Camilan Yang Mengenyangkan Untuk Bekal Saat Liburan

Kalau lagi liburan keluarga paling suka bawa makanan apa untuk dalam perjalanan atau saat tiba di lokasi? Mungkin ada yang berpendapat mau liburan aja kok repot-repot menyiapkan makanan segala, bisa beli saja dalam perjalanan atau setibanya di tempat berlibur nanti. Tiap orang punya kebiasaan masing-masing begitu pula dengan keluarga kami. Meskipun membawa makanan bukan berarti kami tidak membeli makanan juga selama perjalanan, maklumlah anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan kadang kalau sedang liburan perutnya selalu kelaparan karena aktivitasnya juga yang banyak. Kebiasaan menyiapkan berbagai makanan dan camilan yang mengenyangkan untuk bekal saat liburan untuk dikonsumsi keluarga biasa dilakukan oleh para ibu.

Camilan Yang Mengenyangkan Untuk Bekal Saat Liburan



Pastinya bukan hanya saya saja kok yang menyiapkan segala perlengkapan termasuk makanan ketika akan berlibur, pasti banyak ibu-ibu lain yang juga melakukannya. Alasannya ada banyak, pertama supaya biaya pembelian makanan bisa ditekan, berjaga-jaga makanan yang ada di tempat berlibur tidak cocok dengan keluarga atau sekedar untuk mengganjal perut terlebih dahulu.

Buat keluarga yang punya anak kecil pun sering kali makanan sudah disiapkan dari rumah, jadi dalam perjalanan gak perlu lagi repot mencari makanan. Buat saya pantang deh namanya membiarkan perut anak kosong, jadi kalau sudah waktunya makan, ya harus ada makanan yang masuk karena khawatir nanti masuk angin dan tidak bisa menikmati liburan yang menyenangkan.


Kobe Tepung Bumbu Putih


Banyak ide camilan atau makanan yang mengenyangkan bisa dibawa saat berlibur, pilihan tergantung keluarga masing-masing. Kebetulan sekali waktu saya menyetok berbagai bumbu masak di supermarket, saya tertarik ketika melihat ada resep Cireng Nasi di balik kemasan Kobe Tepung Bumbu Putih. Wah, ide resepnya boleh juga nih pikir saya, makanya langsung membeli tepung tersebut. Kebetulan sekali kami akan berlibur dan menginap di pantai, jadi langsung punya ide camilan yang akan dibawa ke sana.

Kalau untuk urusan bumbu dan tepung, merek Kobe sih sudah tidak asing lagi buat saya. Paling sering membeli Kobe SuperCrispy Kentucky untuk membuat berbagai makanan di rumah.

Awalnya saya mengira kalau brand Kobe ini adalah berasal dari Jepang, ternyata asli Indonesia lho. Pada tahun 1979 Kobe sebagai tepung bumbu pertama di Indonesia mengawalinya kiprahnya sebagai industri rumahan di Semarang. Kobe sendiri memiliki tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu! merupakan singkatan dari Kata Orang Banyak Enak

kobe tepung bumbu putih



Ternyata Kobe Tepung Bumbu Putih ini bisa untuk membuat banyak makanan sekaligus sebagai pelapisnya. Pakai tepung bumbu putih ini bikin gorengan yang kita buat bisa lebih krispi dan lebih tebal, ini karena Kobe Tepung Bumbu Putih punya tekstur tepung berbentuk kristal dengan butiran tepung renyah. Di dalamnya ini juga mengandung tepung tapioka yang bisa membuat makanan lebih kenyal dan juicy. Buat kalian yang alergi gluten pun bisa menikmatinya karena tepung ini gluten free serta tanpa campuran bahan pewarna dan pengawet.

Cireng Nasi Untuk Bekal Berlibur


Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu datang juga, meskipun tanpa perencanaan kami bisa berlibur juga deh. Pakaian ganti sudah disiapkan semua termasuk perlengkapan lainnya. Pagi-pagi sebelum berangkat saya sudah bersiap untuk membuat cireng nasi.

Kebetulan semalam masih ada nasi sisa di rice cooker dan sudah saya simpan di lemari es. Pagi harinya nasi tersebut saya hangatkan terlebih dahulu di microwave sebelum proses pembuatan cireng nasi dimulai. Sementara itu saya pun mulai menyiapkan bahan lainnya yaitu mengiris daun bawang. Setelah itu, saya campurkan nasi putih tersebut ke dalam sebuah wadah lalu tidak lupa menambahkan 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih berukuran 75 gram dan mengaduknya bersama dengan air. Terakhir saya masukkan irisan daun bawang ke dalam adonan tersebut. Selanjutnya adonan dibentuk menggunakan sendok dan digoreng dalam minyak panas. Cireng nasi pun sudah matang dengan hasil yang kuning keemasan. 

Buat kalian yang menginginkan tambahan bumbu rujak sebagai teman makan cireng nasi bisa membuat bumbunya dari kacang tanah, gula merah, terasi, dan air hangat. Untuk rasa pedasnya kita bisa menuangkan BonCabe level 10 ke dalam air asam. Setelah diaduk, bumbu rujak pun sudah siap dijadikan cocolan cireng nasi Kobe.

cireng nasi kobe



Kalau sudah melihat air, mana mau anak-anak menunggu lebih lama lagi. Supaya perutnya tidak kosong, saya pun menyodorkan cireng nasi yang krispi ketika di makan tapi tetap lebih di bagian dalamnya. Tanpa harus berlama-lama lagi, beberapa buah cireng nasi ini sudah ludes habis dimakan oleh abak-anak. Saya pun tidak khawatir ketika mereka bermain di pantai sore itu karena perutnya sudah terisi.

Ide resep cireng nasi dari Kobe Tepung Bumbu Putih ini bermanfaat sekali menurut saya. Selain kita bisa membuat camilan yang mengenyangkan dan praktis, kita juga bisa memanfaatkan nasi sisa menjadi makanan yang lezat. Jadi gak mubazir atau terbuang ya nasi sisa tersebut. Gimana, kalian tertarik juga untuk membuat cireng nasi?

Post a Comment

0 Comments