Naik Sepeda? Ke Curug Parigi Bekasi Aja!

Naik Sepeda? Ke Curug Parigi Bekasi Aja! Buat mengisi waktu di akhir pekan saya dan beberapa teman rutin sepedaan di wilayah Bekasi. Biasanya kami menentukan destinasi terlebih dahulu sebelum berangkat di hari Sabtu atau Minggu.

curug parigi bekasi

Minggu pagi kami janjian untuk gowes ke Curug Parigi Bekasi dengan sepeda masing-masing. Seperti biasa saya sudah menyiapkan bekal air minum dan permen di dalam tas serta tak lupa memakai masker.

Postingan ini ditulis sebagai tulisan tematik tentang Bekasi yang sedang saya eksplor selama di rumah aja supaya gak bosan.


Curug ini artinya air terjun dalam bahasa Sunda. Sedangkan arti Parigi kalau gak salah itu sumur (Orang Sunda yang ngawur ini maafkan kalau saya ya hehehe). 

Lokasi Curug Parigi Bekasi

Karena lokasi rumah kami yang berbeda perumahan, akhirnya kami janjian bertemu di Pasar Bantar Gebang untuk menuju ke curug.

Lokasi Curug Parigi Bekasi



Oh ya, lokasi curug ini adanya di Pangkalan 5 daerah Bantar Gebang, Bekasi. Dari jalan raya terlihat kok petunjuk jalan bertuliskan Pangkalan 5.

Lokasi saya dari Gerbang Tol Bekasi Timur mengambil jalur ke daerah Mustika Sari hingga ke Pasar Bantar Gebang. Dari sini kita bisa melalui jalan Raya Narogong atau lewat Perumahan Vida untuk motong jalan agar tidak terlalu ramai oleh lalu lalang kendaraan.

Menuju ke curug ini sebaiknya naik sepeda atau motor aja, jangan naik mobil karena jalannya agak sempit. Kalau pun membawa kendaraan harus diparkir di pinggir jalan lalu penumpangnya berjalan kaki menuju curug.


Sebagai Tempat Wisata Kota Bekasi


Sekitar 30 menit akhirnya kami tiba di curug parigi bantar gebang bekasi. Untungnya di sana masih sepi jadi kami tidak khawatir akan keramaian. Sekitar setengah 7 kurang kami tiba langsung menuju curug untuk mengambil foto.

curug parigi bantar gebang bekasi


Sayangnya saat kami ke curug ini, ada buih atau busa mirip sabun gitu yang agak bau. Katanya sih buih tersebut dari limbah pabrik di sekitarnya. Padahal kawasan ini bisa dibilang banyak pepohonan, mungkin limbah pabrik yang dibuang ke sungai tersebut.

Jangan membayangkan curug atau air terjun yang tinggi dan besar lho, karena Curug Parigi hanyalah curug kecil saja. 

Karena tempat ini bukan tempat wisata resmi, waktu kami datang ke sana tidak ada tarif masuk kok. Sebenarnya saya sudah lama mendengar tentang curug ini tapi baru sempat berkunjung kali ini. Jarangnya pulang pergi dari rumah menuju curug hanya 27 KM saja.

Tapi gak usah khawatir di tempat ini tersedia warung-warung tempat istirahat untuk menikmati minuman dan camilan sebelum kembali gowes naik sepeda menuju ke rumah.

Meskipun lokasinya berada di Bekasi, tapi banyak pengunjung naik sepeda yang datang dari luar Kota Bekasi. Mereka dari Jakarta dan Kabupaten Bekasi, bahkan ada yang dari Karawang karena niat lihat curug sambil sepedaan.

Buat teman-teman yang mau berkunjung ke Curug Parigi Bekasi lebih enak datang pagi-pagi sekali atau sore. Karena di pagi bisa melihat sunrise sedangkan di sore hari sekalian melihat sunset. Tapi saya takut sih kalau malam-malam lebih nyaman pagi hari kemana-mana. Semoga saja curug ini bisa dijaga kebersihan dan keasriannya serta pihak pabrik tidak membuat limbah sembarangan sehingga membuat curug terlihat kotor.






Post a Comment

25 Comments

  1. Wooow, saya baru tahu. Bekasi punya tempat yang kece nan asri seperti itu. Di bayangan orang awam sepertiku, Bekasi hanya kota besar yg dipenuhi gedung2. Hehehe

    Kalo masalah bersepeda, dulu waktu SD mah aku kuat bersepeda smpe 10km, kalo skrg, boro-boro.. 😅

    ReplyDelete
  2. Mau atulaah ajak aku kesana, boleh Pagi2 juga biar tambah fresh tapi ngegas jangn ngegowes yaaaa..

    ReplyDelete
  3. Aku udah lama gak sepedaan. Kalau sejauh pp 27 km, kayanya pas dulu #Lemah hahahaha. Kalau di Jepara, mungkin sih ke pantai aja buat sepedaan. Ke air terjun mah jauh banget

    ReplyDelete
  4. Sayang banget yaa kalau ada pabrik yang buang limbah sembarangan. Padahal curugnya kalau dipelihara dengan baik kan bagus juga ya

    ReplyDelete
  5. Yahhh, kenapa pas aku ke Bekasi (rumah kaka ipar) kagak diajak ke mari yhaa? :(
    Pengin banget sepedaan rame2 ke curug
    seruuu nih

    ReplyDelete
  6. seru banget mba sepedaan bareng teman-teman ke curug parigi bekasi, btw aku baru tau tempat ini loh mba.. bagus ya

    ReplyDelete
  7. Sedih banget lihat limbahnya. Padahal seharusnya ini bisa jadi salah satu destinasi wisata yang semakin menarik kalau tanpa limbah.

    ReplyDelete
  8. Lebih bersemangat melihat sunrise ya biar halan2nya masih syeger Mbaa.
    Tungguin aku di prapatan yaaa, otw udah kesiangan nih .

    ReplyDelete
  9. Ya ampun sayang banget ya Curug cantik dikotori limbah pabrik, tega bener ya itu perusahaan buang kotoran sembarangan :(

    ReplyDelete
  10. Begitu lihat foto pertama langsung penasaran sama buih-buihnya ternyata limbah ya. Sayang banget padahal curugnya bagus. Semoga jadi perhatian pemerintah setempat, supaya tempat wisata ini bisa dijaga.

    ReplyDelete
  11. Saya kira buih atau busa itu berasal dari efek derasnya air, ternyata itu buih tersebut berasal dari limbah pabrik. Sayang sekali, jadi mengurangi keindahan karena baunya ya.

    ReplyDelete
  12. Eh beneran itu di bekasi mbak? Sungguh ada tempat seindah itu di bekasi? Wahh keren

    ReplyDelete
  13. Ahh penasaran misal nggak ada buih limbah, pasti cantik ya mbak.
    Dari awal baca judulnya aku udah pengen tahu lokasinya, pernah sekali lewat di perumahan Vida itu. Tapi kesana harus naik motor atau sepeda ya, kudu bawa sepeda dimasukkan ke mobil nih kalo dari Bogor, hahahaa

    ReplyDelete
  14. Aku pikir tadi air yang terjun dari atas dan bikin semacam busa...ternyata buih limbah..duh, sayang banget. Semoga ke depan bisa dikelola dan dijaga kebersihan lingkungan di curug Parigi Bekasi sini

    ReplyDelete
  15. Jadi buih sabun kayak awan putih itu limbah ya mbak? Dari jauh kelihatan cantik banget sih curugnya gara-gara itu.
    Kok kayak nggak percaya ya ada tempat wisata curug di Bekasi hahaha keren euy.

    ReplyDelete
  16. Seandainya buihbuih itu bukan limbah yaa. Huhuhu. Pas pertama lihat, saya pikir salju wkwkwk atau gak, itu foto awan. Padahal gak lagi naik gunung yakk. Ealah ternyata limbah. Hiks :(

    ReplyDelete
  17. indah banget ya pemandangannya, jadi pengen juga naik sepeda. Namun sejak asma sering kumat, aku udah lama gak naik sepedaan

    ReplyDelete
  18. Waah...di daerah Curug Parigi Bekasi gak ada orang Teknik Lingkungan kah, kak Lia?
    Itu limbah bahaya untuk warga gak yaa...?

    Tapi jadi unik siih...hihii...di foto berasa mau tumpah-tumpah airnya.

    ReplyDelete
  19. Di Bekasi masih ada curug ya. Ternyata masih ada lokasi-lokasi yang bisa dijelajahi ya di Bekasi kirain udah kota beton semua.

    ReplyDelete
  20. Seru amat sepedahan bareng sahabat sahabat gini yaaaa.. hihi. Sedih banget sih kalo ada yang buang limbah ke curug, jadi ngerusak ekosistem dan keindahan curugnya ya maaak.. huhu

    ReplyDelete
  21. Duh sayang sekali ya Lia pas kesana malah ada buihnya gitu. Iya, itu tanda-tanda tercemar limbah lho. Semoga aja permasalahan ini segera diatasi oleh pemerintah setempat.

    ReplyDelete
  22. Waduh, sayang sekali. Limbah pabrik apa nggak diproses dulu tapi langsung dibuang ya. Kok parah juga busanya. Semoga segera direspon sama pihak terkait ya, sayang alam yang asri jadi kurang bagus dilihat.

    ReplyDelete
  23. Cakep banget ya mbak curugnya. Airnya berbusa kalau dari hape kayak gunungan salju. Jadi pengen ke sana deh moga setelah pandemi ini yaa

    ReplyDelete
  24. Para goweser cantik ini siap mengeksplorasi Bekasi ya! Sayang banget sih itu limbah dibuang ke Curug! Mo marah rasanya!


    Yang lain seperti kuliner juga yaa untuk referensi ke Bekasi

    ReplyDelete
  25. Paling the best deh kalau sepedaan di tempat yang suasana alamnya kental banget, syg banget ini jauh dari sulsel, moga2 ad kesempatan berkunjung di sana

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya