Meningkatkan Produktivitas Saat Puasa, Bisa Begini Caranya!

Meningkatkan Produktivitas Saat Puasa, Bisa Begini Caranya! Selama bulan Ramadan Insya Allah urusan ibadah lancar gak ada alasan untuk malas karena di bulan penuh berkah ini memang sudah seharusnya kita memperbanyak pahala dengan menjalankan ibadah wajib maupun sunah.


Meningkatkan Produktivitas Saat Puasa




Aktivitas di bulan Ramadan yang berubah membuat kita harus bisa mengikuti ritme supaya tetap bisa menjalankan pekerjaan rumah sambil beribadah. Yang saya rasakan selama Ramadan pastinya istirahat malam agak kurang, makanya harus pandai menyiasatinya supaya produktivitas tidak menurun saat puasa.

Ada kalanya saya juga tidur dalam waktu yang agak lama sehingga membuat badan jadi terasa lemas dan enggan mengerjakan pekerjaan yang ada. Hal ini gak bisa didiamkan begitu saja dong, apalagi punya keluarga yang harus diurus dan pekerjaan lainnya yang menanti diselesaikan.

Saat puasa, produktivitas kerja bisa meningkat? Bisa banget. Berikut ini beberapa cara yang dapat dipraktikkan!


Menerapkan Manajemen Waktu Dengan Baik



Selama bulan puasa bukan cuma pola tidur saja yang berubah tapi pila makan dan kegiatan lain pun ikut berubah. Untuk itu diperlukan manajemen waktu yang baik agar semua pekerjaan tidak keteter selagi fokus dengan ibadah.


Lawan Rasa Malas Dengan Berbagai Cara


Rasa malas kadang datang tanpa diundang, padahal banyak deadline pekerjaan yang harus dikerjakan. Kalau sudah begini berusaha melawan rasa malas tersebut dengan berbagai cara. Intinya sih niat dari diri sendiri agar bisa melawannya.

Selain itu, kita juga bisa melawan rasa malas dengan berkumpul (selama pandemi berkumpul lewat grup whatsapp) bersama teman-teman yang bisa mendukung dan memberi semangat. Ini adalah salah satu trik jika kita agak susah melawan rasa malas sendiri.

Buat Skala Prioritas


Buat saya yang terbiasa melakukan pekerjaan multitasking, ternyata gak baik loh karena malah gak akan fokus jadinya. Buat saja skala prioritas, pekerjaan mana yang harus selesai lebih dulu maka itu yang harus dikerjakan. Multitasking selain membuat kita tidak fokus juga hasilnya akan kurang maksimal. 


Jangan Menunda


Nah, ini hal yang harus saya lawan, menunda pekerjaan. Entah kenapa kalau mengerjakan di waktu deadline ide itu bisa datang dengan cepat, tapi menurut saya hasilnya juga pasti akan kurang maksimal. Setelahnya saya pun akan merasa menyesal melakukannya.



Jangan Mager dan Mudah Teralihkan


Mager atau malas gerak berujung semua pekerjaan akan terbengkalai, danyang paling dirasakan badan juga jadi mudah capek. Gak ngapa-ngapain tapi merasa capek sedangkan pekerjaan belum selesai.

Satu hal yang perlu dilawan adalah mudah teralihkan, biasanya sih karena gadget. Berusaha untuk fokus di satu pekerjaan dan jangan mudah teralihkan untuk mengecek sosmed atau chat di whatsapp adalah cara jitu agar produktivitas tetap terjaga.


Mandi Pagi Bikin Fresh


Kebiasaan saya saat sedang malas atau otak buntu gak bisa mikir, cobalah dengan mandi lebih pagi. Biasanya sih setelah mandi saya akan merasa fresh dan tetap produktif saat puasa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

Jangan lupa untuk tetap lakukan aktivitas gerak seperti olahraga saat berpuasa supaya tetap bugar dengan waktu yang disesuaikan.




Meningkatkan produktivitas saat puasa itu mudah asal ada niat dan kemauan serta segera dilaksanakan Insya Allah semua berjalan dengan baik. Kalau kalian punya tips lain gak agar tetap produktif saat puasa?


#Hari23
#BPNRamadan2021

Post a Comment

0 Comments