Rekomendasi Sepatu Lari Lokal, Kualitas Bagus Harga Terjangkau

Kalau mau lari memang kita wajib pakai sepatu khusus lari ya? Buat orang awam. pastinya akan berpikir pakai sepatu apa pun bisa dipakai untuk lari, yang penting fungsinya. Pendapat ini gak bisa disalahkan kok, apalagi sepatu khusus lari berkualitas juga harganya gak murah. Kalau mikirin sepatu dulu kapan mau larinya. Saya juga pernah berpikir seperti ini dulu ketika baru belajar lari. Lho kok lari aja pakai belajar? Simak dulu cerita saya di bawah ini ya dari awal belajar lari sampai punya sepatu lari. Dari sepatu lari brand terkenal hingga rekomendasi sepatu lari lokal yang punya kualitas bagus dan harga terjangkau.

Rekomendasi sepatu lari lokal




Alasan Menggunakan Sepatu Yang Tepat Ketika Berolahraga


Menurut informasi yang saya dapatkan di website olahraga, setiap jenis olahraga itu beda sepatu yang dibutuhkan. Ada sepatu khusus untuk sepakbola, biasanya punya bagian khusus yang keras di bagian bawah sepatu seperti paku-paku yang gunanya untuk mencengkram tanah jadi pemain bola gak jatuh saat bermain bola.

Olahraga lainnya pun butuh sepatu khusus untuk mendukung aktivitasnya berbeda misalnya sepatu tenis, golf, dan olahraga lainnya termasuk olahraga lari.

Nah, untuk lari ini kita juga membutuhkan sepatu khusus lari yang biasanya lebih ringan dan fleksibel saat kita menekuk dan melangkah. Beberapa sepatu lari juga sudah didesain khusus untuk meningkatkan kemampuan kita untuk berlari agar bisa lebih cepat karena ada perbedaan sol dan ketinggian tumit yang dimiliki oleh sepatu lari tersebut.

Tenang aja, buat kalian yang memang pemula ingin mengawali olahraga tertentu gak salah kok kalau memang mau menggunakan sepatu yang sudah dimiliki saat ini, apalagi kalau budget untuk membeli sepatu khusus juga belum ada. Saya juga awalnya hanya menggunakan sepatu casual biasa saja kok waktu pertama kali lari, sepatu tersebut juga biasa saya gunakan untuk naik sepeda sekaligus.

Saya punya target kalau sudah berhasil menyelesaikan latihan lari C25K yaitu aplikasi yang bisa digunakan untuk melatih kita supaya bisa berlari sejauh 5 K tanpa henti. Latihan yang diajarkan di sini bertahap kok, gak harus lari terus menerus tapi ada jalannya juga. Kemudian secara bertahap latihan akan ditingkatkan hingga akhir bisa berlari sejauh 5K. Kira-kira dalam waktu 8 minggu saya bisa menyelesaikan program latihan ini, kalian juga bisa asal konsisten.

Setelah berhasil berlatih menggunakan aplikasi C25K dan merasa olahraga lari itu meyenangkan saya pun ingin dong mencoba sepatu khusus lari. Gak bisa dipungkiri sih saya langsung tertarik dengan salah satu brand sepatu lari yang sudah terkenal. Ternyata rasanya memang lebih ringan dan nyaman ketika digunakan untuk lari, sehingga bisa lebih semangat lagi. Punya satu sepatu lari ternyata gak cukup ya, apalagi kalau intensitas penggunaannya sering, lama-lama bisa aus juga sepatunya.

Untuk beli lagi sepatu lari yang bagus, pasti harus mikir-mikir dulu dengan harganya. Bisa saja sih saya membeli sepatu lari berdasarkan rekomendasi sepatu lari dibawah 500 ribu atau menunggu harga diskon hahaha, mama-mama MODIS (Modal Diskon) banget kan.  Tapi kadang model dan warnanya gak cocok dengan saya, maklum saya kurang suka dengan warna gelap.


Rekomendasi Sepatu Lari Lokal


Untungnya di rumah ada suami yang sudah menekuni olahraga lari terlebih dahulu, jadilah beliau ini yang cari tahu tentang sepatu lari lokal terbaik 2021 yang bisa kami gunakan. Iya kami, maksudnya adalah suami, saya dan anak-anak.

Kali ini saya mau kasih rekomendasi sepatu lari lokal berdasarkan pengalaman sendiri saja ya, karena kami sudah mencoba menggunakannya. Oh ya postingan ini murni pengalaman sendiri bukan postingan berbayar. Kalau untuk sepatu lari brand dunia sih gak perlu saya review pasti teman-teman sudah tahu keunggulannya.


Rekomendasi Sepatu Running 910


Buat orang awam atau bukan pelari, mungkin gak akan mengenal dengan brand 910-Nineten ini. Pak Sandiaga Uno juga pernah menggunakan sepatu lokal ini lho.

Sebagai sepatu lokal 910 juga sudah dipakai oleh mereka yang suka lari di beberapa negara tetangga, saya sempat mengintip para pelari di Strava :)

Kenal Lalu M. Zohri pelari asal Indonesia ini juga menggunakan sepatu 910 Geist Ekiden beberapa waktu lalu di World Athletics Belgrade 22.

Sepatu lari 910 jenis Geist  Ekiden yang namanya diambil dari nama event Marathon di Jepang. Kalau saya sih gak pakai sepatu merk ini, tapi suami yang pakai untuk digunakan lari sehari-hari sementara sepatu lainnya sedang istirahat.


Sepatu Lari Ortuseight


Sebenarnya brand Ortuseight ini adalah brand perusahan manufaktur olahraga, tapi saat ini juga punya sepatu khusus lari. Dulunya Ortuseight dikenal sebagai perusahan yang membuat sepatu futsal dan sepak bola.

rekomendasi sepatu lari dibawah 500 ribu



Nah, sepatu Ortuseight - Hyperglide inilah yang saya dan si bungsu pakai bergantian dengan sepatu lari lainnya yang sudah dimiliki. Saya lebih cocok menggunakan sepatu lari lokal merek ini karena warnanya sesuai dan modelnya yang agak lebar cocok dengan tipe kaki saya yang lebar pula.

Sepatu lari Ortuseight tipe Hypersonic ini pernah juga dipakai oleh pelari nasional Hendri Pardede seorang atlet Marathon pada Boston Marathon 2021 lalu. 

Review saya setelah menggunakan sepatu Ortuseight ini ringan sekali apalagi punya teknologi yang bisa meredam benturan kaki saat ke permukaan tanah jadi bisa meminimalkan cedera lutut. Saat menggunakan sepatu ini, saking lentur dan ringan ketika saya gunakan untuk menyetir pun, saya masih bisa merasakan pedal di kaki. Kenapa saya bilang begitu? Karena ada sepatu lari lainnya yang saya miliki terlalu keras, sehingga saya tidak bisa merasakan pedal ketika menyetir.

Ortuseight - Hyperglide ini punya 4 pilihan warna, karena Alvin sudah memilih warna biru, terpaksa saya memilih warna hijau stabilo deh karena tidak mungkin kan saya memilih warna hitam. Buat yang mengenal dekat dengan saya pasti sudah tau kalau dengan pilihan warna yang biasa saya gunakan.

Buat kalian yang mau mencari sepatu lari kedua brand tersebut bisa dijadikan rekomendasi sepatu lari dibawah 500 ribu meskipun rekomendasi sepatu lari lokal tapi punya kualitas bagus dan harga terjangkau. Sepatu lari lokal juga teknologinya siap dipakai untuk event atau race lari. Sebentar lagi mau puasa Ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa ya, tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga ringan saat puasa sesuai dengan kemampuan/

Post a Comment

25 Comments

  1. Aku baru tahu loh ada merk 910 dan Ortuseight yang affordable buat lari ini, mbak.
    Selama ini tahunya ya merk-merk yang familiar di toko sepatu khusus olah raga gitu dan harganya seringnya 500 ke atas bahkan jutaan kan, huhu.
    Kalau gini buat jogging biasa juga bisa kan ya, mbak? Maklum, aku banyakan jalannya dibanding larinya, haha.

    ReplyDelete
  2. Wah aku baru tahu mba ada sepatu lari juga ternyata ya. Saya setuju kalau sepatu lari memang bagusnya ringan dan gampang ditekuk ya. Kalau sepatunya berat jadi nggak nyamn juga ya dipake buat lari.

    Ngomong ngomong aku baru denger merk sepatu ini 910 jenis Geist Ekiden. Nggak nyangka produk lokal ga kalah kalau gitu ama produk luar ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirain saya saja, ternyata ada temannya juga. Hehehe
      Ini kalau ga baca artikel ini gak bakalan tahu mereka 910 dan ortusight hehehe

      Delete
  3. Pas banget sedang cari rekomendasi sepatu lari yang enak tapi kok mihil semuaaaaa .. adanya di atas 2 jutaan hiks hiks

    kucoba ya rekomendasinya walau masih cintah sama si S itu

    ReplyDelete
  4. Bener banget mba, buat lari bagusnya menggunakan sepatu khusus. Aku pernah pakai sepatu biasa, walau bisa dipakai buat lari tapi gak nyaman.
    Btw, baru tahu ada sepatu olahraga lokal yang berkualitas. Jadi pengin, deh.

    ReplyDelete
  5. Wah, menarik bangett nih Mba, bisa olahraga outdoor dgn nyaman ya, dan bisa matching juga ama buah hati.
    sip sipp, aku pengin ceki ceki juga nih
    salam olahraga!

    ReplyDelete
  6. Kalau aku lebih seringnya lari dari kenyataan, heheheee... Tapi memang kalau lari itu harus nyaman dan enak banget sepatunya. Aku suka deh lihat warna sepatunya, aku punya soalnya warna gini dan memang sepatu lari juga.

    ReplyDelete
  7. Wah hebat nih mom Lidya kuat ya berlari. Aku jujurly, nyerah. Lagi usia masih 30 an masih kuat. Sekarang 40++ gak kuku lagi, nafasnya ngos-ngosan. Thanks ya mom referensi sepatu lari lokal yang keren

    ReplyDelete
  8. Merk lokal tapi kualitasnya ok punya dan memuaskan dipakai, bahkan digunakan oleh pelari kita yang sudah berlomba di event nasional maupun internasional. Aku jujur baru tahu merk yang disebut Mbak Lidya, langsung kucatat mbak. Buat rekomendasi ke suami kalau nanti butuh sepatu lari mumpuni tapi harga di bawah 500. Bagus tapi gak mahal2 amat ya.

    ReplyDelete
  9. wah walau sepatu 910 dan Ortuseight ini sepatu lokal, ternyata di pakai juga sama atlet lari terkenal ya. Warna-warnanya juga ngejreng hehehe...

    ReplyDelete
  10. Jadi ingat obrolanku sama teman SMAku yang juga suka berlari sekarang. Sepatu yang dia beli, itu sepatu-sepatu dengan merk luar. Kalau ada sepatu dengan brand dalam negeri, bisalah ya jadi pilihan

    ReplyDelete
  11. Buat olahraga lari, sepatu emang harus yang nyaman ya
    Senang ya mbak, KLO ada sepatu lokal yg nyaman banget buat lari

    ReplyDelete
  12. Aku baru tahu mba kalau desain khusus ini teryata mempermudah seseorang untuk melakukan aktifitas berlarinya ya mba

    ReplyDelete
  13. Suka banget sama warnanya yang ngejreng..apalagi septunya enteng..eh dtambah lagi harga sepatu yang di bawah 500 ebu. Bikin makin semangat buat mulai lari nih...

    ReplyDelete
  14. Wah makasih rekomendasinya mbak Lid, aku kebetulan lagi pengen aktifin kegiatan lari :D
    Cari sepatu lari memang kudu yang nyaman. Kalau aku pribadi harganya sedikit mahal gpp asal awet dan gak bikin risiko cedera kaki :D
    Tapi kalau ada yang harga miring dengan kualitas bagus ya why noootttt hehehehe

    ReplyDelete
  15. Terimakasih informasinya ini Kebetulan Fahmi juga ingin sepatu olahraga tapi belum beli karena saya pikir mau puasa pasti di sekolah juga gak akan maksimal belajar olahraga nya. Keburu nih pesan dan beli dulu jadinya

    ReplyDelete
  16. Catet rekomendasi sepatu larinya. Kalau beli, kan kitanya jadi semangat karena mikir pasti sayang itu sepatu kalau gak kepakai. Menggunakan sepatu khusus bisa bikin kita nyaman

    ReplyDelete
  17. Wah Ortuseight. Bagus ya katanya. Keren deh, produk local juga bisa sejajar dengan produk luar. Jadi kepengen punya nih sepatu Ortuseight.

    ReplyDelete
  18. Pilih sepatu olahraga ini memang harus yang pas, yang sesuai dengan kegiatan. Boleh juga ini rekomendasi sepatunya. Kebetulan kapan hari suami lagi cari sepatu buat olahraga

    ReplyDelete
  19. Mba Lidya makin rajin lari nih, mantap. Sepatu lari memang ga bisa sembarangan ya karena pengaruh kekenyamanan dan safety saat lari

    ReplyDelete
  20. Aku belum pernah nih beli sepatu khusus lari. Baca artikel ini jadi ngerti beda sepatu lari dengan sepatu biasa. Pantes anakku yg atlet itu detail banget kalo beli sepatu lari

    ReplyDelete
  21. Baruu tahu merk sepatu 910 ternyata produk lokal yang sudah terbukti banyak di pakai atlit.

    Kemana saja ya saya selama ini ya kok baru tahuu

    ReplyDelete
  22. Aku puasa ini belum lari lagi, tapi masih jalan cepat sih agar enggak mager kalo pagi nungguin tukang sayur. Asik nih rekomendasi sepatu lari merk Ortuseight yang Hyperglide. Mau nyari di ecommerce ah, siapa tahu ada diskon, hahahaa

    ReplyDelete
  23. Aku beli sepatu running biasa aja. Gak tahu kalau ada brand khusus recommended begini. Minggu lalu nyariin si Najwa juga dapatnya brand pasaran gitu. Emang kalau untuk olahraga bagusnya pakek sepatu yang sesuai jenis olahraganya ya. Ke depannya anak2 mau voli. Berarti musti cari sepatu khusus voli juga biar nyaman.

    ReplyDelete
  24. keren ini produk lokal, salut dengan yang konsisten lari soalnya olahraga lari paling sulit buat aku yang penderita asma. Pengen beli sepatunya buat suami aja deh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya