Peranan Humas Dalam Program CSR Perusahaan

Peranan Humas Dalam Program CSR Perusahaan. Teman-teman sudah melakukan booster vaksin? Waktu buka aplikasi PeduliLindungi ternyata sudah ada informasi booster vaksin buat saya. Saya pun mulai mencari informasi dimana bisa mendaftar booster vaksin. Menurut informasi sih bisa langsung ke puskesmas terdekat dengan alamat rumah kita. Waktu pelaksanaan vaksin tahap 1 dan 2 banyak perusahaan swasta maupun BUMN yang menyelenggarakan vaksin. Untuk booster vaksin adakah dari perusahaan yang menyelenggarakan juga? Kenapa perusahaan ini mau bersusah-susah memberikan fasilitas vaksin untuk masyarakat? 

Peranan Humas Dalam Program CSR Perusahaan




Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan 


CRS (Corporate Social Responsibility) ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahan terhadap lingkungan di sekitar perusahaan maupun lebih luas lagi jangkauannya.

CSR atau bisa juga disebut dengan bentuk aksi sosial ini pastinya akan memberikan manfaat kepada sekitar lewat program yang bermanfaat pula. Tujuannya selain untuk membantu masalah lingkungan sekitar juga untuk menjaga nama baik perusahaan itu sendiri. Secara tidak langsung bisa menjadi ajang promosi di dalamnya.

Ternyata ada sanksi bagi perusahaan apalagi yang berbentuk PT jika tidak melakukan CSR. Dengan berpartisipasi dalam CSR maka perusahaan tersebut juga ikut dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar.

Contoh CSR Yang Biasa Dilakukan


Pernah melihat aksi donor darah atau pelaksanaan operasi katarak dari suatu perusahaan? Nah ini pun merupakan salah satu bentuk CSR yang dilakukan. 

CSR ini banyak contohnya tergantung suatu perusahaan mau menerapkannya di bidang tertentu. Misalnya di bidang ekonomi bentuknya bisa dalam pengembangan UMKM. Di bidang pendidikan juga bisa diselenggarakan dengan memberikan beasiswa atau seminar dan pelatihan bagi siswa maupun masyarakat.

Sedangkan aksi donor darah masuk juga CSR di bidang kesehatan. Nah, pelaksanaan vaksin covid-19 oleh perusahaan juga sebagai salah satu bentuk CSR yang banyak dilakukan di masa pandemi untuk membantu pemerintah serta menyegerakan vaksin pada masyarakat untuk mendapatkan kekebalan kelompok.


Peran Serta Humas Dalam Perusahaan


Dalam menyelenggarakan CSR tersebut ada peran serta Humas atau Hubungan Masyarakat di dalamnya yang mengatur dan membuat rancangan supaya bisa berjalan dengan lancar.

Dalam menentukan bentuk program CSR yang akan dijalankan tim Humas harus pandai melihat situasi dan bisa melakukan interaksi dengan masyarakat maupun pihak yang terkait dalam hal ini klien.

Baik buruknya sebuah perusahaan bisa dilihat dari staf humas karena citra perusahaan juga tercermin di dalamnya. Humas atau banyak juga yang menyebutnya dengan PR atau Public Relation memang sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. 

Divisi humas ini juga ini bukan hanya melaksanakan CSR saja lho, tapi banyak tugas lainnya untuk menjaga citra perusahaan. Seorang manajer dan staf Humas harus bisa merencanakan, mengatur, dan menjalankan kegiatan humas dengan baik.

Untuk itu seorang Humas harus bisa meningkatkan skil mereka dalam berbagai hal supaya bisa menjalankan fungsi pekerjaannya di dalam tim humas perusahaan tersebut. 

Tingkatkan Skil Humas Lewat Kelas Siap Kerja


Untuk meningkatkan skil tentang kehumasan kita bisa mengikuti kelas siap kerja dari Skill Academy.

mitra pelatihan prakerja



Sebagai mitra pelatihan prakerja, Skill Academy saat ini punya kelas Prakerja yang bisa membantu meningkatkan skil yaitu kelas "Membangun Reputasi Perusahaan dan Kepercayaan Public untuk Manajer Hubungan Masyarakat".

Di kelas ini nantinya akan diajarkan berbagai hal yang berhubungan dengan dunia Humas yang harus diketahui sehingga bisa membantu meningkatkan citra perusahaannya. Kelas yang diikuti berupa panduan lengkap termasuk peragaan, studi kasus, hand out dan video beserta sesi tanya jawab.

Uniknya di kelas ini akan diberikan juga bonus tambahan untuk career mentoring seperti membuat CV, menyusup profil LinkedIn dan menghadapi interview.

Skill Academy ini merupakan platform pelatihan online pekerja terbaik yang menyediakan berbagai pelatihan yang bisa mengasah skil dan kemampuan seseorang untuk bekal memasuki dunia kerja.

Peranan humas dalam program CSR perusahaan peranannya penting selain jobdesc lainnya dengan meningkatkan skil lewat mitra pelatihan prakerja terpercaya.


Post a Comment

0 Comments