Sunday, March 11, 2012

Bertemu Melalui USG

Kehamilan merupakan anugerah bagi perempuan. Hamil dan mempunyai anak adalah hal yang paling ditunggu oleh pasangan pengantin baru. Berbagai cara dilakukan mulai dari membaca buku, bertanya pada orang yang lebih berpengalaman mengenai cara cepat hamil.

Allhamdulillah tepat dibulan ke 4 setelah menikah aku dinyatakan hamil, padahal sebelumnya kita berniat ke dokter kandungan untuk memeriksakan diri dan bertanya mengapa belum hamil. 


Hal yang paling menakjubkan dan selalu aku tunggu-tunggu adalah ketika memeriksakan kehamilan pada dokter kandungan, disini aku menganggap akan bertemu dan melihat calon anakku melalui Ultrasonography atau USG. Orangtuaku pernah khawatir mengenai USG ini, apakah berbahaya setiap kali kontrol di USG. Aku sempat mencari tahu mengenai ini, ternyata USG ini adalah pemeriksaan menggunakan gelombang bunyi pada frekuensi tinggi yang berfungsi untuk memonitor keadaan janin dalam kandungan. USG dapat dilakukan kapan saja selama kehamilan, karena tidak berbahaya bagi calon ibu dan bayi yang dikandungnya.

hasil USG sewaktu hamil Alvin

Aku juga sempat takut, karena aku tahu USG ini ada dua metode yaitu transabdominal dan transvaginal. Dokter kandunganku hanya memeriksa kehamilanku dengan USG metode transabdominal yaitu dengan mengoleskan jelly diatas perut lalu menggerakan transducer (alat yang ditempelkan pada perut untuk melihat keadaan janin dalam kandungan).

Senangnya bukan main saat aku bisa melihat janin dalam kandunganku di monitor yang ada disamping tempat tidur. Takjub, sungguh besar karunia Allah yang telah diberikan ini. Aku sempat melihat bayinya bergerak turun naik. Dikedua kehamilanku kita hanya melalukan USG 2 dimensi saja. Ada USG 3 dimensi maupun 4 dimensi masing-masing mempunyai perbedaan pada saat melihat hasilnya. Biasanya USG 2 dimensi sudah termasuk didalam setiap aku memeriksakan kandungan, sedangkan USG 3 dan 4 dimensi kita harus membayar lagi.

Tips melakukan USG kehamilan bagi yang baru saja hamil atau yang belum hamil adalah sebaiknya tidak buang air kecil dulu sebelum melakukan USG, karena akan kering dan sukar terlihat pada saat di USG.

Dengan melalukan USG ini kita bisa mengetahui berat badan bayi dalam kandungan, umur kandungan, juga bisa terlihat apakah masih cukup air ketuban yang ada. Dikedua kehamilanku aku memiliki riwayat yang sama yaitu air ketubannya berkurang bahkan pada kehamilan Alvin sudah pecah duluan sebelum waktunya melahirkan.

Jenis kelamin bayi juga bisa terlihat melalui USG ini, tapi saran aku sih semuanya harus diserahkan pada Allah SWT, karena hanya Allah yang dapat menentukan semuanya. Dokter hanya bisa memberitahukan jenis kelamin sesuai ilmu yang didapatnya tetapi semua kuasa Allah. Ini terjadi pada saat aku hamil Pascal. Dari awal Kehamilan sampai masuk usia kehamilan 39 minggu, dokter selalu mengatakan jenis kelaminnya Perempuan. Tetapi saat aku operasi cesar dan dokter mengatakan bayinya laki-laki aku tidak terlalu kaget, entah mengapa walaupun dokter selalu mengatakan jenis kelaminnya perempuan feelingku selalu mengatakan anakku laki-laki. 


Artikel ini diikutsertakan pada acara Giveaway Awal Maret 2012 di Blog Andy Hardiyanti.

37 comments:

  1. memang menakjubkan ya mbak, saat kita bisa melihat calon bayi yang ada di dalam rahim, subhanallah...rasanya nggak percaya kalo ada kehidupan di dalam perut kita.

    ReplyDelete
  2. Subhanallah,
    Alhmadulillah, sering merenung kalau lihat hasil USG kayak gini.

    Allahuakkbar,
    Salam buat Alvin :D

    ReplyDelete
  3. Hihihi usg belum tentu benar ya mbak...

    ReplyDelete
  4. Ada yang bilang kalau di USG gak surprise Mbak,hihihiih..
    Semoga sukses kontesnya :)

    ReplyDelete
  5. iya... gua juga selalu menanti2kan masa2 bisa ngeliat usg. biar bisa ngeliat bayinya. :D
    dulu rasanya sampe pengennya sih kalo bisa punya mesin usg sendiri. huahahaha

    ReplyDelete
  6. kemaren waktu periksa kandungan istri... di usg ,, duh senengnya calon bayi ku ternyata sehat..

    BTW sukses kontesnya

    ReplyDelete
  7. tentu suatu anugerah buat calon Ibu bisa melihat calon bayi

    ReplyDelete
  8. hihihi..periksa lagi keyword yang diberikan link yaa mbak...
    cara cepat hamil, bukan cara cepat hami :D

    udah dicatat sebagai peserta yaa ;)

    ReplyDelete
  9. bikin dagdigdug ya hasil usg itu, takut terjadi sesuatu

    ReplyDelete
  10. kalo di USG di bilang perempuan katanya ada kemungkinan laki laki. tapi kalo udah di bilang laki laki itu biasanya udah bener.

    tapi kok bisa ada feeling laki laki mbak.

    ReplyDelete
  11. Jaman kehamilan anak saya, istri saya tidak USG karena saat itu belum banyak yang punya alatnya. Kalaupun ada harus kekota lain dan katanya biayanya mahal.

    ReplyDelete
  12. Subhanalla ya bisa 'bertemu' ananda sejak mereka masih dirahim kita lewat USG :-)

    Gudlak ya di GA ini...

    ReplyDelete
  13. benar yah.. manusia yang merencanakan, Tuhan yang menentukan... :)

    ReplyDelete
  14. ada yang berbeda antara anak pertama dan selanjutnya
    anak pertama 2 minggu sekali diusg
    eh anak lainnya kadang 2 bulan sekali
    kadang malah engga..

    ReplyDelete
  15. katanya si ortu (bapak/ibu) calon janin bisa punya feeling anaknya akan cowok atau cewek ya Mbak. Salah satu kakak saya ada yg commit gak mau lht USG...yakin banget jika anaknya bakal cowok dan ternyata bener wktu lahirnya cowok. Padahal si istrinya diam2 sdh tanya dokter dan dibilangi jika jenis kelaminnya gak kelihatan waktu di USG

    ReplyDelete
  16. pengalam USG hanya mimi rasakan utk anak1 dan 2 aja, itupun bukan maksud mau tau jenis kelaminnya...tp mau lihatr ada kelainan apa engga,
    anak ke 3 krn udah pengalaman jd agak cuek dan ga pernah USG tp ttp jaga kehamilan koq heeee

    ReplyDelete
  17. Aku beberapa waktu yang lalu juga akhirnya bisa merasakan gimana di USG itu. Tapi bukan hamil yaaaaa *nikah aja belum kok mau hamil. hihih..
    Itu cuma semacam pemeriksaan aja, melihat organ di abdominalku normal ato ada yg bermasalah. Dan iya, emang baiknya sebelum pipis. Kalo ternyata baru aja pipis, harus minum banyak banyak dulu deh. Hihi :D

    Sukses buat kontesnyaaa mbak Lid :D

    ReplyDelete
  18. Mengenang awal kehadiran sang buah hati ya teh,hati dagdigdug,selamat ngontes

    ReplyDelete
  19. Betapa indahnya mendampingi istri saat USG. Eh, saya kok jadi berkhayal di sini, hehe..

    ReplyDelete
  20. setiap kali periksa USG tiap bulannya untuk ketiga anak saya, saya selalu mendampingi istri dan menyaksikan pergerakan janin, masya Alloh sungguh luar biasa, saya selalu ngredeg

    ReplyDelete
  21. Mbak Doain saya segera hamil ya..

    ReplyDelete
  22. USG selalu mempesona ya mbak. Melihat keajaiban yang ada dalam perut kita. Saya suka membayangkan (saat USG) seperti apa ya kelihatannya si jabang bayi ...

    Sukses GA-nya ya mbak ...

    ReplyDelete
  23. USG selalu mempesona ya mbak. Melihat keajaiban yang ada dalam perut kita. Saya suka membayangkan (saat USG) seperti apa ya kelihatannya si jabang bayi ...

    Sukses GA-nya ya mbak ...

    ReplyDelete
  24. aku juga selalu menunggu-nunggu saat kontrol untuk USG. Rasany lega campur seneng bisa lihat bayi dalam perut yang bergerak-gerak

    ReplyDelete
  25. Mbak Lidya, Pa kabar?

    Hehehe baca postingan ini membuat aku jadi pengen ngasi Hanif adek...

    Masa-masa kehamilan masa yang ga mungkin terlupakan.

    ReplyDelete
  26. waaa pasti seneng banget ya mama, waktu liat si dedek gerak2 di layar :')

    ReplyDelete
  27. wah, saya baru tau mba kalo mw USG jangan BAK dulu. saya malah berfikiran lebih baik BAK dulu, jadi perutnya ngga kencang nahan BAK...

    saya juga paliing sememg bun kalo saatnya di USG. Kangen melihat perkembangannya dan sedang apa dia di sana.

    ReplyDelete
  28. hehe cocok nih istri saya sedang mengalami nya. harus banyak bertanya pada yang sudah berpengalaman nih..bantuin atuh ya mbak

    kasian istri saya ternyata masih sering muntah2 dan pusing, sakit punggung dll banyak..kemarin abis cek lab, leukosit nya tinggi dan mau checkup lagi tar ke R.S.Hermina.

    Mohon doanya semoga dilancarkan, amin..

    ReplyDelete
  29. pengen deh merasakan di USG di liat dd bayi di perut
    tapi belum nikahhh hihihi belum bisa :P

    ReplyDelete
  30. Sama, mbak, aku juga paling seneng kalo lagi hamil tuh ya menunggu saat periksa ke dokter dan di-USG. Rasanya luar biasa banget ngeliat janin dalam perut kita ya :)

    ReplyDelete
  31. iya, hampir sama dengan aku mam, saat anak k2 ( arin )..
    2 minggu sblm melahirkan disuruh dokternya periksa ke bagian radiologi untuk memperkirakan lahirnya kpn..?? sekalian liat babynya dengan prediksi kelamin cowok....( alhamdulillah )
    wedew...lahirnya cewek dan tomboynya minta mampun dech....

    ReplyDelete
  32. Berarti Alvin lahirnya melalu cesar ya mbak?
    Semoga menang di kontes ini ya mbak?

    ReplyDelete
  33. Kemajuan teknologi memang menakjubkan. Dulu aku tak ngebayangin sudah bisa melihat janin yg ada dalam kandungan. Subhanallah, sekarang berkat USG kita dapat memandang janin yg masih dalam perut ya mbak..

    Selamat utk kontesnya, dan aku sangat terkesan dg postingan ini mbak :)

    ReplyDelete
  34. kalo aku 2 kali hamil, tebakan dokternya terbukti benar 100% yaitu cewek hihihi.....tp memang aku pribadi dari belum hamil udah menghayalkan punya anak perempuan sechh.....ngga pernah membayangin punya anak laki2 hihih...Alhamdulillah jd kemyataan...

    ReplyDelete
  35. gak sengaja mendarat dimari mba :) betul sih harus diserahkan sama Tuhan. USG kan buatan manusia. Bisa saja salah prediksi... tapi sing penting bayinya sehat, betul!! :)

    ReplyDelete

Mohon Maaf komen dimoderasi ya. Terima kasih sudah menuliskan komentarnya, walaupun tidak di reply langsung disini Insya Allah jika ada pertanyaan saya akan langsung menjawab di blog masing-masing ya