Lari Nyaman Dengan Sepatu Tanpa Lecet Saat Olahraga Atau Race

Lari Nyaman Dengan Sepatu Tanpa Lecet. Pernah gak merasakan lecet di kaki karena pakai sepatu? Bisa dibilang saya jarang sekali mengalami lecet di kaki akibat pakai sepatu, karena selalu memakai kaos kaki. Tapi suatu pagi setelah berlari sejauh 6 KM mengelilingi ring road GBK, kaki saya terasa perih sekali. Ternyata kaki bagian belakang itu memang lecet dan kulitnya sedikit terbuka, sampai-sampai saya menahan sakit ketika berjalan untuk pendinginan setelah berlari. ,Begini toh rasanya lecet.  Gak bisa didiamkan begini terus, karena pagi itu saya ada janji ke tempat lain. Saya pun mencari cara untuk mengobati agar bisa nyaman beraktivitas lagi setelahnya.

Lari Nyaman Dengan Sepatu Tanpa Lecet




Lecet di Kaki Apa Sih Penyebabnya?


Banyak hal penyebab yang bisa membuat kaki kita lecet salah satunya adalah terlalu lama pakai sepatu, alas kakinya gak nyaman atau sepatunya masih baru.

Karena saya terbiasa menggunakan kaos kaki jika keluar rumah, maka lebih nyaman pakai sepatu dibandingkan dengan sandal. Makanya kadang suka bingung kalau ditanya mau kemana sama tetangga karena melihat saya pakai sepatu, padahal cuma mau ke pasar kaget aja:)

Kebiasaan memakai kaos kaki awalnya karena kulit saya sensitif terhadap debu sehingga penggunaan kaos kaki bisa melindungi kaki dari kuman, debu maupun bakteri. Selain itu, kaos kaki juga bisa melindungi kaki dari lecet lho, apalagi kalau alas kakinya masih baru. Tapi ternyata buat muslimah memakai kaos kaki ini juga penting untuk menutup aurat pada bagian kaki.

Ngomongin soal kaos kaki, jadi ingat drama lecet kaki bagian kanan waktu lari pagi nyobain track atletik di GBK beberapa waktu lalu. Setelah saya cek, ternyata kaos kaki low cut yang saya gunakan terlalu ke bawah sehingga terjadi gesekan antara kulit pada kaki dengan bagian belakang sepatu, jadilah kaki saya lecet.

Tahu sendiri kan, gesekan seperti ini kalau terus menerus bisa menimbulkan kulit melepuh yang rasanya sakit sekali apalagi kalau berisi cairan.

Untungnya di sekitar GBK ada mini market, saya pun membeli Betadine Plester untuk menutup luka pada kaki yang lecet supaya saya bisa nyaman berjalan kembali. Ada beberapa varian Betadine Plaster, yang saya beli ini varian Elastic Fabric yang bisa elastis saat ditempel pada kulit kaki yang lecet. Jangan dianggap sepele loh penggunaan plaster pada kulit luka, justru ini penting banget untuk menjaga luka tetap steril dan mencegah terjadi infeksi pada luka.


Tips Lari Nyaman Dengan Sepatu Tanpa Lecet


Untuk para pecinta olahraga lari, atau teman-teman yang dalam kesehariannya selalu memakai sepatu, ada tips lari nyaman dengan sepatu tanpa lecet supaya aktivitas tidak terganggu oleh rasa perih.

Kalau dari pengalaman lecet yang saya alami, lebih baik menggunakan kaos kaki yang agak tinggi jangan pilih low cut karena khawatir akan turun atau merosot jadi bisa menyebabkan lecet. Tapi buat kalian yang sudah terbiasa memakai kaos kaki model low cut bukan berarti gak boleh pakai kok asal diperhatikan saja supaya tidak merosot.

Pilih sepatu yang nyaman dan jangan terlalu ngepas size sepatunya apalagi buat pelari setidaknya diberi ruang antara 1-2 CM. Pilih juga sepatu yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya mau lari ya pilih sepatu lari, meskipun pada dasarnya sepatu lain pun bisa digunakan untuk berlari hanya saja akan merasa tidak nyaman. Sepatu khusus lari ini juga biasanya sudah dirancang khusus dan lebih lentur bahkan ada yang ringan. Sepatu lari juga lebih kuat dan punya bantalan yang lebih banyak terutama pada bagian tumit dan kaki sehingga kita bisa berlari lebih kuat dan lama. Memang sih kebanyakan sepatu lari punya harga yang agak lebih mahal dibanding sepatu casual. Tapi sekarang kita bisa membeli sepatu lari lokal yang gak kalah bagus teknologinya dengan sepatu brand luar yang ternama, bahkan salah satunya juga sudah pernah digunakan dalam Boston Marathon.

betadine



Jika kalian tidak suka pakai kaos kaki saat menggunakan alas kaki khususnya sepatu, sebaiknya menggunakan plaster terlebih dahulu jika sepatu yang digunakan masih baru. Kalau sudah terlanjur lecet Betadine punya berbagai produk Wound care yang bisa membantu kita mengatasi lecet dan luka gores, luka bakar atau luka lainnya. Ketika kaki lecet selain menggunakan Betadine Plaster, bisa ditambah dengan mengoleskan Betadine Antiseptic Ointment. Sebagai salep antiseptik yang bisa membunuh kuman yang bisa menyebabkan infeksi pada luka, 

Untuk informasi produk antiseptik lainnya yang sudah dipercaya oleh masyarakat selama lebih dari 50 tahun, kalian bisa mengakses laman berikut ini https://betadine.co.id/.

Semoga tips yang saya berikan bisa bermanfaat. Meski begitu saya pun saat ini jika keluar untuk olahraga lari maupun sepeda setidaknya berjaga-jaga membawa plaster luka. Gimana teman-teman pelari dalam waktu dekat sedang ikut event lari apa nih?  Olahraga lari itu menyenangkan kok kalau sudah tahu triknya. Salam sehat selalu.

Post a Comment

23 Comments

  1. Demen bangeett akutu kalo pantengin IGS nya mak Lidya.
    Pas lari2 gitu, berasa ikutan segeerr aku :)
    Aaakkk, semogaaa kita semua makin sehat bugar yaa, supaya bisa jalankan aktivitas dgn baik, termasuk lari secara paripurna

    ReplyDelete
  2. Pernah nih merasakan lecet, terutama pas awal-awal eh pertama kali mulai rutin lari dulu. Sepertinya karena salah sepatu, atau mungkin karena kakinya kaget tumben diajak gerak. Wkwkwk. Sempat bikin down sih, apa gak usah lari aja lagi? Gak dong, waktu itu langsung pakai Betadine Plaster. Alhamdulillah lecetnya jadi ketutup, membaik.. dan gak kegesek lagi sama bagian sepatu.

    ReplyDelete
  3. Saya juga selalu pakai kaos kaki saat pakai sepatu mbak, nggak nyaman rasanya pakai sepatu tanpa kaos kaki.

    Plester betadine nih salah satu benda yang wajib ada di rumah, persediaan kalau sewaktu-waktu ada kejadian tak diinginkan dan menimbulkan luka di tubuh

    ReplyDelete
  4. Wah betadine semakin berinovasi yaa dulu yang kita tahu nih betadine itu obat merah buat luka tapi sekarang betadine hadir dengan berbagai macam varian untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti kalau lagi luka nggak melulu pakai plester ya cukup dioles dengan Betadine Antiseptic Ointment dah beres.

    ReplyDelete
  5. Wah perlu sangu betadine plester & antiseptic ointment nih kalo pas berolahraga. Untuk jaga-jaga kali aja pas jogging ternyata jatuh. Jadi gak panik kalo udah sangu p3k dari betadine.

    ReplyDelete
  6. Aku pernah alami saat nge gym pake sepatu olahraga lupa pake kaos kaki.Akibatnya lecet kaki. Untungnya di tas ada persedian plester.Langsung deh aku pakai kiri kanan, tok cer loh tidak lecet lagi

    ReplyDelete
  7. aku tuh kalo sepatu lari jarang lecet, tapi kalo sepatu heels sering banget lecet tuh mbak, sepertinya bener harus ditempel plester dan persediaan betadine buat jaga2 yaaah

    ReplyDelete
  8. Setuju, wajib bawa nih perbekalan plester luka kalau sedang berolahraga. Apalagi Betadine sedia lengkap produknya yang berkualitas dan tepercaya

    ReplyDelete
  9. Wah, aku baru ngeh ternyata ada produk Betadine Antiseptic Ointment yang bisa dioleskan untuk mengatasi lecet saat kita pakai sepatu olahraga. Lari atau jalan cepat dengan sepatu tanpa lecet itu harus dong. Jangan sampai udah lecet eh jadi malas berolahraga kwkwkwkkwkwk :D Mesti pinter pilih sepatu lari juga ya yang ada bantalan di bagian tumit dan kaki, yang berkualitas.

    ReplyDelete
  10. Aku pernha ngalamin mba kaki lecet saat olahraga. Dan ini bukin tak nyaman sekali. Mau aktifitas juga jadi terganggu. Dan aku pun disarankan juga untuk menggunakan plaster mba :)

    ReplyDelete
  11. Aku sering banget lecet pake sepatu. Tp bukan yg jenis kets sih. Lebih ke sepatu high heels atau sepatu kerja. Itu kelingking kaki sampa gak nahan dah perihnya. Huhu

    ReplyDelete
  12. Aku nih sempat ngobrol sama makpon soal sepatu lari yang enak dan nyaman dipakainya. Karena memang kalau lari gitu sepatunya kudu mantep dan enak dipakainya. Mari kita intip-intip dulu yanh ini ya.

    ReplyDelete
  13. Wah iya, KLO lari harus pakai sepatu yang tepat ya mbak
    Biar nyaman dan nggak lecet kakinya

    ReplyDelete
  14. Sekarang kalau mau lari jadi ga khawatir lagi nih ya mBlid. Pengen rutin lari nih tapi ga ada yang ngejar hahaha. Kidding. Tapi aku juga selalu nyetok Betadine nih di rumah dari zaman bahula andalan banget s Betadine ini

    ReplyDelete
  15. Sepatu yang nyaman membuat kaki nyaman untuk melangkah dan tidak mudah capek.

    So pilihlah. sepatu terbaik sesuai kantong untuk kegiatan okah raga. karena bags untuk tubu.

    ReplyDelete
  16. Aku dulu jarang pakai sepatu kalau bepergian. Terus nyoba dan lecet. Duh ndeso banget, hahaha

    Sekarang mulai biasain diri pakai sepatu kalau pergi. Nah kalau lari, aku jarang sih. Jadi catet tipsnya dan jangan lupa sedia betadine plester buat jaga-jaga

    ReplyDelete
  17. Hahahahaa, kek aku nih, kebiasaan juga dari dulu selalu pake sepatu dibandingkan sandal.
    Berasa nyaman aja pake sepatu dan wajib oke kaos kaki. Tapi sekalinya ga pake kaos kaki kadang suka lecet, apalagi kalo pake boots kulit.
    Untung slalu tersedia Betadine juga nih buat lecet2.
    Aku larinya keliling komplek aja!

    ReplyDelete
  18. Jadi ingat jaman SD dulu pakai sepatu biar tidak lecet pakai plester apalagi kalau sepatunya baru dibeli

    ReplyDelete
  19. Oh..kak Lia...
    Aku pikir kalau lari itu kudu sepatu yang bener-bener fit, hanya saja kaos kakinya kudu yang empuk. Jadi, aku belum pernah sampai lecet, salah satunya dikarenakan lariku yang kurang jauh.
    HUhuu...kak Lia keren banget!

    Solusinya,
    Diberi betadine untuk bagian yang terluka sebagai pertolongan pertama.

    Kalo uda gitu, besokannya masih bisa lari gak sih teh?

    ReplyDelete
  20. biasanya kaki lecet karena pakai sepatu yang bahannya gak cocok sama kulit trus gak nyaman, nah penting banget nig bawa betadine di tas biar kalo ada lecet bisa langsung diolesin

    ReplyDelete
  21. Biasanya kalau saya pakai sepatu baru, pasti bikin lecet. Terutama sepatu high heels. Amppun daah, sampai susah jalan, saya.

    Wah, sekarang ada Betadine yang dioleskan, ya. Untuk luka-luka yang lecet gini, cocok nih.

    ReplyDelete
  22. Ya, betul. Olahraga itu menyenangkan dan bikin ketagihan. Cuma kalau saya ngatur waktunya yang masih agak susah kaena menyesuaikan kegiatan bocah, hehe. Mbak Lidya udah konsisten banget olahraga lari. Makanya keliatan makin muda dan ramping. Seneng ngeliatin storynya kalau lagi lari.

    ReplyDelete
  23. Iya, kalau kaos kakinya terlalu pendek, bagian belakang kaki kita malah bergesekan dengan sepatu. Alhasil lecet deehh.. Harusnya juga disertai dengan penggunaan kaos kaki ya. Kalau cedera, serahkan saja pada ahlinya. Ada Betadine iodine maupun plester yang bisa cepat ditemukan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya