5 Skincare untuk Pemula Yang Perlu Diketahui

5 Skincare untuk Pemula Yang Perlu Diketahui untuk merawat kulit wajah sehari-hari. Saya mengenal perawatan wajah mungkin agak terlambat. Di zaman masih sekolah SMA dulu teman-teman sudah banyak yang mengenal perawatan sedangkan saya masih biasa saja. Kalau pun melakukan perawatan paling hanya cuci muka saja.

skincare untuk pemula


Barulah setelah kuliah dan bekerja mulai mengenal berbagai macam produk kecantikan, tapi saya masih belum menggunakan secara lengkap. Yang rutin dibeli paling hanya bedak, lipstik, dan sabun wajah saja. Setelah membaca review mengenai produk kecantikan di dunia maya saya mulai tertarik membeli, itu pun masih belum ngerti apa saja kegunaannya.

Tahu gak sih, saya melakukan facial saja setelah menikah, padahal adik perempuan saya sudah mengenal facial dan aneka krim wajah sejak SMA. Walaupun adik kakak ternyata punya kebiasaan yang berbeda. 

Buat teman-teman yang ingin melakukan perawatan wajah, supaya gak bingung dan gak banyak produk yang harus dibeli, berikut ini saya rekomendasikan produk Skincare untuk Pemula yang harus dimiliki untuk perawatan harian. Sungkem dulu sama para suhu beauty blogger ah, kasih tau kalau salah ya, tapi ini berdasarkan pengalaman saya aja.

Face Wash atau Face Foam


Waktu yang paling tepat untuk membersihkan wajah adalah sebelum tidur dan pagi hari. Pantang bagi saya untuk tidur tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu. Meskipun seharian berada di dalam rumah bukan berarti wajah kita terbebas dari kotoran lho dan bisa menyebabkan muncul jerawat.

Untuk kulit wajah saya yang normal dan agak kering menggunakan facial wash adalah pilihan yang lebih baik karena bisa membantu menjaga kelembaban dan kelembutan kulit. Sedangkan facial foam digunakan jika kita memiliki jenis kulit berminyak karena sabun ini menghasilkan busa yang berfungsi untuk mengangkat minyak pada wajah.

Untuk teman-teman yang suka pakai make-up biasanya dibersihkan terlebih dahulu menggunakan make-up remover sebelum mencuci wajah menggunakan sabun. Ada juga beberapa orang yang memakai milk cleansing terlebih dahulu sebelum mencuci wajah. Tapi buat pemula gak apa-apa menggunakan facial wash atau facial foam dulu aja dengan catatan tidak menggunakan full makeup ya.


Face Toner


Sejak kecil saya tau ada produk namanya toner, tapi gak tau fungsinya buat apa. Orang-orang jaman dulu pakai produk ini setelah menggunakan susu pembersih, tau dong merek lokal yang satu ini dan hingga saat ini masih eksis. Manfaat menggunakan toner untuk pemula adalah untuk menyegarkan dan melembabkan kulit setelah menggunakan sabun wajah.

Gunakan face toner dengan cara membasahi kapas dan face toner lalu dioleskan ke wajah dan leher secara merata. Atau kalian juga bisa menggunakannya langsung pada telapak tangan lalu ditepuk-tepuk pada wajah. Pernah melihat drama Korea? nah artisnya sering lho menggunakannya dengan cara ini. Saya pernah mencoba memakai dengan cara menepuk kok kayanya boros, hihihi gak mau rugi akhirnya memilih pakai kapas saja. Umumnya toner digunakan dua kali sehari juga setelah mencuci wajah. Pilih toner yang sesuai dengan jenis kulit.

Setelah menggunakan toner sebaiknya sih mengaplikasikan serum yang berguna selain untuk melembabkan wajah juga berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan menyamarkan noda gelap di wajah. Tangan saya ini kadang bandel juga suka pegang-pegang jerawat yang kadang muncul walaupun cuma satu. Nah, jadi kan meninggalkan bekas pada wajah. Pakai serum bisa bantu mengurangi noda tersebut.


Moisturizer


Supaya kulit wajah tetap lembab produk skincare yang perlu digunakan adalah moisturizer atau biasa disebut juga dengan pelembab. Selain bermanfaat untuk melembabkan, moisturizer juga berguna untuk menutrisi kulit wajah agar tidak dehidrasi. 

Kalau buat saya yang punya kulit kering wajib banget pakai pelembab. Biasanya saya menggunakan pelembab yang mudah meresap dan gak lengket. Ada beberapa produk setelah pelembab digunakan kita merasakan panas dan keringetan tandanya gak cocok nih.


Sun Block

sun block



Dulu saya tahunya kalau sunblock atau tabir surya digunakan khusus kalau mau keluar rumah aja, ternyata meskipun gak kemana-mana penting juga menggunakan tabir surya karena masih terpapar sinar UV ketika berada di dekat jendela atau sedang berada di teras rumah misalnya.. Walaupun cuaca sedang mendung sekalipun penggunaan sunblock jangan dilewatkan karena sinar UV masih bisa menembus awan.

Gunakan sunblock paling tidak 15 menit atau 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan dan penggunaan diulang lagi setelah 2-4 jam. Kalau saya setiap habis sholat pasti menggunakan sunblock lagi. Meskipun gak mandi mandi pagi-pagi sunblock wajib saya gunakan juga. Pilih tabir surya dengan kandungan SPF 30 (sun protection factor) minimal dan sesuaikan dengan jenis kulit


Krim Malam atau Night Cream

Kalau sudah rajin membersihkan wajah di malam hari sebelum tidur, lanjutkan dengan menggunakan krim malam juga. Di malam hari ternyata kulit kita melakukan regenerasi nantinya sel kulit yang rusak akan digantikan dengan yang baru. Dengan menggunakan krim malam membantu proses regenerasi lebih maksimal lagi. Manfaat dari krim malam ini juga untuk mengatasi kulit iritasi dan mencerahkan kulit wajah. Saat ini saya sedang menggunakan sleeping mask yang bermanfaat untuk melembabkan dan mencegah kulit kering

night cream



Sebelum menggunakan basic skincare untuk pemula sebaiknya kita mengetahui jenis kulit masing-masing terlebih dahulu supaya menghindari iritasi kulit. Cari tahu dulu apakah kita punya kulit wajah normal, kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi karena skincare untuk pemula kulit berminyak pastinya mempunyai komposisi yang berbeda dengan jenis kulit kering atau sensitif.

Skincare untuk remaja pemula juga ada dan dapat digunakan oleh mereka, biasanya bahan-bahan yang terkandung lebih ringan untuk digunakan pada kulit usia remaja.

Kunci utama dalam melakukan perawatan kulit adalah disiplin dan rutin. Gak perlu menggunakan produk yang harganya mahal, tapi disesuaikan saja dengan kebutuhan kulit wajah. 

Skincare dengan harga mahal tapi pakainya jarang dan tidak rutinsama saja gak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Dirawat sejak dini sebelum terlanjur mempunyai kulit bermasalah, nah ini yang membuat perawatan kulit itu menjadi mahal.

Sewaktu saya diberi kesempatan menjalani perawatan kulit di salah satu klinik kecantikan, dokter kecantikan tersebut mengatakan kalau sunblock dan krim mata itu penting dipakai sedini mungkin supaya menjaga kerutan mata. 

Buat teman-teman yang butuh Skincare untuk Pemula semoga membantu ya dan gak bingung lagi dengan manfaat dari masing-masing produk.





Post a Comment

27 Comments

  1. HAhaaaa, aku pun baru mengenal skinker baru2 Mbaaa.
    Kebiaaan cuek, pake pelembab sabun cuci muka, udah.
    Etapi ngelihat usia udah canatik, kerutan mulai muncul perlu banget ini skinker.

    Setuju pisan kuncinya adalah Disipliin.

    ReplyDelete
  2. kalau tahapan orang korea minimal 7 step mba hahahaa pantesan kulit mereka kinclong2 ya, tp bener yang di tulis mba Lidya, yang penting itu 4 step CTMP aka cleansing toning moisturizer dan protecting

    ReplyDelete
  3. Akuuu akhire skinkeran mba. Setelah lama banget ga skinkeran seneng hasile asal rutin emng

    ReplyDelete
  4. Disiplin dan rutin make skincare itu yang PR bgt. Aku termasuk yang males ribet. Kadang kalau abis mandi malem aja cuma pake handbody doang. Kadang kalau lagi rajin, semua skincare dipake semua. Tergantung mood. Ehehe

    ReplyDelete
  5. Mbak Lidyaa ... kumau berguru padamu soal skinker. Nanti mau tanya2 ya. Masih awam bahkan untuk pemula hihi.

    ReplyDelete
  6. Kalau saya ketambahan double cleansing sih, biar wajah lebih bersih :)
    Terus maskeran minimal 2 kali seminggu.

    Skin care pemula gini penting banget ya dipahami, biar orang-orang punya bayangan mau skinkeran itu kayak gimana aja urutannya :D

    ReplyDelete
  7. Aku nih kurang konsisten dalam per-skincare-an *self toyor*
    Padahal pengin muka sehat, kinclong binti paripurna.

    Baiklaahh, mau aku praktekin tipsnya mbaaa

    ReplyDelete
  8. betul harus ruitn, apalagi jaman PSBB kulit harus butuh perhatian extra ya kak....krn gak keluar2 rumah, kulit wajah cenderung kering

    ReplyDelete
  9. Nice to share mba lid, ini bakal jadi acuan banget nih bagai para pemula dalam skincare, dan aku setuju banget yang paling utama adalah disiplin sih, karena jika males alias ngga rutin ya hasilnya juga ngga maksimal

    ReplyDelete
  10. Yah saya gimana nih. Pemula ,tapi pas mau pakai langsung ke serum. Harusnya ngikuti step yg disarankan ini ya...
    Hehehe
    Gara gara kena sakit gatal di wajah, serum saya pikir bisa menghilangkan bekasnya

    ReplyDelete
  11. Saya ngikin baca bagian yang dihighlight. Harus disiplin dan rutin. Duh! Ini saya harus terus diingatkan. Memang harus seperti itu supaya kulit wajah tetap terjaga kesehatannya

    ReplyDelete
  12. Aku lbh suka pakai micellar water..apakah itu cukup baik sbg pembersih wajah ya mba?

    ReplyDelete
  13. setuju bangt nih aku, terutama sunscreen, salah satu benda wajib yang harus ada di tas kcil aku buat dibawa kemana mana biar nggak lupa re apply heheheh

    ReplyDelete
  14. Mbak, penggunaan skin care itu harus benar ya urutannya? Aku tuh kurang telaten banget euy kalau gunain skin care, suka sembarangan. Cuma sekarang mikir umur, hahaha, takut kalau tak dirawat kulit wajahnya nanti banyak kerut-kerutnya.

    ReplyDelete
  15. Klo aku dapat pembersih wajah dari dokter tapi ga perlu pakai toner ternyata cukup pake sabun itu saja. Dan aku merasa cocok nih karena ga rese harus pke kapas dan double cleansing aku memang pengen praktis kalau soal ini hehe...

    ReplyDelete
  16. untuk sun block aku masih kadang ga pake mba huhuh jadi keingetan pengen beli lagi sunscreen ah

    ReplyDelete
  17. Hmmm baca ini jadi ada gambaran untuk mulai mencoba pakai skincare. Duh selama ini saya hanya berbekal facial wash dan bedak bayi soalnya wkwkwk

    ReplyDelete
  18. Akhir-akhir ini makin fokus sama skincare mbak karena sudah sering berjerawat. Paling suka pakai toner karena buat wajah fresh.

    ReplyDelete
  19. Bagi seorang perempuan perlu banget ini informasi tentang Skin Care untuk menjaga kebersihan kulit wajahnya

    ReplyDelete
  20. Nah tuh, disiplinnya itu yang sering ketinggalan. Maunya pake ini itu skincare lengkap dari pagi mpe malam. Pas mau oles-oleh kadang udah mager. :))

    ReplyDelete
  21. Informasi ini sangat membantu buat pemula yang belum begitu mengenal soal perkosmetikan kayak saya, Makasih ya Mbak.

    ReplyDelete
  22. Aku setelah di rumah aja hanya pakai toner, ehh...ternyata gak cukup membantu, heuheuu...jadi balik lagi ke temen-temennya, sederhana ternyata yaa...kalau mau telaten agar kulit terasa lembut hingga nanti...

    ReplyDelete
  23. Auto skincarean deh abis baca tulisan ini. Buat pemula aja banyak tahapannya ya. Mau cantik memang butuh waktu.

    ReplyDelete
  24. walah kok aku gak selengkap itu meskipun aku sangat pemula wkwk.. aku masih kalah sama rasa malesku :(

    ReplyDelete
  25. kalau buat pagi sunscreen emang wajib bangeet deh ya mbak. kalau malam, setujuu yang wajib krim, kalo essence atau serum itu nggak semua jenis wajah cocok

    ReplyDelete
  26. Saya termasuk yang suka skip tahap perawatan skin care terutama toner dan sunblock khusus, sekarang jadi tau deh setidaknya harus runut ya biar berasa manfaatnya

    ReplyDelete
  27. Kejelekanku tuh pakai krim malam angot-angotan huhu. Padahal dah kepala 4 yak, harus disiplin

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya