Senam Pramuka Bikin Badan Bugar Walau di Rumah Aja

Senam Pramuka Bikin Badan Bugar Walau di Rumah Aja - Ngomongin soal senam, beberapa waktu lalu Alvin mengikuti perlombaan daring World Scouting. Kebetulan sekolahnya mewakili Kecamatan dalam perlombaan tingkat Kota.

Senam Pramuka


Jujur aja saya baru tahu kalau ada senam macam di dalam kegiatan pramuka, maklum lah sudah lama tidak mengikuti pramuka sejak lulus sekolah. Saya tahunya senam kesegaran jasmani aja jaman dulu. Jadi waktu itu saya dihubungi oleh wakil kepala sekolah untuk minta izin mengikutkan Alvin dalam perlombaan tersebut.

Karena kondisi pandemi seperti saat ini, maka latihannya pun dilakukan secara online dan uniknya nanti perlombaan diadakan di sekolah masing-masing secara daring pula. Sekitar 2 minggu anak-anak belajar di rumah sendiri dan dilatih melalui zoom.

Ada satu kali pertemuan di sekolah untuk melatih gerakan agar kompak dalam satu tim. Selama berlatih anak-anak dan pembimbing tetap menerapkan protokol kesehatan.

Musik Senam Pramuka

Namanya juga anak-anak gak bisa dilepas begitu saja sendiri untuk berlatih, saya selalu mengingatkannya untuk latihan dan menghafal semua gerakan senam.

Senam Pramuka ini terdiri dari 3 bagian gerakan yaitu 12 gerakan pemanasan, 5 gerakan inti, dan 5 gerakan pendinginan. Setiap gerakan ada 8 hitungan yang harus dilakukan. Sebagaimana olahraga sebaiknya harus ada pemanasan terlebih dahulu agar tubuh tidak kaget dan meminimalkan cedera.

Selama melihat Alvin latihan, saya mendengarkan kalau musik senam tersebut mengambil beberapa lagu daerah seperti Sajojo dan gerakan tarian daerah contohnya tari Saman dari Aceh.


Sejarah Senam Pramuka


Ternyata World Scouting sudah diluncurkan sejak tahun 2002 dengan tujuan membentuk generasi sehat yang didalamnya terdiri dari berbagai gerakan. Senam pramuka juga sering kali diperlombakan di POPDA  (Pekan Olahraga Pelajar Daerah) dan HUT Pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya.

Saya malah suka nih waktu Alvin ikutan perlombaan senam ini soalnya dia akan berlatih kurang lebih 18 menit waktu senam tersebut. Hitung-hitung melakukan olahraga rutin karena bisa membakar lemak apalagi bikin badan berkeringat juga.



Buat yang penasaran seperti apa gerakan dan musik senam pramuka bisa download senam pramuka full versi. Atau bisa lihat di channel YouTube saya:)



Post a Comment

11 Comments

  1. Woow...kaka Alvin ikutan lomba senam Pramuka.
    Semoga menang, nak sholih..

    Tapi kemenangan hanya bonus. Kaka Alvin yang penting semakin sehat dan Mama semakin produktif karena jadi konten di youtube.
    Hihii~

    ReplyDelete
  2. Hwaaa asik nih senam pramuka
    Bikin jiwa raga sehat sentausa!
    Aku juga mau ahhh

    ReplyDelete
  3. waaaah musti liat Youtubenya Lia niiih biar bisa ikutan senam Pramuka juga. Aku ikut Pramuka sampai SMA tapi ngga ingeeet senamnya hehehee

    ReplyDelete
  4. Eh ada ya yang namanya senam pramuka, aku baru ngeh or lupa ya pas jaman sekolah dulu hihihi, jadi kangen masa-masa sekolah, inget pramuka bikin grup nama bunga-bungaan

    ReplyDelete
  5. wahhh udah lama aku ngga senam pramuka, kalau di rumah aku suka senam ayo bersatu soalnya cuma itu yang masih melekat gerakannya mba hahaha

    ReplyDelete
  6. Wuah.. Ku aja juga baru tahu kalau ada senam pramuka mba 😂😂😂 meluncur ke channelnya ah biar tahuuu gimana gerakannya

    ReplyDelete
  7. Mbak ada yang senam pramuka hehe.. duh kemana aja ya akuu.. karena anak anak ku juga masih kecil jadi belum ada kegiatan pramuka, jadi ngga paham deh senam pramuka hehe tapi sekarang jadi tau dong

    ReplyDelete
  8. Ya ampun, jadi ingat kalau sudah lama banget ikut pramuka. Terakhir ikut kegiatannya tuh pas SMP. Soalnya waktu SMA gak ikut ekskulnya.

    ReplyDelete
  9. Senam pramuka kayaknya pernah ikut ya mbak, sama enggak gerakannya ya. Btw menyenangkan banget lihat anak-anak bisa belajar senam ya mbak.

    ReplyDelete
  10. wah ternyata ada senamnya juga ya selain tepuk pramuka. baru tahu saya. jadi penasaran deh pengen tahu senamnya seperti apa, cus ah ke youtubenya. makasih ya mbak

    ReplyDelete
  11. Wah kayaknya anakku perlu nyobain senam pramuka nih biar lebih bugar. Apalagi kalau senam pagi2

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya