badge

Thursday, December 24, 2015

Cukup Satu Kejadian, Cukup Satu - Negeri Van Oranje


Sejak tahu kalau Film Negeri Van Oranje ini akan tayang di bioskop, saya sudah tertarik sekali untuk nonton. Yang paling menarik karena settingnya di Belanda dan Cekoslovakia, selain Indonesia tentunya. Sudah bisa dibayangkan seperti apa tempat-tempat menarik yang bakal jadi lokasi syuting ini, belum lagi bakal ada bunga tulip kesukaan saya juga :). Berhubung belum kesampaian ke negeri aslinya jadi cuuplah lihat pemandangannya dari film dulu.


Akhirnya kesampaian juga deh nonton film Negeri Van Oranje yang diadaptasi dari novel yang berjudul sama ini. Mendadak diajak Nuniek nonton gratis di Kota Kasablanka. Wih seneng banget apalagi bisa foto-foto juga sama dua orang pemainnya.

Awalnya sih gak terlalu antusias foto bareng tapi waktu lihat Arifin Putra saya langsung punya niat jahil foto bareng. Saya tahu karena Melly Feyadin suka banget sama Arifin Putra :). Satu lagi saya foto dengan Tatjana Saphira pemerang Lintang di film. Yang pernah nonton serial Stereo di Net pasti tau deh siapa Tatjana ini.

Di postingan ini bukan mau bahas isi cerita secara keseluruhan ya, pasti teman-teman sudah tahu lah isi ceritanya seperti apa. Kalau belum tahu bisa dibaca di blog sebelah hehehe.

Pada film ini ada tokoh yang bernama Wicak diperankan oleh Abimana Arya Satya, pemeran Rangga di Langit Terbelah di Langit Amerika dan 99 Cahaya di Langit Eropa. Karakter wicak yang pendiam, dia seorang aktivis lingkungan. Wicak ini digambarkan sebagai sosok yang punya banyak teman dimanapun berada, orang-orang mengenali dirinya. Tapi ternyata dia mempunyai kesulitan untuk mengingat nama seseorang. Tetapi dia cukup mengingat satu momen untuk mengingat seseorang tersebut.

"cukup satu kejadian, cukup satu". Ini salah satu kalimat yang diucapkan oleh Wicak kepada Lintang untuk mengingat seseorang. Misalnya Wicak akan mengingat kalau ibu penjual makanan itu pernah meminjamkannya korek, atau seseorang yang telah mencukur rambutnya secara gratis dan lain-lain contohnya. Wicak mengingat Lintang sebagai seorang wanita yang mau bela-belain mandi pagi untuk menemaninya ke airport. 

Ternyata dari kekurangan seseorang untuk mengingat nama bukan berarti dia kehilangan momen dan tidak mempunyai banyak teman. Yang saya tahu metode ini biasa disebut Metode Mnemonic yaitu metode mengingat atau menghafal suatu hal dengan menghubungkannya dengan satu hal yang mudah diingat oleh kita. Metode ini juga berguna sekali untuk meningkatkan daya ingat.

Metode ini juga yang suka dipakai saya untuk mengajarkan pelajaran pada anak-anak. Misalnya untuk meghafal pelajaran tajwid Al Quran. Untuk huruf Qolqolah menggunakan kalimat baju di toko” (ba, Jim, Dal, Tho, Qof).  Contoh lainnya misalnya menghafalkan warna pelangi dengan singkatan MEJIKUHIBINIU ini merupakan metode Mnemonic menggunakan akronim atau satu suku kata dari rangkaian kalimat panjang.

Berbagai teknik dari metode Mnemonic bisa kita terapkan, yang penting yang biasa kita ingat saja Insya Allah lebih mudah diterapka.

17 comments:

  1. Saya ada bukunya dan belum selesai baca eh sudah muncul film-nya...
    Senang ya bisa foto sama Arifin Putra :)

    ReplyDelete
  2. Aduuhh Arifin Putraaaa... ailapyuhh :))

    ReplyDelete
  3. Asyik banget mbak bisa nonton bareng pemainnya juga ;) Saya malah baru tahu tentang film ini. Beberapa hari yang lalu kakak saya cerita, kalau dia baru saja membeli novel Negeri Van Oranje. Saya bilang itu novel apa ya? Kok saya baru dengar wkwkwkw..

    Kemudian diceritakanlah sinopsisnya dstnya.. Kakak juga cerita kalau sebentar lagi filmnya bakal keluar. Eh pas saya cek 21cineplex pagi tadi, rupanya sudah tayang di bioskop sini.

    Tapi kalau nonton rasanya harus siapkan jadwal tersendiri nih. Soalnya gak mungkin juga bareng Sedja :D

    ReplyDelete
  4. Hmm.. cukup satu kejadian yg mmbuat qt inget,selfnote mak

    ReplyDelete
  5. Aku termasuk orang yang suka lupa nama orang :D Bisa dicoba nih metodenya. :)

    ReplyDelete
  6. Aku baru baca novelnya saja, Mbak. Bagus kalai di novel. :)

    ReplyDelete
  7. akua waktu menghafal juga suka dibuat singkatan,

    ReplyDelete
  8. Baru dengar metode mnemonic euyy... aduh itu Arifin Putra ganteng bangeeettt!

    ReplyDelete
  9. Aku belum pernah baca novelnya nih. Nggak taunya dah ada filmnya. Enaknya nonton dulu atau baca dulu ya?

    ReplyDelete
  10. Cara menghafal saya tuh mbak. Hehehe. Tp tetep aja suka ada yang kelupa kalau hafalannya point2. Hehehe.

    ReplyDelete
  11. Wahh..seru ya mbak bisa foto bareng pemainnya..

    * saya juga menghafal 'baju di toko' utk mengingat qolqolah lho mbak... :)

    ReplyDelete
  12. Wah Lia bisa foto bareng pemain filmya, keren nih *panggil Melly :D

    ReplyDelete
  13. Hahaha, waktu SD aku ngafalin TaCiPatPaReRaHeDiBeSu untuk dasa darma pramuka, ATBSIRK untuk sapta pesona, dan lain-lain. Terbukti, sampai sekarang masih ingat terus.

    ReplyDelete
  14. Semoga anakku lintang bisa smp holland jg heheee. Omku ada yg jd warga ceko krn pernikahan

    ReplyDelete
  15. salah satu novelisnya temanku di Kemluuuuu..hehehe..ini juga film yang aku pengeeen bangeeet nontooooon :)

    ReplyDelete
  16. wahh saya banget itu mah, suka lupa nama orang.. tapi kalo sekaligus lupa momennya gimana ya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...