Coba Gerakan Yoga Untuk Menghilangkan Stres Saat Pandemi

Coba Gerakan Yoga Untuk Menghilangkan Stres Saat Pandemi - Tiap orang pasti pernah mengalami stres baik disadari maupun tidak. Kondisi pandemi yang masih berlangsung entah sampai kapan juga bisa membuat kita dilanda stres. Hal tersebut juga terjadi pada saya, di awal-awal masa pandemi merasakan cemas dan was-was karena virus tersebut apalagi belum ada vaksin corona saat itu. Kalau tidak cepat diatasi, stres dapat mengganggu aktivitas sehari-hari di rumah lho. Banyak cara mengatasi stres yang dapat kita lakukan, mungkin kamu mau mencoba gerakan yoga untuk menghilangkan stres?

Yoga Penghilang Stress




Sebelum membahas tentang yoga yang baik untuk menghilangkan stres, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu mengenai penyebab dari stres tersebut. 

Cari Tahu Penyebab Stres Selama Pandemi


Ketika seseorang mengalami perubahan, tekanan atau ada situasi yang bikin marah atau putus asa, stres akan menghampiri kita. Jika berkelanjutan stres akan mempengaruhi kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Untuk mengatasi stres sebaiknya kita cari dulu apa penyebab yang mendasarinya terlebih dahulu. Selama di rumah saja sejak bulan Maret lalu, saya berusaha untuk menjalankan berbagai aktivitas meskipun di rumah aja supaya gak bosan. 

Kita semakin akrab dengan gadget sehari-hari baik untuk melakukan komunikasi maupun urusan pekerjaan, ditambah lagi harus membantu anak-anak menjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh yang lagi-lagi melalui gadget juga. Kondisi seperti ini lama-lama membuat bosan juga lho, soalnya interaksi hanya dilakukan secara virtual saja.

Ternyata menurut artikel yang pernah saya baca, kurangnya interaksi sosial secara nyata bisa menyebabkan seseorang mengalami stres. Untuk itu kita harus mencari cara mengatasinya supaya tidak terus berlanjut, bisa-bisa seharian uring-uringan atau marah misalnya.

Banyak cara kok untuk mengatasi stres, tiap orang bisa memilih cara tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kesukaannya masing-masing. Ada yang pernah coba yoga buat menghilangkan stres?


Yoga Penghilang Stres


Sebelumnya saya rutin olahraga yoga di tempat teman paling tidak satu minggu sekali. Semangat aja gitu kalau yoganya dipandu oleh instruktur, kalau ada kesalahan pada gerakan bisa langsung diperbaiki. Tapi sejak pandemi, tempat yoganya ditutup karena tidak mendapatkan izin dari RT, maklum lah untuk memutus rantai penyebaran virus.

Saya jadi agak malas-malasan melakukan yoga di rumah, malah beralih ke sepeda aja jadinya untuk olahraga. Eh ternyata yoga itu bisa mengatasi stres lho, makanya saya berusaha untuk rutin melakukan lagi berbekal video yoga yang ada di Youtube.

Gerakan yoga bisa membuat kita mengatasi kecemasan yang berlebih. Kita dapat lebih fokus dan menjaga pernapasan selama melakukan gerakan yoga sehingga pikiran pun menjadi lebih tenang dan badan makin fresh.

Posisi Yoga untuk Menghilangkan stress


Waktu saya googling banyak lho posisi yoga yang dapat menghilangkan stres. Posisi yoga yang ada di awal artikel blog ini sih bisa dilakukan kalau sudah berlatih rutin yoga untuk pemula. Saya juga harus fokus supaya bisa melakukan gerakan tersebut.

Buat teman-teman yang ingin melakukan gerakan yoga untuk menghilangkan stres ada yang lebih mudah kok. seperti Ardho Mukha Savana, Balasana, Cobra Bhujangasana, Setu Bandha Sarvangasana dan lainnya.

Yoga untuk Menghilangkan stress

Untuk cara atau tutorial melakukan gerakan yoga di atas bisa cari saja videonya ya, supaya gerakannya benar dan sesuai.

Konsultasi Online


Tapi, kalau kamu belum bisa atau tidak nyaman melakukan yoga, bisa mengatasi stres dengan cara lain kok misalnya mendengarkan musik, menonton film atau olahraga lainnya yang lebih nyaman atau santai. Yang penting kita tetap menjaga pola hidup sehat supaya badan tetap fit dan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Pastinya masih banyak yang khawatir untuk berkunjung ke pusat layanan kesehatan ya. Saat ini kita bisa berkonsultasi online melalui fitur talk a doctor di aplikasi Halodoc, siapa tahu aja kamu butuh konsultasi untuk menghilangkan stres. Aplikasi kesehatan Halodoc bisa diunduh di App Store dan Google Play. Gak cuma bisa melayani konsultasi dokter aja kok, tapi juga pembelian obat, mencari rumah sakit terdekat serta menghadirkan banyak artikel tentang kesehatan juga.

vaksin corona



Belum lama ini saya sudah mendapatkan informasi mengenai Vaksin Corona di laman Halodoc. Meskipun sudah ada vaksin kita harus tetap menerapkan 3M ya yaitu sering mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak ketika bersama orang lain. Supaya gak mengalami stres, lebih baik kita mencari kesibukan yang lebih menyenangkan sambil tetap berdoa semoga kondisi pandemi segera berakhir. Sehat selalu untuk kita semua.




Post a Comment

20 Comments

  1. Aamiin..
    Yuuk, aku pun paling suka Yoga di rumah ya gerakan yang simple2 kek di atas, tapi manfaatnya bisa menghilngkan stress banget.

    ReplyDelete
  2. Jujur aku stress mba selama pandemi ini..overthinking, sampe jerawat ga abis2. Tapi Alhamdulillah sudah terlewati dan bisa aku hadapi salah satunya dengan yoga dengerin podcastnya peace sea hehe.

    ReplyDelete
  3. aku kalau yoga gak berani sendirian, mba. lebih suka kalau ada tutornya gitu si karena takut salah gerakan dan sakit semua haha atau takut gak optimal gitu posisinyaa

    ReplyDelete
  4. wow, keren mba Lid bisa begitu, soalnya saya badannya kaku, aerobik aja nggak bisa ngikutin hahaa

    ReplyDelete
  5. wooowwww... luar biasa.. udah tingkat mahir ini yaaaaa

    ReplyDelete
  6. Gerakan yoga itu terlihat mudah, tapi pas dipraktekin kadang aku kesulitan lho mba huhu.. aku setuju soal halodoc memang sangat membantu kita seputar informasi kesehatan apalagi tentang covid 19, aku tes serologi covid-19 juga menggunakan aplikasi halodoc untuk janjian dengan dokter di laboratoriumnya

    ReplyDelete
  7. wihh mba fitri kayaknya tahapan yoganya udah pro ni, yoga adalah aktifitas menggerakan tubuh yang slow movement tapi bikin keringet bercucuran, effortless tapi works well banget tidur jadi enakan, dan setelah yoga badan ga ada efek linunya

    ReplyDelete
  8. aku juga jadi sering yoga mba, liat yoganya cukup di yutub aja hehe,lumayan bisa peregangan badan yang biasanya mager

    ReplyDelete
  9. Kadang orang perlu curhat tanpa harus diketahui. Ya curhat sama dokter halodoc juga bisa agar stress berkurang dan bisa tidur nyenyak

    ReplyDelete
  10. Gerakannya simple, tapi kalau dicoba lumayan luar biasa tuh, terlebih yang jarang olahraga selain jalan kayak saya hahaha.

    Btw Yoga memang bikin badan lebih enakan ya :)

    ReplyDelete
  11. kadang badan pegel-pegel, ternyata minta haknya buat olahraga. Belum pernah coba gerakan yoga, baru yang hebring aja kayak senam zumba,, semua olahraga itu yang penting ya itu bikin seger dan ngilangin stress.

    ReplyDelete
  12. Waaah bisa yoga sendiri di rumah ya mbak. Jadi pengen ikutan. Pastinya setelah yoga membuat kita makin rileks. Pandemi ini memang memporakporandakan semuanya, termasuk hati dan pikiran kita. Kalau dibiarkan pasti stress lah ujungnya. Apalagi dengan perubahan kebiasaan yang sedikit banyak mendorong stres itu datang. Mau ah googling, nyari tutorial yoga yang mudah.

    ReplyDelete
  13. aku di rumah yoga online seminggu sekali.. tapi stretching setiap pagi Liaaa... enak juga online setelah memang tidaka da pilihan. Yoga is always be my fave.. aku paling suka cat and cow, cobra, downward dog and child pose untuk membantu pinggang yang kaku jugaaa

    ReplyDelete
  14. Dulu sering yoga sama mba Melinda tapi sekarang wes blass ga yoga lagi huhu. Yoga itu selain bikin badan lebih seger bisa juga ngilangin stres.

    ReplyDelete
  15. Pengin ah praktekin gerakan-gerakan di atas. Mau cari panduannya di youtube dulu biar lebih runtut melakukannya.

    ReplyDelete
  16. Aku juga suka yogaa...
    Tapi lebih sering pilates.
    Yoga ini kalo pas mens, kerasa nyaman banget yaa, teh..

    ReplyDelete
  17. Abis lahiran ah aku yoga. Sebelum hamil udah mau iktu kelas yoga eh keburu pandemi lalu hamil jadi yoganya ke-pending lama.

    ReplyDelete
  18. aku pengen deh mendalami yoga tapi belum tau dasarnya mba, teknik-teknik dasarnya gitu supaya aman dan ngga keseleo. Ada panduan secara online yang detail ngga sih mba?

    ReplyDelete
  19. Ternyata dengan berlatih yoga juga dapat menghilangkan stress ya Mbak. Manfaat lainnya juga banyak. Kayaknya saya perlu berlatih yoga di rumah juga deh

    ReplyDelete
  20. Asik banget ya yoga mba, gerakannya banyak macemnya. Aku jarang yoga, padahal ya banyak manfaat positifnya ya. Hmm .. kudu ikutin tips kamu ki mba.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya