7 Keuntungan Bersepeda Gunung bagi Tubuh

7 Keuntungan Bersepeda Gunung bagi Tubuh - Melakukan kegiatan olahraga sangat penting untuk tubuh, salah satu manfaatnya adalah membuat tubuh dan mental menjadi segar dan prima.

keuntungan bersepeda

 
Menariknya, kita bisa memilih salah satu jenis olahraga yang sesuai dengan minat dan keinginan, tak terkecuali dengan bersepeda gunung. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Apa-apa saja keuntungannya? Berikut ulasannya!

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung


Salah satu keuntungan dari bersepeda gunung adalah dengan membuat kesehatan jantung menjadi lebih baik. Suatu penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa orang yang bersepeda gunung setidaknya 20 Mil dalam seminggu dapat mengurangi resiko jantung koroner hingga 50%.
 
Bersepeda gunung melibatkan otot-otot tubuh yang membutuhkan asupan oksigen yang cukup. Hal ini membuat jantung bekerja dengan baik dan dapat meningkatkan kebugaran jantung sebesar 3-7%

2. Mampu Meningkatkan Kesehatan Mental dan Mencegah Stress


Bersepeda gunung dianggap mampu meningkatkan kesehatan mental seseorang. Hormon endorfin dan andrenalin dilepaskan saat bersepeda membuat kita menjadi percaya diri dan bersemangat saat menyelesaikan pencapaian baru, yang salah satunya dari pencapaian jarak target bersepeda.
 
Selain meningkatkan kesehatan, bersepeda gunung juga mampu meredakan stress. Hal ini dikarenakan bersepeda gunung di alam bebas yang kemudian mengubah suasana hati dan emosional menjadi lebih baik, sehingga menjadi lebih segar.

3. Memperkuat Sistem Imun di Dalam Tubuh


Imun di dalam tubuh menjadi meningkat saat melakukan kegiatan sepeda gunung. Hal ini dikarenakan bahwa bersepeda gunung mampu membuat kita menjadi lebih bertenaga.
 
Salah satu penelitian di Amerika menunjukan bahwa bersepeda gunung memiliki manfaat yang besar, khususnya pada peningkatan sistem pernapasan yang ada di bagian atas, sehingga mampu mengurangi resiko flu ringan yang ada di dalam tubuh.
 

4. Membuat Paru-Paru Menjadi Lebih Sehat


Bersepeda gunung mampu membuat paru-paru menjadi lebih sehat. Suatu penelitian mengungkapkan bahwa orang yang bersepeda gunung akan terhindar dari kehadiran asap yang dianggap berbahaya bagi tubuh.
 
Lebih lanjut dalam penelitian ini menunjukan bahwa orang-orang yang mengemudi kendaraan bermotor lebih rentan 5 kali lebih besar terpapar asap dan polusi dibandingkan dengan menggunakan sepeda. Dengan demikian pengguna sepeda gunung memiliki paru-paru yang lebih sehat dibandingkan yang tidak menggunakannya.

5. Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak


Tidur bisa menjadi lebih nyenyak saat melakukan kegiatan sepeda gunung. Hal ini dikarenakan hormon kortisol akan turun yang membuat dapat tidur dengan nyenyak.
 
Selain menurunkan hormon kortisol, faktor penyebab dapat tidur dengan nyenyak karena kita melakukan aktivitas yang berada di luar ruangan. Kegiatan ini rupanya dapat menstabilkan siklus bangun dan tidur, serta tentunya menghindari kita dari insomnia dengan catatan bersepeda tidak dilakukan di larut malam.

6. Memungkinkan Turunnya Resiko Diabetes


Bersepeda gunung juga sangat mungkin menurunkan resiko diabetes. Ada satu studi yang mengungkapkan bahwa bersepeda gunung selama 1 jam yang dilakukan oleh orang yang memiliki kelebihan berat badan dan penderita diabetes dapat mengurangi setengah kadar gula darah yang dimiliki selama 24 jam ke depan.
 
Penderita diabetes dan orang dengan kelebihan berat badan sangat direkomendasikan untuk bersepeda gunung, kegiatan ini sangat dianjurkan bagi semua umur dan kalangan agar dapat menurunkan gula darah di dalam tubuh mereka.

7. Membuat Tulang Menjadi Lebih Sehat


Keuntungan terakhir dari bersepeda gunung adalah dengan membuat tulang menjadi lebih sehat. Suatu penelitian mengungkapkan bahwa bersepeda dapat menjadi latihan bagi orang-orang yang menderita osteoporosis, sehingga tulang menjadi lebih tebal dan membuat kesehatan kardiovaskular menjadi lebih baik.
 
Di samping itu, orang-orang yang bersepeda di usia lansia ternyata ditemukan lebih sedikit mengalami gangguan osteoporosis dan gangguan tulang lain seperti nyeri lutut, sehingga bersepeda gunung sangat direkomendasikan bagi banyak orang, khususnya bagi para lansia.
 

Ada banyak manfaat lain yang didapat dari bersepeda di antaranya seperti membuat berat badan menjadi ideal, merawat persedian, mencegah resiko kanker, menumbuhkan kemampuan otak dan bahkan memperpanjang umur. Bersepeda gunung adalah kegiatan yang ramah dan sangat bermanfaat untuk dilakukan.
 
Itulah artikel tentang 7 keuntungan bersepeda gunung bagi tubuh, semoga kalian dapat merasakan manfaat yang besar saat bersepeda. Selamat Mencoba!
 

Post a Comment

24 Comments

  1. Saya gak berani naik sepeda. Pernah trauma hehehe. Jaid minta diboncengin aja boleh, gak? :D

    ReplyDelete
  2. Aku males-malesan nih mau sepedaan. Kemarin sempat aktif, beberapa kali ikut trip teman-teman. Tapi trus mandek. Padahal manfaatnya banyak banget ya ternyata

    ReplyDelete
  3. Aku juga nulis manfaat bersepeda di blogku nih, mbak :) Bisa mneguatkan tulang dan otot, tidur juga bisa lebih nyenyak ya dll. Yang penting berkesinambungan gowesnya, bukan sekali aja trus menghilang hihihi apalagi pas jajajn secukupnya aja :) Kalau berlebihan malah makin ndut hihihihi :)

    ReplyDelete
  4. Pantesaaann bodi dikau sungguh langsing paripurna, Mak.
    Rajin bersepeda yhaaa
    Baeklah, besok akan aku coba!

    ReplyDelete
  5. Wah emang benar mbak..
    Besepeda itu punya banyak manfaat bagi tubuh ya mbak

    ReplyDelete
  6. Wah, ternyata banyak manfaatnya ya naik sepeda itu. Memang asyik dan menyehatkan sih. Dulu aku pun senang bersepeda, sekarang sepedaku lagi rusak heuheu..

    ReplyDelete
  7. Aku udah lama banget mba nggak bersepeda apalagi kalau bersepeda gunung nggak pernah hiks. Semoga nanti ada waktu atau bisa juga bersepeda gunung. Soalnya aku blum mahir bawa sepedanya hahaha 😂. Harus belajar dulu

    ReplyDelete
  8. Ternyata banyak ya manfaat bersepeda... Pengen deh lebih rajin bersepeda, sekarang cuma bisa seminggu sekali..

    ReplyDelete
  9. Sepeda kak Lia badaaass pissaan..
    Keren.
    Kesian euuii...sepedaku sekarang banyakan nganggur.

    Karena..hehehe...kalo ajak anak-anak, aga ribet ngarahinnya.
    Pengen ke GOR lagi, berasa lebih aman.

    ReplyDelete
  10. Setuju nih mengurangi stress karena dengan bersepeda kita bisa melihat banyak hal di lingkungan sekitar kita

    ReplyDelete
  11. Setuju dengan ketujuh keuntungan tersebut ... lalu kumerasa malu karena tak melakukannya huhuu.

    ReplyDelete
  12. Seru ya mba bisa bersepeda gunung bareng suami, anak, keluarga ataupun sahabat-sahabat dekat yang satu frekuensi

    ReplyDelete
  13. Waktu masih zaman sekolah, bersepeda adalah kesayanganku!

    Karena aku tidak punya sepeda, aku pinjam punya kakek, sepeda yang ada palangnya.
    Awalnya aku harus mengayuh dengan badan bengkok, karena belum pede, namun lama-lama aku berani duduk di sadel.

    Jadi kangen bersepeda eui!

    ReplyDelete
  14. Enaknya bersepeda gunung ini juga bisa membuat pikiran tenang ya mba karena bisa cari udara segar ke tempat2 asyik. dan yang pasti bagus untuk kesehatan ya...

    ReplyDelete
  15. Aku jadi pengen coba bersepeda lagi nih Mbak, lihat temanku asyik banget menjelajah berbagai tempat dengan sepedanya..

    ReplyDelete
  16. Udah lama gak bersepeda gak punya sepeda haha. Tapi seumur hidup aku paling sering bersepeda saat SMP, ke mana2 sepedaan hehe :D
    Emang sih bikin gerak dengan cara yang asyik ya? Cuma kalau di kota keknya kudu pilih jalan yang oke juga gak rame supaya terhindar dr laka lantas

    ReplyDelete
  17. Bersepeda itu seru tp sy udah lama ga sepedaan , sepeda d pake si sulung sepeda dia udah kekecilan heuheu. Selain sehat bersepeda bikin hati seneng

    ReplyDelete
  18. want to try too mba, but not a mountain bike an ordinary bicycle while accompanying the children on a bicycle

    ReplyDelete
  19. Mbaaa ati2 jatuh sungaiii ituuu wkwk. Sekarang lagi musim emang ya. Aku sendiri juga sepedaan walau deket2 aja

    ReplyDelete
  20. asyik bangeet yang rajin sepedaan.. memang manfaatnya banyak banget yaa Lia.. aku lebih banyak sepedaan statis nih sementara iniii

    ReplyDelete
  21. Banyak juga ya manfaat bersepeda gunung. Aku masih mimpi nih punya sepeda gunung sekeluarga trus bisa bersepeda bareng pas weekend gitu. Wih kayanya asyik banget.
    TFS, Mbak :)

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah banyak manfaatnya ya melakukan olahraga yang satu ini. Aku baru weekend aja nih sepedaan, kalau hari-hari biasa belum rutin.

    ReplyDelete
  23. Wah mbk keren banget fotonya, tubuhnya fit banget ya Mba. Emang enak banget olahraga yang satu ini, dulu ku juga suka gowes cuma sekarang habis punya anak kok malah ga pernah, padahal harusnya makin rajin ya

    ReplyDelete
  24. Banyak ya manfaat bersepeda ini, saya masih jarang2 bersepeda padahal
    Harusnya rutin ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya