Ikut Tantangan KEB 10K Virtual Run, Berani?

Dalam rangka menyambut satu dekade atau HUT ke-10 KEB (Kelompok Emak Blogger) mengadakan KEB 10K Virtual Run. Ajang olahraga yang bertujuan untuk memberikan semangat dan meningkatkan kesadaran pentingnya hidup sehat, makanya diadakan #KEBugar dengan menyelenggarakan virtual run. Ada yang ikutan juga? Yuk ikutan tantangannya!

KEB 10K Virtual Run




Persiapan Ikut Tantangan KEB 10K Virtual Run



Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan tantangan lari 10K dalam satu waktu, meskipun bisa dilakukan dalam 3 kali lari. Berhubung cuaca sedang tidak menentu saya pun memutuskan untuk berlari satu kali saja, khawatir malah gak terpenuhi kalau dibagi menjadi 3. Bisa aja sih berlari di treadmill tapi konsekuensinya gak ada tampilan map nanti di aplikasi Strava.

Sebelum mulai lari, dari hari sebelumnya saya sudah mulai mengatur strategi terutama dalam delegasi tugas mengantar sekolah si bungsu. Saya memutuskan untuk berlari di hari kedua, karena di hari itu si Aa lagi libur sekolah jadi bisa mengantarkan adiknya ke sekolah sementara saya pergi berlari di pagi hari.

Beberapa persiapan yang saya lakukan sebelum berlari 10K antara lain:

💗 Memilih Lokasi Lari

Kenapa lokasi lari itu penting? Supaya lebih semangat dan bisa lari minim hambatan. Di dekat rumah ada sih tempat lari, di sekeliling folder air. Tapi masalahnya jalannya agak kurang rata dan belokannya terlalu curam. Kalau harus lari 10K di sini agak membosankan jadi gak semangat.

Paling enak lari itu di tempat yang nyaman, track lari rata syukur-syukur bisa lari di lintasan lari. Ada beberapa lokasi lari favorit salah satunya di GBK dan seputar Summarecon Bekasi. Akhirnya saya memutuskan untuk berlari di Summarecon Bekasi tepatnya di sekitar Canthel Food Space.

💗 Lari Pagi Hari Atau Sore?

Setelah belajar dan mencari ilmu tentang olahraga lari itu menyenangkan. Selama olahraga lari, dari awal yang belum ngerti apa-apa sampai saat ini waktu lari favorit saya adalah di pagi hari sebelum matahari naik. Di waktu ini saya bisa berlari lebih cepat dan lebih jauh jaraknya, tapi masih bisa dapat sinar matahari pagi kok di saat cooling down nantinya.

Sesekali saya juga berlari di sore hari untuk melatih kebiasaan saja dan mencari suasana karena kalau berlari di treadmill terus akan membosankan.

Untuk memenuhi tantangan lari 10K dari KEB saya pun memilih waktu di pagi hari. Sekitar jam 5.30 sudah mulai berlari.


💗 Menentukan Pace Lari


Waktu ada info KEB 10K Virtual Run saya langsung bilang suami mau ikutan tantangan ini. Lho kok harus bilang suami segala? Iya soalnya beliau ini yang selalu menemani saya lari di mana pun. Selain jadi pelatih pribadi, penyemangat juga bisa dijadikan pacer lari yaitu pelari patokan atau pemandu untuk dijadikan tolak ukur dalam kecepatan lari. 

Dari awal suami udah tanya mau lari pace berapa? Saya tinggal bilang aja mau lari di pace berapa, nanti tinggal mengikuti saja.

Untuk informasi aja kalau pace ini merupakan istilah yang biasa digunakan seberapa cepat kita dalam berlari. Misalnya pace 7 artinya kita berlari dalam waktu 7 menit untuk jarak 1 KM.

 

Mau lari santai di pace 9-10 berarti saya harus menyiapkan tenaga selama 90-100 menit. Akhirnya saya menyanggupi untuk bertahan di pace 7 saja yang artinya membutuhkan waktu sekitar 70 menitan untuk lari 10K. Nah, inilah gunanya pacer dalam berlari. Suami yang mengatur waktu dan kecepatan pace, saya mengikutinya. Kalau agak lelah saya pun mulai melambat kok, gak memaksakan diri, kira-kira kalau sudah agak tertinggal saya pun mempercepat langkah supaya bisa menyamai lari suami lagi.

tantangan KEB 10K virtual run


Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan lari 10K dalam waktu 1 jam 16 menit dengan pace 7.40. 


Buat teman-teman yang ingin bisa berlari, gak usah mikir waktu atau kecepatan dulu kok, jalanin aja dulu sambil mempelajari tips dan trik dari para pakar pelari. Yang penting kita berolahraga sebagai salah satu resolusi sehat yang perlu dijalankan. Melihat teman-teman blogger yang juga berlari juga menjadi salah satu pemicu kita bisa lebih semangat lagi.

Untuk mengetahui bagaimana saya bisa berlari, nanti ceritanya disambung pada postingan lain tentang tips dan trik berlari untuk pemula.


Begini Cara Ikut Tantangan KEB 10K Virtual Run


Buat teman-teman yang mau ikutan tantangan KEB 10K Virtual Run masih ada waktu loh sampai tanggal 16 Januari 2022.

Meskipun jarak lari yang ditentukan 10K tapi kalian gak harus lari dalam satu waktu langsung 10K kok. Karena pengumpulan records lari maksimal 3 kali.

10k virtual run



Jangan lupa track lari kamu di aplikasi Strava dan submit melalui form https://s.id/KEB10VirtualRun22

Untuk informasi lebih detail bisa lihat di postingan IG @emak2blogger


Selamat berlari dan salam sehat selalu untuk para emak di mana pun.

Post a Comment

29 Comments

  1. terima kasih buat motivasinya mba, tapi aku ga berani nerima tantangannya, soalnya jarang olah raga aku tuh, ngejer anak aja suka bengek hahahaa

    ReplyDelete
  2. makasih banyak tip nya ya mbak, saya bukan org yang suka lari karena napas ga sanggup. tapi memang harus dimulai aja dulu, dengan jarak yang minimal dan pace yang rendah, biar terbiasa

    ReplyDelete
  3. Jujur baru tahu istilah Pace lewat artikel Mak Lidya ini.

    Sebelumnya aku pikir kalau mau lari yah lari aja.
    Hahaha. Ya ampyuuun. Gini nih kebanyakan hibernasi.

    Langsung deh aku browsing lagi tips buat pelari pemula, seperti berlari 20 menit dalam 3x seminggu.

    Nah ada bagian akhir dari artikel itu yang mencuri hatiku:

    "... pada akhirnya, lari harus membuat kita senang bahkan ketika kita sudah menjalaninya selama bertahun-tahun!"

    C-A-T-A-T!

    Btw,
    Selamat ya Mak atas pencapaiannya di KEB 10k virtual run!

    ReplyDelete
  4. Selamat mbak sudah menyelesaikan tantangan KEB 10K virtual run. Saya baca infonya juga, tapi nggak ikut hehe....

    Saya tunggu tulisan selanjutnya tips berlari untuk pemula

    ReplyDelete
  5. Waah akhirnya mampir ke blognya mb lidya, semalam saya ikut ig livenya mb lidya lho. Makasih mba lid sharingnyaa bismillah semoga bisa ikutan, kuduuu semangat ga males2an

    ReplyDelete
  6. wah KEB udah 10 tahun ajaa.. semoga makin sukses..
    btw, tantangannya sulidd yaaa.. lari 10 km? ampuuunn deh.. kuat gak yaa akuu.. hihi

    ReplyDelete
  7. Sudah lama saya tidak lari-lari karena lebih memilih bersepeda. Padahal ya lari-lari asik memang ya, Mbak. Kapan-kapan pengen ke stadion nih aku kayaknya untuk lari-lari.

    ReplyDelete
  8. MasyAllah mba hebat ikh semangat olahraganya. Mba emang suka olahraga ya. Soalnya beberapa kali aku lihat di IG foto mba yang lagi olahraga apalagi sepeda. Ngomong ngomong kreatif ya KEB ngadain lomba beda ama lomba pada umumnya. Duh aku blum bisa ikutan nih

    ReplyDelete
  9. Wah ternyata lari itu ada tips dan triknya, ya, hehe saya lari tuh keliling kampung aja, pagi-pagi itu pun kalo pas jadwal anak sekolahnya siang, ternyata ada waktu dan pace, itu ada di aplikasi ya?

    ReplyDelete
  10. asyik nih yaaa Lia.. aku sih ngga kuat lari hahaha tapi kalau jalan cepat masih sering dan memang asyik, apalagi di tengah alam NZ yang cantiiik dan pastinya bersih

    ReplyDelete
  11. Wah mantaaab mbakku yang satu ini, pejuang 10K sejati nih, alamat juara nih di KEB 10K Virtual Run, salam running yaa mba, semangaaaat

    ReplyDelete
  12. Senang sekali kalau suami bisa support dan jadi panutan di hobby yang sama. lari ini memang olahraga yang simpel dan menyenangkan ya. Saya udah lama sekali tidak lari karena kaki pernah cedera saat jatuh dari motor. Have fun ya mak..

    ReplyDelete
  13. Wohooo, mak Lidya daebaakkk!
    Aku tuh sukaakk lari dan jalan cepat, tapi karena kondisi kesehatan agak kurang bagus belakangan ini.... hiatus dulu dah olahraga yg cem gini.

    sekarang olganya lagi di dalam rumah aja.
    pilates/yoga yg ringaaannn bgt.
    dan jalan kaki :D

    ReplyDelete
  14. Terus terang aku baru tau istilah pace2 ini pas mbak Lidya live kmrn hahaha
    Aku blm ikut tantangan ini krn lokasiku jauh dr rute lari dan bingung ma anak2 #alesyan wkwkw
    Saat ini aku msh pejalan santai dan penikmat aja
    Semoga nanti bisa lbh rajin larinya kalau tempat lari deket rumah udah dibuka lg :D

    ReplyDelete
  15. Aku ngga berani mak... hahaha... aku bukan pelari soalnya, kalau kardio, aku pilih yang punya gerakan dinamis. kalau lari saat ini belum. tapi mungkin suatu saat akan aku coba, mulai lari kecil dulu kali ya. good luck ya mak

    ReplyDelete
  16. waktu lihat ini udah langsung mbatin, pasti Mbak Lidya ikutan nih, yeaay, selamat ya Mbak, 10k dalam 1 kali lari, wooow kereeen.
    ohh jadi selama ini kalau lari itu kudu ama suami ya, uhuuy jadi sekalian body guard pribadi juga ya :)

    ReplyDelete
  17. Keren mbak tantangan dari KEB, aku pengen ikut kemarin cuma masih padat kerjaan dan si kecil udah mulai masuk sekolah. Btw selamat ulang tahun untuk KEB ya mbak dan sukses run virtual nya.

    ReplyDelete
  18. Luarrr biasa Mbak Lia! Dari kemarin aku lihat postinganmu di IG aku hanya bisa menatap sambil iriii 😅 Entah kapan aku nisa lari 10k sekali waktu. Anyway, happy birthday buat KEB! 🎉🎉

    ReplyDelete
  19. huaaa, aku kemarin ga berani ikutan xD bumil 8 bulan udah ga kuat lari berkilo2, hihi, alesan ^^ selamat satu dekade KEB, sukses selaluu~~

    ReplyDelete
  20. Aku masih mikir2 sih mbak mau ikut aoa enggak lihat postingan mbak mira sahid aja akh semangag taoi ga tahu masih galau

    ReplyDelete
  21. Wahh keren banget mbak Lidya
    Aku nggak kuat mbak KLO lari
    Lari itu harus dilatih ya mbak
    KLO da rutin lari pasti bisa kuat lari 10K gitu y

    ReplyDelete
  22. Kece amat 10K langsung gas!
    Iya sih cuaca pagi kadang hujan, kadang panas.
    Salut dengan emak-emak yang ikut challenge ini. Aku skip dulu mbaa, ga kuat lari. Sukanya berenang. Hihi...

    ReplyDelete
  23. Kak Lia..
    Aku baru paham mengenal lari virtual bareng-bareng karena cerita kak Lia di sini. INi kurang lebih sama ya...kalau dalam olahraga sepeda virtual.
    Ternyata, seseru ini meski judulnya "virtual".
    Bahkan kita bisa mengatur taktik serta kekuatan dalam berlari. Jadi olahraga tetap bikin badan sehat, tapi juga komunikasi yang seru bersama pasangan.

    Seneng liat OOTD kak Lia pas lari.
    Nah yaa...kan.
    Larinya juga belum, pengennya punya OOTD yang cantik duluuuu..

    ReplyDelete
  24. Oh jadi larinya ditemani suami. Jadi tambah semangat yaaaa

    Aku pas dulu buat ikut acara lari ini. Pertama karena gak terbiasa. Kedua, Jepara seminggu ini hujan mulu malam ke pagi, siang sore, full. Gak lucu kalau lari sambil hujan-hujanan

    ReplyDelete
  25. Ini kemarin agak tertarik buat ikutan, tapi fisik belum terbiasa untuk run, saya biasa olahraga pagi tapi hanya jalan santai mbak, semoga kedepan bisa nyobain buat lari deh

    Salam sehat selalu Mak Lid

    ReplyDelete
  26. keren banget mbak bisa lari 10 km. saya lari 1 kilo aja ngos-ngosan. hehe. padahal ngakunya pengen kurus tapi malas olahraga. heu. jadi penasaran nih sama istilah pacer itu maksudnya kecepatan lari gitu ya?

    ReplyDelete
  27. Waah Mba Lid maah Runner, gampil dan happy aja nih 10K mah yaa..Aku dah lama nih ga lari, lari dari kenyataan aja sih. BBrp waktu lalu sempet sih jalan aja agak rutin... waah seneng banget nih sehat di hari ultah KEB ya

    ReplyDelete
  28. Waah Mba Lid maah Runner, gampil dan happy aja nih 10K mah yaa..Aku dah lama nih ga lari, lari dari kenyataan aja sih. BBrp waktu lalu sempet sih jalan aja agak rutin... waah seneng banget nih sehat di hari ultah KEB ya

    ReplyDelete
  29. Menarik ya, aku baru tahu penjelasan tentang pace melalui postingan ini. Kalau lari aku memang belum kuat sih karena memang belum terbiasa juga. Jadi sementara masih lebih banyak berjalan cepat. Nah, kalau ikut challenge gini tuh biasanya bisa nggak kalau lari diselang-seling sama jalan? Atau full lari aja biar terbaca sama aplikasinya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya