enak. Kayaknya aku mau coba juga yang sate tembikar ama iga ini bisa jadi pilihan aku buat masak di rumah

    ReplyDelete
  8. Asli bikin Mupeng itu sate rembiga dan iga bakarnya. Tepatnya, khususnya sama sate rembiga ini. Dengan resep kuliner ala FJB, menikmati sate rembiga tak perlu jauh-jauh ke Lombok ya Mbak. Betewe, kalau soal kecap...andalan di rumah ya kecap bango ini, rasa dan kekentalannya pas dan khas

    ReplyDelete
  9. Uwaaaa enak. Aku udah coba recook iga bakar iniiih. Anak2 sukaa mba. Wah aku mau yg sate jg rasanyaa. Kecap bango selalu ada di rumah 😍

    ReplyDelete
  10. Setuju sama Chef kalau tahu tricknya masak hidangan indonesia itu mudah ya. jadi bisa menghemat waktu memasak juga pastinya. aku jadi pengen deh cobain resep chef, apa masak aja ya hehe.. Masakan Indonesia memang the best apalagi pakai kecap bango.

    ReplyDelete
  11. yang aku suka lagi dari kecap bango, ada kecapnya versi light gitu, jadi gak terlalu kental dan manis, pas untuk yang tidak terlalu suka manis gitu, hehe

    emang akhirnya kita kita juga yang jadi chef kalo di rumah mah yaa, ehehe

    ReplyDelete
  12. cuma bisa ngiler deh baca penjelasan Mbak Lia. Menggoda banget masakan andalan di FJB.
    Kalo terlewat ga bisa datang FJB, coba masak sendiri di rumah aja kali yaa ... pakai kecap Bango mah enak, manisnya sampe ke dalam daging.

    ReplyDelete
  13. Wah, mba fitri beruntung banget lho bisa datang langsung ke acara live cooking bersama Bango. Semoga suatu saat bisa ikutan juga.

    ReplyDelete
  14. Iya salut sama bango yang tetap setia menghadirkan festival jajanan bango, jadi walau belum bisa bepergian ke berbagai daerah, tetap bisa mencicipi kuliner dari banyak daerah

    ReplyDelete
  15. siap-siap nih mba menjelang malam tahun baru udah ngantongin 2 resep kuliner legendaris ala FJB yang siap di eksekusi a.k.a recook buat teman malam tahun baruan bersama keluarga

    ReplyDelete
  16. Makanya pas lagi traveling itu kayak sekalian wisata kuliner ya, Bun. Biar bisa cicipi masakan khas daerah.

    Seru banget acara masak2nya. Pakai kecap Bango emang paling juara. Anak2 aku tiap harinya enggak pernah absen dr kecap Bango. Manis² gurih.

    ReplyDelete
  17. Hepi juga bisa hadir dalam cooking demo ya mba, aku yang ikut lihat live nya pun senang. Jadi tahu trik mengolah daging yang empuk untuk dijadikan sate Rembiga atau Iga bakar. Biasanya kan pakai Has dalam, sayang harga nya mahal. Ini ternyata ada harga yang murah untuk sate dan tetep empuk. Sukses buat Bango tentunya yang udah menyelenggarakan event ini, aku mupeng loh FJB diadakan dekat kotaku biar bisa menyicipi kuliner legendaris di sana

    ReplyDelete
  18. Festival jajanan Bango ini membuat kita bisa menikmati kelezatan kuliner Nusantara yang legendaris
    Sekarang bisa kita masak di rumah ya

    ReplyDelete
  19. Aku belum pernah nyobain Sate atau Iga Bakar ini. Nanti recook aja ya. Kalau ada kesempatan ke tempat asalnya, baru coba, hehehe. Btw, FJB tuh bikin kuliner nusantara makin bangkit

    ReplyDelete
  20. Menu makanan khas Indonesia begini terkenal so yummiii..
    Rasanya kuat dan tak terlupakan. Apalagi dapat resepnya langsung melihat sendiri dari acara live cooking FJB 2022.

    Semakin ingin segera mencoba di rumah ya, kak.
    Jangan lupa Kecap Bango yang menambah sedap makanan kuliner legendari Indonesia.

    ReplyDelete
  21. Aku malah gak tau kalau ada FJB 2022, ketinggalan haha. Padahal sebelum pandemi aku datag ke FJB. Biasanya sih aku nyari masakan Jawa Timuran sebagai tombo kangen merantau :D
    Ternyata ada dua menu yang difavoritkan yaaa. Baik sate maupun iga bakarnya aku blm pernah makan nih mbak, jd penasaran rasanya :D

    ReplyDelete
  22. Resep legendaris FJB bisa dicoba nanti buat acara malam tahun baru nih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya