badge

Saturday, September 26, 2015

Sate Maranggi Khas Purwakarta

Sate Maranggi Khas Purwakarta ini sudah cukup terkenal buat pecinta kuliner. Saya mengenal sate maranggi sejak kecil, karena tinggal di Cikampek yang memang dekat dengan Purwakarta. Sebetulnya tidak harus ke Purwakarta kok kalau mau beli sate ini, karena di Cikampek banyak penjualnya dan rasanya pun tidak kalah enaknya.

Ada penjual sate maranggi di daerah Cibungur, Purwakarta yang sudah terkenal kemana-mana. Mungkin karena awalnya mereka melintasi Purwakarta saat akan pergi ke Bandung dan sekitarnya. Nah teman-teman saya pun sering janjian untuk makan di sana. Biasanya sih waktu hari kerja saat anak-anak bersekolah.

Mama di Cikampek juga kadang-kadang buat sate maranggi sama tetangga kalau pas ada daging banyak. Seru kalau sama-sama gini saat membuat atau makan bersama. Biasanya ibu-ibu yang membuat bumbu, sedangkan bapak-bapak yang menjadi juru kipas satenya. Nikmat kan kebersamaan yang terjalin saat berkumpul membuat sate bersama.

Saat Idul Adha kemarin, saya mendapatkan jatah daging sebagai pekurban. Cukup banyak juga ternyata daging sapi yang saya dapatkan, sedangkan di rumah Cuma berempat. Sebagian sudah saya buat rendang supaya lebih awet dan tahan lama. Lainnya saya simpan untuk membuat kaldu dan sup. Bagian lain rencananya saya mau buat sate saja. Langsung saja saya kepikiran untuk membuat sate maranggi. Resepnya saya bbm mama deh supaya gak salah.

Sabtu pagi eksekusi deh satenya. Sebelumnya sudah saya beri bumbu lengkuas,bawang merah putih, kunyit dan ketumbar. Sambil didiamkan beberapa saat dagingnya. Suami memanaskan bakaran sate. Ternyata cukup lama ya memanaskannya, maklum bukan ahlinya :).

Saya buat sate sebanyak 20 tusuk saja deh buat makan siang ceritanya. Kegiatan menyenangkan ini atas permintaan anak-anak. Mereka senang melakukan hal baru. Kalau biasanya makan sate dengan membeli, kali ini membuat sendiri. Hari sebelumnya saya sengaja sudah membeli bakaran sate, tusuk sate dan arang dari batok kelapa. Kalau punya Griller sih enak ya bakarnya. Bagian kipas-kipas tentu saja suami dibantu pakai kipas angin juga. Anak-anak menyiapkan piring yang berisi kecap sebelum sate di bakar.
Sate Maranggi Khas Purwakarta


Akhirnya jadi juga nih Sate Maranggi Khas Purwakarta yang kami buat. Rasanya lumayan lah hehehe.

sate maranggi
gb, atas sate siap maka, gb bawah sate yang diberi bumbu sebelum dibakar


37 comments:

  1. pengen dong ngerasain sate buatan mba :)

    ReplyDelete
  2. Bumbunya pakai lengkuas? Kayak bumbu ayam goreng yaa?

    ReplyDelete
  3. Bumbunya pakai lengkuas? Kayak bumbu ayam goreng yaa?

    ReplyDelete
  4. Asyikk ya Mba...nyate sendiri.. Pasti lebih enak daripada yg dijual pedagang.. Krn bumbunya pasti ngepas dgn selera kita sendiri..

    ReplyDelete
  5. Jadi, sate sapi disebut sate maranggi? Selain lengkuas, bumbu apalagi yang membedakannya dari sate lain?

    ReplyDelete
  6. yaaaahh, telat deh, baru aja kmren bikin sate, bookmark aja deh kalok gt,
    tfs y mak

    ReplyDelete
  7. Wah mantap bener nih, jadi pingin beli sate :)

    ReplyDelete
  8. Dulu waktu aku masih di Purwakarta pernah makan sate maranggi yg di Cibungur. Emang enak bgt tapi jauh dari rumah :D

    ReplyDelete
  9. Sate maranggi tuh empuk bgt yah...

    ReplyDelete
  10. Namanya Sate Maranggi.. potongan dagingnya besar-besar yah haha.

    ReplyDelete
  11. Satenya enak di makan pas tengah malam gini.

    ReplyDelete
  12. sate maranggi yang di Cibungur memang enak banget

    ReplyDelete
  13. sampai sekarang aku belum pernah nyicipin sate maranggi, kasian ya mbak aku nih

    ReplyDelete
  14. Belum pernah makan sate maranggi mbak, bumbunya komplit gitu ya pake kunyit segala
    Kayaknya bisa dicoba tuh mbak

    ReplyDelete
  15. Mantabbb tinggal dicocol saos kecap bawang merah n rawitt

    ReplyDelete
  16. tahu gitu kemarin saya main ke rumah, Mbak Lidya. Kalau datang sekarang kira-kira bakal dibikinin sate nggak ya? :)

    ReplyDelete
  17. Waaah, sepakaaaat. Ini enak banget satenya.
    Ah, jg ngiler nih

    ReplyDelete
  18. jadi kangen sama sate maranggi yanng di Purwakarta nih......

    ReplyDelete
  19. ini favorit akuu..aku punya banyak saudara di Purwakartaaa maklid et sering ke sini..selalu dapet sate maranggi :)

    ReplyDelete
  20. Alm. Kakekku suka sate Maranggi. Kalau aku karena vegetarian cukup liatin aja kalau kurban/lebaran/taun baru pas yang lain nyate, hihihi :)

    ReplyDelete
  21. Sebenarnya Maranggi itu nama bumbunya atau cara memasaknya ya Mbak?

    ReplyDelete
  22. penasaran yang namanya sate maranggi mba...

    ReplyDelete
  23. Kalau misalkan maen kesana dapet sate gratiskah ?? :D

    ReplyDelete
  24. wah mantab banget....hi hi dirumah dagingnya baru dimasak sapi lada hitam ajah nih

    ReplyDelete
  25. aduh sate nya keliatannya enak banget lid...

    ReplyDelete
  26. jadi laper begitu lihat foto satenya...kelihatannya mantabbb tuh mbak...kalo nyate saya ikut ibu mertua ajah...hehehe...dasar aku males

    ReplyDelete
  27. Kalau inget sate maranggi, jadi pengen main kerumah kakak di Purwakarta.

    ReplyDelete
  28. aihh jadi kengen sate maranggi....
    mauu....plus es kelapa muda yahh

    ReplyDelete
  29. Huwaaa. Pengin nyicip sate ini pas di Sumedang belum kesampaian. :3

    ReplyDelete
  30. Aku lupa lupa inget pernah makan sate maranggi belum, ya.

    ReplyDelete
  31. aku copas resepnya ya mana tau ada tusuk sate nganggur di rumah :D

    ReplyDelete
  32. Resep sudah ditangan dan saatnya praktekkan juga ^_^

    ReplyDelete
  33. Aku pernah denger tentang kelezatan sate ini, katanya uenak banget, tapi sampe sekarang belom pernah nyobain, kapan-kapan pengin aaahh.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...