Peluncuran Prudential Syariah Dengan Prinsip Syariah untuk Semua

Bertepatan dengan bulan suci Ramadan, Selasa 5 April 2022 Prudential resmi meluncurkan Prudential Syariah. Untuk diketahui bahwa ini bukanlah peluncuran dari sebuah produk lho. Untuk informasi lebih detail, berikut ini saya akan menyampaikannya pada postingan berikut.


peluncuran prudential syariah






Latar Belakang Berdirinya Prudential Syariah Sebagai Entitas yang Fokus Pada Syariah


Nama Prudential pastilah sudah tidak asing lagi di masyarakat kita. Sejak berdirinya Prudential Indonesia pada tahun 1995 sudah memegang peranan penting di bidang asuransi jiwa di Indonesia karena merupakan pemimpin pasar asuransi jiwa.

Prudential kian lama kian berkembang hingga akhirnya juga mempunyai unit usaha Syariah pada tahun 2007. Dan lagi-lagi Prudential juga sudah dipercaya sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia.

Memang kehadiran produk-produk yang berbasis syariah saat ini banyak dicari oleh masyarakat terutama kaum milenial yang sedang melakukan tren hijrah sehingga mereka pun memilih asuransi syariah. Salah satu alasannya pemilihan produk keuangan syariah adalah adanya prinsip-prinsip syariah, misalnya seperti adil, transparan, penuh kasih, dan saling tolong menolong.

Peluncuran Prudential Syariah Indonesia



Alasan tersebut merujuk pada pengertian syariah yaitu jalan yang sudah ditunjukkan oleh Allah untuk umatnya, di mana di dalamnya mengandung hukum dan ketentuan yang berlaku pada agama Islam. Tentunya sumbernya adalah Al Quran dan hadist.

Dari alasan-alasan tersebutlah Prudential Syariah hadir dengan solusi perlindungan asuransi syariah di Indonesia. Dengan demikian artinya Prudential melakukan pemisahan unit usaha syariah yang menjadikan Prudential Syariah menjadi entitas sendiri. Dengan peluncurannya diharapkan dapat menciptakan ekosistem syariah yang sehat di Indonesia.

Latar belakang terbentuknya Prudential Syariah karena terus meningkatnya layanan produk syariah di Indonesia apalagi juga didukung oleh pemerintah sehingga menjadikan Indonesia menjadi pemain terbesar dalam bidang ekonomi syariah di dunia.




Grand Launching Prudential Syariah


Dalam peluncuran Prudential Syariah di The Westin, Jakarta juga dihadiri oleh beberapa pejabat penting yang juga sebagai narasumber pada talkshow yang diadakan pada akhir acara.

Prudential Indonesia boleh berbangga karena sebagai perusahaan multinasional pertama yang mendirikan entitas asuransi jiwa syariah di Indonesia. Prudential Syariah siap menciptakan ekosistem syariah yang mengutamakan nilai-nilai syariah, seperti adil, transparan, penuh kasih dan saling tolong menolong, dan juga mengedepankan prinsip "Syariah untuk Semua".

Pada dasarnya prinsip syariah itu adalah berfokus pada aqidah, syariah, dan akhlak. Dan dalam pelaksanaannya produk syariah itu tidak mengandung unsur Maisir yaitu mudahnya memperoleh keuntungan, Gharar yang artinya mengandung ketidak jelasan serta Riba yaitu pengambilan tambahan dari harta pokok.

Syariah untuk Semua



Berdirinya Prudential Syariah juga sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor keputusan KEP-16 yaitu izin usaha di bidang asuransi jiwa dengan prinsip syariah. OJK juga sangat mengapresiasi entitas asuransi jiwa syariah dari Prudential. Sebagai pelopor perusahaan asuransi syariah pertama di Indonesia diharapkan akan diikuti juga oleh asuransi jiwa syariah nasional lainnya karena masih adanya potensi untuk memperkecil kesenjangan perlindungan dan meningkatkan inklusi keuangan di masyarakat Indonesia, demikian paparan dari Bapak Riswinandi, Anggota Dewan Komisioner merangkap Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Nah, untuk itulah Prudential Syariah juga meluncurkan Sharia Knowledge Centre (SKC) yaitu sebuah pusat edukasi digital yang mempunyai beragam solusi keuangan Syariah dan platform diskusi serta kolaborasi untuk inovasi dan pengembangan produk dan layanan keuangan syariah. Masyarakat dapat mengaksesnya untuk meningkatkan literasi keuangan syariah dan dapat memilih produk syariah yang sesuai dengan hati. Ini merupakan salah satu bentuk edukasi dan kolaborasi persembahan dari Prudential Syariah untuk masyarakat. Karena iterasi ekonomi syariah masih perlu disosialisasikan pada masyarakat.

Jika ingin mengetahui informasi lengkap terkait produk Asuransi Prudential Syariah, kunjungi www.prudentialsyariah.co.id serta follow akun instagramnya @prudentialsyariahindonesia.




Mari Rayakan Awal Baru Yang Membawa Berkah


Pada Grand Launching Prudential Syariah, Bapak Omar Sjawaldy Anwar juga mengatakan bahwa peluncuran tersebut bisa dikatakan sebagai hari yang bersejarah dalam ekosistem ekonomi syariah Indonesia. Dengan prinsip Syariah untuk semua, Prudential Syariah bukan hanya untuk umat muslim saja, tapi umat lain pun bisa memanfaatkannya. Jika memang itu cocok bagi umat lain silahkan menggunakannya.

Perkembangan ekonomi syariah yang membawa berkah bagi kita semua dan perkembangan ekonomi syariah. Rayakan awal baru Prudential Syariah dan bisa menjadi pelopor industri asuransi jiwa terbesar di Asia seperti apa yang dikatakan oleh Nic Nicandrou, Chief Executive of Prudential Asia & Africa




Post a Comment

24 Comments

  1. Jadi diusahakan agar seluruh sisinya benar2 syar'i, ya. Semoga berkah selalu bagi semua

    ReplyDelete
  2. jadi asuransi syariah itu berfokus pada aqidah, syariah, dan akhlak.trus pelaksanaannya tidak mengandung unsur Maisir yaitu mudahnya memperoleh keuntungan, Gharar yang artinya mengandung ketidak jelasan serta Riba yaitu pengambilan tambahan dari harta pokok.

    ReplyDelete
  3. Selamat buat Prudential Syariah atas peluncuran Sharia Knowledge Centre (SKC). Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang ingin mendapatkan beragam solusi keuangan Syariah. Prinsip syariah untuk semua ini keren banget ya, semua orang termasuk non muslim bisa menikmati layanannya dan mendapatkan keuntungannya.

    ReplyDelete
  4. Mbak, aku malah baru tahu kalau ternyata Prudential ini menjdi pioneer dari asuransi syariah di Indonesia, pantesan Prudential semakin besar seperti saat ini di tengah gempuran banyk asuransi pesaingnya. Udah gitu dia selalu berinovasi dengan pelayanan dn tekhnologi yang tidk bisa dipisahkan

    ReplyDelete
  5. Dengan hadirnya Prudential Syariah bisa jadi menjawab kebutuhan umat yah jadinya. Makin lengkap dan variatif layanan, sukses terus Prudential Syariah.

    ReplyDelete
  6. prudential syariah udah launching ya. Kalau syariah bisa buat semua umat, insya Allah semakin barokah^^ btw wah udah dari 2007 ya unit usaha syariahnya

    ReplyDelete
  7. Wah, baru ya Prudential Syariah ini. Aku kira udah malah. Soalnya produk syariahnya udah banyak. Setiap produk konvesional, ada produk syariahnya. Jadi yang sekarang mah bukan produknya, tapi memang ke badan Prudential-nya. Semoga banyak yang mendapat manfaatnya, ya. Soalnya aku lihat, produk-produk syariah dari Prudential ini unik dan menarik.

    ReplyDelete
  8. Bagus nih Prudential syariah punya Sharia Knowledge Centre, jadi masyarakat yang pengen tahu tentang asuransi syariah bisa mendapatkan informasinya di sini

    ReplyDelete
  9. Saat ini produk keuangan Syariah makin banyak, karena semakin banyak orang yang paham tentang hukum keuangan Syariah. Termasuk Prudential pun kini meluncurkan produk syariah-nya. Semakin luas nih perkembangannya. Semoga makin sukses.

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah Prudential sudah ada syariahnya. Waktu pertama kerja saya Kun pakai Prudential. Semua yang urus pihak kantor.
    Lima belas tahun kemudian bisa diambil. Eh sekarang baru sepuluh tahun saja saya sudah kena PHK hehehe

    ReplyDelete
  11. Ekonomi syariah di Indonesia semakin berkembang. Bagus sih ini karena mayoritas agama di Indonesia kan Islam. Untuk asuransi pun saya mulai tertarik dengan yang syariah.

    ReplyDelete
  12. Momen nya pas banget ya di bulan ramadan diluncurkan prudential syariah,
    jadi pilihan ini untuk kita yang memang dukung ekonomi syariah lebih berjaya
    ikut asuransinya pun lebih nyaman

    ReplyDelete
  13. Dari dulu nunggu nunggu sih kapan pridential ngeluarin prudential syariah. Semoga dengan keberadaan asuransi pru syariah ini para pemegang manfaat bisa lebih mantap ya

    ReplyDelete
  14. Wah iya, ekonomi syariah makin berkembang ya mbak
    Tenang nih, KLO ada layanan asuransi syariah seperti ini

    ReplyDelete
  15. pas aku liat kalian item-item berjas kaget juga kirain lagi ngapain. tapi ternyata di launching ini ya. seneng kalau ada asuransi syariah yang benar-benar syariah di prudential

    ReplyDelete
  16. Prudential udah dikenal banget sejak dulu namanya. Terus dengan adanya Prudential Syariah kini, makin menegaskan gimana seriusnya Prudential untuk meningkatkan literasi keuangan syariah di Indonesia.

    ReplyDelete
  17. Walau pun syariah, banyak juga non muslim yg suka dg system syariah ini ya

    ReplyDelete
  18. Selamat dan Sukses untuk Prudential Syariah.
    Semangat untuk memberikan yang terbaik bagi ummat dengan mempercayakan dana untuk dikelola secara syariah.

    ReplyDelete
  19. Produk asuransi syariah emang makin banyak ya. Namun masyarakat belum paham mau pilih di mana. Prudential Syariah bisa jadi jawaban dari ketidaktahuan masyarakat nih dan tentunya sebagai pelopor industri asuransi jiwa terbesar di Asia.

    ReplyDelete
  20. Makin banyak produk finansial berbasis syariah, bikin masyarakat merasa nyaman ya untuk memilihnya. Soalnya kan sudah sesuai dengan syariat agama, ga was-was lagi gitu loh saat memutuskan untuk menggunakan asuransi syariah.

    ReplyDelete
  21. Skrg prudential ada sistem Syariah nya yah, menarik nih jadi kalau mau beli produk nya ambil yang syariah aja

    ReplyDelete
  22. Lega banget mbaaa kalau semakin banyak produk keuangan yg berbasis syariah gini dan aku jg udah lama kepoin Pruden dan saat ini ngeluarin yg produk syariah yaa

    ReplyDelete
  23. Woah penasaran sama Sharia Knowledge Center nih. Aku pengen belajar lebih dalam. Jadi sekarang lebih banyak ya produk Prudential yang berbasis syariah, hore!

    ReplyDelete
  24. Asuransi syariah membantu umat untuk berbagi ya. Semoga berkah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya