Tips Menjaga Kebersihan Menstruasi Yang Harus Diketahui

Tips Menjaga Kebersihan Menstruasi Yang Harus Diketahui. Postingan kali ini mau bahas tentang menstruasi, ada yang tabu bahas ini? Dulu sih iya, tapi sepertinya saat ini sudah umum deh apalagi sebagai perempuan perlu menjaga kebersihan selama menstruasi untuk menghindari risiko infeksi yang meningkat. 

Kebersihan Menstruasi


Kapan kalian pertama kali datang bulan? Waktu itu gimana rasanya? Tiap perempuan punya pengalaman dan cerita yang berbeda, ada yang merasa bingung, malu, tapi ada pula yang sudah tahu tentang haid itu sendiri. Tapi, apakah semua remaja putri dan perempuan tahu cara menjaga kebersihan ketika menstruasi?

Di sini saya ingin berbagi tips dan ilmu yang didapatkan ketika mengikuti webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi (27/5). Event daring tersebut diadakan dalam rangka Hari Kebersihan Menstruasi yang jatuh tiap tanggal 28 Mei.

kebersihan saat menstruasi



Pada webinar tersebut menghadirkan :
  • Prof Dr.dr.Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH - Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obsteri dan Ginekologi Indonesia (POGI)
  • Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si. - Ketua Ikatan Psikolog Klinis(IPK) Indonesia Wilayah Jakarta
  • Mada Shinta Dewi - Country Manager Mundipharma Indonesia


Tentang Hari Kebersihan Menstruasi


Bau tahu lho ternyata ada Hari Kebersihan Menstruasi atau Menstrual Hygiene Day  di dunia. Pemilihan tanggal 28 Mei sebagai Hari Kebersihan Menstruasi ini ada latar belakangnya. Tanggal 28 dipilih berdasarkan simbolis siklus menstruasi rata-rata perempuan yaitu 28 hari. Sedangkan bulan Mei atau bulan ke-5 dipilih sesuai  periode menstruasi selama 5 hari rata-ratanya, meskipun banyak yang lebih atau kurang.

Perempuan selama menstruasi dituntut menjaga kebersihan area kewanitaannya lebih dari biasa nya untuk menghindari infeksi. Untuk itu Manajemen Kebersihan Menstruasi juga penting diterapkan oleh perempuan.


Edukasi Menstruasi Pada Remaja


Haid atau menstruasi adalah hal yang tidak berbahaya, justru hal yang normal dan menandakan wanita siap bereproduksi. Tidak sedikit remaja putri yang merasa takut ketika pertama kali mengalami menstruasi, hal tersebut karena tidak adanya edukasi dari orang terdekat.

Pada webinar tersebut Mbak Anna Surti membagikan tips bicara tentang menstruasi pada remaja.

menstruasi adalah


1. Ingat, Ibu yang paling diharapkan

Kadang anak merasa malu untuk bercerita, sehingga mereka kurang paham cara menjaga kebersihan bahkan ada ada pula yang tidak pernah menerima informasi tentang menstruasi sebelumnya.

Setiap anak perempuan idealnya mendapat pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mengalami menarke (menstruasi untuk pertama kalinya).

Sebagai ibu punya peranan yang penting dalam memberikan edukasi pada anak perempuannya tentang menstruasi termasuk cara menjaga kebersihannya.


2. Bicara Menstruasi itu tidak tabu

Bicara tentang menstruasi pada anak itu gak tabu dan gak perlu malu. Justru hal tersebut penting supaya kesehatan reproduksi perempuan bisa terjaga.

Selain ibu sebagai orangtua, ada pula pihak guru di sekolah yang sudah mengajarkan hal tentang menstruasi. Di sekolah anak saya biasanya akan diajarkan pada pelajaran keputrian sehingga anak-anak sudah mengerti sebelum hari menstruasi itu tiba supaya gak bingung lagi.

3. Lakukan Berulang Kali


Pembicaraan mengenai menstruasi gak bisa dilakukan satu kali aja, jauh sebelumnya boleh lho sudah disinggung dan diajarkan pastinya sesuai dengan usianya.

Setelah remaja putri mengalami menstruasi pastinya banyak hal yang akan berubah, makanya perlu dibicarakan sejak dini.

4. Bersikap Positif


Kebanyakan orang tua mulai protektif nih saat anak perempuannya sudah menstruasi. Boleh kok membicarakan isu-isu pubertas sesuai dengan usianya supaya mereka juga lebih waspada.

5. Banyak Bertanya dan Berdiskusi

Diskusi dengan anak perempuan tentang menstruasi lebih baik dibandingkan memberikan ceramah biasanya mereka akan merasa bosan. COba bagi saja pengalaman pribadi yang positif.

6. Jelaskan Secara Konkrit

Ada yang pernah mengalami salah memakai pembalut? Nah, ini salah satu efek jika remaja putri tidak diberikan edukasi sedini mungkin secara konkrit. Sebagai ibu wajib memberikan tutorial cara pakai pembalut dengan benar serta cara membersihkannya.


7. Jelaskan Juga pada Anak Laki-laki


Lho, anak laki-laki kan gak mengalami menstruasi kenapa harus dijelaskan juga? Saat haid, biasanya perempuan suka mengalami bad mood apalagi jika haid pertama di sekolah dan mengenai pakaiannya. Biasanya perempuan akan malu. 

Di sinilah pentingnya laki-laki juga tau tentang menstruasi supaya mereka bisa lebih menghargai dan memahami perempuan. Diharapkan gak ada lagi anak laki-laki yang mengejek anak perempuan yang sedang menstruasi. Malah jika perlu anak laki-laki juga membantu anak perempuan saat dibutuhkan.


Manajemen Kebersihan Menstruasi


Buat saya yang punya siklus haid normal sudah bisa diprediksi kapan menstruasi akan datang. Biasanya saya akan membawa persediaan pembalut saat ke luar rumah untuk berjaga-jaga ketika haid itu datang. Rasanya gak nyaman pastinya kalau sedang di luar rumah, apalagi kalau gak punya pembalut. Stok pembalut juga perlu dibawa saat sedang haid untuk menggantinya supaya area kewanitaan tetap kering dan terhindar dari infeksi.

Setiap perempuan harusnya mengetahui tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) dengan benar. Tapi, sayangnya masih banyak yang belum paham mengenai hal ini termasuk para remaja yang baru saja mengalami menstruasi.

Manajemen Kebersihan Menstruasi adalah pengelolaan kebersihan dan kesehatan saat perempuan mengalami menstruasi.

 

Manajemen Kebersihan Menstruasi


Berdasarkan gambar di atas ada 6 cara menjaga kebersihan di saat menstruasi. 

Sejak pertama kali menstruasi saya sudah diajarkan untuk  mencuci terlebih dahulu pembalut sebelum dibuang dalam kantong plastik. Dulu saya pikir cara ini kuno karena banyak yang bilang gak perlu dicuci terlebih dahulu. Ternyata setelah mengikuti webinar ini adalah salah satu cara menjaga kebersihan juga.

Saat menstruasi, penting membawa pembalut ganti supaya bisa menggantinya setiap 4 hingga 5 jam sekali. Nah, ini yang sering terlupakan mencuci tangan sebelum dan setelah mengganti pembalut.

Saat berada di rumah sih saya tidak kesulitan menggunakan air bersih yang mengalir untuk membersihkan area kewanitaan saat menstruasi. Bagaimana jika berada di tempat umum seperti sekolah atau tempat lainnya?

MKM ini perlu didukung oleh berbagai pihak tidak hanya pribadi kita sendiri saja. Contohnya di tempat umum toiletnya harus bersih dan mempunyai air mengalir hingga kemudahan mencari pembalut. Saya pernah melihat di salah satu mall menyediakan vending machine yang berisi pembalut di toiletnya. 

Penggunaan Cairan Pembersih Untuk Area Kewanitaan


Area kewanitaan ini punya pH yang berbeda dengan bagian tubuh lainnya, makanya gak bisa menggunakan sabun mandi biasa untuk membersihkannya, melainkan menggunakan cairan pembersih dengan pH normal 3.5 sampai 4,5.

Betadine Feminine Care merupakan rangkaian cairan pembersih area kewanitaan yang dapat digunakan untuk pemakaian sehari-hari yang mengandung prebiotik sebagai makanan dari bakteri baik dan memberikan perlindungan alami sehari-hari.

Sedangkan ketika perempuan menstruasi Betadine punya punya rangkaian Betadine Feminine Hygiene yang mengandung Povidone–Iodine yang memiliki spektrum luas dan terbukti mengatasi keputihan berlebih, gatal, bau tak sedap dan iritasi ringan yang kerap terjadi saat menstruasi. 







Rangkaian Betadine Feminine Hygiene ini terdiri dari :
Betadine Feminine Wash foam dan Betadine Wash Natural Daun Sirih. Sedangkan ketika berada di luar rumah agar lebih praktis bisa menggunakan Betadine Feminine Wipes yang bentuknya tissue. Untuk pembelian produk bisa melalui https://shopee.co.id/betadineofficial atau https://www.tokopedia.com/betadineofficial


Perempuan perlu menerapkan Manajemen Kebersihan Menstruasi agar organ intim tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah kewanitaan. Sebagai ibu harus ambil bagian dalam mengedukasi anak sejak dini dengan benar dan tepat sehingga anak siap menghadapi menstruasi.


Post a Comment

64 Comments

  1. Baru tahu ada Hari Kebersihan Menstruasi, Mbak. Setuju banget, memang remaja atau ABG cewek kudu diedukasi ttg pentingnya menjaga kebersihan organ intim mereka, apalagi yang baru dapat haid. Jangan sampai mereka ngerasa malau pas dapat pertama kali, makanya aku juga edukasi ke anak-anakku cowok di rumah biar menghormati cewek atau para ibu yg menstruasi. Bagus juga sekarangg dg dukungan Betadine feminine care, kebersihan organ intim bisa makin diperhatikan.

    ReplyDelete
  2. aku baru tahu di event yang sama alasan tanggal 28 Mei sebagai hari kebersihan menstruasi. Ternyata pemilihan tanggalnya itu ada dasarnya....

    ReplyDelete
  3. Ternyata mengganti pembalut itu setiap 4-5 jam sekali ya. Jangan nunggu penuh atau hanya pas mandi ya. Apalagi demi alasan irit. Kesehatan daerah kewanitaanmu yang jadi taruhan.

    ReplyDelete
  4. Seneng rasanya bisa ikut acara ini ya mbak. Banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan. Terutama bagi aku yang punya anak perempuan usia 9 tahun.

    ReplyDelete
  5. aku senang sekali bisa ikutan webinar ini mbak
    jadi tahu banyak informasi seputar menstruasi
    juga tahu betapa pentingnya peran ibu dalam edukasi manajemen kebersihan dan kesehatan menstruasi

    ReplyDelete
  6. Dlu sebelum.anakku dapat menstruasi aku sudah ngomong mba tapi memakai bahasa yang anak mengerti supaya pas liat darah pertama kali gak kaget memang penting banget nih berbicara untuk menjelaskan kepada anak perempuan tentang haid

    ReplyDelete
  7. Kalau diberi tahu informasi tentang menstruasi secara berkesinambungan, maka saat menarke dan seterusnya jadi terbiasa melakukan MKM ya

    ReplyDelete
  8. Seneng banget ya mbak bisa ikutan zoominar ini.
    beneran bermanfaat banget buat kita sebagai ibu (dan atau calon ibu)

    ReplyDelete
  9. Setuju sekali bahwa peran ibu sangat penting dalam mengkomunikasikan perihal kebersihan menstruasi pada anak gadisnya. Alhamdulillah dari 2 putri saya yg sulung sudah kami terapkan edukasi ttg haid ini.

    ReplyDelete
  10. molly juga ikutan. seruu banget acaranya. sebagusnya diadakan juga untuk murid2 smp dan sma. jadi mereka bisa belajar dari ahlinya

    ReplyDelete
  11. Kalau nggak ikut event dari Betadine lalu, aku nggak bakal tahu kalau ada Hari Kebersihan Menstruasi. Filosofi pemilihan harinya juga bagus. Materi paling pas buatku yang tips berkomunikasi dengan remaja, bisa jadi bekal ngobrolin menstruasi ke anak-anak.

    ReplyDelete
  12. Seru banget acara webinarnya yaa...
    Insightful dan yang paling penting bahwa pengetahuan mengenai menstruasi ini harus diberikan kepada anak laki dan perempuan.
    Ini aku yang baru tahu... Aku pikir hanya wajib bagi anak perempuan aja.

    ReplyDelete
  13. Daku juga ikutan acara webinarnya, banyak wawasan yang didapatkan sehingga memang jadi bekal yang perlu diterapkan

    ReplyDelete
  14. Diskusi tentang menstruasi ini mutlak dan kudu dilakukan antara Ibu dan buah hati.
    Untunglah ada zoominar bergizi seperti ini
    jangan menganggap hal yang tabu buat ngomongin tentang menstruasi ya, karena ini hal yang penting untuk dibahas demi kesehatan juga

    ReplyDelete
  15. Enak banget sekarang informasi mengenai hal tabu gini sudah beredar dimana-dimana. Kalau dulu masih kurang banget informasinya. Jadi inget banget dulu pas awal-awal menstruasi kek malu gitu, apalagi pas beli pembalut. Kalau diingat-ingat jadi lucu juga sih.

    ReplyDelete
  16. Mba Fit nih ya pasti udah ngasih tahu anaknya yang udah joko itu, jauh-jauh hari heheheh .... persoalan tentang menstruasi. Agar anak laki-laki melundungi anak perempuan yang lagi dapet. Allhamdulillah betadine mempersiapkan segalanya dengan produknya ya Mba. Meski mens tetep harus jaga kebersihan dong

    ReplyDelete
  17. wah ada ya vending machine buat pembalut, aku belum pernah lihat. Atau aku mungkin yang nggak ngeh heheheh

    ReplyDelete
  18. wah tipsnya pastinya bermanfaat sekali kak untuk para perempuan dalam menjaga dan merawat area intimnya, terutama saat sedang monthly period ya, harus bener-bener dijaga

    ReplyDelete
  19. waiya nih mba, aku pun terapin cuci dulu pembalut bekas pakai baru dibuang. Selama masa menstruasi emang mesti usaha ekstra ya buat menjaga kebersihan area kewanitaan

    ReplyDelete
  20. Kebersihan organ intim memang perlu diperhatikan, aku sih sadarnya ya setelah nikah, sebelum nikah cuek karena memang belum tau ilmunya. Males dan jarang baca hehehe.. Tapi betadine ini aku memang pake sih mbak.. nyaman dan harum haha

    Okeee.. sekarang dah tau ilmunya nih, tinggal nunggu anak perempuannya aja wkwkkww..

    ReplyDelete
  21. Edukasi dari ibu ini yang memang penting banget, tapi sebenarnya ini juga perlu diedukasi dari sebelum datangnya menstruasi jadi si anak juga tau gimana cara menjaga kebersihan saat menstruasi ya.

    ReplyDelete
  22. Terima kasih ya atas informasinya Mba, jadi tau nih soal menjaga kebersihan area khusus kewanitaan. Dan barangkali bisa bakalan cocok untuk istri saya, hehehehe....

    ReplyDelete
  23. Jadi inget dulu waktu pertama kali menstruasi, malu gitu ngobrol ke Ibu haha. Informasinya cakep banget nih, nanti bisa diterapkan kalau udah berumah tangga. Btw, naksir sama produk Betadine Feminine, cantik

    ReplyDelete
  24. Jadi mengedukasi anak laki-laki juga ttg menstruasi penting banget ya kak? Aku ada 2 anak cowok nih :)

    ReplyDelete
  25. Waaaah, mbak nya juga ikutan webinar itu? Aku juga dong.

    Seru banget ya materinya. Jadi gak was-was nanti kalau punya anak cewek yang masuk usia pubertas. Kan udah dibekali dari dini sama mundipharma. Jadi paham dan gak bakal syok lagi deh

    ReplyDelete
  26. Saya baru tahu ttg Hari Kesehatan Menstruasi ini. Berikutnya akan mudah diingat nih karena sudah tahu "rumusnya": rata-rata lamanya siklus haid dan rata2 lamanya waktu haid. :)

    ReplyDelete
  27. Dulu kynya aku nggak begitu paham ttg kebersihan saat mens. Jadi yaa senyamannya aja. Meski sudah mau selesai, sore udah harus ganti.

    ReplyDelete
  28. Aku juga harus informasikan juga buat putriku yang baru merasakan datangnya datang bulan.

    ReplyDelete
  29. Bener banget ya, ibu yang paling diharapkan untuk diajak anak perempuan berbicara soal menstruasi. Jadi ibu mesti upgrade pengetahuan juga. Moga parakpara perempuan bisa lebih paham tentang MKM

    ReplyDelete
  30. Dulu aku termasuk telat dapat haidnya, mbak. Pas udah kelas 2 SMP haha. Tapi karena teman-temanku ada yang udah lebih dulu dapat, aku jadi belajar sama mereka. Ibu ada sih jelasin macem-macem, tapi gak sekaligus. Sebetulnya dulu paham kebersihan saat menstruasi itu ya dari pengalaman teman2. Kalau zaman sekarang anak-anak kelas 5 SD udah pada haid ya. Makanya di SD anakku sejak kelas 4 sudah ada kelas keputrian, kegiatannya salah satunya ya itu tadi, belajar semua hal yang berkaitan dengan menstruasi.

    Memang penting sekali edukasi MKM sejak dini, biar anak-anak lebih siap saat menhadapinya, dan ngerti apa yang mesti dilakukan dan enggak.

    ReplyDelete
  31. keren edukasi kayak gini, nah pihak sekolah juga harus berperan ya mbaaa. Waktu smp, aku pernah dpt seminar ttg haid dari brand pembalut gtu datang ke sekolah... dan setuju anak laki jg harus paham ttg ini

    ReplyDelete
  32. Memang penrting banget nih MKM karena kalo ga memahami dengan baik nah bisa-bisa nggak terlalu peduli dengan kebersihan saat menstruasi. Kadang kalo saat mens udah ga banyak pasti males ganti pembalut. Padahal jangan juga lah. Meski udah ga deras minimal 4 jam sekali pembalut harus diganti. Ini demi kebersihan & kesehatan miss V tentunya.

    ReplyDelete
  33. Setuju banget aku ka. Apalagi kalau di tempat umum ya harus bersihin sbaiknya dan mbuang bekas pembalutnya tidak sembarangan

    ReplyDelete
  34. materinya menarik dan sangat membantu untuk para ibu dan masyarakat agar bisa lebih informatif dalam memberikan informasi terkait kebersihan menstruasi

    ReplyDelete
  35. Kebersihan organ intim memang harus dijaga, terlebih ketika sedang menstruasi. Sudah saatnya kita tidak menganggap hal ini sebagai hal tabu. Diskusi tentang menstruasi harus dimulai dari ibu kepada anak perempuannya. Agar anak teredukasi betapa pentingnya kebersihan di saat menstruasi, dan sebagai perempuan yang sudah haid, berarti bisa hamil.

    ReplyDelete
  36. Waaah tema Hari Kebersihan Menstruasi ini sukses banget ya, edukasi tentang kebersihan, cara menggunakan menstrual pad (4-5 jam sekali harus diganti) dan lain lain dikupas tuntas sampe cara edukasi anak juga!

    semoga para perempuan Indonesia menjadi semakin aware terhadap organ intimnya yang satu ini

    ReplyDelete
  37. Nah, mba aku kebetulan yang siklusnya 28 hari dan sekarang lagi mens juga. terima kasih ulasannya ya, jadi nambah banyak wawasan baru

    ReplyDelete
  38. Bahagia banget yaa..
    Ketika anak-anak percaya dengan kedua orangtuanya terutama Ibu untuk memperoleh informasi pertama mengenai menstruasi ini.
    Edukasi yang bagus sekali dan sangat bermanfaat karena sebentar lagi anakku memasuki masa-masa pubertas niih...

    ReplyDelete
  39. Meski hanya punya anak laki-laki, aku pun udah ngenalin mereka sejak kecil kalo perempuan itu mesti ditemani saat sedang menstruasi. Caranya dengan bikinin minuman karena ibunya beberapa kali gitu, mereka ngerti hati ibu galau kalo lagi menstruasi, hihihi

    ReplyDelete
  40. menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan saat menstruasi itu penting ya mbak
    supaya bisa tetap berakivitas dgn nyaman, meski sedang menstruasi

    ReplyDelete
  41. Nah ini dia aku belum pernah menerangkan kepada anak anak tentang menstruasi karena anak-anak cowok semua..padahal penting juga ya edukasi menstruasi buat cowok agar mereka lebih memahami dan tidak mengolok-olok saat ada temannya yg tembus

    ReplyDelete
  42. Pengetahuan tentang hal-hal seputar menstruasi ini sangat penting banget ya mbk buat anak anak. Memang perlu bicara berulang kali, biar anak anak paham dan mengerti penuh. Termasuk mitos dan faktanya

    ReplyDelete
  43. Nambah banyak insight di webinar kemarin. Seru acaranya. Demen dah mak emak nonton begini. Apalagu pas sesi bicara pada anak trg menstruasi. Jd banyak belajar

    ReplyDelete
  44. Semoga aku bisa jadi temen diskusi yang asyik buat Kecemuttt. Ngobrolin perihal menstruasi. Duhh...malah jadi deg2an. Hahaha.

    ReplyDelete
  45. Setelah ikutan webinar ini jd merasa jelas kalau pembersih kewanitaan lbh aman emang buat area intim krn pH-nya yang sesuai yaa.
    Kalau lagi mens emang penting banget menjaga kebersihan daerah kewanitaan dengan lebih ekstra ya supaya gak gampang kena penyakit jg

    ReplyDelete
  46. Bener, lelaki pun perlu di edukasi soal menstruasi, biar nggak bingung ngadepin wanita yang pra maupun saat menstruasi.

    Kalau di tempat saya, ada lelaki beli pembalut buat istrinya itu masih jadi sorotan semua pembeli lain.

    ReplyDelete
  47. Sementara itu, mitos yang beredar di masyarkat, kalau pembalutnya nggak dicuci dulu sebelum dibuang, bisa-bisa darahnya dimakan makhluk astral.

    ReplyDelete
  48. Jaga kebersihan daerah kewanitaan itu mudah sebenarnya hanya saja kadang malas. Ini yg hrs ditekankan ya jgn malas demi sehatnya organ kewanitaan.

    ReplyDelete
  49. Zoominar yang kaya banget ilmu dan hal-hal yang harus diterapkan dengan baik. Bisa untuk diri sendiri, dan untuk mengajarkan ke anak nanti. Allhamdulillah jadi lebih baik aku mba ketika mens sejak nyimak zoominar ini

    ReplyDelete
  50. Untungnya bisa ikutan webinar ini ilmunya penting banget buat mak maknyang punya anak perempuan

    ReplyDelete
  51. Aku udah dong. Sama nih, pakenya Betadine juga

    ReplyDelete
  52. Webinar betadine ini sangat membantu para mom's untuk dapat memberikan penjelasan tentang menstruasi kepada putri mereka dan sekarang bukan lagi hal yg tabu untuk membicarakan menstruasi.

    ReplyDelete
  53. Bagi saya sebagai seorang calon ibu yg paling penting memang memberikan info awal ke anak perempuan sebelum mereka dapat tamu bulanan biar nggak kaget. Insya Allah kalo udah dikasi tau mereka juga merasa nyaman dan semakin dekat dg ibu.

    ReplyDelete
  54. Wah setuju nih, bukan hanya wanita aza yang harus tahu tentang menstruasi ini, tapi juga para pria. Biar mereka paham juga

    ReplyDelete
  55. Tipsnya menarik dan sangat bermanfaat bagi kita yang memiliki anak perempuan yang menjelang remaja ya

    ReplyDelete
  56. webinar kece dengan informasi penting terutama buat orang tua dan calon orang tua yang anaknya akan berangkat remaja. jadi bisa mnegajarkan juga

    ReplyDelete
  57. semoga sering ada acara edukasi kayak gini supaya remaja bisa tau bagaimana menangani menstruasi dengan tepat

    ReplyDelete
  58. Berdiskusi tentang menstruasi dengan anak emang harus berkali-kali ya..bahasannya bisa jadi beda..tapi intinya tetep..Biar anak lebih aware sama kesehatan dan kebersihan saat menstruasi.

    ReplyDelete
  59. Wiwin | pratiwanggini.netJune 20, 2021 at 5:20 PM

    Mulai sekarang tanggal 28 Mei menjadi hari yang istimewa. Bukan tentang selebrasinya, tetapi tentang betapa penting edukasi tentang manajemen kebersihan menstruasi itu.

    ReplyDelete
  60. Sering banget nih aku ingetin anak perempuanku ttg kebersihan saat menstruasi, ga boleh abai deh apalg menyangkut area sensitif ya.

    ReplyDelete
  61. Diskusi ttg menstruasi memang kadang dianggap tabu, padahal ini edukasi yg sangat penting terutama untuk anak-anak baik laki-laki atau perempuan.
    Biar gak slah pemahaman kedepannya
    -mudrikah-

    ReplyDelete
  62. Baru tahu nih ternyata ada Hari Kebersihan Menstruasi juga ya utk meningkatkan awareness kita mengenai pentingnya menjaga kebersihan Menstruasi bagi perempuan. Buat cowo juga ini info yg penting jadi bisa lebih memahami perempuan

    ReplyDelete
  63. Aku juga baru tahu mba ada hari Kebersihan Menstruasi. Dan manajemen kebersihan menstruasi banyak yang aku baru ngeh juga. Kudu dipelajari biar ga salah mengedukasi anak-anakku

    ReplyDelete
  64. Penting banget nih edukasi MKM pada anak perempuan kita, supaya nantinya dia udah paham harus bagaimana ketika menghadapi mens pertamanya.
    Bagi yang punya anak lelaki mungkin bisa juga edukasi tentang bagaimana harus memperlakukan temannya ketika sedang mengalami mens. Misal pas bocor di rok sekolah tidak dijadikan bahan olokan, membantu meringankan urusan para perempuan yang sedang tidak enak badannya ketika mens, dan sejenisnya yang gitu gitu deeh...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya